Jurnal Pendidikan Matematika RAFA
ISSN : 24608718     EISSN : 24608726
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA is a double blind peer-reviewed journal which is published by Mathematics Education Study Programme of Tarbiyah and Teacher Training Faculty of Islamic State University of Raden Fatah Palembang. This journal publishes current concept and research papers on in the scope of mathematics education, which includes, but is not limited to the following topics: Realistic Mathematics Education, Design/Development Research in Mathematics Education, PISA Task, Mathematics Ability, ICT in Mathematics Education, Lesson Study for Learning Community, and Ethnomathematics.
Articles 3 Documents
Search results for , issue " Vol 4 No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA" : 3 Documents clear
Ketertarikan Mahasiswa Calon Guru Terhadap Desain Perkuliahan PMRI Sari, Anisa Fatwa; Ernawati, Agustin; Abidin, Zainal
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 4 No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (700.705 KB) | DOI: 10.19109/jpmrafa.v4i2.2823

Abstract

  Abstrak Calon guru matematika wajib memiliki kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik. Salah satu irisan kedua kompetensi tersebut adalah keterampilan mengajar. Sebanyak 12 mahasiswa program studi pendidikan matematika dilibatkan dalam implementasi desain perkuliahan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Desain perkuliahan dikembangkan menggunakan model design research. Perkuliahan didesain berfokus pada keterampilan mengajar sekaligus diperkaya dengan 5 karakteristik PMRI. Angket respon diberikan kepada mahasiswa untuk menilai respon mahasiswa terhadap proses perkuliahan. Butir respon dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Hasil angket menunjukkan 6 dari 10 pernyatan mendapatkan dukungan sangat kuat, sementara sisanya mendapatkan dukungan kuat dari mahasiswa. Dukungan paling kuat ditujukan untuk tiga aspek yaitu penggunaan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dalam perencanaan pembelajaran, pemanfaatan alat peraga, keseluruhan desain perkuliahan dianggap membantu mengasah keterampilan mengajar mahasiswa.
Penggunaan Media Handout Berbantuan Camtasia Studio Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Metode Numerik Fitriasari, Putri
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 4 No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1281.96 KB) | DOI: 10.19109/jpmrafa.v4i2.2896

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa melalui penggunaan media handout berbantuan camtasia studio pada mata kuliah metode numerik materi persamaan nirlanjar. Media pembelajaran handout berbantuan camtasia studio merupakan salah satu sumber belajar yang dapat digunakan oleh mahasiswa sebagai pengganti buku ajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas V.A program studi pendidikan matematika FKIP Universitas PGRI Palembang semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes.  Data hasil tes dianalisis secara deskrptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata hasil belajar mahasiswa melalui penggunaan media camtasia berbantuan handout pada materi persamaan nirlanjar termasuk dalam kategori baik.
Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan munawaroh, munawaroh; Resta, Eka Liani
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 4 No 2 (2018): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (780.94 KB) | DOI: 10.19109/jpmrafa.v4i2.2934

Abstract

Abstrak   Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan Kelas VII berdasarkan langkah penyelesaian Polya terdiri dari empat langkah, yaitu kesalahan memahami soal, kesalahan menyusun rencana, kesalahan melaksanakan rencana, dan kesalahan memeriksa kembali solusi yang diperoleh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Subjek  penelitian adalah siswa kelas VII.4 SMP Negeri 1 Mempura berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat empat kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita  materi himpunan, yaitu kesalahan memahami masalah sebesar 5,33%, kesalahan menyusun rencana  sebesar 32,66%,  kesalahan melaksanakan rencana sebesar 40 %, dan kesalahan mengecek kembali jawaban sebesar 22 %. Pada penelitian ini kesalahan terbesar dilakukan pada langkah melaksanakan rencana. Penelitian ini dapat  menjadi kajian referensi penelitian selanjutnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 3