cover
Filter by Year
Jurnal Inovasi Pembelajaran (JINoP)
Articles
102
Articles
PENGARUH PENDEKATAN 5E DAN SETS BERBANTU APLIKASI MEDIA SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MAHASISWA

Ghofur, Abdul, Raharjo, Nahdia Rupawanti Basuki

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 4, No 2 (2018): November 2018
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

This study aims to examine the effect of 5E learning approaches (Engage, Explore, Explain, Elaborate, and Evaluate) and SETS learning approaches (Science, Environment, Technology, and Society) assisted by social media applications on students thinking skills. The design of this study was a quasi-experimental design of 58 Lamongan Islamic University students who were selected by purposive sampling technique. Data collection techniques using written tests in the form of pretest and posttest, data analysis using two-way ANOVA. The results of data analysis showed that there was a significant influence between groups of students who were taught with the 5E approach and the SETS approach to their critical thinking skills. This is based on the calculated F value of 17,547 with a significance value of 0,000. Based on the results of the descriptive analysis showed that the average value of students critical thinking skills that were taught with the 5E approach was higher compared to the average score of students who were taught by the SETS approach. The average value of critical thinking ability of students who are given learning using the 5E approach is 73.11, while the average value of critical thinking ability of students who are given learning by the SETS approach is 61.90. The use of social media applications in these two approaches is very helpful to complete the experience learning becomes more concrete so it can help them in discussion, reading, and practice.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN PENDEKATAN REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA

Hodiyanto, Hodiyanto, Haryadi, Rahman

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 4, No 2 (2018): November 2018
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Berbagai hasil penelitian menunjukkan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa maupun mahasiswa dan salah satu faktor yang paling berpengaruh adalah model yang selama ini diterpakan masih belum optimal. Oleh sebab itu, perlu dicarikan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dan salah satu model yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan adalah model pembelajaran problem posing dengan pendekatan realistik. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) besarnya pengaruh model pembelajaran problem posing dengan pendekatan realistik terhadap kemampuan komunikasi matematis mahasiswa, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran problem posing dengan pendekatan realistik terhadap kemampuan komunikasi matematis mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan kelas B Pagi semester II Program Studi Pendidikan Matematika sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpul data menggunakan pengukuran dan tes sebagai alat pengumpul data. Teknik analisi data menggunakan software SPSS 16. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PP dengan pendekatan realistik berpengaruh yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis mahasiswa. 

Pengembangan Video Pembelajaran Pembuatan Sabun Herbal Minyak Atsiri Kayu Manis

TE, Yuni Tasmalina, Atmanto, Dwi, Maulida, Ernita

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 4, No 2 (2018): November 2018
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan  video pembelajaran tentang proses pembuatan sabun herbal dengan penambahan minyak atsiri kayu manis yang  tepat untuk digunakan sebagai media pembelajaran; dan 2) menguji kelayakan  video pembelajaran  yang dihasilkan  guna meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata kuliah Kimia Kosmetika. Media pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini adalah video pembuatan sabun herbal dengan tambahan minyak atsiri kayu  manis dimulai dari proses penyulingan kulit kayu manis hingga menjadi produk sabun herbal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan  gabungan antara model Borg & Gall, Model Dick & Carey dan Model Hannafin & Peck. Prosedur pengembangan media meliputi tahap desain, pengembangan dan evaluasi. Teknik analisis data untuk uji coba produk menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian sebagai berikut. (a) media yang dikembangkan dinilai layak digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari aspek media dan materi. Kelayakan tersebut dapat dilihat dari skor penilaian ahli media 3,88 dan skor ahli materi 4,0 dengan kategori sangat baik. (b) Multimedia pembelajaran tata rias wajah korektif dinilai efektif karena dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Hal ini dibuktikan melalui hasil nilai pre-test aspek kognitif dengan rata-rata nilai 51,22 dan nilai post-test dengan rata-rata nilai 75,33. Hasil nilai ranah psikomotorik dengan rata-rata nilai 81,98. 

ANALISIS PROSES PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE V.3.1. PADA MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Pradipta, Anangga Widya

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 4, No 2 (2018): November 2018
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbantuan internet. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendesain dan mengembangkan e-learning berbasis Moodle V.3.1. untuk meningkatkan pemahaman konsep mata kuliah Belajar dan Pembelajaran Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi IKIP Budi Utomo Malang. Langkah yang ditempuh adalah menggunakan prosedur pengembangan yang merupakan kombinasi antara prosedur-prosedur pengembangan dari Alessi dan Trollip. Prosedur pengembangan meliputi 4 tahap utama yaitu perecanaan, desain, pengembangan dan evaluasi sumatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengolah maupun dan menginterpretasikan hasil tinjauan dan uji coba produk pengembangan bahan ajar yaitu teknik analisis kuantitatif. Analisis data kuantiatif digunakan untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen tes pemahaman konsep. Analisis data dijadikan acuan untuk memperbaiki atau merevisi produk. Hasil pengembangan produk e-learning berupa manajemen pembelajaran online dengan software aplikasi moodle versi 3.1 dengan revisi  versi 3.5.7 dengan alamat https://widyapradipta.com. Kelayakan produk e-learning pada aspek materi mendapatkan nilai 76,34 % dan termasuk dalam kategori baik, pada aspek media mendapatkan nilai sebesar 81,83 % dan termasuk dalam kategori sangat baik, aspek respon mahasiswa mendapatkan nilai 88% dalam kategori baik dan pemahaman onsep mahasiswa meningkat 23,6% menjad 83,6% kategori sangat baik.

Penerapan Model TTW berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema Kebersamaan Siswa Kelas II

Azizah, Siti Niswatun

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 4, No 2 (2018): November 2018
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Model pembelajaran sangat diperlukan dalam pelaksanaan pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penerapan model pembelajaran yang sesuai dapat mengembangkan aktivitas belajar siswa sehingga memberikan hasil belajar yang optimal. Pendekatan pembelajaran dalam kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik yang terintegrasi dalam pembelajaran tematik.  Pendekatan ini mencakup 5M. Penelitian ini menggunakan model yang disesuaikan dengan pendekatan tersebut. Pelaksanaan penelitian menyesuaikan standar kurikulum yang berlaku dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas II SDN Salatiga 05 melalui penerapan model ttw berbasis saintifik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan bentuk spiral dari model Kemmis dan Mc Taggart untuk tahapan acting dan observating disatukan dalam satu kolom. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Salatiga 05. Peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa karena adanya aktivitas belajar siswa. Persentase hasil belajar siklus I muatan Bahasa Indonesia sebesar 78,95% dan pada siklus II sebesar 100%. Sedangkan persentase ketuntasan pada Matematika dalam siklus I sebesar 81,6% dan siklus II sebesar 92%. Berdasarkan hasil tersebut, penelitian dengan model ttw berbasis saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar.

PENINGKATAN KECERDASAN KINESTETIK MENGGUNAKAN MODIFIKASI PERMAINAN PADA LESSON STUDY DI SD MOH HATTA MALANG

Arifin, Bustanol, Fantiro, Frendy Aru, ulum, Bahrul

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 4, No 2 (2018): November 2018
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Pelaksanaan lesson study ini memiliki tujuan yaitu meningkatkan kecerdasan kinestetik menggunakan modifikasi permainan pada kelas 4 di SD Moh. Hatta Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan mengimplementasikan lesson study. Adapun subyek penelitian adalah peserta didik kelas 4 di SD Moh. Hatta Malang Pengimplementasian lesson study ini dilakukan dalam 4  kali putaran. Tahapan pelaksanaan LS terdiri dari 3 tahapan yaitu: (1) tahap perencanaan (plan), (2) Tahap pelaksanaan (do), serta (3) tahap refleksi (see). Kecerdasan Kinestetik siswa kelas 4 SDN Moh Hatta Data rata-rata nilai siswa pada matapelajaran PJOK pada siklus I 72,5; siklus II 77,13 dan siklus III 78,5. Siklus IV 81,7 Peningkatan dari siklus I ke siklus II 4,63; siklus II  ke siklus III 1,37. Siklus III ke IV 3, 25 Lesson study menyebabkan siswa bersemangat, dalam melakukan kegiatan pembelajaran dan merasa senang sehingga hasil kemampuan gerak kinestetik paserta didik dari siklus I ke siklus IVmeningkat. Kata Kunci: kecerdasan kinestetik, modifikasi permainan, sekolah dasarAbstract: The implementation of this lesson study has the aim of improving kinesthetic intelligence using game modification in grade 4 in Moh. Hatta primery school. This research is a descriptive research by implementing lesson study. The subjects of the study were 4th grade students in Moh. Hatta primery school. The implementation of this lesson study was conducted in 4 rounds. The stages of LS implementation consist of 3 stages: (1) planning stage, (2) Implementation stage (do), and (3) stage of reflection (see). Kinesthetic Intelligence of grade 4 students in Moh Hatta Primary School Average data on student score on Physchal Education learning in cycle I 72,5; cycle II 77.13 and cycle III 78.5. Cycle IV 81,7 Increase from cycle I to cycle II 4.63; cycle II to cycle III 1.37. Cycle III to IV 3, 25 Lesson study causes the students to be excited, in doing the learning activities and feel happy so that the result of kinesthetic ability of the students from cycle I to cycle IV can increased. Keywords: kinesthetic intelligence, game modification, elementary school 

STUDI KASUS MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS POWERPOINT KARYA MAHASISWA SEMESTER 6 PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA UMS

Ishartono, Naufal, Nurcahyo, Adi

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 4, No 2 (2018): November 2018
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRAK. Matematika memiliki objek kerja yang bersifat abstrak, oleh karena itu diperlukan sebuah media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan objek-objek abstrak dari matematika. Salah satu media visual tersebut adalah PowerPoint. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskribsikan kualitas media pembelajaran matematika berbasis PowerPoint yang dikembangkan oleh mahasiswa semester enam Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMS. Kriteria yang digunakan dalam menilai kualitas tersebut adalah syarat didaktis, syarak konstruksi dan syarat teknis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan validasi ahli, deskripsi, dan analisis. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa hanya 5% dari total PowerPoint yang dikembangkan oleh mahasiswa memiliki kualitas yang baik. Dari 95% sisanya, mayoritas memiliki kekurangan dalam pemenuhan syarat konstruksi. Dara fakta tersebut, kajian lebih mendalam tentang bagaimana mahasiswa dapat mengembangkan media pembealajaran matematika berbasis PowerPoint yang memiliki kualitas mutu yang baik dipandang perlu untuk dilakukan khusunya pada keterpenuhan syarat konstruksi.

PENINGKATAN KONEKSI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI MAN I MALANG

Inganah, Siti, Cholily, Yus Mochamad, Taufik, Marhan, Ummah, Siti Khoiruli

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 4, No 2 (2018): November 2018
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan koneksi matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan data kualitatif. Hal ini ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran berbasis masalah dan indicator peningkatan koneksi matematis. Penelitian dilalukan selama empat kali pertemuan dengan subyek penelitian kelas IPA dan kelas IPS. Data diperoleh dengan cara mencatat pada lembar catatan lapangan dan lembar observasi dengan bantuan observer. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa dalam mempelajari materi eksponen dan matriks. Hal ini ditinjau dari analisis hasil pengerjaan soal siswa yang sudah dapat mengkaitkan materi sebelumnya. Akan tetapi, pada indicator koneksi matematis dalam kehidupan sehari-hari, siswa belum dapat menjelaskan adanya keterkaitan materi dalam kehidupan sehari-hari.

AN INTERPRETIVE STUDY OF THE COMMUNICATION NEEDS OF ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS AT UNIVERSITY OF MUHAMMADIYAH MALANG

Poedjiastutie, Dwi, Naidi Warnanda, Kharisma, Saputro, Teguh Hadi, Hima, Aninda Nidlomil

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 3, No 2 (2017): November 2017
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.099 KB)

Abstract

At English Department (ED) UMM, students learn communication for General Purposes (GE) and the generality of the communication materials very much depend on the teachers’ decisions. In other words, teachers can decide any topics and materials depending on the communication books they possessed and read. Even so, many of them by the end of their study period are still not able to speak English fluently. This research is to provide information needed for the curriculum development and classroom instruction through Needs Analysis (NA). The research questions for this study cover (1) what communication skills and competence are expected by ED UMM students? To answer the following questions, an interpretive research paradigm will be employed in the proposed research. In an interpretive research paradigm, theories are constructed from the data rather than theories preceding the data. The data in this research is the participants’ goals, reasons, motives, feelings, perspectives, and assumptions and these participant perspectives will be viewed through the lens of their cultural contexts. This approach uses three-stage data collection and analysis, namely: FGD (focus-group interview) with ED students. The findings showed:

PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF PADA KURIKULUM 2013 DI KELAS RENDAH SD MUHAMMADIYAH 07 WAJAK

AM, ichsan anshory, Saputra, Setiya yunus, Amelia, Delora Jantung

JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) Vol 4, No 1 (2018): Mei 2018
Publisher : Lecturer at the Faculty of Education, University of Muhammadiyah Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.064 KB)

Abstract

ABSTRAK           Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran tematik integratif di kelas rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak, memperbarui pengetahun guru-guru SD Muhammadiyah 07 Wajak tentang kurikulum 2013, Memberikan Inovasi tentang pelaksanaan K13 yang sesuai dengan peraturan yaitu tidak memisah-misahkan mata pelajaran, serta memberikan ilmu pengetahuan yang baru tentang kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah Wajak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, penelitian yang didasarkan pada data alamiah yang berupa kata-kata dalam mendeskripsikan objek yang diteliti melalui kegiatan pengumpulan data yang diambil saat penelitian terjadi  Hasil dan kesimpulan kegiatan PPDS  di SD Muhammadiyah 07 Wajak berlangsung dengan baik dan lancar. Hal ini dapat dilihat dari penerapan pembelajaran oleh tim PPDS yang sesuai dengan ciri-ciri pembelajaran tematik integratif yang mana antara lain berpusat pada anak, tidak memisah-misahkan mata pelajaran satu dengan yang lainnya, meskipun pada awalnya guru-guru di sana masih belum begitu faham dengan pelaksanaan pembelajaran tematik dalam kurikulum 2013. Berdasarkan pelaksanaan pembelajaran tematik sesuai kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah 07 Wajak, maka peneliti menyimpulkan sebagai berikut: 1)Guru sudah mengetahui tentang kurikulum 2013 akan tetapi pada pelaksanaan guru belum sepenuhnya paham, 2)Kesiapan sarana dan prasarana untuk menunjang proses pembelajaran tematik yang sesuai dengan kurikulum 2013 cukup memadaiKata Kunci : Tematik, Kurikulum 2013ABSTRACT The purpose of this study is to describe integrative thematic learning in low grade Muhammadiyah 07 Wajak elementary school, update the knowledge of teachers of SD Muhammadiyah 07 Wajak, Giving Innovation about the implementation of K13 in accordance with the rules that is not separating subjects, as well as providing new knowledge about 2013 curriculum at SD Muhammadiyah Wajak. This research is a qualitative research, research based on natural data in the form of words in describing the object under study through data collection activities taken when the research occurredResults and conclusions of PPDS activities in SD Muhammadiyah 07 Wajak progressed well and smoothly. This can be seen from the application of learning by the PPDS team in accordance with the characteristics of integrative thematic learning which, among others, centered on children, did not separate subjects with one another, although at first the teachers there are still not so understand with the implementation of thematic learning in the curriculum 2013. Based on the implementation of thematic learning according to the 2013 curriculum in SD Muhammadiyah 07 Wajak, the researchers concluded as follows: 1) Teachers already know about the curriculum 2013 but on the implementation of teachers have not fully understood, 2) Readiness facilities and infrastructure to support thematic learning process in accordance with the 2013 curriculum is sufficient.Keyword : Tematic, Curriculum 2013