cover
Contact Name
Naser Jawas
Contact Email
naser.jawas@stikom-bali.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jsi@stikom-bali.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Sistem dan Informatika
ISSN : 1858473X     EISSN : 24603732     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Bagian Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P2M) STIKOM Bali. Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) terbit dua kali dalam satu tahun, yakni setiap bulan Mei dan Nopember. Jurnal ini berisi makalah-makalah ilmiah hasil penelitian dari civitas akademika STIKOM Bali.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue " Vol 11 No 2 (2017)" : 20 Documents clear
Expert Advisor Dengan Strategi Moving Average, RSI Dan Bolinger Band Suryawan, I Kt Dedy; Bagiarta, I Gusti Ngurah Nyoman
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 11 No 2 (2017)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indikator yang dipergunakan untuk mendukung analisa teknikal dalam dunia online forex trading cukup banyak. Indikator – indikator ini pada umumnya menggambarkan trend, momentum, volume perdagangan, dan monitoring kekuatan atau peralihan volume perdagangan. Indikator yang ada sering dikombinasikan untuk mendapatkan hasil prediksi yang lebih akurat untuk memperoleh profit lebih baik dan konsisten. Bagi seorang trader pemula, Selain teknik analisa yang didukung pengggunaan indikator, juga diperlukan konsistensi dalam pengambilan keputusan dimana seorang trader sering mengalami kerugian karena berbagai macam faktor psikologis seperti emosi, frustasi dan faktor kelelahan. Oleh karena itu diperlukan suatu aplikasi yang dapat membantu trader tanpa dipengaruhi faktor – faktor tersebut. Aplikasi tersebut dengan penggunaan indikator didalamnya membantu proses dan pertimbangan dalam pengambilan keputussan jual beli. Indikator yang digunakan dalam logika program adalah Moving Average, Bolinger Band dan Relative Stregth Index. Aplikasi melakukan trading secara otomatis dan mampu melakukan trading tanpa seorang trader harus memantau pergerakan harga selama 24 jam
Analisis Perbandingan Metode Sibis Dan Metode Econometric Dalam Pengukuran Kesenjangan Digital Di Sumba Barat Daya Pati, Gergorius Kopong; Budiyanto, A. Djoko
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 11 No 2 (2017)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sebagai bahan pertimbangan pemerintahan dalam membangun dan menyusun strategi kebijakan pelayanan publik dalam kaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi yang berhubungan dengan kesenjangan digital perlu diadakan pengukuran. Hasil dari pengukuran kesenjangan digital tersebut dimaanfaatkan oleh pemerintah Sumba Barat Daya dalam pengembangan kecamatan di Sumba Barat Daya, serta hasil tersebut sebagai bahan acuan dalam pemerataan akses dan kemampuan teknologi informasi dan komunikasi bagi masyarakat melalui penyediaan infrastruktur, program pelatihan untuk pegembangan sumber daya manusia. Dari permasalahan diatas maka perlu diadakan pengukuran tingkat kesenjangan digital yang terjadi di kecamatan Sumba Barat Daya. Pengukuran kesenjangan digital di Sumba Barat Daya menggunakan metode SIBIS dan Econometric dengan membandingkan berbagai macam indikator yang berbeda dalam pengukuran kesenjangan digital. Pengukuran kesenjangan digital ini menggunakan aspek perilaku penggunaan internet, manfaat penggunaan internet dan demografi. Hasil perbandingan dari berbagai macam indikator dengan menggunakan metode SIBIS dan Econometrik menunjukan bahwa tingkat kesenjangan digital dengan mengunakan metode SIBIS menunjukan masyarakat kecamatan di Sumba Barat Daya berada pada kategori sedang sedangkan metode Econometric berada pada kategori Tinggi sehingga pengukuran kesenjangan digital masyarakat kecamatan di Sumba Barat Daya lebih cocok menggunakan metode SIBIS.
Kecerdasan Buatan Pada Game Edukasi Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendekatan Heuristik Similaritas Yunanto, Andhik Ampuh; Herumurti, Darlis; Kuswardayan, Imam
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 11 No 2 (2017)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Game menjadi salah satu industri yang berkembang pesat pada kehidupan sehari-hari. Saat ini game sangatlah popular di semua kalangan baik kalangan anak-anak, remaja maupun dewasa. Namun masih banyak game yang hanya memprioritaskan unsur adiktif dan mengabaikan unsur edukatif. Selain itu, banyak game berbasis pendidikan yang kurang memiliki unsur fun. Oleh karena itu, diperlukan game yang memiliki unsur edukasi dan fun sebagai media hiburan dan pendidikan bagi pengguna. Game edukasi yang bermanfaat di era globalisasi ini ialah tentang game edukasi Bahasa Inggris. Dalam pembangunan game dibutuhkan rancangan teori yang disebut gamification dimana salah satu elemen penting yang harus ada di dalam game ialah peran dari kecerdasan buatan dimana sering disebut AI (Artificial intelligence). Penelitian ini bertujuan untuk membangun AI pada game edukasi Bahasa Inggris yang cepat dan akurat. Metode yang digunakan pada AI ialah berbasis pada pendekatan heuristik terhadap kebiasaan manusia dalam menjawab soal seperti menyamakan soal dengan ingatannya pada kejadian sehari-hari. Sehingga pada AI diperlukan suatu persamaan untuk menghitung similaritas antara data di soal dan database. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game dapat berjalan dengan lancar pada platform desktop dan android. Hasil metode AI yang diterapkan juga mendapatkan nilai akurasi yang tinggi yakni 85% dan memiliki tingkat kecepatan yang baik yakni rata-rata sekitar12-16 milidetik. Sehingga metode pendekatan heuristik similaritas merupakan metode yang cukup menjanjikan ketika diimplementasikan pada kecerdasan buatan di game edukasi Bahasa Inggris untuk menjawab soal secara otomatis.
Perancangan Model Konseptual Penggunaan Dan Penerimaan Media Sosial Untuk M-Bisnis Wirawan, Basilius Agung Widya; Suyoto, Suyoto; Budiyanto, A. Djoko
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 11 No 2 (2017)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dunia bisnis sudah merambah segala dimensi. Begitupun teknologi yang dijadikan sebagai alat bantu bahkan ujung tombak dalam usaha pemasaran dan operasional. Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan media sosial namun sebatas untuk memperkenalkan merk. Hubungan dengan pelanggan adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah organisasi. Di Indonesia, media sosial menduduki peringkat tertinggi penggunaan internet dan ini menjadi peluang yang sangat besar bagi para pelaku bisnis untuk dapat memanfaatkan situasi dengan strategi yang tepat. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi literatur dengan mengkaji penelitian-penelitian terdahulu yang membahas mengenai pemanfaatan teknologi khususnya media sosial dari segi penerimaan dan juga penggunaannya. Teori mengenai Customer Relationship Management yang telah berkembang menyentuh ranah media sosial dan semakin dekat dengan teori penerimaan teknologi pun dijadikan bahan penelitian. Penelitian ini menghasilkan sebuah rancangan model konseptual untuk dapat dipakai mengukur tingkat penggunaan dan penerimaan konsumen terhadap media sosial untuk strategi m-bisnis dimana Technology Acceptance Model yang dikolaborasikan dengan Social Customer Relationship Management tersusun atas variabel familiarity, care, information sharing, critical mass, enjoyment, perceived trust-worthiness, perceiveid usefulness, perceived ease of use, attitude toward usage, behavioral intention, dan actual use yang berdasarkan penelitian terdahulu dinilai banyak mempengaruhi penggunaan media sosial
Manajemen Pemantauan Lalu Lintas Pada Persimpangan Jalan Di Denpasar Wijayanto, Bambang
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 11 No 2 (2017)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Denpasar adalah salah satu Kota yang memiliki kepadatan cukup tinggi. Jalan-jalan besar dan jalan kota mulai dipadati dengan kendaraan satuan mengemudi penumpang terutama dipersimpangan jalan. Persimpangan adalah lokasi / daerah dimana dua atau lebih jalan, bergabung atau berpotongan / bersilangan. Persimpangan yang sering mengakibatkan kepadatan pengguna jalan berada di di persimpangan lalu lintas. Kepadatan tersebut akhirnya menyebabkan kemacetan sehingga berpengaruh pada efektifitas kerja dalam hal kedisiplinan. Oleh karena itu dilakukan penelitian tentang manajemen pemantauan lalu lintas untuk pegguna jalan di persimpangan jalan Kota Denpasar. Metode Kualitatif digunakan sebagai pisau tajam mengasah hasil penelitian tersebut. Informan pada penelitian ini adalah karyawan STIKOM BALI yang bertempat tinggal dan menjadikan arus utama persimpangan jalan tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para informan menggunakan aplikasi ACTS sebagai manajemen pemantauan lalu lintas di persimpangan jalan Kota Denpasar. Aplikasi ACTS menawarkan beberapa fitur salah satunya adalah live streaming persimpangan jalan-jalan Kota Denpasar. Keberagaman fitur ACTS sangat membantu dalam pemantauan lalu lintas.
Implementasi Algoritma Levenshtein Pada Sistem Pencarian Judul Skripsi/Tugas Akhir Arnawa, Ida Bagus Ketut Surya
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 11 No 2 (2017)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.968 KB)

Abstract

Dalam penyusunan laporan Skripsi / Tugas Akhir mahasiswa memerlukan banyak referensi baik berupa buku maupun laporan Skripsi / Tugas Akhir. Mahasiswa dapat mencari referensi tersebut di perpustakaan STIKOM Bali dengan menggunakan sistem pencarian. Seringkali, terjadi kesalahan dalam menginputkan kata kunci yang bukan merupakan ejaan yang baku atau salah ketik. Sebagai contoh kata kunci “resiko”, padahal ejaan bakunya adalah “risiko”. Tentu saja mahasiswa akan memperoleh informasi yang kurang lengkap dan bahkan mahasiswa gagal dalam mendapatkan informasi yang sesuai dengan kata kunci yang di masukan. Untuk mengatasi permasalahan yang dialami mahasiswa dalam melakukan pencarian judul Skripsi / Tugas Akhir, maka diperlukan suatu metode pendekatan pencarian string agar hasil pencarian dapat maksimal. Salah satu algoritma yang dapat digunakan adalah Levenshtein yang dapat menghitung jarak keterbedaan antara dua string. Implementasi algoritma levenshtein pada sistem pencarian judul Skripsi/Tugas Akhir sudah dapat mengatasi permasalahan pada kesalahan ejaan kata kunci dengan mekanisme penambahan, penyisipan dan penghapusan karakter.
Aplikasi Penggunaan Dan Kegiatan Laboratorium STMIK STIKOM Bali Berbasis Web Arsa, I Gusti Ngurah Wikranta
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 11 No 2 (2017)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jadwal penggunaan dan pengumuman event atau kegiatan laboratorium STMIK STIKOM Bali menjadi sangat penting dalam kaitannya dengan keefektifan kinerja bidang laboratorium dan seluruh stafnya. permasalahan yang ditemukan adalah belum dimilikinya sistem yang terintegrasi untuk dapat melihat informasi jadwal penggunaan lab, hasil karya yang telah dimiliki lab, dan event yang diselenggarakan di lab, misalnya adalah lomba dan peminjaman lab oleh mahasiswa. Petugas lab dalam hal ini laboran dan kordinator lab hanya akan mencatat dan mengarsipkan segala macam kegiatan dalam map, serta jika ada peminjaman lab harus melakukan koordinasi dengan kepala lab, dan melihat list penggunaan lab hanya pada papan peminjaman yang terpasang di ruangan kepala laboratorium. Penggunaan teknologi web dapat memecahkan masalah yang ditimbulkan diatas, dimana dengan teknologi web dapat melihat informasi jauh lebih fleksibel dan tentunyasistem pengarsipan yang lebih rapi, karena tersimpan dalam sebuah database. Metode penilitian akan diawali dengan investigasi sistem, analisis kebutuhan sistem, desain sistem, dan implementasi sistem. Hasil penelitian ini adalah aplikasi sistem laboratorium, implementasi sistem dengan web dan dengan mysql database, dimana aplikasi nantinya dapat menghasilkan informasi penggunaan dan kegiatan laboratorium di STMIK STIKOM Bali.
Aplikasi Untuk Menggerakan Cursor Dengan Deteksi Kepala Secara Real-Time Menggunakan Metode Optical Flow Dan Sift Buana, I Komang Setia
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 11 No 2 (2017)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seiring meningkatnya kemajuan teknologi komputer, peranan teknologi komputer juga semakin meningkat yang digunakan untuk kepentingan manusia. salah satunya adalah bidang interaksi manusia dan komputer (IMK), atau sering disebut Human Computer Interaction (HCI). Keyboard, mouse, dan joystick merupakan salah satu perangkat keras yang sering digunakan untuk interaksi antara manusia dan komputer yang bersifat mekanis. Meskipun peralatan-peralatan tersebut akurat dan handal (reliable), tetapi model interaksi yang dilakukan tidak bersifatalami sebagaimana manusia berinteraksi dengan sesamanya, penggunaan peralatan-peralatan tersebut untuk mengoperasikannya membutuhkan adanya kontak langsung antara user dengan komputer. Teknik interaksi berbasisvisi komputer menjadi kandidat teknik interaksi yang bersifat alami. Teknik ini tidak membutuhkan kontak langsung pengguna dengan peralatan input, melainkan komputer menangkap gerakan pengguna melalui kamera video dan menginterpretasikannya. Pendeteksian menggunakan gerakan kepala telah diaplikasikan secara luas diantaranya pada bidang hiburan, pendidikan serta keamanan. Kamera (webcam) merupakan alat yang digunakan untuk melakukan pengenalan kepala. Kamera ini digunakan sebagai sensor untuk mendeteksi pergerakan kepala. Pendeteksian gerakan kepala diimplementasikan dengan menggunakan library emguCV, metode optical flow dan metode SIFT digunakan untuk melakukan deteksi kedipan mata untuk event click mouse. Dari hasil penelitian ini didapat bahwa dengan menggunakan dua webcame yang berbeda yaitu resolusi 3 megapixels dan 1 megapixels dan juga pencahayaan yang berbeda didapat bahwa resolusi yang lebih kecil dengan pencahayaan redup pendeteksian kepala kurang sempurna dan gerakan cursor tidak sempurna, tetapi dengan pencahayaan terang kedua webcame menghasilkan keakuratan yang sama.
Aplikasi Virtual Tour Guide Sebagai Promosi Pariwisata Bali Nata, Gusti Ngurah Mega
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 11 No 2 (2017)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Meningkatkan promosi lokasi pariwisata baru sudah sangat diperlukan untuk meratakan perkembangan pariwisata setiap daerah. Virtual Tour sangat memungkinkan sekali dibangun untuk promosi lokasi pariwisata baru tersebut. Teknologi Virtual tour yang sudah ada yaitu dengan gambar panorama 360o. Melihat representasi suatu lokasi dalam gambar panorama 360o dapat memberikan kesan seperti berada di tengah – tengah lokasi tersebut. Namun, teknik gambar panorama 3600 hanya memberikan gambar pemandangan suatu lokasi tanpa penjelasan narasi lokasi tujuan pariwisata tersebut. Maka, dalam penelitian ini ingin menggabungkan gambar panorama 360o horizontal + 1800 vertikal dengan mengisi narasi dari seorang guide untuk menjelaskan view dari virtual tour yang sedang ditampilkan. Hasil dari pengembangan sistem virtual tour guide adalah sebuah aplikasi web yang mampu menampilkan virtual tour dari lokasi wisata yang telah di-input-kan dan beserta mampu mengeluarkan suara pemandu (guide) dari lokasi wisata tersebut. Foto panorama untuk virtual tour dibentuk dari aplikasi PT.GUI. Pembuatan voice / narasi guide pada aplikasi menggunakan software text to speace yaitu Balabolka. File audio dari narasi guide akan dimainkan (play) pada saat virtual tour dari lokasi wisata tertentu di pilih. Hasil pengujian secara black box testing menyatakan bahwa sistem yang dibangun sudah sesuai dengan design dan sudah dapat dioperasikan dengan baik. Pengujian secara kuisioner kepada 30 respondent memberikan respon ketertarikan diatas 50% dari setiap kriteria yang diuji. Dari hasil kuisioner aplikasi ini 72.67% dikatakan interactive, 85.33% menarik, 64% responden tertarik berkunjung, ditambah audio narasi dari guide ketertarikan responden meningkat menjadi 81.33%. Jadi, Aplikasi Virtual Tour Guide cukup sukses dibangun menggunakan bantuan aplikasi PT.GUI sebagai pembuat foto panorama dan software bolabolka sebagai aplikasi text to space untuk mengisi narasi seorang guide
Evaluasi Sistem Informasi Online Di STMIK STIKOM Bali dengan Model Delone dan Mclean Ramayasa, I Putu
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 11 No 2 (2017)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengelolaan sistem informasi secara efektif pada perguruan tinggi sangatpenting karena dapat menjadi dasar untuk memperoleh keunggulan kompetitif. Banyak perguruan tinggi mulai mengembangkan dan memberikan perhatian khusus pada sistem informasi sebagai sumber yang memfasilitasi pengumpulan dan penggunaan informasi secara efektif. Evaluasi kesuksesan Sistem Informasi Online perlu dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan penerapan sistem informasi dari sisi penerima. Model Delone dan Mclean merupakan model yang bisa digunakan untuk mengevaluasi kesuksesan sistem informasi dari sisi pengguna. Model Delone dan Mclean mengandung enam variabel yang bisa digunakan untuk mengevaluasi kesuksesan sistem informasi seperti use, user stastifaction, Information quality (individual impact dan organization impact. Sedangkan alat ukur yang digunakan adalah skla likert dengan pernyataan positif yang memiliki nilai 1-5 dengan jawaban sangat setuju, setuju, netral, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Dari hasil tanggapan dari responden terhadap variabel dari Model Delon dan Mclean berdasarkan persentase dengan sekala likert, sebagian besar responden yang merupakan mahasiwa dari STMIK STIKOM Bali menjawab sangat setuju dan setuju. Sehingga dapat disimpulkan Sistem Informasi Online (SION) yang digunakan di STMIK STIKOM Bali berdasarkan dari variabel model Delon dan Mclean memiliki kesuksesan yang baik.

Page 1 of 2 | Total Record : 20