cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) E-Journal
ISSN : 25285149     EISSN : 24607819     DOI : -
Core Subject : Science,
Journal of Business and Management Application (JABM) published articles in the field of business and management applications such as business strategy management, financial management, human resources and organization, business value chain and other issues in the field of business and management. This scientific journal is published by School of Business, Bogor Agricultural University (SB-IPB) associated with Indonesian Alliance of Magister Management Program (APMMI). JABM began the publication in August 2015 with a frequency of three times a year. Starting in 2016, JABM will be published in January, May and September.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 1 (2017): JABM Vol. 3 No. 1, Januari 2017" : 15 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN LEMBAGA AMIL ZAKAT (LAZ) TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS MUZAKKI (STUDI KASUS LAZ PKPU YOGYAKARTA) Sutomo, Sutomo; Najib, Mukhamad; Djohar, Setiadi
Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) Vol 3, No 1 (2017): JABM Vol. 3 No. 1, Januari 2017
Publisher : School of Business, Bogor Agricultural University (SB-IPB)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17358/jabm.3.1.59

Abstract

The zakat revenue achievement in Indonesia is always a topic among the government, humanitarian agencies and zakat institution. The zakat institution is required to have an innovative and creative program as well as improving the services quality  to show the best condition, The healthy condition of the zakat    institutions will attract muzakki (a person who is obliged to give the zakat) to contribute his/her fund through the institutions.  The objectives of the research are to 1) analyze factors that influence the Muzakki’s level of satisfaction in the LAZ PKPU Yogyakarta services, 2) analyze the satisfaction level of the Muzakki for the LAZ PKPU Yogyakarta services, 3) analyze the Muzakki’s level of loyalty for the LAZ PKPU Yogyakarta services, 4) formulate a better strategy to increase the satisfaction service for the muzakki.  The research is using questionnaires that are then analyzed using Structural Equation Method (SEM) and the Importance Performance Analysis (IPA).  The result of the research shows that there are four dimensions i.e.; Compliance, Assurance, Reliability and Empathy have a significant effect on the satisfaction.  The IPA analysis also shows that the zakat service performance needs to be increased and the muzakki’s complaint needs to be followed up quickly.   The results also show that the muzakki’s satisfaction, shows the loyalty and satisfaction  index value by 82.34% This means that the muzakki is satisfied with the service provided and the muzakki’s loyalty level is 84,7% is the sign that the muzakki loyalty  to the LAZ PKPU Yogyakarta. Keywords: LAZ, satisfaction, loyalty, SEM, IPAAbstrakPencapaian penerimaan zakat di Indonesia selalu menjadi pembicaraan hangat antara pemerintah, lembaga kemanusiaan dan lembaga zakat. Lembaga zakat dituntut membuat program yang inovatif dan kreatif serta meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan untuk menunjukkan kondisi yang terbaik. Kondisi lembaga zakat yang baik dapat menarik Muzakki untuk menyalurkan dananya ke lembaga. Tujuan dari penelitian ini ialah 1) menganalisis faktor yang Memengaruhi kepuasan Muzakki terhadap pelayanan LAZ PKPU Yogyakarta; 2) menganalisis tingkat kepuasan Muzakki atas pelayanan yang telah diberikan LAZ PKPU Yogyakarta; 3) menganalisis tingkat loyalitas Muzakki atas pelayanan yang telah diberikan LAZ PKPU Yogyakarta; 4) merumuskan strategi yang perlu dilakukan LAZ PKPU Yogyakarta dalam rangka meningkatkan pelayanan yang lebih baik bagi Muzakki. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan Structural Equation Modeling (SEM) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat dimensi yaitu Compliance, Assurance, Reliability dan Empathy memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan. Hasil analisis IPA menunjukkan bahwa atribut pelayanan yang harus ditingkatkan kinerjanya yaitu permasalahan zakat diselesaikan dengan cepat dan segera dan karyawan merespon dan menindaklanjuti keluh kesah. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kepuasan Muzakki Memengaruhi loyalitas dan nilai indeks kepuasan Muzakki sebesar 82,34% yang berarti bahwa Muzakki telah merasa puas dengan pelayanan yang diberikan dan tingkat loyalitas Muzakki sebesar 84,7% yang berarti bahwa Muzakki telah loyal kepada LAZ PKPU Yogyakarta.Kata kunci: LAZ, kepuasan, loyalitas, SEM, IPA
APLIKASI DATA ENVELOPMENT ANALYSIS UNTUK MENELAAH EFISIENSI BIAYA DAN PENDAPATAN PERUSAHAAN (STUDI KASUS PT.DIAN SWARA) Binuko, Ari; Siregar, Hermanto; Hartoyo, Sri
Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) Vol 3, No 1 (2017): JABM Vol. 3 No. 1, Januari 2017
Publisher : School of Business, Bogor Agricultural University (SB-IPB)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17358/jabm.3.1.71

Abstract

The research is to evaluate the cost efficiency level and the income of Dian Swara a company in Purwokerto, Central Java.  The data is analyzed using  DEA (Data Envelopment Analysis) with CRS (Constant Return of Scale) method and as the input is the operational cost, administration cost and marketing cost while the output is the event income, program syndicate income and advertisement income.  The first step in this research is calculating the efficiency value cost and income, also the independent variable consist of ROA (Return of Asset), ROE (Return of Equity),  aging of receivables, DER (Debt to Equity Ratio) and dummy.  The next step is to observe the impact of the independent variables toward the efficiency using multiple linear regression analysis.  The result using DEA shows that the efficiency value from 2009-2014 did not reach 1.  The most efficient is in 2013 where the value was 0.98 and the least efficient was in 2012 the value was 0.71.  Whereas the result from the multiple linear regression analysis shows that ROA and ROE has a positive and significant impact in efficiency.   Keywords: dian swara, CSR, DEA, ROA, ROEAbstrakPenelitian ini untuk mengukur tingkat efisiensi biaya dan pendapatan pada perusahaan Dian Swara yang berada di Purwokerto, Jawa Tengah. Menggunakan DEA (Data Envelopment Analysis) dengan metode CRS (Constant Return of Scale) dan sebagai input adalah biaya operasional, biaya administrasi serta biaya pemasaran. Yang digunakan sebagai output dalam penelitian ini adalah pendapatan event, pendapatan sindikasi program serta pendapatan iklan. Langkah pertama dalam penelitian ini adalah menghitung nilai efisiensi biaya dan pendapatan serta menghitung variabel independennya yang terdiri dari ROA (Return of Asset), ROE (Return of Equity), Umur piutang, DER (Debt to Equity Ratio) serta dummy. Langkah kedua dalam penelitian ini, melihat pengaruh variabel independen terhadap efisiensi dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari perhitungan dengan menggunakan DEA menunjukan bahwa nilai efisiensi dari periode tahun 2009 sampai dengan tahun 2014 tidak ada yang mencapai nilai 1.00. Dalam periode tersebut tahun yang paling efisien adalah tahun 2013 dengan nilai 0.98 dan tahun yang inefisien dalam penelitian ini adalah tahun 2012 dengan nilai 0.71. Sedangkan hasil dari analisis regresi menunjukan bahwa ROA dan ROE berpengaruh positif dan signifikan terhadap efisiensi.Kata kunci: dian swara, CSR, DEA, ROA, ROE
PENGARUH AKTIVASI MEREK, HAMBATAN BERPINDAH DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK “X” Fauziah, Mila; Hartoyo, Hartoyo; Yuliati, Lilik Noor
Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) Vol 3, No 1 (2017): JABM Vol. 3 No. 1, Januari 2017
Publisher : School of Business, Bogor Agricultural University (SB-IPB)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17358/jabm.3.1.80

Abstract

The policy by the Bank of Indonesia to decrease interest rate of  Bank Indonesia’s certificate, from 11,82% in 2008 to 4,20% in 2012 causes the declination of the interest rate for  the bank products such as savings, deposit, and giro.  In 2008–2013, Bank “X” which is government owned, and has the second largest asset in Indonesia unfortunately has the customer loyalty level lower than of Bank “Y”.  Bank “Y” is chosen as the Best of Indonesian Bank Loyalty Championship for conventional bank savings product category, which was organized by Indonesian Bank Loyalty Award (IBLA).   To maintain the continuance of the company as well as the banking activities, customer loyalty is one the main keys.   In this regard, the objective of the research is to analyze the factors that influence the customer loyalty.  The data is analyzed using descriptive statistic and Structural Equation Modeling (SEM). The result of the research shows that the customer satisfaction variable, switching barriers, and brand activation are significantly affected by customer’s loyalty.  Reliability attribute, responsiveness, empathy and tangible are capable to influence the customer’s satisfaction.  The interpersonal relationship indicators, alternative attractiveness and switching cost influence the switching barriers.       Keywords: brand activation, switching barriers, customers’ satisfaction and loyaltyAbstrakKebijakan Bank Indonesia menurunkan tingkat suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) pada tahun 2008 sebesar 11,82% menjadi 4,20% pada tahun 2012, membuat suku bunga produk perbankan seperti tabungan, deposito dan giro cenderung menurun. Bank “X” merupakan bank milik negara yang memiliki asset terbesar kedua di Indonesia sejak 2008 hingga tahun 2013, namun tingkat loyalitas nasabah Bank “X”selalu menjadi runner up masih kalah dengan loyalitas nasabah Bank “Y” yang terpilih sebagai The Best of Indonesian Bank Loyalty Champion dalam kategori produk tabungan bank konvensional yang diselenggarakan oleh Indonesian Bank Loyalty Award (IBLA).  Loyalitas nasabah salah satu kunci untuk menjaga kelangsungan maupun kegiatan usaha perbankan.  Dengan demikian, penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas nasabah. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepuasan nasabah, hambatan berpindah, dan Aktivasi Merek (brand activation) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah. Atribut reliability, responsiveness, empathy, dan tangible mampu Memengaruhi kepuasan nasabah.  Atribut identitas dan komunikasi berpengaruh terhadap brand activation.  Indikator-indikator interpersonal relationship, alternative attractiveness dan switching cost berpengaruh terhadap hambatan berpindah. Kata kunci:    aktivasi merek, hambatan berpindah, kepuasan nasabah dan loyalitas
KINERJA USAHA TANAMAN HIAS POTONG PT PESONA DAUN MAS ASRI Sanjaya, Muhamad Arief Bangun; Daryanto, Heny K.; Tinaprilla, Netti
Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) Vol 3, No 1 (2017): JABM Vol. 3 No. 1, Januari 2017
Publisher : School of Business, Bogor Agricultural University (SB-IPB)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17358/jabm.3.1.91

Abstract

Pesona Daun Mas Asri is a company in cut flowers  and leaves cultivation. The  achievement is shown by the performance of the company. The overall company’s performance contributes in developing the company’s vision. Balanced score card is a management tool used to observe and maintain the stability between financial indicators (financial perspective) and non financial indicators (customer, business internal process, growth and learning).  The objective of the journal is to plan the performance of the company using balanced scorecard approach, analyze and calculate the vision, mission and strategy implemented by Pesona Daun Mas in it business activity..  The result for every strategic target shows that the performance of Pesona Daun Mas is excellent with the achieved score of 78,04%.  However the target for the selling growth level and marketing activities are classified as average which means that it still needs to be developed.   Keywords:  balanced scorecard, performance evaluation, KPI performance index, ornamental plants cutAbstrakPesona Daun Mas Asri merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang budi daya bunga potong dan daun potong. Pencapaian dalam menjalankan sebuah perusahaan dapat dilihat dari kinerja perusahaan tersebut.Kinerja perusahaan Pesona Daun Mas Asri secara keseluruhan dapat berkontribusi untuk mengembangkan perusahaan dalam mencapai visi. Balanced scorecard adalah salah satu alat manajemen yang dapat melihat dan menjaga keseimbangan antara indikator keuangan (perspektif keuangan) dan indikator non-keuangan (pelanggan, proses bisnisinternal, pertumbuhan dan pembelajaran). Tujuan dari jurnal ini adalah untuk merancang pengukuran kinerja perusahaan dengan pendekatan Balanced scorecard. Penelitian ini juga bertujuan menganalisis dan mengukur pelaksanaan visi, misi dan strategi yang dijalankan oleh Pesona Daun Mas Asri dalam kegiatan bisnisnya. Selain itu, memberikan saran dan rekomendasi, serta merumuskan implikasi manajerial untuk Pesona Daun Mas Asri. Hasil pengukuran menunjukan kinerja dariPesona Daun Mas Asri termasuk sangat baik dengan nilai mencapai 78,04%. Pada setiap sasaran strategis mencapai kinerja yang baik. Namun, target pada sasaran strategis tingkat pertumbuhan penjualan dan kegiatan pemasaran menunjukan perlu pengembangan karena sasaran strategis tersebut masuk ke dalam skala penilaian rata-rata (average).Kata kunci: balanced scorecard, evaluasi kinerja, indeks kinerja, KPI, tanaman hias potong
PENGARUH FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI PT. BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG JAKARTA BARAT DAN BOGOR Perwita, Atika Dyah; Nurmalina, Rita; Affandi, Joko
Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) Vol 3, No 1 (2017): JABM Vol. 3 No. 1, Januari 2017
Publisher : School of Business, Bogor Agricultural University (SB-IPB)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17358/jabm.3.1.102

Abstract

BNI Syariah as a shariah public bank is committed to fulfill and complete the plan in developing the human resource from time to time to support the performance and provide the best service for the stakeholder and also to create world class human capital.  The organization’s effort to increase the productivity both in financial and non financial aspect has experienced various constraints; one of them is the declining of the employee’s performance due to the declination of the motivation.  The objective of the research is to study the most influential motivation factors to the employee’s performance.  The data is collected using the annual report of the company, conducted interviews and questionnaire with differential semantic scale.  The data is analyzed with Partial Least Square (PLS).  The result shows that both motivation and hygiene factor influence the employee’s performance.  The most influenced factor in both offices is hygiene.  The most dominant indicator in hygiene factor reflection in developing the performance of the employee is the working condition and interpersonal relationship.    Keywords:   hygiene factor, performance, extrinsic motivation, intrinsic motivation motivator AbstrakBNI Syariah sebagai Bank Umum Syariah berkomitmen untuk memenuhi dan menyempurnakan rencana pengembangan SDM dari waktu ke waktu untuk menunjang kinerja dan layanan yang terbaik kepada para stakeholder serta mewujudkan world class human capital. Usaha organisasi untuk meningkatkan produktivitasnya baik dalam aspek finansial maupun non finansial mengalami berbagai hambatan, salah satunya adalah penurunan kinerja karyawan yang disebabkan oleh penurunan tingkat motivasi karyawan. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji faktor-faktor motivasi yang paling berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Teknik pengumpulan data menggunakan data laporan tahunan perusahaan, wawancara dan Kuesioner dengan skala semantic differential. Analisis data dilakukan dengan metode Partial Least Square (PLS). Hasil analisis pengaruh faktor-faktor motivasi terhadap kinerja menunjukkan bahwa motivator dan hygiene factor keduanya berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Adapun faktor-faktor yang paling berpengaruh terhadap kinerja pegawai PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang (KC) Jakarta Barat dan Bogor adalah hygiene factor. Indikator yang paling dominan dalam merefleksikan hygiene factor dalam membangun kinerja pegawai adalah kondisi kerja dan hubungan interpersonal.Kata kunci: hygiene factor, kinerja, motivasi ekstrinsik, motivasi intrinsik, motivator
PERSEPSI LURAH MENGENAI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KINERJA KELURAHAN DALAM PEMUNGUTAN PBB P2 Wiramanggala, Jaka; Firdaus, M; Sasongko, Hendro
Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) Vol 3, No 1 (2017): JABM Vol. 3 No. 1, Januari 2017
Publisher : School of Business, Bogor Agricultural University (SB-IPB)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17358/jabm.3.1.113

Abstract

The objective of the research is to analyze the distribution of P2 property tax receipts in Bogor, define the factors that influence the performance of the district in relation with the P2 property tax receipts and formulate the strategy in increasing the P2 property tax receipts.  The method used to analysis the data is validity test, descriptive statistic analysis, logistic regression and Importance Performance Analysis (IPA).  The analysis is to observe the suitable strategy to be used to increase the district performance in P2 property tax receipts.  The entire data processing level in this research is using SPSS 17software.  The result shows that the distribution of P2 property tax receipts in Bogor is fairly balanced and proportional; other factors like the age, gender, education level of the District head (Lurah), the public awareness and the socialization of PBB have a positive impact in the achievement of PBB receipts. The strategic formulation to increase both the  performance of the district and  the property tax receipts have to consider these variables; the corresponding between PBB and the land area and building, government direct counseling on PBB, the government’s regulation clarity on PBB, the public keep the PBB receipt proof, the balance between realization and proportional target and the target is assigned suitable to the zone/area/ZNT.   Keywords:   kelurahan (district) performance, PBB P2 receipts, logistic regression analysis, IPA AbstrakPenelitian ini bertujuan menganalisis sebaran penerimaan PBB P2 Kota Bogor, menganalisis faktor yang memengaruhi kinerja kelurahan dalam pemungutan  PBB P2 dan merumuskan strategi untuk meningkatkan penerimaan PBB P2. Metode analisis data menggunakan uji validitas, analisis statistik deskriptif, regresi logistic dan Importance Performance Analysis (IPA). Analisis ini digunakan untuk mengetahui strategi apa saja yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja kelurahan dalam hal penerimaan PBB P2 di Kota Bogor. Semua tahap pengolahan data penelitian ini menggunakan alat perangakat lunak SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebaran penerimaan PBB P2 Kota Bogor cukup seimbang dan proporsional, faktor-faktor seperti usia lurah, jenis kelamin lurah, tingkat pendidikan lurah, kesadaran masyarakat dan sosialisasi PBB berpengaruh positif terhadap pencapaian target PBB P2 kelurahan. Perumusan strategi untuk meningkatkan kinerja kelurahan dalam hal peningkatan penerimaan PBB P2 harus memperhatikan variabel-variabel berikut yakni kesesuaian antara PBB dan luas tanah dan bangunan, penyuluhan pemerintah tentang PBB ke masyarakat secara langsung, kejelasan peraturan pemerintah mengenai PBB, masyarakat menyimpan bukti pembayaran PBB, keseimbangan antara realisasi dan target secara proporsional, dan target ditetapkan sesuai wilayah/area/ZNT.Kata kunci: kinerja kelurahan, penerimaan PBB P2, analisis regresi logistik, IPA
PENGEMBANGAN KAMUS KOMPETENSI KESELAMATAN KERJA DI PT XYZ INDONESIA TBK Kristanto, Yudhie Dwi; Fahmi, Idqan; Maulana, Agus
Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) Vol 3, No 1 (2017): JABM Vol. 3 No. 1, Januari 2017
Publisher : School of Business, Bogor Agricultural University (SB-IPB)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17358/jabm.3.1.1

Abstract

The occupational health and safety known as K3 (Keselamatan dan kesehatan kerja) is one of the main objectives of PT XYZ Indonesia ltd. operation.  Currently PT XYZ Indonesia ltd has possessed an occupational safety competent model for the operational area originally from XYZ global. The objectives of the research are to define the role of the Occupational safety and health (OSH) department, arrange an appropriate competent model and specify the competent level requirements in each job positions and also formulate a development program for each competency.  The research uses DACUM (Developing a Curriculum) modified method and refers to AMA (American Management Association) competent literature.  The result of the research shows that there are nine main competencies in the department of occupational safety.  The four competencies in occupational safety cover 1) OHS mission implementation & tactical planning, 2) controls hazards & manages risks, 3) result oriented OHS, and 4) mastering complexity & manages incidents.  While the other five competencies are related to leadership competent, they are 1) communication, 2) partnering, 3) influencing, 4) building trust & personal accountability, 5) critical & analytical thinking.  The content designed for the competent model are 1) the list of nine main required competencies, 2) the definition of each competency, 3) the level of each competency, 4) the development for each level, 5) the need of the competent level for each job positions. Based on the research, it shows that the DACUM modified method is suitable to formulate the competency needed from the unit. Keywords: competent, occupational safety, human resources, DACUM, AMA AbstrakKeselamatan dan kesehatan kerja, atau yang juga dikenal sebagai K3,  merupakan salah satu tujuan utama dalam operasi PT XYZ Indonesia tbk. Saat ini PT XYZ Indonesia tbk telah memiliki model kompetensi keselamatan kerja untuk area operasional yang berasal dari XYZ global. Tujuan penelitian ini adalah merumuskan peranan-peranan departemen OHS, menyusun model kompetensi yang sesuai dan menentukan tingkat persyaratan kompetensi di masing-masing jabatan, serta merumuskan program pengembangan di setiap kompetensi. Penelitian ini menggunakan metode modified DACUM (Developing  A  Curriculum)  dan merujuk kepada kamus kompetensi AMA (American Management Association). Hasil penelitian menunjukkan ada sembilan kompetensi utama untuk departemen keselamatan kerja. Empat dari sembilan kompetensi tersebut adalah kompetensi  keselamatan kerja, yang meliputi 1) OHS mission implementation & tactical planning, 2) controls hazards & manages risks, 3) result oriented OHS, dan 4) mastering complexity & manages incidents. Sebaliknya, lima kompetensi lainnya merupakan kompetensi leadership, yang meliputi 1) communication, 2) partnering, 3) influencing, 4) building trust & personal accountability, 5) critical & analytical thinking. Isi dari model kompetensi yang dibuat adalah 1) daftar sembilan kompetensi utama yang dipersyaratkan, 2) definisi masing-masing kompetensi, 3) tingkatan masing-masing kompetensi, 4) pengembangan untuk setiap tingkatan, 5) kebutuhan tingkat kompetensi untuk setiap posisi jabatan. Dari penelitian juga terlihat bahwa metode modified DACUM dapat dipergunakan untuk merumuskan kompetensi yang dibutuhkan dari unit kerja ini.Kata kunci: kompetensi, keselamatan kerja, sumber daya manusia, DACUM, AMA
KEPUASAN KERJA GENERASI X DAN GENERASI Y TERHADAP KOMITMEN KERJA DI BANK MANDIRI PALEMBANG Chandra, Dwi Oktariani; Hubeis, Aida Vitayala S; Sukandar, Dadang
Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) Vol 3, No 1 (2017): JABM Vol. 3 No. 1, Januari 2017
Publisher : School of Business, Bogor Agricultural University (SB-IPB)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17358/jabm.3.1.12

Abstract

The great number of Y generation who desires flexible working hours, demands creativity and give them the opportunity to posses the impact to the company is the current phenomena . This is the challenge for the older generation to survive in this era of high-tic globalization.  The objectives of the research are to define the working expectation characteristic and to analyze the characteristic features of the X and Y generation to find out the working satisfaction dominant aspect in the company.  The method used in this research is multiple linear regressions.  The result shows that the numbers of respondent variable from both generations have different individual characters therefore the level of satisfaction for each generation also differs in terms of age, gender, salary, and length of working time.  The X generation is more committed in working compared to Y generation.  The employees’ work satisfaction shows the feeling and attitude towards working.  Therefore the company could observe and fulfill the employees’ expectation in many aspects based on the advantages and disadvantages for both generations.  By understanding this, in a long term the employees’ working satisfaction can be maximized.  Keywords:     X Generation, Y generation, working satisfaction, working commitment, multiple linear regressionsABSTRAKFenomena yang terjadi saat ini adalah banyak dari pekerja yang termasuk dalam generasi Y menginginkan jadwal kerja yang fleksibel, menuntut kreativitas, dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk memiliki dampak bagi perusahaan itu sendiri. Itulah yang menjadi tantangan bagi generasi yang lebih tua untuk tetap bertahan di era global yang serba canggih saat ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan karakteristik dalam ekspektasi bekerja dari generasi X dan generasi Y di Indonesia dan menganalisis ciri-ciri dari generasi X danY dalam melihat apa yang menjadi hal dominan terhadap kepuasan kerja dari kedua generasi tersebut dalam suatu perusahaan. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil menunjukkan bahwa variabel jumlah responden dari kedua generasi memiliki karakteristik individu yang berbeda sehingga tingkat kepuasan kerja masing-masing generasi berbeda baik dari segi usia, jenis kelamin, gaji dan lama bekerja. Dilihat dari hasil olah data generasi yang memiliki komitmen kerja lebih tinggi antara generasi X dan Y adalah generasi X. Kepuasan kerja karyawan dapat diartikan sebagai evaluasi yang menggambarkan seseorang atas perasaan sikapnya dalam bekerja. Sehingga dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari tiap Generasi yang berbeda dapat menjadi ukuran sampai seberapa jauh perusahaan dapat melihat dan memenui harapan karyawan yang berkaitan dengan berbagai aspek dalam pekerjaan. Dengan mengetahui hal tersebut dapat membantu memaksimalkan kepuasan kerja karyawan dalam jangka panjang.Kata kunci: generasi X , generasi Y, kepuasan kerja, komitmen kerja, regresi linear berganda
EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM DINAMIKA KELOMPOK DENGAN METODE OUTBOUND PADA DIKLAT FUNGSIONAL AUDITOR DI PUSDIKLATWAS BPKP Palupi, Yuniar; Maarif, Syamsul; Affandi, Joko
Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) Vol 3, No 1 (2017): JABM Vol. 3 No. 1, Januari 2017
Publisher : School of Business, Bogor Agricultural University (SB-IPB)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17358/jabm.3.1.23

Abstract

The objective of this research is to analyze the implementation effectiveness of the group dynamic program using outbound method.  The training is organized by Pusdklatwas BPKP and attended by all the government internal auditors in Indonesia.  The research uses Structural Equation Modeling (SEM) with Partial Least Square approach.  The effectiveness of the program is scored using Kirkpatrick’s Four Level Training Evaluation model by measuring the participant’s perception on the implemented training, the learning process, and the benefit that can be obtained from the training.  The result shows that as an output, the training influences the participants learning process positively and significantly (trust, openness, responsibility, interdependency, self confidence, & stress management).  In addition, as a short term result the training also gives a positive and significant impact to the learning condition and for the medium term result is the adaptive performance of the participants.Keywords: audit, employee, performance, psychology, SEM AbstrakTujuan dari penelian ini adalah menganalisis efektivitas pelaksanaan program dinamika kelompok dengan metode outbound yang diselenggarakan oleh Pusdiklatwas BPKP untuk seluruh auditor internal pemerintah dari seluruh Indonesia.  Penelitian ini dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Efektivitas program dinilai dengan menggunakan teori evaluasi pelatihan empat level yang dikemukakan oleh Kirkpatrick, dengan mengukur persespi peserta program tentang pelaksanaan program, serta pembelajaran dan manfaat yang dirasakan oleh peserta program.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program efektif pada setiap tahapan evaluasi.  Hasil menunjukkan bahwa program ini secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap pembelajaran peserta (trust, openness, responsibility, interdependency, self confidence, & stress management) sebagai output, dan juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap suasana pembelajaran yang terbentuk sebagai hasil jangka pendek, dan terhadap kinerja adaptif peserta sebagai hasil jangka menengah.Kata kunci: audit, kepegawaian, kinerja, pelatihan, psikologi, SEM
STRATEGI BISNIS PT. PARIWARA ADVERTISING DI INDUSTRI MEDIA LUAR RUANG DKI JAKARTA Kumala, Mila; Oktaviani, Rina; Maulana, Agus
Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) Vol 3, No 1 (2017): JABM Vol. 3 No. 1, Januari 2017
Publisher : School of Business, Bogor Agricultural University (SB-IPB)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17358/jabm.3.1.35

Abstract

The objective of the research is to analyze the internal and external condition of PT Pariwara advertising to formulate an appropriate strategy due to the company’s declining condition. This condition is caused by the implementation of Pergub No.1 tahun 2015 on the banning of cigarette and tobacco product advertisement in outdoor Medias.  The data is analyzed using internal factor evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), grand strategy matrix, SWOT and Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM).  The result of the research shows that the strategy priority during a stagnant condition is applying the concentric diversification strategy which adding new product that has the similar technology, join facilities, or distribution network with the current product.   Keywords: IFE, EFE, SWOT, grand strategy, QSPMAbstrakPenelitian ini bertujuan menganalisis kondisi internal dan eksternal PT. Pariwara Advertising untuk merumuskan strategi yang tepat ditengah kondisi perusahaan yang sedang menurun dan kondisi industri media luar ruang DKI Jakarta yang melemah karena diterapkannya Pergub No. 1 Tahun 2015 tentang  Larangan Penyelenggaraan Reklame Rokok dan Produk Tembakau pada Media Luar Ruang. Teknik analisis data menggunakan analisis internal factor evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), matriks strategi besar, matriks SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian ini menunjukan prioritas strategi yang harus dilakukan di tengah kondisi industri yang stagnan adalah dengan strategi diverisifikasi konsentris yaitu strategi penambahan produk baru yang masih ada kaitannya dalam hal kesamaan teknologi, fasilitas bersama, atau jaringan pemasaran yang sama dengan produk yang ada saat ini.Kata kunci:  EFI, EFE, SWOT, strategi besar, QSPM

Page 1 of 2 | Total Record : 15