Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF)
Published by UPN Veteran Yogyakarta
ISSN : -     EISSN : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2011): Computatinal" : 6 Documents clear
DETEKSI DAN IDENTIFIKASI UKURAN OBYEK ABNORMAL (STUDI KASUS : CITRA OTAK MANUSIA)

Sela, Enny Itje, Harjoko, Agus ( Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 1 (2011): Computatinal
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.023 KB)

Abstract

Makalah ini membahas tentang otomatisasi sistem untuk identifikasi ukuran obyek abnormal pada citra otak manusia. Untuk dapat melakukan identifikasi terlebih dahulu harus melakukan proses deteksi. Deteksi dilakukan menggunaan operasi substract, segmentasi watershed dengan metode disk filter, dan operasi morfologi. Fungsi morfologi yang digunakan adalah fspecial dan imfilter. Untuk melakukan marker pada latar depan, operasi morfologi yang dikerjakan adalah opening by reconstruction (dengan fungsi strel, imopen, imerode, imreconstruct). Sedangkan untuk identikasi ukuran dilakukan dengan menghitung jumlah piksel citra hasil deteksi. Citra yang dibutuhkan adalah citra otak normal dan beberapa citra otak abnormal dengan lokasi yang berbeda-beda dalam bentuk 2D. Dari citra yang sudah diujicoba, sistem dapat mendeteksi dan mengidentifikasi dengan baik ukuran citra abnormal..

APLIKASI PENGENALAN BENDERA NEGARA MENGGUNAKAN HISTOGRAM CITRA

Kaswidjanti, Wilis, Jayadianti, Herlina ( Jurusan Teknik Informatika UPN "Veteran" Yogyakarta ) , Malik, Ervina Amelia ( Jurusan Teknik Informatika UPN "Veteran" Yogyakarta )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 1 (2011): Computatinal
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.289 KB)

Abstract

Selama ini orang mengalami kesulitan dalam hal menghafal atau mengingat berbagai jenis bendera negara yang ada di dunia. Hal ini dikarenakan, dari segi jumlah bendera negara yang begitu banyak di dunia sesuai dengan banyaknya jumlah negara yang ada di dunia, apalagi dari segi warna, bendera negara memiliki kombinasi warna yang hampir mirip satu sama lain untuk tiap-tiap negara. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancang bangun sebuah aplikasi pengenalan bendera negara menggunakan histogram yang diharapkan sistem dapat membantu mempermudah user dalam mengenali bendera dari tiap negara di dunia tanpa harus menghafal atau mengingat, bahkan bagi user yang sama sekali belum mengetahuinya. Aplikasi yang dibangun ini mampu mengenali gambar bendera negara dalam bentuk format file image bitmap (*.bmp). Pengenalan pola bendera ini dilakukan dengan menggunakan nilai kesalahan atau nilai SSE (Sum Square Error) sebagai faktor penentu, sehingga menghasilkan nama negara yang sesuai dengan gambar bendera yang pernah dilatihkan ke dalam program.

PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI PERAMALAN BANJIR KANAL BARAT JAKARTA MENGGUNAKAN AUTOREGRESI MULTIVARIANT

Manik, Ngarap Im

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 1 (2011): Computatinal
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1129.442 KB)

Abstract

Makalah ini membahas tentang perancangan program komputer yang dapat mengetahui gambaran karakteristik data ketinggian permukaan air di pintu air sungai Manggarai, mengetahui variabel mana yang paling berpengaruh terhadap ketinggian permukaan air dan upaya pencarian model peramalan banjir yang lebih baik dengan menggunakan metode autoregresi multivariant. Hasil penelitian ini dapat membantu petugas pintu air dalam memberi peringatan dini dan antisipasi upaya pencegahan dan penanggulangan banjir. Model persamaan peramalan yang didapat adalah Yt = 109,.7828 + 0,9291 CHt-6 – 24,484 T t-2 – 0,06245 PM t-2 + 1,4706 KB t-2 di mana temperatur dan ketinggian permukaan air merupakan variabel yang memiliki hubungan yang paling kuat. Variabel ini memiliki hubungan secara negatif yang berarti ketika temperatur turun maka nilai ketinggian permukaan air akan naik. Koefisien determinasi memiliki nilai sebesar R2 = 0.4056 dan statistik Durbin Watson sebesar DW = 0.7429.

PERANCANGAN PIRANTI LUNAK PENGUJIAN STRUKTUR ALJABAR GRUP KHUSUS (ABELIAN, SIKLIK & HOMOMORFISMA)

Manik, Ngarap Im

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 1 (2011): Computatinal
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (732.194 KB)

Abstract

Pengujian terhadap bentuk-bentuk Grup khusus, seperti Grup Abelian, Siklik, Homomorfisma, Isomorfisma, Monomorfisma, dan Epimorfisma dalam Struktur Aljabar merupakan hal yang kurang menarik bagi sebagian para siswa/mahasiswa, dikarenakan banyaknya teorema dan persyaratan yang harus dipenuhi.Untuk menarik minat dan memudahkan siswa/mahasiswa dalam pengujian bentuk-bentuk masalah di atas, dirancang suatu piranti lunak komputer menggunakan Delphi 7.0. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa dengan piranti lunak tersebut para pengguna dapat terbantu dalam hal pengujiannya dan dapat terhindar dari penggunaan paket program berlisensi karena progran yang dirancang dapat dimiliki secara terbuka.

IMPLEMENTASI ALGORITMA C 4.5 UNTUK MENENTUKAN TINGKAT BAHAYA TSUNAMI

Abidin, Aa Zezen Zaenal

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 1 (2011): Computatinal
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1493.811 KB)

Abstract

Implementasi algoritma C 4.5 dalam menentukan bahaya tsunami diharapkan dapat menjadi media untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat yang tinggal di pesisir pantai dalam menghadapi tsunami, sebagai bagian dari strategi mitigasi dan pengurangan bahaya tsunami. Masyarakat di pesisir pantai diharapkan dapat mengecek potensi bahaya tsunami didaerahnya dengan mengisikan nilai-nilai parameter dari hasil pengamatan lapangan, disampaing dapat melihat tingkat bahaya di wilayah lainnya. Dengan Algoritma C 4.5 dilakukan dengan cara menjadikan atribut tingkat bahaya tsunami dengan klasifikasi tinggi dan rendah serta sedang sebagai atribut tujuan, atribut parameter indikator landaan tsunami, kelerengan pantai, kekasaran pantai, intensitas gempa bumi sebagai atribut sumber. Pada algoritma C 4.5 dilakukan penghitungan entropy dan gain information untuk memperoleh node akar dan node lainnya. Algoritma C 4.5 dapat digunakan untuk menentukan tingkat bahaya tsunami di suatu daerah pesisir pantai mengacu pada kasus tingkat bahaya tsunami yang sudah ada di wilayah pesisir pantai Kabupaten Sukabumi.

ANALISA INDEKS WAV UNTUK LAGU DANGDUT DAN POP

Heriyanto, Heriyanto

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 1 (2011): Computatinal
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.682 KB)

Abstract

Media Audio merupkan media yang banyak digunakan dalam multimedia. Data WAV merupakan salah satu data lagu yang dapat diindeks untuk mencari perbedaan lagu dangdut dan lagu pop. Kedua jenis lagu tersebut banyak dipakai dan merupakan dua jenis lagu yang diidentifikasi berbeda. Bagaimana suatu indeks wav untuk mencari perbedaan kedua lagu tersebut dengan Average Energy. Data yang dioleh dengan Average Energy kemudian di kalkulasikan menjadi suatu data yang dapat dicari perbedaan pada sampling data yang diambil. Menghitung Average Energy dengan 100 sampling data

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2011 2011


Filter By Issues
All Issue Vol 1, No 1 (2018): Landscape Industri Internet Dampak Perilaku Marketing Indonesia Vol 1, No 2 (2016): Semnasif 2016 Vol 1, No 1 (2015): Informatika Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Vol 1, No 1 (2014): Business Intelligence Vol 1, No 5 (2013): Network And Security Vol 1, No 4 (2013): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2013): Computation And Instrumentation Vol 1, No 2 (2013): Cloud Computing Technology Vol 1, No 1 (2013): Information System and Application Vol 1, No 5 (2012): Geoinformatic And GIS Vol 1, No 4 (2012): Information System and Application Vol 1, No 3 (2012): Intelligent System dan Application Vol 1, No 2 (2012): Network And Security Vol 1, No 1 (2012): Computation And Instrumentation Vol 1, No 5 (2011): Information System and Application Vol 1, No 4 (2011): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2011): Network And Security Vol 1, No 2 (2011): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2011): Computatinal Vol 1, No 5 (2010): Information System And Application Vol 1, No 4 (2010): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2010): Network And Security Vol 1, No 2 (2010): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2010): Computatinal Vol 1, No 6 (2009): E-Democracy Vol 1, No 5 (2009): Information System And Application Vol 1, No 4 (2009): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2009): Network And Security Vol 1, No 2 (2009): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2009): Computatinal Vol 1, No 5 (2008): Information System And Application Vol 1, No 4 (2008): Network And Security Vol 1, No 3 (2008): Intelligent System dan Application Vol 1, No 2 (2008): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2008): Computational More Issue