cover
Filter by Year
Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) E-Journal
Articles
134
Articles
‚Äč
Pengaruh Kontrak Psikologis Terhadap Intensi Keluar dengan Komitmen Afektif Sebagai Variabel Mediator

Wardhani, Asri Raditya ( Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada ) , Santoso, C. Budi ( Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada )

Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) Vol 4, No 3 (2018): JABM Vol. 4 No. 3, September 2018
Publisher : School of Business, Bogor Agricultural University (SB-IPB)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh negatif kontrak psikologis terhadap intensi keluar dan menguji peran pemediasian komitmen afektif pada pengaruh negatif kontrak psikologis terhadap intensi keluar. Sebanyak 214 kuesioner yang dapat diolah dalam penelitian ini dimana sampel diambil dari karyawan hotel. Pengujian model dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berjenjang (hierarchical regression analysis). Hasil penelitian melaporkan bahwa kontrak psikologis memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap intensi keluar. Selain itu, komitmen afektif juga dilaporkan memiliki peran sebagai pemediasi dalam pengaruh kontrak psikologis terhadap intensi keluar. Dengan kata lain, tingginya tingkat pemenuhan kontrak psikologis karyawan dapat secara langsung meminimalkan intensi keluar dan secara tidak langsung kontrak psikologis dapat meminimalkan intensi keluar melalui komitmen afektif.Kata kunci: kontrak psikologis, intensi keluar, komitmen afektif

Strategi Pengembangan Bisnis Cargo PT. Garuda Indonesia, Tbk dengan Pendekatan Business Model Canvas

Viali, Ahmad Fariz ( Sekolah Bisnis Institut Pertanian Bogor ) , Rifin, Amzul ( Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor ) , Saptono, Imam Teguh ( Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor )

Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) Vol 4, No 3 (2018): JABM Vol. 4 No. 3, September 2018
Publisher : School of Business, Bogor Agricultural University (SB-IPB)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Berkembangnya pasar e -commerce saat ini mempunyai nilai penjualan 2016 yang diperkirakan telah mencapai 4,4 miliar USD tentunya akan berdampak pada pertumbuhan pengiriman barang atau yang lebih dikenal dengan nama cargo. Tujuan dari penelitian ini antara lain menganalisis kondisi Direktorat Cargo dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC) dan membuat New BMC Direktorat Cargo PT. Garuda Indonesia, Tbk. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah BMC, Importance and Performance Analysis (IPA), dan Five Forces Porter. Hasil dari identifkasi awal dari 9 elemen blok BMC Direktorat Cargo disertai analisis tingkat kepentingan dan kinerja terdapat tiga elemen blok prioritas yang perlu dilakukan perbaikan, yaitu customer segment, channel, dan revenue streams. Five forces porter analysis dan Industry foresight pada industri Cargo menjadi masukan pada perbaikan 3 elemen blok. Perubahan elemen customer segmen, yaitu target pasar menjadi lebih luas dari customer port to port menjadi customer door to door. Perubahan pada elemen channel, yaitu pengembangan dengan memperbanyak pembukaan channel baru seperti gerai, sales outlet, booth, small counter. Pengembangan pada revenue stream, yaitu adanya pendapatan tambahan dari door to door, fee based income dan revenue sharing dari sinergi BUMN. Selain itu perubahan pada ketiga elemen tersebut juga menyebabkan pengembangan pada elemen Value Preposition, Customer Relationship, Key Patners, Key Activities serta pada elemen Key Resource dan Cost Structure agar dapat dioptimalkan dan efisiensi sehingga menciptakan new BMC yang bermanfaat bagi pengembangan perusahaan yang sesuai perkembangan industri.Kata kunci: Cargo, BMC, IPA, five forces porter

Pengaruh Motivasi, Marketing Mix dan Konsep Diri Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Baru di Perumahan Bukit Cimanggu City Bogor

Primarianto, Aditya ( PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) ) , Yuliati, Lilik Noor ( Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor ) , Affandi, M. Joko ( Sekolah Tinggi Manajemen PPM )

Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) Vol 4, No 3 (2018): JABM Vol. 4 No. 3, September 2018
Publisher : School of Business, Bogor Agricultural University (SB-IPB)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh motivasi, bauran pemasaran dan konsep diri terhadap keputusan pembelian rumah baru di perumahan Bukit Cimanggu City (BCC) Kota Bogor. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi berpengaruh signifikan terhadap konsumen dalam keputusan pembelian rumah baru di BCC, ini ditunjukkan dari nilai t-hitung yang diperoleh> 1,96. Pengaruh yang paling dalam faktor motivasi untuk memutuskan membeli rumah baru, adalah tujuan konsumen untuk memenuhi kebutuhan dasar tempat tinggal, hal ini ditunjukkan oleh nilai loading factor 1,00 lebih besar dari indikator lainnya. Variabel Marketing Mix berpengaruh signifikan terhadap konsumen dalam keputusan pembelian rumah baru di BCC, ini ditunjukkan dari nilai t-hitung yang diperoleh> 1,96. Faktor yang paling berpengaruh adalah produk BCC memiliki keuntungan dalam hal tipe rumah, ini ditunjukkan oleh nilai loading factor 0,79 lebih besar dari indikator lainnya. Variabel Konsep Diri tidak berpengaruh signifikan terhadap konsumen dalam keputusan pembelian rumah baru di BCC, ini ditunjukkan dari nilai t-hitung yang diperoleh <1,96. Faktor yang paling memengaruhi konsep diri dalam keputusan pembelian rumah baru adalah keinginan seseorang tentang bagaimana konsumen memandang dirinya untuk memengaruhi produk yang mereka beli dan gunakan, ini ditunjukkan oleh nilai variabel pembebanan faktor pemuatan lebih besar dari indikator lainnya. Keputusan pembelian memiliki pengaruh paling besar yaitu indikator keuangan, hal ini ditunjukkan oleh nilai loading factor 0,78 lebih besar dari indikator lainnya. Dalam hal ini konsumen dalam membuat keputusan pembelian dipengaruhi oleh kondisi keuangan.Kata kunci: bauran pemasaran, motivasi, keputusan pembelian, konsep diri

Manajemen Risiko Wakaf di Dompet Dhuafa

Kuncorowati, Desy Ery ( PT. United Tractors Tbk ) , Achsani, Noer Azzam ( Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor ) , Hafidhuddin, Didin ( Universitas Ibn Khaldun Bogor )

Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) Vol 4, No 3 (2018): JABM Vol. 4 No. 3, September 2018
Publisher : School of Business, Bogor Agricultural University (SB-IPB)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini menganalisis peta masalah pada kegiatan manajemen wakaf tunai dan tanah/bangunan mulai dari proses manajemen penghimpunan, pengelolaan dan pengembangan, hingga penyaluran dengan pendekatan enterprise risk management (ERM) COSO. Mengidentifikasi dan mengukur setiap potensi risiko tersebut kemudian menganalis strategi mitigasi atas setiap risiko dan strategi manajemen risiko yang harus disiapkan untuk setiap kegiatan manajemen wakaf. Analisis penelitian ini menggunakan teknik pengukuran dan pemetaan mengacu pada Godfrey (1996). Tehnik pengumpulan data menggunakan empat tahap, yaitu wawancara, kuisioner, Focus Group Discussion (FGD), Studi Pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko manajemen wakaf tanah/banguanan teridentifikasi sebanyak 47 risiko, terdiri dari 21 risiko tinggi, 15 risiko sedang, dan 11 risiko rendah.Kata kunci: manajemen risiko, erm, wakaf tanah, wakaf uang, dompet dhuafa

Faktor yang Memengaruhi Minat Penggunaan Perpustakaan Digital (Studi Kasus Pada IPB dan UBINUS)

Wibowo, Yandhika Hary ( PT. Intikom Berlian Mustika ) , Wijayanto, Hari ( Departemen Statistika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor ) , Daryanto, Heny K. ( Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor )

Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) Vol 4, No 3 (2018): JABM Vol. 4 No. 3, September 2018
Publisher : School of Business, Bogor Agricultural University (SB-IPB)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penerimaan teknologi baru dianggap menjadi pemicu timbulnya banyak faktor dalam mendukung minat seseorang untuk menggunakan suatu teknologi. Penggunaan teknologi di Indonesia masih cenderung rendah di bidang pendidikan. Penggunaan perpustakaan digital dianggap masih belum efektif dikarenakan adanya beberapa faktor yang menjadi kurangnya minat dalam menggunakan teknologi ini. Penelitian ini membangun sistem identifikasi faktor-faktor yang dianggap menjadi pendukung timbulnya minat menggunakan perpustakaan digital (1) dan dapat menjadi masukkan dalam mengevaluasi perpustakaan digital. Untuk itu, peneliti menggunakan pendekatan teori TAM (2) yang lebih dikhususkan untuk menjelaskan perilaku para pengguna komputer (computer usage behavior). Selanjutnya, dilakukan teknik analisis dengan menggunakan SEM (3). Dalam pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik pusposive sampling pada sampel perguruan tinggi yaitu IPB dan UBINUS yang berjumlah 200 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor utama yang memengaruhi minat penggunaan perpustakaan digital adalah Variabel Eksternal (4) dan Persepsi Kegunaan (5). Variabel Eksternal dapat menjadi faktor yang dianggap sangat memengaruhi minat penggunaan perpustakaan digital. Dorongan seperti adanya paksaan dari pihak perguruan tinggi, dapat menjadi hal positif yang nantinya memengaruhi minat pengguna dalam menggunakan teknologi tersebut.Kata kunci: perpustakaan digital, TAM, SEM, variabel eksternal, persepsi kegunaan

Strategi Pengembangan Perusahaan Perdagangan Emas Wilayah Jabodeta (Studi Kasus PT XYZ)

Ramadhani, Primasti ( Graha Mandiri ) , Baga, Lukman M ( Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor ) , Sanim, Bunasor ( Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor )

Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) Vol 4, No 3 (2018): JABM Vol. 4 No. 3, September 2018
Publisher : School of Business, Bogor Agricultural University (SB-IPB)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Emas telah teruji ketangguhannya sejak lama, selain sebagai logam mulia bernilai tinggi yang digunakan pada berbagai industri, bidang kedokteran, elektronik dan sebagai mata uang. Penelitian ini terkait dengan penurunan omset PT XYZ ditengah persaingan bisnis dibidang usaha perdagangan emas. Tujuan penelitian ini, yaitu mengidentifikasi model bisnis PT XYZ wilayah Jabodeta, ditinjau menggunakan pendekatan model bisnis kanvas saat ini; mengevaluasi 9 elemen bisnis PT XYZ menggunakan BMC; dan membuat formulasi strategi bersaing melalui faktor perubahan menggunakan model bisnis yang tepat bagi perusahaan. Analisis yang digunakan yaitu menggunakan analisis SWOT, Business Model Canvas (BMC) dan Blue Ocean Strategy (BOS). Hasil penelitian menunjukan adanya persaingan inovasi dari kompetitor, tingginya turn over sales serta strategi pemasaran yang kurang tepat sasaran membuat adanya penurunan pendapatan dari produk unggulannya berupa gadai dan pembelian emas secara cicilan.Hasil pengamatan Analisis SWOT perusahaan menghasilkan model bisnis perbaikan, terdapat beberapa eleman seperti key activities, cost strurcture dan key Resources dalam model bisnis kanvas yang perlu dilakukan pengkajian kembali agar perusahaan dapat bersaing dengan kompetitor. Blue ocean strategy menghasilkan peluang baru bagi PT XYZ dengan menjadi penyedia dana talangan bagi nasabah untuk melakukan pembelian di toko emas yang telah bermitra dengan PT XYZ.Kata kunci: perusahaan perdagangan emas, BMC, analisis swot, blue ocean strategi, emas

Investasi Pengembangan Energi Alternatif Cangkang Sawit untuk Menurunkan Biaya Energi di PT XYZ

Rianto, Rianto ( PT. Lasallefood Indonesia ) , Sinaga, Bonar M ( Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor ) , Kirbrandoko, Kirbrandoko ( Universitas Ibn Khaldun Bogor )

Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) Vol 4, No 3 (2018): JABM Vol. 4 No. 3, September 2018
Publisher : School of Business, Bogor Agricultural University (SB-IPB)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menurunkan biaya energi dengan menggunakan bahan bakar alternatif. Selanjutnya, menghitung biaya investasi dan biaya operasional. Di samping itu, menghitung NPV, IRR, Payback Periode, dan analisis sensitifitas mesin dengan bahan bakar alternatif. Metode digunakan perbandingan eksponensial, dan untuk menghitung nilai investasi dipergunakan metode net present value (NPV), internal rate of return (IRR), dan payback period sedang prediksi jumlah produksi dihitung menggunakan metode regresi linier sederhana. Dengan metode perbandingan eksponensial diketahui bahwa mesin boiler dengan bahan bakar cangkang sawit menempati urutan prioritas pertama jika dibandingkan dengan mesin dengan bahan bakar gas, minyak dan batu bara. Cangkang sawit memiliki nilai kalori yang lebih tinggi daripada kayu akan tetapi lebih rendah daripada batu bara. Untuk dapat menggunakan cangkang sawit sebagai bahan bakar, perusahaan harus mengeluarkan investasi yang tinggi untuk pembelian mesin baru. Investasi yang dibutuhkan untuk pengadaan mesin baru sebesar Rp4,9 milyar, sedang NPV yang dihasilkan selama 5 tahun sebesar Rp5,9 milyar. Dengan menggunakan analisis sensitivitas didapatkan beberapa batasan terhadap perubahan variabel yang berpengaruh yaitu harga bahan bakar alternatif maksimum adalah Rp1.128,00 per kilogram, penurunan jumlah produksi tidak lebih dari 44,22%, harga bahan bakar gas minimum 6,02 USD per MMBTU dan kurs dolar minimum terhadap rupiah Rp9.795,00 per dolar amerika.Kata kunci: NPV, IRR, energi alternatif, MPE, cangkang sawit

Pengaruh Persepsi, Motivasi dan Hambatan Terhadap Keikutsertaan Program Kemitraan dan Kesejahteraan UKM di Provinsi Jambi (PT. AP II Bandara Sultan Thaha Jambi)

Utomo, Bobit Kowanus ( PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk ) , Daryanto, Arief ( Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor ) , Yuliati, Lilik Noor ( Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor )

Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) Vol 4, No 3 (2018): JABM Vol. 4 No. 3, September 2018
Publisher : School of Business, Bogor Agricultural University (SB-IPB)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi Program Kemitraan dalam memberikan bantuan bagi UKM masyarakat di Provinsi Jambi; menganalisis persepsi, motivasi dan hambatan dalam mengikuti program kemitraan; menganalisis pengaruh keikutsertaan program kemitraan terhadap kesejahteraan UKM di Provinsi Jambi; serta menganalisis tingkat kesejahteraan sebelum dan sesudah Program Kemitraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan kuantitatif dengan menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui survei. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu terhadap UKM mitra binaan PT. AP II Bandara St. Thaha Jambi. Teknik penarikan sampel tergolong probability sampling dengan menggunakan rumus Slovin (e = 5%) diperoleh 156 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara melalui kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis lintas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program kemitraan dalam memberikan bantuan kepada UKM masyarakat di Provinsi Jambi telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan amanat peraturan Menteri Negara BUMN, persepsi dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap program kemitraan sedangkan hambatan tidak berpengaruh signifikan terhadap program kemitraan, keikutsertaan program kemitraan berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan UKM di Provinsi Jambi dan perubahan Tingkat kesejahteraan UKM berpengaruh signifikan terhadap Program Kemitraan. Kata kunci: persepsi, motivasi, hambatan, program kemitraan dan kesejahteraan UKM

Model Bisnis dan Strategi Pengembangan Usaha Pada The Coffee Bean dan Tea Leaf (TCBTL)

Trenggono, Bambang ( PT. Girindra ) , Daryanto, Arief ( Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor ) , Sanim, Bunasor ( Sekolah Bisnis, Institut Pertanian Bogor )

Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) Vol 4, No 3 (2018): JABM Vol. 4 No. 3, September 2018
Publisher : School of Business, Bogor Agricultural University (SB-IPB)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Setiap bisnis membutuhkan perencanaan strategis untuk menghadapi kondisi lingkungan dan persaingan yang ada, termasuk TCBTL. Perencanaan strategis dapat dilakukan dengan memetakan model bisnis yang ada dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi model bisnis TCBTL dengan pendekatan Business Model Canvas dan merumuskan strategis baru dengan menggunakan analisis SWOT dengan mengacu pada pendekatan Business Model Canvass. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TCBTL memiliki komponen elemen business model canvas yang terdiri dari customer segmentations, value propositions, channels, customer relationships, revenue streams, key resources, key activities, key partnerships dan cost structures. Program perbaikan yang harus dilakukan oleh TCBTL melalui identifikasi faktor eksternal dan internal adalah, mengoptimalkan fungsi bank sebagai mitra yang mampu meningkatkan penjualan melalui program promosi kepada pemegang kartu atau nasabah pada elemen mitra utama. Kegiatan utama elemen yang perlu ditingkatkan TCBTL adalah menambahkan mitra kerja untuk meningkatkan kerjasama dalam melakukan kegiatan pemasaran. Kemudian pada elemen sumber daya manusia, TCBTL perlu melakukan perbaikan program dengan merancang strategi untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusianya.meningkatkan pelatihan karyawan, insentif yang transparan dan rutin serta merancang strategi peningkatan kapasitas SDM yang dimiliki.Kata kunci: business model canvas, TCBTL, kafe, strategi, Analisis SWOT

Kepuasan Konsumen dan Kinerja Keuangan UKM di Kabupaten Jepara

Ismanto, Hadi ( Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara )

Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM) Vol 4, No 3 (2018): JABM Vol. 4 No. 3, September 2018
Publisher : School of Business, Bogor Agricultural University (SB-IPB)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kabupaten Jepara merupakan salah satu kabupaten di Indonesia yang memiliki usaha kecil dan menengah yang sangat banyak yaitu sejumlah 56.534.592 UKM dan sebanyak 16 sektor UKM yang tersebar di Kabupaten Jepara. Namun, banyak UKM belum mampu menjaga kualitas produk dan layanan kepada pelangan serta pengelolaan keuangan yang kurang baik. Meningkatnya persaingan telah menyebabkan banyak UKM hanya mencari profitabilitas jangka pendek sehingga banyak UKM yang mengalami kegagalan.Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh hubungan pelanggan dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen, dan pengaruh kepuasan konsumen terhadap kinerja keuangan. Penelitian ini dilakukan pada UKM dengan kriteria memliki jumlah tenaga kerja sebanyak 5-99 orang, nilai kekayaan bersih selain tanah dan gedung sebesar ‚?§ 500 Juta, dan akumulasi penjualan selama 1 tahun sebesar ‚?§ 2,5 Milyar. Sampel yang digunakan sebanyak 183 pemilik UKM di kabupaten Jepara yang tersebar di 16 jenis usaha. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan pelanggan dan kualitas produk yang dihasilkan UKM berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, sedangkan kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan UKM di Kabupaten Jepara. Pemilik UKM percaya bahwa memiliki hubungan pelanggan yang baik menyebabkan konsumen puas terhadap UKM dan akan menjaga loyalitas untuk membeli kembali produk yang dihasilkan sehingga dapat meningkatkan kinerja keuangan UKM.Kata kunci: UKM, kepauasan konsumen, kinerja keuangan, kualitas produk, dan hubungan pelanggan