Jurnal Pendidikan Matematika RAFA
ISSN : 24608718     EISSN : 24608726
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA is a double blind peer-reviewed journal which is published by Mathematics Education Study Programme of Tarbiyah and Teacher Training Faculty of Islamic State University of Raden Fatah Palembang. This journal publishes current concept and research papers on in the scope of mathematics education, which includes, but is not limited to the following topics: Realistic Mathematics Education, Design/Development Research in Mathematics Education, PISA Task, Mathematics Ability, ICT in Mathematics Education, Lesson Study for Learning Community, and Ethnomathematics.
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA" : 8 Documents clear
HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH PERSAMAAN DIFERENSIAL Ningsih, Yunika Lestaria; Jayanti, Jayanti
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 2 No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.929 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah persamaan diferensial setelah diterapkan model blended learning lebih besar dari 70. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IVC Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang Tahun Akademik 2015/2016 yang berjumlah 36 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu kategori One Short Case Study. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang berupa soal uraian yang telah valid dan reliabel dan untuk menganalisis data digunakan statistik inferensial uji t. Setelah dianalisis maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah persamaan diferensial setelah diterapkan model blended learning lebih besar dari 70
PENGARUH HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA MATA KULIAH PENGANTAR DASAR MATEMATIKA Munarsih, Ensiwi
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 2 No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.347 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar menggunakan model cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada mata kuliah pengantar dasar matematika. Model CIRC adalah gabungan program membaca, menulis dengan menggunakan pembelajaran baru dalam pemahaman bacaan dengan menulis. Keberhasilan model CIRC sangat bergantung dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Penelitian ini tidak menggunakan kelas pembanding namun sudah menggunakan test awal sehingga besarnya penggaruh model cooperative integrated reading and composition (CIRC) dapat diketahui secara pasti. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Taman siswa semester satu. Peneliti mengambil salah satu materi pada mata kuliah pengantar dasar matematika yaitu materi fungsi. Untuk mendapatkan data yang diperlukan digunakan teknik tes dalam pengumpulan data. Data terdiri atas hasil tes sebelum menggunakan model CIRC dan setelah menggunakan model CIRC. Setelah semua data terkumpul maka data tersebut akan diolah dan dianalisis sehingga dari pengelolaan data tersebut akan ditarik kesimpulan untuk membuktikan hipotesis yang telah dirumuskan. Sebelum melakukan pengujian hipotesis dilakaukan pengujian normalitas dan uji homogenitas data. Pada pengujian normalitas diperoleh keputusan uji bahwa populasi berdistribusi normal. Dan pada pengujian homogenitas diperoleh keputusan uji bahwa populasi memiliki varians yang homogen. Pada Pengujian hipotesis didapatkan nilai yaitu -6,92 dan yaitu 2,1009. Dengan kriteria terima Ho jika maka -6,92 < 2,1009 atau . Hal ini berarti pengujian hipotesis berada pada daerah penolakan Ho atau menerima Ha. Sehingga diperoleh hasil penelitian bahwa ada pengaruh hasil belajar menggunakan model cooperative integrated reading and composition pada mata kuliah pengantar dasar matematika.
MENGONTROL AKTIVITAS BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MEMUNCULKAN SOAL BERPIKIR KRITIS Syutaridho, Syutaridho
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 2 No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.707 KB)

Abstract

Mempertimbangkan hal yang merupakan tujuan dari pembelajaran matematika yaitu berpikir kritis dan kreatif (Karso, 2005), maka dirasa perlu untuk merumuskan indikator soal berpikir krtis sebagai salah satu langkah membiasakan siswa untuk berpikir krtis dan menjadikan dasar berpikir bahwasanya seorang guru harus mendominasi soal matematika dengan tipe soal berpikir kritis sebagai langkah untuk menciptakan efektivitas dan kebermaknaan dalam proses pembelajaran. Kajian ini bertujuan agar ketika kita menginginkan siswa untuk melakukan aktivitas berpikir kritis maka kita harus memunculkan soal-soal berpikir kritis. Indikator aktivitas berpikir kritis tentunya menjadi kontrol dalam proses pembelajaran. Maka indikator soal berpikir kritis dan indikator aktivitas berpikir kritis harus dirancang sebelum kita melakukan proses pembelajaran.
PENGEMBANGAN PERANGKAT MODEL DISCOVERY LEARNING BERPENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF DAN RASA INGIN TAHU Indiastuti, Florentina
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 2 No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.119 KB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model Discovery Learning berpendekatan Saintifik untuk meningkatkan berpikir kreatif dan karakter rasa ingin tahu siswa yang valid, praktis, dan efektif. Subyek ujicoba dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Bruderan Purwokerto. Hasil validasi Silabus 4,02, RPP 3,95, Buku Siswa 3,88, LKS 3,90. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis, dengan rata-rata hasil pengamatan kemampuan guru mengelola pembelajaran 4,42 dan rata-rata hasil respon siswa 84,5. Pembelajaran dengan model Discovery Learning berpendekatan Saintifik efektif, (1) kemampuan berpikir kreatif siswa mencapai ketuntasan, rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 80,05, (2) terdapat pengaruh positif antara karakter rasa ingin tahu dan ketrampilan berpikir kreatif terhadap kemampuan berpikir kreatif sebesar 79,9%, (3) nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif kelas perlakuan 80,05 lebih  baik dari kelas dengan pembelajaran konvensional 58,45. (4) Adanya peningkatan karakter rasa ingin tahu dan ketrampilan berpikir kreatif pada enam siswa pilihan yang mendapat perlakuan khusus pada kelas perlakuan
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOMETRI TRANSFORMASI BERBASIS VISUAL Paradesa, Retni
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 2 No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1084.696 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika pada mahasiswa semester 5 matakuliah geometri transformasi berbasis visual yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada tipe formative study yang meliputi: self evaluation, prototyping (validasi, evaluasi dan revisi) dan field test. Pada makalah ini hanya dibahas sampai tahap prototyping. Teknik analisi data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis test. Hasil penelitian ini adalah prototyping bahan ajar geometri transformasi berbasis visual yang menggunakan macromedia flash dan geogebra. Bahan ajar yang dikembangkan dapat dikategorikan valid dan praktis untuk mahasiswa semester 5. Bahan ajar ini sudah divalidasi sehingga telah memenuhi kriteria kelayakan bahan ajar. Bahan ajar geometri transformasi tersebut nilai kelayakannya dengan kategori 78% hasil belajar mahasiswa berada dalam kategori baik sekali, 13 % hasil belajar mahasiswa berada dalam kategori baik, dan 9% hasil belajar mahasiswa berada dalam kategori cukup
PEMECAHAN MASALAH DAN MENANAM PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI SOFTWARE MAPLE Afgani, Muhammad Win
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 2 No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (786.673 KB)

Abstract

Pada paper ini membahas penggunaan software aplikasi dalam pembelajaran matematika. Software yang digunakan adalah Maple. Maple adalah suatu program komputer yang memanipulasi symbol dimana dapat membangun dan memanipulasi aljabar, numerik, dan objek-objek geometri. Untuk dapat memecahkan masalah matematika dengan Maple, pengguna dituntut telah memahami konsep-konsep matematika yang terkait dengan masalah yang diberikan dan minimal mencapai tingkat Manipulatif. Pada tingkat tersebut, pengguna tidak hanya membuat objek-objek visual tetapi belajar untuk memanipulasinya dengan matematika dan untuk merepresentasikan hasilnya secara visual. Selain pemecahan masalah, pemahaman konsep dapat ditanamkan kepada siswa dengan menggunakan animasi atau Maplet Builder yang terdapat dalam menu Assistants dimana Dosen dapat membuat suatu Maplet interaktif yang dapat digunakan dalam pembelajaran kalkulus
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Firdaus, Denil Ahmad; Afriansyah, Ekasatya Aldila
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 2 No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika UIN Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.398 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa yang mendapat model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individually dengan siswa yang mendapat model pembelajaran langsung. Sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis, serta memberikan kemasan yang berbeda bahwa belajar itu bukan paksaan tapi kebutuhan, sebagai salah satu alternatif model pembelajaran. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen, sebagai populasinya yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 4Tarogong Kidul sedangkan untuk sampelnya sebanyak dua kelas yang berperan sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Pada penelitian ini terpilih kelas eksperimen 1 yaitu kelas VII C yang pembelajarannya menggunakan Team Assisted Individually sedangkan kelas eksperimen 2yaitu kelas VII F yang pembelajaranya menggunakan Pembelajaran Langsung. Desain penelitian ini yaitu pretestposttest dengan instrumen penelitian tipe uraian pada pokok bahasan Segiempat. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, pada pretesttidak terdapat perbedaan kemampuan awal sehingga langsung mengolah data posttest maka diperoleh pada kelas eksperimen 1 data tidak berdistribusi normal dan pada kelas ekperimen 2 datanya berdistribusi normal. Karena salah satu sebaran data tidak berdistribusi normal maka selanjutnya dilakukan Uji ManWhitney, hasilnya yaitu: “Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang mendapat  model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualy dengan siswa yang mendapat model pembelajaran langsung
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN EDMODO PADA MATERI FUNGSI Agustina, Agustina; Isnaini, Muhammad; Nery, Rieno Septra
Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol 2 No 1 (2016): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA RAFA
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.833 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar matematika berbasis komputer melalui edmodo untuk siswa kelas XI tingkat SMA/MA yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan mempunyai efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Subjek dalam penelitian ini ada dua kelas yaitu siswa kelas XI IPA.1 dan kelas XI IPA.2. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi, observasi kepraktisan dan tes akhir.Untuk mengukur kevalidan bahan ajar di lakukan proses expert review. Berdasarkan hasil validasi dari 3 validator diperoleh skor rata-rata sebesar 78,88% yang tergolong kategori valid dan pada proses one to one siswa dinilai menggunakan bahan ajar untuk mendapatkan bahan ajar yang praktis. Untuk menghasilkan bahan ajar yang praktis sebelum digunakan pada saat field test di lakukan proses small group. Berdasarkan hasil observasi pada saat small group di peroleh skor rata-rata sebesar 76,66% yang tergolong kategori praktis. Untuk melihat efek potensial terhadap hasil belajar pada ranah kognitif siswa dilakukan pada proses field test diperoleh skor rata-rata sebesar 75,25% yang tergolong kategori baik yang berarti memberikan efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Sehingga bahan ajar matematika berbantuan komputer melalui edmodo yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi fungsi komposisi untuk kelas XI tingkat SMA/MA

Page 1 of 1 | Total Record : 8