cover
Filter by Year
Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains
Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains (Intelektualita Journal: Islamic, Social, and Science Studies) (ISSN: 2303 - 2952 ; e-ISSN: 2622-8491) is a journal published by Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Published articles come from young researchers (S1, S2 and S3 students) at regional, national, and even international levels who have broad insights in their respective fields of study.
Articles
51
Articles
Analisis Pengukuran Kualitas Layanan Website LP2M UIN Raden Fatah Palembang Menggunakan Metode Webqual 4.0

Rahmawati, Rahmawati, Anwar, Saipul

Intelektualita Vol 7 No 1 (2018): Intelektualita
Publisher : Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.053 KB)

Abstract

Layanan kualitas suatu website perlu diukur berdasarkan tingkat kepuasan pengguna. Pengukuran kualitas layanan website LP2M UIN Raden fatah Palembang belum pernah dilakukan. Model penelitian yang digunakan adalah WebQual 4.0. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk memperoleh data yang valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana. Pada penelitian diajukan 3 hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga hipotesis mempunyai hubungan yang signifikan pada kepuasan pengguna (User Satisfaction /Overall), dengan korelasi antar variabel yang diteliti tergolong lemah positif. Dankontribusi yang disumbangkan dari seluruh variabel sebesar 44,1%. Total keseluruhan pengukuran kualitas layanan website sebesar 3,87 yang berada pada skala setuju bahwa kualitas layanan website LP2M UIN Raden Fatah Palembang sudah sesuai dengan kepuasan pengguna. Dari hasil penelitian sebagai masukkan bagi pihak pengembang kualitas layanan website LP2M untuk menggunakan kombinasi framework lainnya agar dapat dilakukan perbaikan untuk lebih meningkatkan kualitas layanan kedepannya.

Hubungan antara Pemahaman Moral dengan Kecenderungan Perilaku Agresif pada Siswa-Siswi Kelas IX di SMP Negeri 50 Palembang

Melinda, Deasyari Permata

Intelektualita Vol 7 No 1 (2018): Intelektualita
Publisher : Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.044 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara pemahaman moral dengan kecenderungan perilaku Agresi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah tidak ada Hubungan Antara Pemahaman Moral Dengan Kecenderungan Perilaku Agresi Pada Siswa-siswi Kelas IX SMP Negeri 50 Palembang. Sampel dalam penelitian ini adalah Siswa-siswi kelas IX di SMP Negeri 50 Palembang yang berjumlah 213 siswa. Skala yang digunakan adalah skala yang disusun sendiri oleh peneliti. Adapun skala yang digunakan adalah skala pemahaman moral yang mengacu pada aspek-aspek yang dikemukakan oleh Kohlberg dan skala kecenderungan perilaku agresi dengan mengacu pada aspek-aspek agresi menurut Bush dan Perry. Metode analisis data yang digunakan menggunakan program SPSS 20 for windows untuk menguji hubungan antara pemahaman moral dengan kecenderungan perilaku agresi. Hasil korelasi product moment dari Pearson menunjukkan angka korelasi sebesar rxy = -0,019 dengan ρ = 0.779 dimana (ρ >0.01) maka hal ini berarti tidak ada Hubungan Antara Pemahaman Moral Dengan Kecenderungan Perilaku Agresi PadabSiswa-siswi Kelas IX di SMP Negeri 50 Palembang.

Eksistensi Gender Ditinjau Dari Sudut Pandang Al-Kitab (Studi Terhadap Agama Katolik)

Moko, Catur Widiat

Intelektualita Vol 7 No 1 (2018): Intelektualita
Publisher : Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.296 KB)

Abstract

Gender is always being connected with equality and discrimination. Gender equality is about a balancing, harmony, and role equality and also a responsible among men and women. There are equality and also equity in having some rights, opportunities, cooperation, and relations among men and women. On the other hand, gender discrimination is a behaviour that tries to avoid, burden the equality of gender. This behaviour can cause an avoidance of the human right and the equality among men and women in many aspects, such as politics, economy, and socio-culture. Bible is the main source of every rule and Christian ethique. But the bible itself has patriarchy culture domination. Most of the scholar argued that the discrimination and injustice among men and women is a reflection of the culture. They can??t divide the gender concept that change and created in long term socio-culture process.  The ideal status and role should be developed for the equality status among men and women. In some parts of the bible, there is role and status which are not ideal, or even show the discrimination to women, but that??s not the reason why we should avoid bible but we have to learn more about, what is the background and what is the purpose so we can get the best answer to solve all the gender problems.

Strategi Humas dalam Peningkatan Mutu Pelayanan RS. Islam Siti Khadijah Palembang

Muharni, Intan

Intelektualita Vol 7 No 1 (2018): Intelektualita
Publisher : Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.011 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan strategi humas di RS. Islam Siti Khadijah Palembang. Dipilihnya RS. Islam Siti Khadijah, karena instansi ini merupakan rumah sakit dengan akreditasi paripurna dan sudah bertaraf nasional. Maka dari itu, skripsi yang dibuat oleh penulis dengan judul ??Strategi Humas Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Di RS. Islam Siti Khadijah Palembang? ini digunakan untuk mengetahui bagaimana strategi humas dalam peningkatan mutu pelayanan. Kualitas merupakan inti kelangsungan hidup suatu instansi. Gerakan revolusi mutu melalui pendekatan manajemen mutu terpadu menjadi tuntutan yang tidak boleh terabaikan. Suatu pelayanan dikatakan baik oleh pasien, ditentukan oleh kenyataan apakah jasa yang diberikan bisa memenuhi kebutuhan pasien. Kepuasan dimulai dari penerimaan terhadap pasien dari pertama kali datang, sampai pasien meninggalkan rumah sakit. Humas merupakan manajemen yang unik, membantu dan memelihara jalur komunikasi. Menciptakan sebuah standar pelayanan merupakan kinerja humas. Maka jelas bahwa objek penelitiannya adalah pelaksanaan kinerja humas di RS. Islam Siti Khadijah Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara kepada pihak humas, dokumentasi kegiatan, dan observasi. Analisis data mengunakan analisis data kualitatif, yaitu menggambarkan jelas dan lengkap. Berdasarkan indikator- indikator penilaian yang ada, maka, hasil penelitian menunjukan bahwa strategi humas di RS. Islam Siti Khadijah secara keseluruhan sudah sesuai dengan teori humas.

Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Nurul Iman Palembang

Sakti, Dinsa Iman

Intelektualita Vol 7 No 1 (2018): Intelektualita
Publisher : Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.558 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul: Pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII di SMP Nurul Iman Palembang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran masih berpusat pada guru itu sendiri, sehigga pembelajaran PAI lebih menekankan aspek kognitif melalui kegiatan menghafal dalam upaya menguasai materi, dalam hal ini juga siswa kurang diarahkan untuk membangun pengetahuan sendiri, dengan kegiatan yang melibatkan siswa secara aktif. Berdasarkan hasil penelitian pertama, Penerapan metode pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SMP Nurul Iman Palembang berada dalam kategori tinggi, yakni sebesar 60% (44 orang). Kedua, Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII di SMP Nurul Iman Palembang. Berdasarkan hasil observasi kriteria aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memperoleh skor 4 atau 80% sebanyak 35 orang termasuk kategori tinggi. Ketiga, Pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII di SMP Nurul Iman Palembang. Hal ini dilihat dari hasil uji hipotesis yang diperoleh dalam perhitungan (yaitu t0 = 8.656) adalah lebih besar dari pada tt (baik pada taraf signifikasi 5% maupun pada taraf signifikasi 1%.

Nilai-Nilai Keislaman dan Keindonesiaan dalam Membentuk Karakteristik Peradaban Melayu di Indonesia (Studi Pemikiran Munawir Sjadzali)

Toharudin, Toharudin

Intelektualita Vol 7 No 1 (2018): Intelektualita
Publisher : Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.106 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, yakni manuskrip karya Munawir Sjadzali tentang Islam dan Pancasila. Manuskrip ini menyatakan bahwa Islam dan Pancasila di Indonesia masih menjadi persoalan yang belum selesai. Sikap umat Islam Indonesia terbagi ke dalam tiga golongan. Golongan integralistik (Islam sebagai dasar negara secara formal), golongan nasionalis (menolak pandangan integralistik), dan golongan modernis menganggap tidak ada pertentangan antara Islam dan Pancasila sehingga Pancasila dapat diterima sebagai dasar negara bangsa Indonesia yang mayoritas muslim. Munawir Sjadzali adalah modernis muslim yang menegaskan bahwa Islam dan Pancasila merupakan dua hal saling berkaitan, dengan Pancasila umat Islam dapat membangun sebuah peradaban Islam yang universal secara legal di Indonesia. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa: Pertama, Islam menurut Munawir Sjadzali adalah sebuah sistem kehidupan yang menurut penganutnya untuk aktif mewujudkan dalam kehidupan umat Islam di dunia nyata. Termasuk dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai sumber inspirasi dan motivasi, landasan etika dan moral dalam membangun peradaban di Indonesia. Kedua,  strategi yang ditawarkan Munawir Sjadzali dalam membangun peradaban di Indonesia yaitu dengan mereaktualisasikan nilai keislaman dan keindonesiaan, yaitu nilai berketuhanan, nilai kemanusiaan yang adil dan beradab, nilai persatuan dan kesatuan, nilai kebijaksanaan dalam kepemimpinan, dan nilai keadilan. Kelima nilai tersebut dikenal dengan mana Pancasila. Ketiga, Pancasila  yang secara subtantif adalah nilai-nilai ajaran Islam, umat Islam Indonesia membangun ilmu baru, sistem dan tatanan kemasyarakatan baru yang tertata secara Islami itulah bangsa Indonesia  membangun sebuah peradaban Islam tanpa nama Islam secara formal, serta dapat bersaing dan mengungguli peradaban dunia lainnya, secara cerdas dan bermartabat.

Pengaruh Penerapan Metode Peta Konsep (Menggunakan Macromedia Flash) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Patra Mandiri Plaju Kelas VII

Apriyansyah, Apriyansyah

Intelektualita Vol 7 No 1 (2018): Intelektualita
Publisher : Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.637 KB)

Abstract

Faktor utama yang menentukan keberhasilan proses pembelajaran adalah metode pembelajaran. Penelitian ini membahas tentang penerapan metode peta konsep dengan menggunakan macromedia flash untuk meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Patra Mandiri Plaju Kelas VII. Desain penelitian yang digunakan adalah the pretest-post-test non-equivalent group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII sebanyak 4 kelas. Sampel yang digunakan untuk penelitian 2 kelas, pengambilan sampel ini dengan teknik cluster sampling. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar dengan metode peta konsep dengan menggunakan macromedia flash pada materi Gejala Biotik dan Abiotik di MTs Patra Mandiri Plaju. Hasil ini juga menunjukkan bahwa hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Selain itu, berdasarkan analisis uji t pada kelas eksperimen diperoleh nilai 6,243 sedangkan nilai t tabelnya adalah 2,030 yang artinya nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai Thitung 6,243>Ttabel 2,030. Maka dapat disimpulkan bahwa metode peta konsep dengan menggunakan macromedia flash mampu

Kekuatan Bukti Elektronik Sebagai Bukti di Pengadilan Menurut Hukum Acara Pidana dan Hukum Islam (Penggunaan Rekaman Gambar closed Circuit Television)

Harizona, Darus

Intelektualita Vol 7 No 1 (2018): Intelektualita
Publisher : Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.281 KB)

Abstract

Pengunaan Closed Circuit Television demi kepentingan pengamanan bagi sebagian masyarakat sudah semakin sering digunakan. Hal ini dibuktikan dengan beberapa berita di surat kabar contohnya: Pelaku kejahatan pencurian terekam CCTV dimini market pelaku berjumlah dua orang masuk kedalam toko. (Palembang Ekspres. 27 Oktober 2016), meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa KA Kertalaya saat ini, KA tujuan Kertapati-Indralaya telah dilengkapi CCTV. (Harian Sumatera Ekspres. 24 Nopember 2014), bermodalkan hasil rekaman CCTV anggota polisi, menangkap M Herman. Pelaku pencurian motor. (Berita Pagi. 26 Agustus 2016). Melihat fakta-fakta yang ada bahwa CCTV bisa digunakan untuk merekam semua kejadian, hal ini tentu dapat membantu para penyidik untuk menemukan tersangka apabila terjadi tindak pidana yang terekam. Akan tetapi, CCTV bukan lah alat bukti yang sah sebagaiman KUHAP Pasal 184 sebutkan bahwa alat bukti yang sah adalah keterangan saksi, keterangan ahli, surat, pentujuk, keterangan terdakwa. Maka dalam hal ini penulis melakukan penelitian yang berjudul: kedudukan bukti elektronik sebagai bukti di pengadilan menurut Hukum Acara Pidana dan Hukum Islam (penggunaan rekaman gambar Closed Circuit Television). Penulis dalam hal ini, menggunakan metode penelitian yang bersifat yuridis normative yaitu mengacu pada norma hukum serta peraturan perundang-undangan dan putusan pengadilan serta norma-norma yang hidup yang berkembang dalam masyarakat. Penulis dalam penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data yaitu menggunakan penelitian kepustakaan sebagai data primer dan sekunder. Serta wawancara langsung terhadap responden yang berkaitan langsung dengan objek penelitian penulis sebagai data penunjang. Penulis dalam menganalisa data menggunakan analisa deskriptif analitis yaitu menentukan isi atau makna aturan hukum yang dijadikan rujukan dalam meyelesaikan permasalahan hukum. Penelitian yang penulis temukan bahwa CCTV adalah alat bukti namun bukanlah alat bukti yang berdiri sendiri tetapi ditentukan sendiri oleh hakim dengan ukuran yuridis, filosofis dan sosiologis. Oleh karena itu, penulis berharap dengan melakukan penelitian ini dapat menambah pengetahuan di bidang ilmu hukum serta penggunaan CCTV tidak lagi menjadi sebuah persoalan hukum dan dapat terus digunakan sebagai alat keamanan di masyarakat.

Sistem Informasi Reservasi Gedung Serbaguna di Kota Palembang Berbasis Android

Prasetia, Andi Ahmad

Intelektualita Vol 7 No 1 (2018): Intelektualita
Publisher : Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.034 KB)

Abstract

Terdapat banyak sekali gedung serbaguna yang ada di Kota Palembang. Sebagai tempat untuk melaksanakan suatu acara gedung serbaguna memiliki beberapa fasilitas yang dipadu menjadi satu kesatuan untuk menyelenggarakan acara tertentu namun informasi mengenai fasilitas dan paket yang ditawarkan belum banyak tersedia sehingga penyewa bingung dalam menetapkan pilihan gedung serbaguna sehingga berdampak pada kesalahan dalam pemilihan gedung serbaguna. Sistem reservasi gedung serbaguna di Kota Palembang dapat berfungsi untuk membantu penyewa untuk mendapatkan informasi jadwal gedung serbaguna yang ada dan melihat harga, fasilitas, paket, item yang ditawarkan. pada penelitian ini peneliti menggunakan metode Prototype sebagai metode pengembangan dan permodelan menggunakan UML (Unified Model Language) sedangkan pembuatan aplikasinya sendiri menggunakan bahasa pemrograman Java pada bagian android dan bahasa pemograman PHP pada bagian website dengan MySQL untuk pengolahan databasenya. Sistem informasi reservasi gedung serbaguna di Kota Palembang berbasis android dapat mengumpulkan, mengidentifikasi, menyimpan, mengelola dan memberikan informasi beberapa gedung serbaguna yang ada di kota Palembang yang dijadikan sample dalam penelitian ini.

Migrasi Bugis dan Madura di Selatan Papua Barat: Perjumpaan Etnis dan Agama di Minoritas Muslim

Wekke, Ismail Suardi

Intelektualita Vol 6 No 2 (2017): Intelektualita
Publisher : Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.145 KB)

Abstract

Bugis and Madura already reach eastern part of Nusantara since 15th century. Both Indonesian ethnic have migration tradition as the common identity. With traditional transportation, they explore Makassar to Banda, and from Sampang to Surabaya. This research was conducted for six months. It was extended to three months. Therefore, research duration was nine months. Observation and in-depth interview were conducted to collect data. This research was conducted in Eastern part of Indonesia. Papua Island, Maluku, and surrounding islands those locate from capital city. It is known small island, big issues of criminality and others notorious issues. On the other hand, it is a peaceful area and multicultural society. Bugis and Madura among reside on those islands. They mainly concerned with fishing, business, and maritime activities. The notion of social interaction in economic activities sees cooperation and recognition. This research also argues that religious interaction and collective life emerge between Bugis and Madura and other ethnics. They construct new identity as Papua Bugis and social harmony Madura of Java. They establish migration on the basis of economic and social interest. Furthermore, this article concludes that they participate and construct as citizens in the society at large.