Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF)
Published by UPN Veteran Yogyakarta
ISSN : -     EISSN : -
Articles 684 Documents
PENGEMBANGAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) UNTUK PERUSAHAAN RITEL

Ernita, Halida, Kusuma, Wisnu Ananta ( Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor (IPB) )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 5 (2008): Information System And Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.007 KB)

Abstract

Ritel memiliki peranan penting dalam proses pendistribusian produk dan jasa dari produsen ke konsumen. Ritel membutuhkan pengaturan informasi bagi konsumen dan produsen mengenai produk dan jasa yang tersedia dan yang diperlukan. Perubahan yang cepat pada lingkungan ritel saat ini, menuntut pengusaha untuk lebih cerdas dan tanggap terhadap perubahan tersebut. Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan sebuah sistem yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. ERP merupakan sebuah sistem yang mengintegrasikan proses bisnis perusahaan sehingga dapat merampingkan aktivitas perusahaan, memfasilitasi interaksi antar unit bisnis, dan memberikan kemudahan untuk mengakses informasi. Dipicu oleh perkembangan e-commerce saat ini, fungsi pada ERP juga mengalami penambahan  yaitu adanya interaksi bisnis secara elektronik. Pada Penelitian ini dikembangkan sebuah sistem Enterprise Resource Planning untuk perusahaan ritel dimana fungsi-fungsi dalam sistem ini disesuaikan dengan  kebutuhan e-commerce. ERP ini akan dibangun dengan pendekatan berorientasi objek dan memanfaatkan design pattern  Model View Controller (MVC)  pattern.

APLIKASI MOBILE LEARNING ORGANIZER MAHASISWA

Sarwosri, Sarwosri, Basori, Ahmad Hoirul ( Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi - Institut Teknologi Sepuluh Nopember ) , Prihastomo, Joko ( Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi - Institut Teknologi Sepuluh Nopember )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 5 (2010): Information System And Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.189 KB)

Abstract

Kebutuhan akan telepon selular dan internet menjadi kecenderungan baru di seluruh dunia. Namun kecenderungan tersebut kurang diimbangi oleh pahamnya akan fasilitas yang tersedia pada telepon selular atau internet itu sendiri. Mahasiswa yang memiliki banyak kegiatan dan tugas dalam perkuliahan memerlukan suatu fasilitas yang diperlukan dalam mengatur jadwal kegiatan mereka, yaitu organizer. Organizer, dalam istilah teknik dapat diartikan sebagai alat yang digunakan untuk mengatur kegiatan, mencatat memo, dan jam pengingat. Pada penelitian ini akan dipaparkan mengenai aplikasi mobile learning organizer mahasiswa yang dapat membantu mahasiswa dalam mengatur studi dan merencanakan kegiatan mereka.

EVALUASI PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS WEB UNTUK BAHASA INGGRIS SESI STRUCTURE AND WRITTEN EXPRESSION

Rakhmadi, Aris, Nurrohmah, Ratnasari ( Teknik Informatika dan Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 5 (2009): Information System And Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.499 KB)

Abstract

Kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa, khususnya kemampuan structure, di jurusan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya skor TOEFL pada sesi structure. Rendahnya perolehan skor TOEFL tidak menutup kemungkinan adanya kesalahan dalam proses belajar mengajar itu sendiri. Pembelajaran dengan e-learning menawarkan sebuah metode baru dalam proses belajar mengajar. E-learning dapat dianggap sebagai piranti belajar mandiri seorang murid ataupun juga sebagai piranti bantu dalam kelas tradisional. Tujuan penelitian ini adalah membangun sistem pembelajaran interaktif berbasis web untuk sesi structure and written expression, dan memeriksa bagaimana sistem pembelajaran interaktif berbasis web mempengaruhi capaian belajar. One-way univariate analyses of covariance (ANCOVA) pada tingkat signifikansi 0,05 dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh perlakuan pembelajaran. Uji efektivitas penelitian ini merupakan studi quasi-experimental untuk menginvestigasi pengaruh fasilitas sistem pembelajaran interaktif berbasis web pada performa mahasiswa dalam sesi structure and written expression. Dua uji ANCOVA telah dilakukan untuk menguji dua hipotesis nihil dan dua hipotesis alternatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pembelajaran interaktif berbasis web memperkaya kemampuan mahasiswa dalam structure and written expression. Penelitian ini juga membuktikan bahwa pembelajaran berbasis web dapat menggantikan peran pembelajaran konvensional kelas untuk kemampuan structure and written expression.

DESAIN DAN IMPLEMENTASI LIVE STREAMING TELEVISI MENGGUNAKAN ADAPTIVE H264ENCODING

Ramadhan, Firza, Virgono, Agus ( Fakultas Teknik Elektro dan Komunikasi, ITTelkom Bandung ) , Wahidah, Ida ( Fakultas Teknik Elektro dan Komunikasi, ITTelkom Bandung )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 2 (2009): Instrumentational And Robotic
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.613 KB)

Abstract

Teknologi Informasi yang paling luas penyebarannya adalah Televisi, dengan kemajuan teknologi sarana penyiaran Televisi tidak terbatas lagi ke TV broadcast menggunakan teknologi radio di gelombang khusus seperti saat ini, penyiaran TV telah menyebar ke sarana yang lain termasuk internet. Banyak teknologi yang bisa digunakan di internet, tetapi kandidat yang paling kuat adalah video streaming. Untuk aplikasi real-time atau live seperti kampanye atau siaran pengumuman pemerintah dll, teknologi video streaming yang digunakan adalah teknologi video streaming khusus yang disebut dengan live streaming.Teknologi Live Streaming hampir sama dengan video streaming, hanya saja data yang digunakan langsung bersumber dari televisi atau kamera yang bersifat real time. Live Streaming memerlukan proses live encoding dan minimum buffering, sedangkan di sisi lain diharapkan delay seminimal mungkin. Masalah selanjutnya adalah keterbatasan bandwidth. Jaringan komputer yang digunakan untuk melewatkan berbagai aplikasi akan digunakan juga sebagai media streaming yang membutuhkan bitrate cukup tinggi. Proses ini akan menyebabkan beban jaringan bertambah sehingga service yang ada tidak dapat berjalan dengan baik (terganggu). Pada penelitian ini difokuskan pada proses live streaming H264 dengan metode transmisi multicast dengan ditambahkan sebuah program adaptive streaming. Codec H264 dipilih karena performansinya yang cukup baik pada level bitrate yang lebih rendah. Sistem multicast digunakan untuk mengatasi masalah keterbatasan bandwidth yang digunakan dalam streaming. Adaptive streaming digunakan untuk menyesuaikan bitrate dengan kondisi trafik pada jaringan. Didapatkan nilai PSNR 36,58 dB untuk bitrate 500kbps dan 31,42 dB untuk bitrate 200kbps yang masih berada diatas threshold ITU 20dB dengan MOS 3,4 untuk 50 responden, sistem adaptive menyebabkan berkurangnya paket loss dari 1,53% menjadi 0,46%, bandwitdh stream unucast 1698kbps untuk multicast 558kbps.

METODE LEAST SIGNIFICANT BIT (LSB) DAN END OF FILE (EOF) UNTUK MENYISIPKAN TEKS KE DALAM CITRA GRAYSCALE

Krisnawati, Krisnawati

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 1 (2008): Computational
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (106.573 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan metode LSB dan EOF untuk menyisipkan pesan teks ke dalam citra grayscale. Hal ini diperlukan karena sering terjadi bahwa pesan teks yang dikirim merupakan suatu pesan rahasia yang tidak boleh diketahui sembarang orang. Dua metode yang dapat digunakan adalah Metode LSB dan metode EOF.Metode LSB bekerja dengan mengganti bit terakhir kode biner citra dengan kode biner pesan, sedangkan metode EOF bekerja dengan dengan menambahkan teks sebagai nilai derajat keabuan citra pada akhir citra. Kelebihan metode LSB adalah ukuran citra yang mengandung pesan tidak berubah, sedangkan kekurangannya adalah kapasitas pesan yang akan disisipkan terbatas. Sebaliknya metode EOF mempunyai kelebihan dapat menyisipkan pesan dalam jumlah yang tidak terbatas, sedangkan kekurangannya adalah kapasitas file citra akan bertambah. yang dapat. Alasan digunakannya citra grayscale adalah karena citra ini bentuk digital yang lebih sederhana dibandingkan dengan citra RGB.

SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI RAWAT JALAN PADA KLINIK MULIA ASIH TANGERANG

Yahya W, Yohannes, Wisjhnuadji, TW ( Dosen Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur ) , Triswati, Septi ( Dosen Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 1 (2014): Business Intelligence
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.482 KB)

Abstract

Role of Information Technology in the world of business and business is needed in processing the data into a very useful information as well as the Mulia Asih Clinic is located in Tangerang. Clinic is one of the organizations working in the health field. Aiming to serve and provide a public health service that strives to provide the best service to the patient. In the course of its business, the Mulia Asih Clinic is undergoing a business process that does not have the approriate system, ranging from patient registration process, the inspection process, the process of making a statement or report generation. It is less effective so as to allow the data duplicate , or loss of data. The results achieved are able to assist in the processing of data to produce more accurate information and improve the efficiency of time that will be produced at any time when needed , no longer needed the storage of documents , because documents have been stored in the database, the difficulty in making the report manually , can be facilitated and accelerated by the presence of these systems , in the design of this information , physicians can easily obtain data on the patients medical history patient status

ANALISIS ASPEK KEAMANAN INFORMASI JARINGAN KOMPUTER (Studi Kasus: STIMIK Kupang)

Babys, Jemi Yohanis, Kusrini, Kusrini ( Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta ) , Sudarmawan, Sudarmawan ( Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta )

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 5 (2013): Network And Security
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (809.402 KB)

Abstract

Jaringan komputer sebagai backbone dari teknologi informasi diharapkan dapat menyediakan layanan yang aman bagi penggunanya sehingga informasi-informasi penting seorang pengguna jaringan tidak dapat dicuri atau diakses oleh pengguna lain yang tidak berhak mengaksesnya. Oleh karena itu dalam suatu jaringan komputer perlu dilakukan analisis aspek confidentiality yang merupakan salah satu aspek dari keamanan informasi. Analisis ini bertujuan untuk mengukur tingkat kerahasian informasi pengguna jaringan komputer. Analisis ini dilakukan dengan cara melakukan ekspoitasi terhadap celah keamanan pada salah satu port yang terbuka di setiap client/hosts melalui internal jaringan komputer untuk mencuri informasi-informasi pengguna pada client/host yang dieksploit. Berdasarkan analisis yang dilakukan ditemukan kelemahan-kelemahan keamanan, baik itu pada tools pengamanan jaringan yang digunakan pada setiap client/host maupun pada instalasi jaringannya. Berdasarkan kelemahan-kelemahan keamanan tersebut ditemukan juga solusi-solusi untuk mengamankan jaringan, solusi-solusi tersebut akan direkomendasikan guna pengembangan jaringan yang lebih baik lagi. Solusi-solusi yang dihasilkan adalah sebagai berikut: (1) Melakukan segmentasi pada jaringan menggunakan VLAN dengan metode Access Control Lists (ACL) dan Port Security; (2) Melakukan instalasi firewall disetiap client/host dalam jaringan untuk melindungi setiap port yang terbuka pada sistem operasi yang digunakan, dalam penelitian ini menunjukan bahwa aplikasi McAfee 8.8 mampu melindungi port yang terbuka.  

DAMPAK EKONOMI MAKRO BENCANA : INTERAKSI BENCANA DAN PEMBANGUNAN EKONOMI NASIONAL

Artiani, Listya Endang

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 5 (2011): Information System and Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.257 KB)

Abstract

Banyak laporan kerugian bencana terbatas untuk menilai penggantian infrastruktur fisik, dan tidak mencakup dampak potensial bencana pada sistem ekonomi regional atau nasional. Meskipun ada diskusi yang berkembang dalam literatur tentang manfaat dari pendekatan yang berbeda untuk bencana secara kontras dapat melihat manfaat ontologis dan perkembangan yang berfokus pada kerugian manusia atau fisik, ada kekurangan penekanan pada isu yang lebih mendasar dalam menghitung dampak ekonomi dari bencana pada lingkup ekonomi makro. Dalam makalah ini akan meninjau metodologi yang lebih holistik dan melihat bencana dan mitigasi bencana yang menempatkannya dalam proses pembangunan. Keluar dari tradisi modernis yang telah menempatkan bencana dan pembangunan secara terpisah dalam pengelolaan lingkungan yang komprehensif. Makalah ini akan menjelaskan dampak bencana, termasuk pada sisi ekonomi. Pada mitigasi bencana pengamatan sisi ekonomi makro menunjukkan bahwa beberapa variabel ekonomi makro memungkinkan terpengaruh atau terkena dampak bencana. Bencana dirasakan pada skala spasial, tetapi di sini kita fokus pada dampak bencana pada tingkat negara-bangsa atau nasional, wilayah sub-, yang tetap unit utama dalam perencanaan pembangunan. Makalah ini menyajikan tinjauan terhadap interaksi bencana dan pembangunan ekonomi nasional dan menyajikan sebuah kerangka kerja untuk analisis yang lebih holistik dari dampak makroekonomi bencana, dan mendiskusikan interaksi bencana dengan proses pembangunan

DATA ACQUISITION IN RUNNING TRIPLE COMBO, A COMBINATION OF MEASUREMENT WHILE DRILLING (MWD) AND LOGGING WHILE DRILLING (LWD) WITH NUCLEAR LOGGING TOOL, ASSESSED BY SAFETY ASPECTS

Setianingsih, Lilis Susanti

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 2 (2010): Instrumentational And Robotic
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.592 KB)

Abstract

Drilling and exploration in oil and gas jobs require accurate yet fast data on formation being drilled. This type of activity utilizes services providing real time logs with triple combo combining MWD (Measurement While Drilling) and LWD (Logging While Drilling). The advanced technology of LWD and MWD lets the operator companies reach quick and precise decision regarding the drilling and exploration activities based on formation evaluation which can be presented in real time. Nuclear logging which can be included in a MWD and LWD triple combo presents formation evaluation through density and porosity logs. The technique adapted for the nuclear logging is by implementing density measurements by using Cs-137 gamma ray source while porosity measurements are obtained by using fast neutrons from americium oxyde-berryllium (AmBe). Data acquisition for real time data presentation is performed by attaching two pressure sensors and one depth sensor at the surface. As the triple combo is run with the whole three tools for MWD, Resistivity tool for getting resistivity logs and the nuclear logging tool to be put on the top of the formation, the sequence of procedures to follow are strictly specific. Requirement for safety to be concerned in LWD application with radioactive source is regulated by BAPETEN. Government Regulation No. 33/2007 about Safety for Ionizing Radiation and Security for Radioactive Source as well as Government Regulation No 29/2008 about Licensing for Utilization of Ionizing Radiation Source and Nuclear Material. The types of the well require concerns regarding the type of formation that can affect the risk in running the job. Based on the safety assessment done on practice in the field, most activities have complied with the existing regulation.

PENGEMBANGAN APLIKASI FUZZY LOGIC CONTROLLER UNTUK PENGEREMAN KERETA API DI STASIUN DAN SIMULASINYA

Bria, Yulianti Paula

Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) Vol 1, No 3 (2012): Intelligent System dan Application
Publisher : Jurusan Teknik Informatika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.155 KB)

Abstract

Sistem pengereman kereta api yang masih manual menyebabkan ketidaknyamanan penumpang karena hentakan yang kuat dan bunyi yang kurang enak didengar telinga ketika terjadi pengereman di stasiun. Hal ini disebabkan karena tidak ada sistem kontrol yang mengatur tentang kecepatan kereta, jarak pengereman dari stasiun dan kekuatan pengereman kereta. Permasalahan pengereman dapat diatasi dengan melakukan pengaturan pada sistem pengereman, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan sistem kontrol/kendali logika fuzzy atau sering disebut logika fuzzy controller. Dalam penelitian ini, metode logika fuzzy yang digunakan adalah metode Mamdani dengan metode defuzzifikasi centroid. Sedangkan tool yang digunakan adalah Microsoft Visual Studio 2005 untuk membangun aplikasi fuzzy dan Macromedia Flash MX 2004 untuk membuat simulasi pengereman berbasis multimedia. Aplikasi fuzzy logic controller untuk pengereman kereta api di stasiun berhasil dikembangkan dan menghasilkan output berupa bilangan crisp (tegas) sebagai acuan untuk melakukan pengereman kereta api dengan input berupa jarak pengereman dengan stasiun dan kecepatan kereta sebelum dilakukan pengereman. Hasilnya dapat ditampilkan pula dalam bentuk simulasi berbasis multimedia.

Page 1 of 69 | Total Record : 684


Filter by Year

2008 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 1, No 1 (2018): Landscape Industri Internet Dampak Perilaku Marketing Indonesia Vol 1, No 2 (2016): Semnasif 2016 Vol 1, No 1 (2015): Informatika Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Vol 1, No 1 (2014): Business Intelligence Vol 1, No 5 (2013): Network And Security Vol 1, No 4 (2013): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2013): Computation And Instrumentation Vol 1, No 2 (2013): Cloud Computing Technology Vol 1, No 1 (2013): Information System and Application Vol 1, No 5 (2012): Geoinformatic And GIS Vol 1, No 4 (2012): Information System and Application Vol 1, No 3 (2012): Intelligent System dan Application Vol 1, No 2 (2012): Network And Security Vol 1, No 1 (2012): Computation And Instrumentation Vol 1, No 5 (2011): Information System and Application Vol 1, No 4 (2011): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2011): Network And Security Vol 1, No 2 (2011): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2011): Computatinal Vol 1, No 5 (2010): Information System And Application Vol 1, No 4 (2010): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2010): Network And Security Vol 1, No 2 (2010): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2010): Computatinal Vol 1, No 6 (2009): E-Democracy Vol 1, No 5 (2009): Information System And Application Vol 1, No 4 (2009): Intelligent System dan Application Vol 1, No 3 (2009): Network And Security Vol 1, No 2 (2009): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2009): Computatinal Vol 1, No 5 (2008): Information System And Application Vol 1, No 4 (2008): Network And Security Vol 1, No 3 (2008): Intelligent System dan Application Vol 1, No 2 (2008): Instrumentational And Robotic Vol 1, No 1 (2008): Computational More Issue