Jurnal Pendidikan Matematika RAFA
ISSN : 24608718     EISSN : 24608726
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA is a double blind peer-reviewed journal which is published by Mathematics Education Study Programme of Tarbiyah and Teacher Training Faculty of Islamic State University of Raden Fatah Palembang. This journal publishes current concept and research papers on in the scope of mathematics education, which includes, but is not limited to the following topics: Realistic Mathematics Education, Design/Development Research in Mathematics Education, PISA Task, Mathematics Ability, ICT in Mathematics Education, Lesson Study for Learning Community, and Ethnomathematics.
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA" : 8 Documents clear
PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MELIHAT KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA SEMESTER AWAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UIN RADEN FATAH Arifin, Sujinal
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 2 No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.215 KB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis perlu dikuasai oleh peserta didik, dan pendidik perlu menghadirkan suatu pembelajaran yang dapat melatih dan mengembangkan kemampuan komunikasi matematis tersebut. Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching And Learning) diperkirakan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang kemampuan komunikasi matematis mahasiswa semester awal Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang dengan penerapan pendekatan kontekstual.Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan asumsi bahwa mahasiswa semester awal yang telah diterima melalui tes seleksi di UIN Raden Fatah Palembang memiliki kemampuan yang heterogen karena berasal dari berbagai daerah dan sekolah. Dalam penelitian ini peneliti berperan sebagai guru (dosen) yang memimpin pembelajaran di kelas dengan pertimbangan untuk lebih terjaminnya pelaksanaan pendekatan pembelajaran.Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tentang kemampuan komunikasi matematis mahasiswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi.Dari hasil analisis data diketahui bahwa bahwa kemampuan komunikasi matematis mahasiswa memiliki nilai rata-rata sebesar 76,46. Hal ini menunujukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan komunikasi mahasiswa semester awal Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang berkategori baik
PENGEMBANGAN CERITA PENDEK (CERPEN) MATEMATIKA UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN BERPENYEBUT SAMA Agustiani, Riza
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 2 No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (591.043 KB)

Abstract

Keterampilan membaca teks berkorelasi positif dengan kemampuan matematika siswa, sehingga teks matematika dapat dijadikan sebagai media penyampaian konsep matematika atau sebagai media konstruksi konsep matematika siswa. Oleh karena itu, penelitian dalam rangka mengembangan teks yang relevan untuk pembelajaran matematika dapat menjadi salah satu alternatif inovasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan cerita pendek (cerpen) matematika untuk pembelajaran matematikamateri penjumlahan pecahan berpenyebut sama. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan Four-D Model, yakni Define, Design, Develop, danDisseminate. Akan tetapi, dalam penelitian ini tahap pengembangan dilaksanakan hanya pada D yang ke tiga, yakni Develop.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data bahan revisi cerpen dan pemahaman siswa. Data bahan revisi berupa saran dan kritik dikumpulkan pada kegiatan uji pakar dan uji coba produk. Data pemahaman siswa dikumpulkan melalui tes. Penelitian ini menghasilkan cerpen matematika untuk materi penjumlahan pecahan berpenyebut sama dengan judul “Sawi dan Strawberryku”. Berdasarkan kegiatan uji pakar, cerpen yang dihasilkan valid. Cerpen memenuhi kriteria baik dari sudut pandang pakar bidang Pendidikan Matematika maupun dari sudut pandang pakar Bahasa dan Sastra Indonesia. Sedangkan, berdasarkan hasil tes dapat disimpulkan bahwa cerpen matematika yang dihasilkan dapat membantu siswa memahami materi penjumlahan pecahan berpenyebut sama, sehingga cerpen yang dihasilkan memenuhi kriteria efektif
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMPN 5 PEMULUTAN Julaiha, Ellah
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 2 No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.213 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Model Missouri Mathematics Project (MMP) yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VIII  di SMPN 5 Pemulutan dengan materi pokok Kubus dan Balok yang diukur melalui tes. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Tes dilakukan untuk mengukur tingkat ketuntasan hasil belajar yang telah dicapai oleh siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan Model MMP. Dari hasil penelitian diperoleh persentase hasil belajar pada siklus I yaitu sebesar 55,88%, sedangkan persentase hasil belajar pada siklus II sebesar 76,47%. Terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 20,59%. Hal ini mengindikasikan bahwa model Missouri Mathemattics Project (MMP) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pemulutan
PENGEMBANGAN SOAL PENGAYAAN MODEL PISA LEVEL 4 KELAS VII SMP Gustingsi, Tria
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 2 No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (748.013 KB)

Abstract

This study aims to develop enrichment problems using PISA which valid and practical. Beside that, this study aims to know potential effects of problems which develop. The researchers use design research using the type of development study to reach the objective of this study. This study consists of two stages, which are preliminary and prototyping (formative evaluation) stages. The preliminary stage, researchers conducted several activities that analyzing the students that will be the subject, analyzing curriculum, and analyzing the PISA problems which developed. The prototyping stage consists of self-evaluation, expert reviews, one-to-one experiments, small group experiment, and field test. The problems were tested to 12 seventh graders in SMPN 1 Palembang, Indonesia. The data were collected by walk-through, test, interviews, and field notes. The result of this study is the enrichment problems using PISA which develop are valid and practical. Potential effects of those problems are reasoning ability, representationability, communication skills, and mathematical ability
PENGARUH PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG Prisiani, Devi Eka; Wahab, Rohmalia; Putri, Agustiany Dumeva
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 2 No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (638.838 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Reciprocal Teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep pada pembelajaran mtematika di kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan desain post-test only control design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X yang ada di SMA Muhammadiyah 2 Palembang tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa 94 siswa. Dari empat kelas populasi diambil dua kelas sampel yaitu X.1 dengan jumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan X.2 dengan jumlah 27 siswa sebagai kelas control. Dengan penentuan sampel teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan sebanyak lima kali pertemuan. Pertemuan pertama sampai keempat kedua kelas diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan pendekatan Reciprocal Teaching dan kelas kntrol dengan metode ceramah pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Pada pertemuan kelima kedua kelas dilakukan post-test untuk mengetahui adakah pengaruh pemahaman konsep mereka setelah diberi perlakuan. Data penelitian ini dihasilkan dari observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika selama diterapkan pendekatan Reciprocal Teaching didapat
PENGEMBANGAN LKS BERBASIS APOS BERBANTUAN MICROSOFT EXCEL PADA POKOK BAHASAN PROGRAM LINIER DI SMK Oktaria, Tri; Hartono, Yusuf; Santoso, Budi
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 2 No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (729.029 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1) menghasilkan LKS berbasis APOS berbantuan Microsoft Excel pada pokok bahasan program linier yang valid dan praktis; (2) mengetahui efek potensialnya terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 2 Palembang. Metode Penelitian ini terdiri dari 2 tahap yaitu (1) preliminary, meliputi tahap analisis dan desain LKS; (2) formative study meliputi tahap self evaluation, expert review, one-to-one dan small group serta field test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 2 Palembang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara walkthrough dan tes. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) penelitian ini telah menghasilkan suatu produk berupa LKS berbasis APOS berbantuan Microsoft Excel pada pokok bahasan program linier yang valid dan praktis. Valid berdasarkan expert review. Praktis berdasarkan one-to-one dan small group; (2) LKS berbasis APOS berbantuan Microsoft Excel pada pokok bahasan program linier yang dikembangkan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik dengan persentase 67,6% dan dikategorikan baik
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KOMPUTER UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 PALEMBANG Saputra, Ruslan; Falahudin, Irham; Testiana, Gusmelia
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 2 No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (552.903 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar matematika berbasis komputer untuk siswa kelas VIII tingkat SMP/MTs yang memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika serta agar siswa lebih tertarik untuk belajar pelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Subjek dalam penelitian ini ada dua kelas yaitu siswa kelas VIII.1 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelompok besar dan 15 siswa dari 36 siswa kelas VIII.2 sebagai kelompok kecil. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi, angket kepraktisan  dan observasi kepraktisan. Berdasarkan hasil validasi dari 7 validator diperoleh skor rata-rata sebesar 85,98% yang tergolong kategori sangat valid. Berdasarkan angket kepraktisan pada tahap uji coba pada kelompok kecil dan kelompok besar diperoleh rata-rata skor sebesar 80,875 % yang tergolong kategori praktis. Sedangkan berdasarkan hasil observasi dari setiap pertemuan pada kelompok kecil dan kelompok besar diperoleh rata-rata skor sebesar 80,97% yang tergolong kategori sangat praktis. Sehingga bahan ajar matematika berbasis komputer yang kembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi teorema Pythagoras untuk kelas VIII tingkat SMP/MTs
ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA SERTA UPAYA REMEDIASI DALAM MENYELESAIKAN SOAL SIMPLEKS PROGRAM LINIER Octaria, Dina
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 2 No 2 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.894 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan mahasiswa dalam mengerjakan soal simpleks Program Linier, mengetahui faktor penyebab kesalahan, serta mengupayakan remediasi dengan menggunakan LKS berbantuan excel solver. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika semester IV Universitas PGRI Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan cara tes tertulis dan wawancara. Dari data tes tertulis dan wawancara dapat diketahui jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan mahasiswa, sehingga peneliti dapat mengupayakan remediasi berdasarkan jenis kesalahan dan faktor penyebabnya dengan menggunakan LKS berbantuan excel solver. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan mahasiswa secara umum terletak pada kesalahan dalam membuat pemodelan matematika serta dalam melakukan perhitungan. Dari hasil pembelajaran remedial menggunakan LKS berbantuan excel solver dapat disimpulkan bahwa mahasiswa cukup terbantu untuk memperbaiki kesalahan yang dilakukan dan lebih mengaktifkan serta memotivasi mahasiswa terlibat dalam pembelajaran

Page 1 of 1 | Total Record : 8