cover
Contact Name
Naser Jawas
Contact Email
naser.jawas@stikom-bali.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jsi@stikom-bali.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Sistem dan Informatika
ISSN : 1858473X     EISSN : 24603732     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Bagian Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P2M) STIKOM Bali. Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) terbit dua kali dalam satu tahun, yakni setiap bulan Mei dan Nopember. Jurnal ini berisi makalah-makalah ilmiah hasil penelitian dari civitas akademika STIKOM Bali.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 2 (2018)" : 20 Documents clear
Pengembangan Media Pembelajaran Bermuatan Conceptual Change untuk Perkuliahan Sistem Elektronika Agus Santoso, Putu Pande; Wirahadi Putra, I Made Agus; Meitridwiastiti, Anak Agung Ayu
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 12 No 2 (2018)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (421.056 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah dihasilkannya media pembelajaran bermuatan conceptual change, mendeskripsikan tingkat validitas dan efektifitasnya dalam meningkatkan hasil belajar elektronika. Media ini dikembangkan dengan menggunakan software Adobe Captivate yang disusun sesuai dengan sintak model pembelajaran perubahan konseptual. Media yang dikembangkan ini terdiri atas page home, page indicator, page problem, page deny, page prove, page clarification dan page evaluation. Analisis data pada uji perseorangan menunjukkan bahwa 40,80% mahasiswa menyatakan sangat setuju, 56,42% menyatakan setuju dan hanya 2,78% menyatakan cukup. Analisis data pada uji kelompok kecil menunjukkan bahwa 45,30% mahasiswa memberikan respon sangat setuju dan 54,70% menyatakan setuju. Uji coba kelas menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil perkulihan sistem elektronika yang dimediasi dengan media pembelajaran interaktif bermuatan conceptual change = 80,08. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini valid dan efektifitasnya dalam meningkatkan hasil belajar elektronika.
Analisis Kinerja Protokol Routing RPL pada Simulator Cooja Rudy Hendrawan, I Nyoman
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 12 No 2 (2018)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.394 KB)

Abstract

Perangkat tertanam memiliki keterbatasan energi, dimana penggunaan energi pada perangkat tertanam berperan penting terhadap kinerja dari WSN. Routing Protocol for Low-Power and Lossy Networks (RPL) adalah protokol routing standar yang dirancang secara khusus untuk perangkat WSN berdaya rendah, sehingga perangkat tersebut dapat terhubung langsung dengan jaringan Internet. Kinerja dari RPL mempengaruhi penggunaan energi pada perangkat WSN, sehingga kinerja protokol routing dan penggunaan energi adalah parameter kunci dari kinerja keseluruhan WSN. Oleh karena itu, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kinerja RPL terhadap penggunaan energi pada perangkat tertanam dilakukan penelitian eksperimental pengukuran kinerja WSN berdasarkan kinerja dari protokol routing RPL dan penggunaan energinya itu sendiri. Kinerja protokol routing diukur berdasarkan parameter total paket jaringan yang diterima, rata-rata paket jaringan yang diterima oleh setiap node, total paket jaringan yang hilang, rata-rata paket jaringan yang hilang di setiap node, rata-rata routing metric, dan rata-rata Expected Transmission Count (ETX). Penelitian ini juga dilakukan pada lingkup simulasi dengan simulator Cooja, dimana pada simulasi tersebut dilakukan dua skenario simulasi berdasarkan topologi jaringan dan rasio transmisi (Tx/Rx). Hasil pengujian menunjukkan bahwa topologi jaringan tidak mempengaruhi kinerja WSN secara signifikan, namun rasio transmisi dapat menurunkan kinerja routing protokol dan meningkatkan penggunaan energi secara signifikan disetiap skenario pengujian.
Perencanaan Teknologi Architecture Perpustakaan STMIK STIKOM Bali Nila Dewi, Nyoman Ayu
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 12 No 2 (2018)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (138.516 KB)

Abstract

Perpustakaan merupakan salah satu unit yang terpenting dalam suatu bidang pendidikan yakni sebuah perguruan tinggi. Pendirian perguruan tinggi memiliki aturan dimana harus memiliki suatu perpustakaan. Perpustakaan di STMIK STIKOM Bali telah memanfaatkan beberapa teknologi dalam proses bisnis yang ada. Permasalahan yang ada saat ini dimana perpustakaan belum memiliki suatu sistem informasi website yang digunakan untuk memberikan informasi tentang buku dan karya ilmiah serta aktifitas yang ada diperpustakaan. Proses yang terjadi dalam aktivitas di perpustakaan masih menggunkan proses yang manual, beberapa permasalahan sering terjadi dalam hal perekapan data dan pencarian buku. Melihat beberapa permasalahan tersebut maka untuk penelitian ini perlu dilakukan suatu perencanaan strategi pengembangan perpustakaan menggunakan metode EA. Pada penelitian sebelumnya telah menjabarkan analisis bisnis yang terjadi pada proses perpustakaan yang ada di STIKOM Bali. Dengan permasalahan yang ada saat ini dilapangan dimana ada beberapa proses bisnis yang belum menggunakan sistem dalam pengambil keputusan atau pencatatan proses yang ada di perpustakaan tersebut. Dari hasil analisa proses bisnis maka dalam penelitian ini akan menganalisa dan membuat perencanaan teknologi. Hasil dari penelitian ini akan memberikan analisa kebutuhan sistem yang diperlukan saat ini, serta penggambaran analisa sistem sesuai dengan prioritas kebutuhan pada proses bisnis saat ini.
Penerapan Metode Activity Based Costing Untuk Penentuan Harga Pokok Produksi Pivin Suwirmayanti, Ni Luh Gede; Pande Yudiastra, Putu
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 12 No 2 (2018)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (585.656 KB)

Abstract

Sektor UKM yang terus berkembang sudah selayaknya dapat dikelola dan dikembangkan dengan baik karena memiliki potensi besar untuk dapat mewujudkan usaha menengah yang tangguh. Di sisi lain UKM juga masih dihadapkan pada beberapa kendala, diantaranya terletak pada akuntansi biaya dalam penentuan harga pokok dari suatu barang yang diproduksi. Harga pokok produksi merupakan proses pengumpulan, pengelompokkan dan pembebanan biaya-biaya bahan baku, tenaga kerja dan overhead perusahaan untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi yang siap untuk dijual. Cara yang saat ini digunakan untuk menentukan harga pokok produksi adalah dengan menerapakan cara tradisional. Untuk memperoleh perhitungan harga pokok produksi, maka dipilihlah pendekatan dengan metode Activity Based Costing (ABC) yang berpedoman pada proses penentuan product costing (biaya produk) melalui penentuan aktivitas-aktivitas yang diserap produk tersebut selama proses produksi. Perhitungan ini melingkupi semua biaya yang dikeluarkan dalam melakukan suatu produksi barang, termasuk didalamnya estimasi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik. Dengan penerapan Activity Based Costing diharapkan menghasilkan perhitungan harga pokok produksi (HPP) untuk produk mug dan botol yang dihasilkan yang lebih baik, sehingga dapat membantu dalam pengambilan keputusan dalam mengalokasikan biaya dan harga jual produk.
Media Informasi Sebagai Promosi Produk Bidang Desain Interior Berbasis Animasi 3D Ciptahadi, Ketut Gus Oka
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 12 No 2 (2018)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.915 KB)

Abstract

Pada bidang pemasaran dan periklanan di perusahaan saat ini cenderung masih menampilkan gambar dengan grafis 2D juga dalam penyampaian informasi kepada penggunanya. Gambar 2D yang sering kita tahu dapat berfungsi sebagai media penyampaian informasi, misalnya informasi tentang suatu tata ruang, namun informasi yang dapat disajikan hanya dari sisi-sisi tertentu saja. Untuk itu, dibutuhkan tampilan visual yang dapat menggambarkan tata ruang suatu bangunan dalam bentuk 3D. Tepatnya pada lokasi yang dijadikan penelitian oleh penulis yaitu pada perusahaan 8┬░South Kitchen & Home Cabinetry Manufacturer, perusahaan tersebut bergerak pada bidang desain interor yang lebih memfokuskan produk desainnya pada desain kitchen dan bathroom. walapun perusahaan ini sudah menggunakan software 3D untuk meyelesaikan desain produksinya, namun didalam pemasarannya kepada customer perusahaan ini masih menggunakan hasil tampilan produk berupa desain 2D atau berupa foto dengan format jpeg. Melihat permasalahan pada perusahaan tersebut maka penulis dalam penelitian kali ini akan mebuat sebuah media informasi berupa visualisasi animasi 3D untuk memperkenalkan hasil produk yang akan dipasarkan pada perusahaan "8┬░South Kitchen & Home Cabinetry Manufacturer", dikarenakan dengan media menggunakan animasi 3D dapat memberikan hasil visual yang lebih baik kepada para customer. Dalam menyelesaikan penelitian ini akan menggunakan pendekatan melalui metode Research and Development, dikarenakan pada hasil akhir penelitian ini akan menghasilkan sebuah produk. Jadi akan dilakukan tahap validasi desain dalam proses perancangannya, validasi dilakukan terkait desain modeling, perwarnaan serta infromasi yang ingin disampaikan dalam media informasi. Hasil dari penelitian ini berupa satu buah produk animasi 3D serta penulis sudah melakukan pengujian terkait keefisienan produk dengan melihat presentase kenaikan penjualan pada perusahaan tersebut.
Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Lomba Posyandu Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Wijanegara, I Kadek; Desi Saryanti, I Gusti Ayu
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 12 No 2 (2018)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.045 KB)

Abstract

Posyandu merupakan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan.Posyandu adalah pusat kegiatan masyarakat, dimana masyarakat dapat sekaligus pelayanan profesional oleh petugas sektor, serta non-profesional (oleh kader) dan diselenggarakan atas usaha masyarakat sendiri.Peranan Posyandu dalam masyarakat sangatlah penting untuk itu pemerintah mengadakan lomba Posyandu.Dalam setiap perlombaan Posyandu sering kali mengalami kesalahan dalam penilaian.Sering terjadi ketidak seragaman standar penilaian yang mengakibatkan hasil akhir dari perlombaan tidak tepat dan tidak efisien.Untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang merugikan perusahaan untuk itu diperlukan sistem pendukung keputusan seleksi pemenang lomba Posyandu yang nantinya akan membantu dalam melakukan pemenang lomba Posyandu dalam proses penilaian system pendukung keputusan ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu Posyandu terbaik. Berdasarkan hasil pengujian, sistem yang dibangun dapat membantu kerja tim penilai dalam melakukan penyeleksian Posyandu terbaik, dapat mempercepat proses penyeleksian, dapat mengurangi kesalahan dalam menentukan Posyandu terbaik, dan dapat mempermudah tim penilai dalam menentukan Posyandu terbaik.
Implementasi Sistem Informasi E-Procurement Barang/Jasa Berbasis Web Utami Januhari, Ni Nyoman; Karang Utama, I Wayan
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 12 No 2 (2018)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.501 KB)

Abstract

Proses pengadaan barang/jasa yang masih dilakukan secara konvensional dan belum menggunakan bantuan sistem menyebabkan bagian sarana dan prasarana (SARPRAS) STIKOM Bali mengalami berbagai kendala, seperti: pemesanan barang/jasa, penerimaan barang/jasa, penyerahan barang serta pembuatan laporan. Pencarian file pengadaan barang/jasa pada pengarsipan membutuhkan waktu, sehingga menyebabkan informasi hasil dari proses pengadaan barang/jasa sulit untuk didapatkan. Dalam penelitian ini dibangun sebuah sistem informasi pengadaan barang yang dikembangkan berbasis web dengan judul Implementasi Sistem Informasi E-Procurement barang berbasis web pada bagian SARPRAS STIKOM Bali, dengan metode penelitian yang digunakan mengacu pada information system research framework yang terdiri dari tahapan pengkajian literatur dan aspek lingkungan, pengumpulan data, analisis kebutuhan sistem, serta perancangan sistem. Sistem ini menggunakan teknologi ASP.NET dan bahasa pemrograman Visual Basic.Net, dikembangkan dengan tools Microsoft Visual Studio 2010 dan Database Management System (DBMS) MS SQL, untuk template dan desain antarmuka sistem dikembangkan dengan menggunakan Cascading Style Sheet (CSS) dan Framework Bootstrap. Penelitian ini menghasilkan sistem e-procurement barang/jasa berbasis web yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi petugas bagian sarana dan prasarana untuk memberikan informasi dan layanan pengadaan barang, serta memberikan laporan yang jauh lebih cepat dan akurat untuk civitas akademika.
Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Web Di Politeknik Widya Dharma Bali Wira Andika, Ary
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 12 No 2 (2018)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.974 KB)

Abstract

Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Web sudah diterapkan di beberapa universitas di Indonesia. Namun permasalahannya adalah calon mahasiswa masih banyak yang merasa kesulitan dengan sistem tersebut karena sistemnya masih sederhana. Kemudian permasalahan berikutnya adalah tidak semua calon mahasiswa mudah dan mengerti dalam mengoptimalkan sistem berbasiskan web yang sudah ada. Dan kebanyakan data yang diterima pada web pendaftar tidak valid dan benar, dikarenakan tidak adanya verifikasi data pada sistem. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode waterfall dan Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru ini dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan untuk desain antarmukanya menggunakan HTML, CSS dan Javascript. Sistem yang akan dirancang juga memanfaatkan database MySQL sebagai database server. Hasil dari penelitian yang dilakukan pada kampus Politeknik Bali Widya Dharma, bahwa dengan adanya Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Web pada kampus Politeknik Bali Widya Dharma, ini akan mempermudah proses penerimaan mahasiswa baru yang berada diluar daerah ataupun dalam daerah, dan menyajikan tentang informasi kampus yang berkaitan dengan kegiatan pendaftaran ataupun informasi penting tentang kampus yang lebih mudah dicermati Tidak hanya untuk kebutuhan pendaftar tetapi pengembangan sistem ini bisa bermanfaatuntuk kampus, sebab penyimpanan data yang sudah dibuat online dapat memudahkan dalam pengelolaan. Dalam menggunakan sistem tersebut ataupun dari sisi kualitas sistem cukup sesuai untuk digunakan sebagai administrasi penerimaan mahasiswa baru.
Aplikasi Penilaian Essai Menggunakan Rubrik Penilaian Yulyantari, Luh Made
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 12 No 2 (2018)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.863 KB)

Abstract

Setiap proses pembelajaran memerlukan suatu evaluasi penilaian untuk mengukur kemampuan peserta didik, yaitu berupa tes atau ujian. Penilaian dengan tes essai tetap menjadi pilihan dosen/pengajar dalam mengevaluasi tingkat kemampuan dari peserta didik, walaupun kenyataannya tidak mudah karena teknik evaluasi yang masih diterapkan oleh dosen/pengajar pada saat ini adalah teknik evaluasi manual. Teknik evaluasi ini dilakukan dengan cara memberi sejumlah soal tertulis kepada peserta didik. Kemudian peserta didik menjawab soal pada lembar jawaban yang sudah disiapkan sebelumnya. Selain itu, dosen/pengajar juga harus memeriksa jawaban dari peserta didik tersebut secara manual. Teknik evaluasi tersebut tidak efektif dari segi waktu dan kinerja karena dibutuhkan waktu yang lama oleh dosen untuk melakukan pemeriksaan lembar jawaban dari setiap peserta didik. Selain itu, terjadi pemborosan kertas yang digunakan sebagai lembar jawaban oleh mahasiswa. Sedangkan dari segi penilaian yang diberikan oleh dosen/pengajar terhadap jawaban mahasiswa biasanya masih bersifat kurang objektif karena mengikutsertakan subjektivitas. Kekurangan penilaian tes essai tersebut dapat diatasi melalui sistem penilaian essai dengan rubrik penilaian. Sistem tersebut dapat memberikan alternatif cara penilaian untuk dapat mempercepat proses penilaian jawaban ujian essai.
Analisis Perancangan E-Commerce Sistem Penjualan Produk Hasil Olahan Kopi Deriani, Ni Wayan
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 12 No 2 (2018)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.027 KB)

Abstract

Kegiatan pemasaran adalah salah satu kegiatan inti dari suatu usaha atau usaha. Kemajuan dalam bidang teknologi informasi untuk setiap kegiatan kehidupan sangat juga dengan kegiatan usaha khususnya dalam hal pemasaran. PT. XYZ merupakan perusahaan produsen produk hasil olahan kopi, peluang peningkatan usaha terbuka lebar terbukti dengan peningkatan penjualan, permasalahan yang sedang dalam proses pengembangan produk berbasis web, dalam penelitian ini dilakukan perancangan sistem informasi penjualan produk hasil olahan kopi dengan menggunakan DFD, ERD dan Konseptual Database, dan juga adanya hasil analisis terhadap perubahan proses bisnis, Proses Bisnis Re-enginering yang terkait dengan kegitan penjualan pada PT XYZ.

Page 1 of 2 | Total Record : 20