cover
Contact Name
Rieno
Contact Email
jpmrafa@radenfatah.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpmrafa@radenfatah.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA
ISSN : 24608718     EISSN : 24608726     DOI : -
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA is a double blind peer-reviewed journal which is published by Mathematics Education Study Programme of Tarbiyah and Teacher Training Faculty of Islamic State University of Raden Fatah Palembang. This journal publishes current concept and research papers on in the scope of mathematics education, which includes, but is not limited to the following topics: Realistic Mathematics Education, Design/Development Research in Mathematics Education, PISA Task, Mathematics Ability, ICT in Mathematics Education, Lesson Study for Learning Community, and Ethnomathematics.
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 4 No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA" : 6 Documents clear
PROFIL KOMPETENSI PEDAGOGIK CALON GURU MATEMATIKA MELALUI LESSON STUDY PADA MATA KULIAH MICRO TEACHING Putri, Agustiany Dumeva
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 4 No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.482 KB) | DOI: 10.19109/jpmrafa.v4i1.2346

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kompetensi pedagogik calon guru matematika, yang berfokus pada kemampuan merencanakan dan kemampuan mengimplementasikan pembelajaran, melalui lesson study pada mata kuliah micro teaching. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa UIN Raden Fatah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Program Studi Pendidikan Matematika, berjumlah 10 orang. Tahap pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Hasil temuan menunjukkan kemampuan guru model meningkat lebih baik melalui Lesson Study. Kegiatan lesson Study sangat potensial dalam peningkatan kualitas keprofesionalan guru yang berdampak pada peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran dan menciptakan proses interaksi antar berbagai pihak.
PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 5 PRABUMULIH Agustin, Dyah; Syahbana, Ali; Paradesa, Retni
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 4 No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (644.577 KB) | DOI: 10.19109/jpmrafa.v4i1.2461

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan motivasi belajar siswa SMP Negeri 5 Prabumulih. Populasi penelitian ini sebanyak 8 kelas siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Prabumulih. Sampel penelitian diambil sebanyak 2 kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen, sedangkan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol. Kemampuan pemahaman konsep matematis dilihat dari nilai posttest dari soal tes sebanyak 5 butir. Untuk motivasi belajar siswa dilihat dari nilai angket motivasi belajar sebanyak 28 pernyataan. Teknik analisis data menggunakan  uji dua pihak dilihat dari Independen Sample T-Test pada program SPSS Versi 23 For Windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan terdapat pengaruh metode mind mapping terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 5 Prabumulih.
RELIABILITAS INTER RATER INSTRUMEN TES MATEMATIKA MENGGUNAKAN RATER Destiniar, Destiniar
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 4 No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.321 KB) | DOI: 10.19109/jpmrafa.v4i1.2464

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan koefisien reliabilitas inter rater soal tes matemtika yang dinilai oleh guru matematika SMP dan dosen pendidikan matematika. Rater yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 20 orang guru matematika SMP dan 20 orang dosen pendidikan matematika sedangkan instrument yang dinilai adalah instrument tes matematika kelas IX yang berbentuk pilihan ganda.  Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dan analisis data dilakukan dengan menggunakan statistic uji t.  Hasil yang diperoleh tidak ada perbedaan koefisien reliabilitas inter rater soal tes matematika yang dinilai oleh guru matematika SMP dan dosen pendidikan matematika.
SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI INQUIRY BASED LEARNING DI KELAS VII SMP PALEMBANG Jumroh, Jumroh; Mulbasari, Anggria Septiani; Fitriasari, Putri
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 4 No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.006 KB) | DOI: 10.19109/jpmrafa.v4i1.2480

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran self efficacy siswa dengan strategy inquiry based learning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.I SMP Negeri 22 Palembang yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan angket. Observasi digunakan untuk mengetahui self efficacy siswa sejak awal proses pembelajaran dengan cara memberi tanda centang untuk setiap indikator yang tampak. Angket disajikan dalam bentuk skala Likert, dimana pernyataan yang diajukan berupa pernyataan positif dan negatif. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara menjumlahkan skor yang diperoleh dan menentukan letak dari jumlah skor yang diperolah.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Self-Efficacy siswa dalam pembelajaran matematika sebesar 90,62% termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata skor observasi sebesar 59,38% dan skor angket sebesar 90,62%.
PROFIL PROSES BERPIKIR SISWA DALAM PENGAJUAN SOAL (PROBLEM POSING) DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA Lailiyah, Ellys Faridatul; Lestariningsih, Lestariningsih
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 4 No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.049 KB) | DOI: 10.19109/jpmrafa.v4i1.2485

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil proses berpikir siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam pengajuan soal (problem posing) pada materi prisma. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan Kemampuan Matematika Tinggi (KMT) bisa melewati semua indikator pada tahap proses berpikir yaitu menerima informasi, mengkode informasi, menyimpan informasi, dan memanggil kembali informasi. Sedangkan untuk subjek dengan Kemampuan Matematika Sedang (KMS) sudah bisa melewati tahap menerima informasi, tetapi pada tahap mengode informasi ada indikator yang belum tercapai yaitu memaknai informasi yang diberikan. Pada tahap menyimpan informasi subjek tidak menuliskan apa yang diketahui dan yang ditanyakan, kemudian pada tahap memanggil kembali informasi subjek bisa mencapai semua indikator tetapi soal yang dibuat kurang tepat. Kemudian subjek dengan Kemampuan Matematika Rendah (KMR) pada tahap menerima informasi sudah bisa tercapai tetapi subjek kurang  tepat dalam menjelaskan informasi dan petunjuk yang ada pada tugas. Pada tahap mengode informasi hanya ada dua indikator yang bisa tercapai yaitu menjelaskan apa yang diketahui dan berimajinasi. Pada tahap menyimpan informasi subjek menyampaikan informasi ke memori dengan cara mengingat-ingat, dan pada tahap memanggil kembali informasi semua indikator sudah tercapai tetapi kurang tepat ketika menjelaskan soal dan jawaban yang subjek buat.
ANALISIS HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH STRUKTUR ALJABAR DI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG Nopriyanti, Tika Dwi; Retta, Allen Marga
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 4 No 1 (2018): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (870.15 KB) | DOI: 10.19109/jpmrafa.v4i1.2498

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah struktur aljabar sebagai salah satu cara untuk evaluasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 yang mengambil matakuliah struktur aljabar pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa test yang dilakukan diakhir perkuliahan. Test dilakukan untuk melihat hasil belajar mahasiswa sebagai evaluasi pembelajaran. Hasil yang didapat dari test dikoreksi dan dianalisis sehingga diperoleh nilai rata-rata mahasiswa pada matakuliah struktur aljabar yaitu 70,3 dan masuk dalam kategori tinggi. 62,8% mahasiswa atau 22 mahasiswa memperoleh nilai diatas rata-rata.

Page 1 of 1 | Total Record : 6