cover
Contact Name
Naser Jawas
Contact Email
naser.jawas@stikom-bali.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jsi@stikom-bali.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Sistem dan Informatika
ISSN : 1858473X     EISSN : 24603732     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Bagian Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P2M) STIKOM Bali. Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) terbit dua kali dalam satu tahun, yakni setiap bulan Mei dan Nopember. Jurnal ini berisi makalah-makalah ilmiah hasil penelitian dari civitas akademika STIKOM Bali.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue " Vol 11 No 1 (2016)" : 20 Documents clear
Perancangan Aplikasi Penanganan Mahasiswa Bermasalah pada Program Studi Sistem Informasi STIKOM Bali Hadi, Rosalia
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 11 No 1 (2016)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.856 KB)

Abstract

Program Studi Sistem Informasi menjadikan kedisiplinan sebagai suatu hal yang penting dalam penyelenggaraannya. Kedisiplinan merupakan sikap kepatuhan terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan, dan pengendalian. Seiring berkembangnya jaman, segala wujud pelanggaran terhadap kedisiplinan mulai bertambah dari pelanggaran kecil hingga yang besar dan jumlahnya selalu bertambah disetiap harinya. Saat ini Prodi Sistem Informasi memiliki sistem pengendalian kedisiplinan mahasiswa yang kurang terorganisasi dengan baik. Prodi Sistem Informasi belum melakukan pencatatan terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh mahasiswa. Sehingga mahasiswa yang melakukan pelanggaran sekali dengan yang berulang kali mendapatkan sanksi yang sama. Oleh karena itu dilakukan pemecahan terhadap permasalahan tersebut berupa dilakukannya perancangan sistem untuk penanganan mahasiswa bermasalah. Pengguna sistem yang dirancang ada 2 (dua), yaitu Ka.Prodi Sistem Informasi dan Staff Prodi Sistem Informasi, dimana masing-masing pengguna memiliki hak akses yang berbeda. Fungsi sistem yang dirancang meliputi proses login, pengelolaan data mahasiswa, pengelolaan data sanksi, pencatatan pelanggaran dan tindak lanjut serta pencetakan laporan. Perancangan Aplikasi Penanganan Mahasiswa Bermasalah pada Program Studi Sistem Informasi STIKOM Bali ini dapat dijadikan acuan saat pengimplementasian sistem.
Implementasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dalam Memprediksi Calon Mahasiswa Dropout STMIK STIKOM Bali Putra Ratu Asmara, A.A. Gde A.
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 11 No 1 (2016)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.127 KB)

Abstract

STMIK STIKOM Bali merupakan salah satu  perguruan  tinggi negeri favorit di Bali.  Tingginya  tingkat keberhasilan mahasiswa dan rendahnya tingkat kegagalan mahasiswa dapat mencerminkan kualitas dari suatu perguruan tinggi. Untuk itu diperlukan sebuah sistem yang dapat memberikan informasi calon mahasiswa yang gagal atau terkena dropout, sehingga dapat mempermudah pengelolaan data mahasiswa dan tidak membebani kampus. Metode yang diimplementasikan pada sistem Simple Additive Weighting (SAW). Simple Additive Weighting dapat memprediksi sebuah keputusan yang akan diambil dengan menjumlahkan bobot sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan dan juga membutuhkan proses normalisasi matriks keputusan (X) ke suatu skala, sehingga dapat memberikan hasil berupa informasi calon mahasiswa dropout. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan sistem dapat berjalan secara optimal dan dapat memberikan informasi calon mahasiswa DO secara cepat sehingga dapat membantu atasan dalam memberikan keputusan mahasiswa yang terkena Dropout.
Implementasi Model View Controller Dengan Framework Codeigniter Pada E-Commerce Penjualan Kerajinan Bali Suharsana, I Ketut; Wirarama Wedashwara Wirawan, IGP; Kartika Yuniastari S., Ni Luh Ayu
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 11 No 1 (2016)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1172.75 KB)

Abstract

Media internet saat ini dimanfaatkan sebagai media pemasaran dalam penjualan produk seperti blog, social media, website dan E-commerce. E-commerce adalah teknologi yang mendukung transaksi perdagangan secara online. Bentuk dari E-commerce adalah sebuah website dengan fasilitas pembeli dapat langsung melakukan transaksi melalui website tersebut. Banyak Usaha Kecil Menengah (UKM) telah memanfaatkan media online sebagai media pemasaran produk. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing dengan industri atau perusahaan besar. Provinsi Bali khususnya kota Denpasar memiliki banyak UKM kerajinan. Beberapa kerajinan tangan di Bali seperti perak, patung, pakaian, serta aksesoris lainnya. Beberapa UKM hanya memasarkan produknya melalui sosial media dan blog, hanya sedikit yang memanfaatkan E-commerce dikarenakan keterbatasan biaya.  Melihat keterbatasan tersebut, pada penelitian ini dilakukan pembangunan aplikasi E-commerce kerajinan Bali yang dapat mengakomodir semua UKM yang ada pada provinsi Bali khususnya Kota Denpasar untuk melakukan transaksi secara online. Aplikasi E-commerce dibangun menerapkan metode Model View Controller (MVC) dengan menggunakan framework CodeIgniter. Pada penelitian ini pembangunan E-commerce ditekankan pada penelitian metode MVC dengan framework CodeIgniter. Aplikasi E-commerce ini dapat dimanfaatkan oleh semua UKM yang terdapat pada Kota Denpasar. Dengan adanya aplikasi E-commerce ini dapat membantu UKM untuk menginformasikan produk dan bisnisnya serta perluasan jangkauan pemasaran baik pemasaran lokal maupun internasional Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, analisis sistem, perancangan sistem, implementasi sistem, dan pengujian sistem. Hasil dari penelitian ini berupa Aplikasi E-commerce kerajinan Bali dengan framework CodeIgniter.
Implementasi Geographic Information System Untuk Pemetaan Lahan Pertanian Kota Denpasar Supuwiningsih, Ni Nyoman
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 11 No 1 (2016)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (930.977 KB)

Abstract

Pertanian merupakan sektor strategis yang berperan penting dalam perekonomian negara terutama untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Data Statistik tahun 2013 menunjukkan lahan pertanian di kota Denpasar sampai saat ini masih ada dengan hamparan sawah 27.17 km2 dari luas kota Denpasar 127.78 km2, pemukiman sekitar 78.31 km2. Berdasarkan data tersebut penggunaan lahan di kota Denpasar di dominasi untuk daerah pemukiman dan kemungkinan akan semakin meningkat alih fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman   sehingga  untuk menanggulangi hal seperti itu diperlukan adanya pengendalian  lahan pertanian. Untuk mengendalikan lahan pertanian maka diperlukan suatu pemetaan lahan pertanian di masing-masing kecamatan di kota Denpasar secara terkomputerisasi menggunakan ArcView sehingga dapat menghasilkan informasi geografi (Geographic Information System) berupa peta digital.  Metode yang digunakan dalam penelitian terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahap mengumpulkan data spasial dan data non spasial, analisis data, identifikasi layer dan proses digitasi peta digital. Hasil penelitian ini adalah peta digital mengenai pemetaan wilayah pertanian di masing-masing kecamatan, wilayah yang mengalami penurunan lahan pertanian yang signifikan dari tahun 2013-2014 terjadi di Kecamatan Denpasar Timur sekitar 52.15% dan terjadi peningkatan lahan pemukiman secara signifikan seiring dengan bertambahnya populasi penduduk. 
Analisa Dan Perancangan Sistem Maintenance Hadware Pada Laboratorium STMIK STIKOM Bali Berbasis Web Ramayasa, I Putu
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 11 No 1 (2016)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.229 KB)

Abstract

STMIK STIKOM Bali merupakan salah satu sekolah tinggi manajemen informatika dan teknik komputer yang berada di pulau Bali. Sebagai salah satu perguruan tinggi IT yang ada di pulau Bali STMIK STIKOM Bali selalu ingin meningkatkan pelayanan dan kualitasnya dengan memanfaatkan perkembangan Teknologi Informasi. Terlepas dari teknologi yang sudah tersedia, STMIK STIKOM Bali juga didukung dengan adanya wadah atau tempat untuk menunjang proses belajar mengajar yaitu Laboratorium Komputer. Maka dari itu, perawatan (maintenance) perangkat keras (hardware) perlu dilakukan dengan optimal agar perkuliahan dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Namun, sejauh ini tata kelola maintenance perangkat keras (hardware) yang dilakukan di Laboratorium masih dilakukan secara manual. Maka perlu dibuat analisa dan perancangan sistem informasi maintenance hardware pada Laboratorium STMIK STIKOM Bali berbasis web. Analisa dan Perancangan sistem maintenance hadware ini akan digunakan oleh dosen yang mengajar perkuliahan di lab dan laboran yang bertugas di lab. Hasil analisa dan perancangan maintance hadware ini   diharapakan dapat memudahkan tim pengembang sistem dalam mengembangkan sistem.
Analisa Potensi Mahasiswa Di Daerah Bali Menggunakan Pendekatan K-Mean Clustering Nugroho, Anggun
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 11 No 1 (2016)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.675 KB)

Abstract

Dalam era globalisasi yang sarat akan tantangan, persaingan dan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi mengakibatkan kebutuhan akan teknologi semakin besar. Sebagai salah satu kampus yang terbesar di pulau Bali, tentunya juga harus mengetahui potensi mahasiswa disetiap daerah di pulau Bali ini untuk keperluan analisis, baik analisis untuk marketing ataupun pengembangan lainnya.   Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka peneliti akan melakukan sebuah perhitungan potensi di setiap daerah di Bali untuk mahasiswa STIKOM Bali selama 3 tahun terakhir. Untuk membuat hasil analisa menjadi akurat diperlukan sebuah metode untuk melakukan analisa ini, yaitu dengan menggunakan metode K-Mean Clustering. Dimana hasil dari penelitian ini adalah sebuah hasil analisa sistem pengelolaan potensi mahasiswa STIKOM Bali di setiap daerah di pulau Bali. 
Multimedia Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Mahasiswa Berbasis Animasi Purwanto, Agus
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 11 No 1 (2016)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1493.805 KB)

Abstract

Pembelajaran saat ini sudah memasuki era digital, dimana masyarakat luas khususnya pengguna Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) cenderung mengakses informasi melalui media TIK. Bahasa Indonesia merupakan Bahasa ibu yang keberadaannya harus tetap dipertahankan dan dipelajari khusunya para mahasiswa, karena salah satu kecakapan dalam dunia kerja tidak hanya kemampuan teknis saja, melainkan juga komunikasi yang didalamnya ada unsur Bahasa. Dengan berubahnya perilaku masyarakat khususnya mahasiswa dalam melakukan pembelajaran, maka peneliti membuat suatu media pembelajaran berbasis animasi untuk level mahasiswa yang disesuaikan dengan SAP Program Studi Sistem Komputer STIKOM Bali. Teknologi untuk mengembangkan aplikasi ini diantaranya adalah Adobe Potoshop, Macromedia Flash, dan Lectora. Dan pembuatan storyboard untuk mendukung alur analisis dari multimedia pembelajaran yang dibuat. Adapun hasil dari penelitian yang dilakukan adalah sebuah aplikasi media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan animasi berupa tampilan dari konten dan diiringi dengan latar suara.
Perancangan Cerita Dan Karakter 3D Sebagai Pendukung Film Animasi Rongrang Nyoman Crisnapati, Padma
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 11 No 1 (2016)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2087.394 KB)

Abstract

Bali memiliki kebudayaan yang beraneka ragam dan terkenal di seluruh dunia. Salah satu kebudayaan tersebut adalah barong dan rangda. Namun masih banyak yang belum mengetahui mengenai filosofi dan makna yang terkandung di dalamnya. Untuk itu dirasa perlu dirancang sebuah media pengenalan melalui sebuah film animasi yang dikemas secara 3D berjudul ‘RongRang’. Dalam perancangan ini, akan difokuskan pada perancangan cerita dan karakter yang dikemas secara 3D. Adapun proses yang akan dilaksanakan pada penelitian ini adalah Pre-production yang mencakup pengembangan ide konsep, storyboard, dan desain karakter barong dan rangda. Target penonton daripada animasi yang dirancang ini adalah anak-anak dengan usia antara 5-14 tahun. Berdasarkan paparan diatas, pada penelitian kali ini penulis tertarik membuat sebuah penelitian berjudul Perancangan Cerita dan Karakter 3d Sebagai Pendukung Film Animasi “Rongrang”. Hasil daripada penelitian ini adalah sebuah ide konsep, skenario cerita daripada Barong dan Rangda. Selain itu telah didesain sketsa karakter daripada barong dan rangda dalam bentuk dua dimensi tampak depan, samping dan belakang. Hasil dari penelitian ini akan digunakan untuk membuat penelitian lanjutan mengenai animasi 3D Rongrang.
Klasifikasi Penerima Bantuan Kredit Koperasi Dengan Metode ID3 Suradarma, Ida Bagus; Dharmendra, I Komang
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 11 No 1 (2016)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.93 KB)

Abstract

Koperasi adalah badan hukum yang berdasarkan atas asas kekeluargaan yang anggotanya terdiri dari orang perorangan atau badan hukum sdengan tujuan untuk mensejahterakan anggotanya. Khusus untuk penyaluran kredit biasanya koperasi masih menggunakan cara yang manual untuk penentuan diijinkan atau tidaknya pemberian kredit. Dan proses ini membutuhkan waktu yang lama, yakni meminta persetujuan pada atasan, memeriksa jaminan dan yang lainnya. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah membuat sebuah sistem untuk melakukan klasifikasi berdasarkan data histori yang sudah ada, yakni dengan menggunakan metode ID3. Algoritma ID3 membentuk pohon keputusan dari beberapa data simbolik yang bersifat tetap ataupun historikal untuk melakukan pembelajaran mengklasifikasikan data tersebut dan memprediksi klasifikasi data yang baru. Metode ini menerima empat buah inputan yaitu penghasilan, status pernikahan, pekerjaan, dan kepemilikan asset. Sedangkan untuk output dari metode ini adalah diterima atau ditolak pengajuan kreditnya.
Penerapan Bisnis Model Kanvas Dalam Penentuan Rencana Manajemen Usaha Jasa Pengiriman Dokumen Di Denpasar Cahya Ayu Pratami, Ni Wayan; Puritan Wijaya ADH, IGKG
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 11 No 1 (2016)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.268 KB)

Abstract

Perkembangan dunia usaha di Indonesia sedang marak dan memang sedang di galakkan pemerintah dalam mendukung proses peningkatan ekonomi Negara. Khususnya bagi para pengusaha mahasiswa yang masuk dalam kategori start-up, pastilah merasakan betapa kerasnya perjuangan untuk mengembangkan bisnis. Maka menjadi penting kenapa pengusaha start-up harus memiliki sebuah business model, agar dapat dipetakan, tergambar secara sistematis, yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan pengembangan manajemen stratejik bisnis. Jasa transportasi merupakan kebutuhan pokok untuk menunjang mobilitas masyarakat banyak. Meneliti inovasi model bisnis untuk jasa transportasi dengan menggunakan metode bisnis kanvas, khususnya disini jasa pengiriman dokumen karena tren masyarakat perkotaan dengan mobilitas tinggi namun perlu mengefisienkan waktu dalam menyelesaikan kegiatannya dan setiap tahun kebutuhannya semakin meningkat. Penerapan model bisnis kanvas pada jasa pengiriman di Denpasar diharapkan dapat menggammbarkan manajemen usaha yang akan dilakukan. Bagaimana sebuah manajemen usaha jasa pengiriman dokumen di Denpasar akan tergambar dalam sebuah model bisnis kanvas.

Page 1 of 2 | Total Record : 20