cover
Filter by Year
Edulib
Edulib, practitioners in the field of LIS focuses on the main problems in the development of the information science, documentation science, library science, archieve, librarianship, and ICT in Library. It covers the theoretical and general aspects of Institutional management of information, information and libraries, libraries and communities in the 3.0 Era, libraries in all areas of education (formal, informal, informal), entrepreneurship information services, social librarianship, child and youth librarianship, curriculum and learning libraries, information literacy in all aspects of life, information society, and digital archives.
Articles
121
Articles
IMPLEMENTASI DIGITAL ASSET MANAGEMENT UPT PERPUSTAKAAN ITB

Furauki, Nurru Alfi Fazri, Sukmana, Ena

Edulib Vol 8, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak. Perpustakaan merupakan salah satu lembaga yang memegang peranan sangat besar dalam hal penyediaan informasi, terutama terkait dengan keterbukaan informasi publik, literasi informasi, perkembangan pendidikan, serta penyebaran informasi dengan cepat dan tepat bagi masyarakat. Perpustakaan dituntut untuk melakukan perubahan-perubahan kearah yang inovatif, kreatif dan bermanfaat bagi masyarakat sesuai dengan yang sudah dijelaskan dalam  UU Nomor 43 Tahun 2007 untuk lebih memperhatikan terkait eksitensi. Perpustakaan perguruan tinggi juga tentunya tidak terlepas dari dukungan teknologi informasi yang dijadikan suatu sarana dalam penyampian informasi bagi dosen atau mahasiswa. Penggunaan Digital Asset Management pada dasarnya memang memungkinkan sebuah perpustakaan mengelola dan mengendalikan pertumbuhan serta penggunaan materi digital yang semakin cepat bertambah, terutama yang berkaitan dengan karya tulis ilmiah dan koleksi perpustakaan yang nantinya di proses dengan komputer untuk dialih mediakan.Kata Kunci : Perpustakaan, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Digital Asset Management

PROMOSI BERBASIS EMOTIONAL BRANDING PADA PERPUSTAKAAN KINERUKU

Rohanah, Anah, Agustina, Susanti

Edulib Vol 8, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perlunya promosi perpustakaan berbasis emosi yang ditandai dengan munculnya konsep perpustakaan kolaborasi kafe atau book shoop di Indonesia. Konsep perpustakaan perlu dikemas secara kreatif maupun inovatif untuk menghilangkan citra kaku dan meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran bagi perpustakaan lain mengenai konsep EB sebagai salah satu strategi promosi. Penelitian ini menggunakan metode studi eksploratif melalui teknik pengumpulan data berdasarkan wawancara, observasi dan studi dokumentasi dengan penentuan sampel berdasarkan insidental sampling. Hasil temuan mengungkapkan bahwa Perpustakaan Kineruku mengusung konsep homey. Konsep ini didesain menyerupai rumah, di mana pemustaka dapat memanfaatkan layanan perpustakaan, layanan kafetaria serta layanan toko. Pengalaman emosional pemustaka dapat diperoleh dari pengalaman pancaindra (visual, raba, aroma, bunyi dan rasa) yang pada dasarnya harus memenuhi kategori untuk penyegaran badan dengan tersedianya konsumsi, penyegaran pikiran dengan tersedianya sumber informasi dan penyegaran jiwa dengan tersedianya hiburan. Ketiga kategori kebutuhan emosi tersebut sederhananya sudah dipenuhi Kineruku.

RANCANGAN DAN PENERAPAN PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL (INSTAGRAM) DI RUANG BACA VOKASI

Asri, Tri Mega, Megawati, Fitria

Edulib Vol 8, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Maraknya penggunaan media jejaring sosial instagram di kalangan masyarakat modern khususnya di kalangan remaja menjadikan media jejaring sosial tersebut sangat populer saat ini. Salah satu pemanfaatan teknologi informasi di perpustakaan yaitu dengan menggunakan media sosial untuk berbagai kepentingan perpustakaan. Media sosial merupakan alat, jasa dan komunikasi yang memfasilitasi hubungan antara orang satu dengan lainnya serta memiliki kepentingan atau ketertarikan yang sama. Maka dari itu ruang baca vokasi menggunakan media sosial instagram sebagai jasa komunikasi dengan penggunanya yang tiada lain adalah mahasiswa vokasi. Target dalam promosi ini adalah meningkatnya jumlah pengikut Instagram Ruang Baca Vokasi, suka, komen, dan penggunaan hashtag (#ruangbacavokasi).  

PEMBUDAYAAN GERAKAN LITERASI INFORMASI SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI TANGGERANG SELATAN

Fauziah, Gina, Lestari, Ambar Widya

Edulib Vol 8, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan literasi informasi siswa tingkat sekolah dasar di Tangerang Selatan dengan adanya pembudayaan GLS (Gerakan Literasi Sekolah) menggunakan metode super3 yakni, plan (perencanaan), do (pelaksanaan) dan review (evaluasi). Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan jumlah responden sebanyak 100 siswa/siswa kelas V (lima) yang terdiri dari dua SD Negri dan 3 (tiga) SD Islam Terpadu pada tiga  (3) kecamatan di Tangerang Selatan.  Hasil penelitian menunjukan bahwa responden dalam penelitian ini memiliki kemampuan literasi informasi yang baik pada tahap plan (perencanaan), do (pelaksanaan) dan review (evaluasi) dalam pelajaran bahasa Indonesia. Adanya pembudayaan GLS yang secara implisit di masukan ke dalam pelajaran bahasa Indonesia memiliki dampak positif terhadap kemampuan literasi informasi siswa dan akan lebih baik jika diterapakan pada setiap mata pelajaran di sekolah dasar.

KOMUNIKASI ILMIAH DITINJAU DARI ASPEK KOLABORASI KEPENGARANGAN DI JURNAL SOSIOHUMANIORA

-, Rohanda, Ruslina, Lilis

Edulib Vol 8, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis jumlah pengarang, jumlah keanggotaan pengarang, bahasa penulisan karya ilmiah, instansi pengarang, kolaborasi pengarang, frekuensi kolaborasi dan produktivitas pengarang serta graf komunikasi pada Jurnal Sosiohumaniora. Jurnal tersebut merupakan suatu jurnal yang mengkaji ilmu di bidang Sosial dan Humaniora yang diterbitkan oleh DRPM Universitas Padjadjaran dan telah mendapat akreditasi dari DIKTI pada tahun 2012. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mencatat dan mendaftar secara sistematik identitas setiap karya ilmiah yang diterbitkan oleh Jurnal Sosiohumaniora tahun 2013-2014. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan metode bibliometrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Jumlah pengarang yang tinggi pada salah satu nomor terbitan pada Jurnal Sosiohumaniora disebabkan oleh banyaknya pengarang yang melakukan penelitian secara berkolaborasi dengan komposisi pengarang yang berbeda-beda. 2) Universitas Padjadjaran menempati peringkat pertama instansi dengan karya ilmiah terbanyak. 3) Nilai kolaborasi yang didapatkan menunjukkan bahwa pengarang di bidang sosial dan humaniora tidak terlalu sering melakukan penelitian secara berkolaborasi. 4) Bambang Juanda menjadi pengarang yang paling produktif dan juga memiliki frekuensi kolaborasi terbanyak. 5) Pengarang yang paling produktif bukanlah yang menjadi titik sintetis. Pengarang yang menjadi titik sintetis tersebut ialah Eddy Renaldi dan Zumi Saidah.

PERPUSTAKAAN, GARDA BUDAYA LITERASI INDONESIA

Susanti, Dian Arya

Edulib Vol 8, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Bangsa Indonesia pernah memiliki budaya literasi, walaupun budaya lisan tetap menjadi yang lebih kuat, sampai sekarang. Akibatnya adalah bangsa yang malas membaca, yang mengakuisisi pengetahuan dan mentrasfernya kembali tanpa melakukan klarifikasi, terutama pada media-media sosial. Padahal bangsa yang cerdas adalah bangsa yang memiliki budaya literasi yang tinggi, dimana membaca dan menulis sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan keseharian masyarakatnya. Dalam Pembukaan UUD 1945 dinyatakan tujuan pemerintahan Indonesia, salah satunya yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Menjadi bangsa yang cerdas artinya menjadi bangsa yang budaya literasinya tinggi, yang memiliki kebiasaan membaca serta mampu menghasilkan banyak tulisan yang berkualitas. Dan untuk bisa mewujudkan itu, perpustakaan dengan pustakawan-pustakawan yang inovatif harus bisa menjadi inkubator rencana kegiatan dan kebijakan yang terkait dengan peningkatan budaya literasi Indonesia.

ANALYSIS OF THESIS ADVISING PATTERN IN MASTER PROGRAM ON FACULTY OF AGRICULTURE IPB USING DATA MINING APPROACH

Syarifah, Lilis, Sitanggang, Imas Sukaesih, Muljono, Pudji

Edulib Vol 8, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

The thesis is student study report which is accomplished as a requirement of graduation for Master program. Selecting study’s topic and advisors influence implementation of the study. Therefore, study’s topic is able to improve academic institution quality, however a large number of thesis documents on the repository cause difficulty to get information related to advisor’s expertness and the frequent or rare topic is former studied. Association rule mining can be used to mine information on the related item. This study aims to analyze advising patterns system in Master program on Agriculture based on supervisors and their topic research on metadata thesis of IPB repository and text documents of summary using data mining approach. The datas were collected from the repository of Bogor Agricultural University website and processed using R language programming. Pattern result of the reseach were that the most popular association on supervisor was occurred at support value of 0.00793 or equivalent to 7 theses and four popular topics were Botanical insecticide, Global warming, Upland Rice, and Land Use Change. The analysis result could be useful information to be reference or suggest future research or appropriate supervisor among agricultural.

MODAL SOSIAL DALAM KESEHARIAN LAYANAN PERPUSTAKAAN UMUM KOTA DEPOK

Adyannisa, Vanka, Laksmi, Laksmi

Edulib Vol 8, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai modal sosial yang terbentuk dalam layanan Perpustakaan Umum Kota Depok berdasarkan pada unsur kepercayaan, jaringan, dan norma. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mendeskripsikan proses pembentukan modal sosial dalam layanan dan memahami interaksi yang terjadi antara pustakawan dan pemustaka pada aktivitas dan kegiatan layanan Perpustakaan Umum Kota Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Informan penelitian ini adalah pustakawan layanan, pustakawan pengelola dan pemustaka yang terlibat interaksi dalam layanan perpustakaan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian, dari ketiga unsur modal sosial, jaringan sosial menjadi unsur paling dominan karena interaksi pustakawan dan pemusta dalam layanan perpustakaan mampu membentuk kerjasama antara perpustakaan dengan sekolah, menjadi tempat untuk berdiskusi, dan melakukan kerja kelompok bagi pemustaka pelajar, serta menjadi tempat untuk hiburan keluarga yang mengedukasi. Sementara norma sosial berada di posisi terendah, terlihat bahwa pemustaka kurang mempedulikan aturan yang ada sehingga pustakawan memberikan teguran kepada pemustaka. Untuk itu, Perpustakaan Umum Kota Depok perlu membangun norma sosial lebih kuat agar pemustaka dengan pustakawan saling menghargai dan keduanya dapat mematuhi dan memahami bersama peraturan yang ada.

DEVELOPING MOBILE LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (MLMS) BASED ON ANDROID FOR CURRICULUM LITERACY

Riyana, Cepi

Edulib Vol 8, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

This research on instructional innovation aims to develop an application of Mobile Learning Management System (mLMS) based on Android Honeycomb as a medium for college students to increase their master of the basic professional course, with broader access and richer content packaged in multimedia. The problem under research is “How does the development of a model mobile Learning Management System (mLMS) based on Android Honeycomb as students’ learning medium improve the quality of the teaching learning and accessibility of basic professional courses, especially for the Curriculum and Instruction course in Universitas Pendidikan Indonesia? The research adopted the development model of Thiaragajan, Sem­mel, & Semmel, consisting of “define, design, and develop.” The subjects were students taking the professional basic course of Curriculum and Instruction in the Department of Accounting Education A and Department of German Education B. The instruments used were online questionnaires and tests.The findings show: (1) The development of mobile Learning Management System (mLMS) based on Android Honeycomb was carried out through the stages of needs analysis of the model, development of conceptual framework, and development of software requirement; (2) The model of mobile Learning Management System (mLMS) based on Android Honeycomb consists of three stages, namely pre-learning activities, learning, and post learning; (3) The use of mobile Learning Management System (mLMS) based on Android Honeycomb was able to increase the learning outcomes in the course of Curriculum and Instruction in UPI. The increase can be seen in the post-test scores that were greater than the pre-test scores; and (4) Students’ responses and perceptions of the use of the application of mobile Learning Management System (mLMS) based on Android Honeycomb in the course of Curriculum and Instruction in general were good and positive.

PENGARUH IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI

Nurlidia, Fasha, -, Rohanda

Edulib Vol 8, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.653 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  seberapa  besar  pengaruh faktor kepercayaan,  faktor pembuatan  keputusan bersama, faktor kejujuran,  faktor keterbukaan dalam komunikasi ke atas dan faktor perhatian pada tujuan- tujuan berkinerja tinggi terhadap kinerja  pegawai  Divisi  Pengembangan  Ekonomi  Daerah  Unit  Humas dan  Komunikasi  Publik - Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei eksplanatori. Teknik analisis data yang digunakan  adalah  teknik  analisis data  deskriptif  dan  teknik analisis data inferensial dengan uji statistik analisis jalur (path a nalysis). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, obserasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Iklim Komunikasi Organisasi berpengaruh terhadap Kinerja  Pegawai  Divisi  Pengembangan  Ekonomi Daerah - Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat. hal tersebut dapat dilihat dari pengaruh faktor- faktor iklim komunikasi organisasi yang terdiri dari kepercayaan,  pembuatan keputusan bersama,faktor kejujuran, faktor keterbukaan dalam komunikasi ke bawah, faktor mendengarkan dalam komunikasi ke atas dan faktor perhatian pada tujuan- tujuan berkinerja tinggi yang dapat memberikan kontribusi  positif  bagi kinerja pegawai  Divisi  Pengembangan Ekonomi Daerah Unit Humas dan Komunikasi Publik -Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat yang terdiri dari atas quality  (kualitas),  quantity  (kuantitas)  dan  timeliness (ketepatan waktu).  Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Iklim Komunikasi Organisasi berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai Divisi Pengembangan Ekonomi Daerah, Unit Humas  dan  Komunikasi  Publik - Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat.