cover
Filter by Year
Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains
S4
Sinta Score
ISSN : 23032952     EISSN : 26228491
Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains (Intelektualita Journal: Islamic, Social, and Science Studies) (ISSN: 2303 - 2952 ; e-ISSN: 2622-8491) is a journal published by Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Published articles come from young researchers (S1, S2 and S3 students) at regional, national, and even international levels who have broad insights in their respective fields of study.
Articles
61
Articles
Perilaku Menyimpang pada Remaja Punk di Kawasan Pasar 16 Ilir Palembang

Musyarafah, Dira Azida, Lukmawati, Lukmawati

Intelektualita Vol 7 No 2 (2018): Intelektualita
Publisher : Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.274 KB)

Abstract

tidak sesuai dengan norma-norma yang terdapat dalam ajaran agama dan masyarakat. Bentuk penyimpangan yang dilakukan beragam yakni minum-minuman beralkohol, menggunakan ganja, sabu-sabu, mencuri, hingga seks bebas. Hal yang melatar belakangi terjadinya perilaku menyimpang pada remaja Punk disebabkan karena keinginan untuk mendapatkan kebebasan, hal ini dipicu oleh hubungan keluarga yang broken home, kurangnya perhatian, lingkungan yang tidak baik menyebabkan mereka mudah terpengaruh dan ikut-ikutan kepada hal negatif. Dampak yang ditimbulkan akibat perilaku menyimpang yang dilakukan remaja Punk yakni dikucilkan oleh lingkungan sekitar dan dipandang “Sebelah Mata” oleh lingkungan, kemudian dampak yang ditimbulkan untuk lingkungan masyarakat yakni timbulnya keresahan dilingkungan masyarakat terhadap remaja Punk.

Penerapan Prinsip Good Corporate Governance (GCG) dalam Upaya Mewujudkan Visi pada PT. Bank BNI Syari’ah Cabang Palembang

Putri, Indah Halimah

Intelektualita Vol 7 No 2 (2018): Intelektualita
Publisher : Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.372 KB)

Abstract

Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan peran diterapkannya prinsip-prinsip Good Corporate Governace (GCG) yaitu prinsip keterbukaan (transparancy), prinsip akuntabilitas (accountability), pertanggung jawaban (responsibility), profesional (professional), dan prinsip kewajaran (fairness) di PT. Bank BNI Syari’ah Cabang Palembang. Penelitian ini menggunakan metode yang bersifat analisis deskriptif kualitatif. Penerapan prinsip Good Corporate Governance di PT. Bank BNI Syari’ah Cabang Palembang menggunakan prinsip dasar yang sesuai dengan prinsip Islami yaitu: Prinsip keterbukaan (transparency), akuntabilitas (accountability), pertanggung jawaban (responsibility), professional (professional) dan kewajaran (fairness). Dengan diterapkannya kelima prinsip dasar tersebut diharapkan kinerja perusahaan akan semakin baik dan manajemen yang dibangun juga akan semakin baik, tentunya tidak melupakan unsur syari’ah pada perusahaan itu sendiri. Peran Good Corporate Governance dalam mewujudkan visi pada PT. Bank BNI Syari’ah Cabang Palembang tidak terlepas dari terlaksananya pedoman pelaksanaan Good Corporate G``overnance itu sendiri, dimana Good Corporate Governance berperan penting dalam meningkatkan kinerja perusahaan dan memotivasi semua pegawai agar terciptanya pelayanan dan kinerja yang baik serta bisa meningkatkan minat nasabah untuk lebih memilih PT. Bank BNI Syari’ah Cabang Palembang sebagai satu satunya Bank Syari’ah pilihan mereka.

Pembelajaran IPA Berbasis Tradisi Sains Islam di Madrasah

Nurhasanah, Erna Siti, Komalasari, Kokom

Intelektualita Vol 7 No 2 (2018): Intelektualita
Publisher : Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.387 KB)

Abstract

Banyak temuan ilmuwan muslim yang belum dimanfaatkan sebagai bahan ajar IPA di Madrasah Aliyah. Umumnya bahan ajar yang diberikan sama dengan bahan ajar di SMA. Tulisan ini bertujuan mengungkap temuan Muslim yang dapat digunakan sebagai bahan ajar IPA di Madrasah. Metode pembahasan yang digunakan dalam tulisan ini adalah sejarah sains berperspektif Islam dan metode pembelajaran sains demonstratif. Data dikumpulkan melalui kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam bidang mekanik ilmuwan Muslim Al-Jazari yang mempengaruhi Banu Musa, al-Asturlabi, Hibat Allah Ibn al-Husayn dapat diajarkan di Madrasah Aliyah kelas XI. Tujuannya untuk memperkaya wawasan murid tentang IPA berperspektif Islam.

Persepsi Mahasiswa terhadap Metode Dakwah Ustadz Abdul Somad, Lc., MA

Sugandhi, Irham, Manalullaili, Manalullaili, Sihabudin, M Amin

Intelektualita Vol 7 No 2 (2018): Intelektualita
Publisher : Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.03 KB)

Abstract

This thesis is entitled: “Persepsi Mahasiswa terhadap Metode Dakwah Ustadz Abdul Somad, Lc., MA (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan KPI Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang angkatan 2015) with the problems in this study are: What is da’wah method that often used by Ustadz Abdul Somad, Lc., MA and What is the perception of KPI Students in academic year 2015 of UIN Raden Fatah Palembang towards the method of da'wah Ustadz Abdul Somad, Lc., MA. Guided by Suharsimi Arikunto, if the population is less than 100 people it is better taken all, whereas if the population is larger then it can be taken 10-15% or 20-25%. In this study the population is all students majoring in KPI 2015, consist of 114 studentd. While the sample or respondents taken as many as 25% of 114 people, namely 28.5 rounded up to 30 respondents. The results of this study are: The method that is often used by Ustadz Abdul Somad, Lc., MA and good according to respondents is the question answer method and verbal method. While the method that is rarely used by Ustadz Abdul Somad, Lc., MA and is a discussion method.

Bahan Ajar Gerak Planet dalam Pembelajaran Fisika di Madrasah

Anjani, Riska, Ariandini, Silvia, Irawan, Irawan

Intelektualita Vol 7 No 2 (2018): Intelektualita
Publisher : Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.82 KB)

Abstract

Konsep mengenai orbit  bulan dan planet-planet tertentu pertama kali dikemukakan oleh Ptolemeus yang kemudian dikoreksi oleh al-Battani (858-929 M), ia juga berhasil menentukan perkiraan awal bulan baru, dan perkiraan panjang matahari. Al-Battani juga mengembangkan metode untuk menghitung gerakan dan orbit planet-planet, namun temuan tersebut lebih dikenal sebagai temuan Kepler (1571-1630 M).Karya dan temuan ilmuwan muslim banyak, namun guru-guru di madrasah belum banyak yang bisa menyampaikan tentang temuan-temuan ilmuwan muslim yang berkaitan dengan fisika. Guru-guru di madrasah umumnya memberikan pengetahuan tentang fisika sama dengan tingkat SMA yang mengacu pada ilmuwan barat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap bahwa karya ilmuwan muslim dapat digunakan sumber belajar IPA di madrasah agar peserta didik di madrasah secara budaya lebih dekat dengan Islam. Investigasi yang digunakan yaitu investigasi kualitatif dengan pendekatan filsafat sains.

Peran Kepala Madrasah dalam Pengembangan Program Tahfidzh di MIN 1 Kota Palembang

Nanda, Lady, Rozali, Ibnu

Intelektualita Vol 7 No 2 (2018): Intelektualita
Publisher : Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.746 KB)

Abstract

MIN 1 kota Palembang adalah salah satu lembaga pendidikan tingkat pertama yang berdiri dibawah naungan Kementerian Agama. Kepala Madrasah ingin mengembangkan sebuah program yaitu pengembangan program Tahfizh. Secara teoritis penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi yang lebih mendalam terhadap keilmuan yang akan diteliti oleh penulis, dan juga bisa mengungkap apa saja peran kepala Madarasah dalam pengembangan program rumah tahfidzh, dan secara praktis, penelitian ini bertujuan: a) Untuk mencari jawaban Bagaimana progam Rumah Tahfidzh di MIN 1 kota Palembang; b)Untuk menganalisis Bagaimana pengembangan Program Rumah Tahfidzh di MIN 1 kota Palembang; dan c)Untuk menganalisis, Bagaimana peran Kepala Madrasah dalam pengembangan Program Rumah Tahfidzh di MIN 1 kota Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan data lapangan yang didapat dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah Program tahfidzh di MIN 1 Kota Palembang dibagi menjadi 3 kegiatan, yaitu; 1) Ekstrakulikuler Tahfidzh pada hari jum’at; 2) Mata Pelajaran BTQ; dan 3) Rumah Tahfidzh Nurul Qur’ani dan Rumah Tahfidz Nurul Qur’ani MIN 1 Kota Palembang menjadi salah satu inovasi yang dilakukan oleh Madrasah tersebut dalam upaya meningkatkan hafalan al-Qur’an siswa.

Konsep Usaha Bersama dalam Koperasi Menurut Sri Edi-Swasono Ditinjau dari Hukum Ekonomi Syari’ah

Wardhani, Eka Cahya

Intelektualita Vol 7 No 2 (2018): Intelektualita
Publisher : Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.666 KB)

Abstract

Koperasi merupakan “soko guru” perekonomian nasional, artinya kegiatan ekonomi rakyat di bawah mendukung perekonomian besar di atasnya (hubungan vertikal). Sri Edi Swasono mengajarkan bahwa konsep koperasi disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan. Hal ini sesuai dengan konsep islam karena pada prinsipnya memiliki kesesuaian dengan bentuk kerjasama ekonomi (syirkah) dalam islam yang menekankan prinsip kerjasama, tolong menolong (ta’awun) dan persaudaraan (ukhuwah), sehingga koperasi di kategorikan sebagai syirkah t’aawunyyah.

Pengaruh Permainan Tradisional Engkleng terhadap Pemahaman Konsep Siswa KelaS III Mata Pelajaran Matematika di SDN Bangsa Negara Kabupaten OKU Timur

Yunita, Dedek

Intelektualita Vol 7 No 2 (2018): Intelektualita
Publisher : Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.978 KB)

Abstract

Pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari rata-rata nilai mean hasil belajar siswa kelas kontrol yaitu 72,75 sedangkan nilai mean hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu 84,73. Kemudian hasil analisis data dengan menggunakan statistik uji “t” diperoleh dalam perhitungan ( = 3, 84) dan besarnya t yang tercantum pada tabel ( = 2, 02) dan ( = 2,71) maka dapat diketahui bahwa  lebih besar ; yaitu 2,02<3, 84>2,71. Karena  lebih besar dari  maka hipotesa nihil yang diajukan ditolak, ini berarti bahwa adanya pengaruh permainan tradisional engklengterhadap pemahaman konsep siswa Kelas IIIpada mata pelajaran matematika di SDN Bangsa Negara OKU Timur.

Analisis Kesuksesan Sistem Informasi E-KKN LP2M UIN Raden Fatah Palembang dengan Menggunakan Model Delone dan Mclean

Absharina, Eriene Dheanda, Wijaya, Freddy Kurnia, Jaya, Irfan Dwi

Intelektualita Vol 7 No 2 (2018): Intelektualita
Publisher : Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.096 KB)

Abstract

Sistem informasi E-KKN merupakan salah satu sistem informasi di lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat(LP2M) Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang yang memberikan pelayanan dan informasi mengenai kuliah kerja Nyata (KKN). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kesuksesan sistem informasi E-KKN berdasarkan pengaruh antar variabel pada model kesuksesan. Model kesuksesan yang digunakan menggunakan model Delone and Mclean IS Sucess Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap pemakaian, kuliatas informasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pemakai, pemakaian berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pemakai, dan kepuasan pengguna berpengaruh signifikan terhadap manfaat-manfaat bersih.

Penerapan Sistem Publikasi Informasi Humas dalam Meningkatkan Validitas Informasi di Website Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan

Amelia, Riska

Intelektualita Vol 7 No 2 (2018): Intelektualita
Publisher : Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.142 KB)

Abstract

This research was carried out on public relations in the Ministry of Religion of South Sumatra Provincewhich has implemented an information publication system to improve the validity of information on the website of the Ministry of Religion of South Sumatra Province. The background of this research isbased on Law No. 14 of 2008concerning Public Information Openness and ISO / IEC 20071 of 2009 concerning Information Security Management System Requirements. The work unit in the Ministry of Religion of South Sumatra implements a standard for the control of online media, namely the information publication system.Thisinformation publication system with the purpose of controlling information published on the website.This research uses qualitative data, where the primary data sources are public relations staff, SOP information system and website of the Ministry of Religion of South Sumatra Province.The theorythis research is the Grunig and Hunt Situation Theory of public information needs and Shannon and Weaver's information theory.The results of this research are the application of this information publication system with 5 control books can improve the validity of information because the published information can be more clearly and accurately.