Jurnal Sistem dan Informatika
ISSN : 1858473X     EISSN : 24603732
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Bagian Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P2M) STIKOM Bali. Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) terbit dua kali dalam satu tahun, yakni setiap bulan Mei dan Nopember. Jurnal ini berisi makalah-makalah ilmiah hasil penelitian dari civitas akademika STIKOM Bali.
Articles 160 Documents
Pemodelan Filter Adaptif Untuk Perbaikan Kualitas Sinyal Audio Multi Wicara

Kurniati, Florentina Tatrin, Febriyanto, Valentinus Ronny A

Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 9 No 1 (2014)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.248 KB)

Abstract

Suara atau wicara adalah gelombang dihasilkan organ getar manusia, suara umumnya mempunyai arti dan makna serta merupakan bentuk komunikasi yang alami. Penyebab kualitas sinyal wicara mengalami gangguan atau distorsi adalah derau ataupun sinyal pengganggu lainnya (multiwicara). Untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas dari sinyal tersebut diperlukan suatu filter yang mampu mengidentifikasi antara sinyal yang dikehendaki dan sinyal yang harus direduksi. Filter adaptif merupakan filter yang mampu melakukan reduksi dengan menggunakan input lainnya sebagai referensi untuk penghapusan derau. Oleh karena itu agar tujuan untuk penghapusan derau dapat dipenuhi maka dirancang suatu model sistem adaptif untuk mereduksi gangguan pada sinyal wicara. Model penghapus derau yang dikembangkan menggunakan algoritma LMS dan sinyal uji menggunakan sinyal wicara yang digabungkan bersama dengan derau. Hasil pengujian didapatkan untuk proses penghapusan derau adaptif multiwicara telah berhasil dengan baik dengan nilai SNR keluaran 2.5694 dB dengan waktu komputasi tercepat 0.582059 detik

Perbandingan Kinerja Fuzzy C-Means dan DBSCAN Dalam Segmentasi Citra USG Kepala Janin

Ayu, Putu Desiana Wulaning

Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 9 No 2 (2015)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.945 KB)

Abstract

Segmentasi merupakan salah satu kajian terpenting dalam pengolahan citra digital. Segmentasicitra terutama untuk kasus citra medis dapat dilakukan dengan beberapa metode, dimana salah satunyaadalah metode clustering. Metode clustering yang cukup familiar adalah metode Fuzzy C-Means yangcara kerjanya dengan klasterisasi atau pengelompokkan data dengan cara memperbaiki pusat clusterdan derajat keanggotaan setiap titik data secara berulang, sehingga pusat cluster akan bergerak menujulokasi yang tepat. Sedangkan metode yang ke-dua adalah DBSCAN, dimana algoritma ini mengumpulkandaerah dengan kepadatan cukup tinggi ke dalam suatu cluster-cluster sehingga menemukan clusterbentuk acak. Hasil pengujian terhadap 5 citra uji dengan jumlah cluster dan minpts sebanyak 2, 3 dan 4menunjukkan metode FCM menghasilkan segmentasi yang lebih baik, di semua citra uji dengan nilai (2cluster), dibandingan dengan motede DBSCAN.

Perancangan Sistem Informasi Peminjaman Penggunaan Ruangan pada STMIK STIKOM Bali

Januhari, Ni Nyoman Utami

Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 9 No 2 (2015)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (761.157 KB)

Abstract

Penerapan terhadap salah satu kebutuhan Perguruan Tinggi khususnya pengambilan keputusan terhadap peminjaman penggunaan ruangan, menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh pengelola bagian yang ditugaskan. Pemesanan terhadap peminjaman penggunaan ruangan yang masih dilakukan secara konvensional, mempunyai tingkat keakuratan yang minim dan penanganan yang cukup lambat dalam pencarian informasi. Salah satu solusi mengatasi hal tesebut yaitu dengan menerapkan suatu system informasi peminjaman penggunaan ruangan pada Perguruan Tinggi, karena system ini memiliki kelebihan dalam pengolahan data tentang informasi ruangan yang sudah terpakai dan belum terpakai pada suatu Perguruan Tinggi. Dalam penelitian ini dibangun sebuah kerangka kerja sistem informasi peminjaman penggunaan ruangan, yang dikembangkan berbasis Zachman Framework, dan menghasilkan beberapa hasil perancangan diantaranya analisa kebutuhan data, hasil analisa kebutuhan proses, konfigurasi jaringan komputer, use case diagram, class diagram, activity diagram, sequence diagram, desain basis data, tampilan menu, kotak dialog, dan formulir isian yang diperlukan. Kedepan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dan kemudahan bagi petugas bagian sarana dan prasara yang akan memberikan informasi dan layanan penggunaan ruangan, serta mampu memberikan laporan yang jauh lebih cepat dan akurat.

Rancang Bangun Sistem Informasi Reservasi Hotel Berbasis Web dengan Framework Codeigniter (Studi Kasus CV. BSB Travel)

Tandilian, Friska Dian Lolo, Purwantara, I Made Adi, Jawas, Naser

Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 9 No 2 (2015)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1233.752 KB)

Abstract

Kepariwisataan di Indonesia pada saat ini telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satupemasukan devisa bagi negara. Indonesia memiliki potensi yang besar di bidang pariwisata. Salahsatunya adalah Pulau Bali. Pulau Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang memiliki tempatwisata yang sangat banyak dan merupakan salah satu tujuan wisata yang tak pernah bosan untukdikunjungi. Dengan melihat perkembangan teknologi informasi saat ini menjadi hal yang sangat pentingbagi CV. BSB Travel untuk meningkatkan sebuah layanan informasi kepada konsumen untuk memberikankemudahan-kemudahan dalam melakukan reservasi kamar hotel berbasis web sebagai media informasidan promosi. Pembuatan aplikasi ini menggunakan bahasa pemograman PHP dengan frameworkCodeignoter dan MySQL sebagai perancangan database

Sistem Informasi Manajemen Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tari Tradisional Pragina STIKOM Bali Berbasis Web dan SMS Gateway

Devirgieni, I Gusti Ayu Mas Puteri, Pramana, Dian, Dewi, Nyoman Ayu Nila

Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 9 No 2 (2015)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.645 KB)

Abstract

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah wadah aktivitas kemahasiswaan untuk mengembangkan minat, bakat dan keahlian tertentu bagi para anggota-anggotanya. PRAGINA adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang banyak diminati oleh mahasiswa dan mahasiswi STIKOM Bali yang tertarik dengan tari tradisional Bali. Berbagai macam kegiatan rutin dilaksanakan oleh anggota PRAGINA seperti latihan rutin setiap minggunya dan rapat di minggu pertama di awal bulan. Dengan banyaknya anggota dan kegiatan yang dilaksanakan menyebabkan kendala tersendiri bagi pengurus PRAGINA. Untuk itu diperlukan suatu sistem yang mampu membantu pengurus UKM PRAGINA untuk mengatasi hal tersebut. Sistem tersebut dapat digunakan untuk mengelola seluruh aktifitas PRAGINA. Perancangan sistem ini berupa Data Flow Diagram, Entity Relationship Diagram, Konseptual Database, Struktur Tabel, serta perancangan desain interface (antarmuka sistem). Selain itu dengan memanfaatkan teknologi SMS Gateway akan mempermudah penyampaian informasi bagi para anggota. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mahasiswa sebagai anggota maupun umum dapat mengetahui informasi tentang UKM PRAGINA seperti event yang sudah terlaksana, pengurus UKM dari tahun ke tahun, anggota-anggota yang sudah terdaftar beserta data pribadinya, dokumentasi event dan tambahan SMS Broadcast bagi anggota untuk menerima pesan penting dari pengurus. Dengan penggunaan sistem informasi manajemen ini, pengurus tidak lagi kesulitan dalam pengelolaan data kepengurusan dan anggota serta umum dapat menerima informasi yang berkaitan dengan UKM Tari Tradisional dengan mudah dan cepat.

Sistem Informasi Eksekutif Layanan Keimigrasian pada Kantor Imigrasi kelas I Denpasar

Maundima, Demus Yabu, Permana, Dian, Srinadi, Ni Luh Putri

Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 9 No 2 (2015)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (672.425 KB)

Abstract

Kantor Imigrasi kelas I Denpasar merupakan salah satu kantor yang memiliki tugas dan fungsi memberikan layanan keimigrasian untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA). Pengolahan data keimigrasian pada kantor Imigrasi kelas I Denpasar belum terpadu. Oleh karena itu, kantor Imigrasi kelas I Denpasar membutuhkan sistem yang dapat mempermudahkan dalam pengumpulan data, pengolahan data dan pembuatan laporan informasi layanan keimigrasian. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang bangun Sistem Informasi Eksekutif layanan keimigrasian pada kantor Imigrasi kelas I Denpasar. Rancang bangun sistem ini berdasarkan konsep yang ada yang diperoleh melalui pengumpulan data, analisa sistem, desain dan perancangan sistem, pembuatan program, pengujian, penulisan laporan. Dan dengan adanya Sistem Informasi Eksekutif ini diharapkan dapat membantu kantor Imigrasi kelas I Denpasar dalam proses pengumpulan data, pengolahan data, dan pembuatan laporan layanan keimigrasian. Selain itu, sistem ini juga diharapkan dapat meningkatkan pelayanan terhadap perkembangan layanan keimigrasian kantor Imigrasi kelas I Denpasar.

Implementasi CRM (Customer Relationship Management) Pada Sistem Informasi Travel X Berbasis Web

Sugiarni, Ni Luh Manik, Pramana, Dian, Puspita, Ni Nyoman Harini

Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 9 No 2 (2015)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (615.72 KB)

Abstract

Saat ini sebagian besar perusahaan travel masih menggunakan sistem lama untuk mencatat hasil transaksi dan pengolahan datanya masih dalam bentuk manual sehingga dengan sistem yang lama dapat memerlukan waktu yang relatif lama dan lambat. Pada sistem lama perusahaan masih menggunakan sistem pengolahan data dengan menggunakan sistem berupa microsof exel maupun microsof word oleh sebab itu tidak dapat melakukan hubungan secara terus-menerus kepada pelanggan. Hal ini menimbulkan masalah dikarenakan pelanggan tidak dapat membantu pemasaran produk yang dimiliki perusahaan, dan akhirnya terjadi penurunan penghasilan dari perusahan.Selain itu juga dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini dalam persaingan bisnis muncul permintaan pelanggan yang bermacam-macam serta kualitas dan pelayanan yang diberikan suatu perusahaan merupakan level of excellence yang sangat dibutuhkan pelanggan. Oleh sebab itu perusahaan menerapkan metode CRM. Metode Customer Relationship Management merupakan suatu metode untuk menarik pelanggan baru agar membeli produk perusahaan dan juga mempertahankan pelanggan lama agar tetap membantu proses pemasaran terhadap produk-produk perusahaan. Dengan penggunaan sistem management pelanggan menggunakan metode Customer Relationship Management (CRM) dapat menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang telah ada agar dapat membantu setiap proses pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan.

Sistem Informasi Eksekutif Pada UPTD Kesehatan Kecamatan Ende Selatan Berbasis Web

Suhaeny, Melani, Pramana, Dian, Arnawa, IB Ketut Surya

Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 9 No 2 (2015)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.759 KB)

Abstract

Sistem informasi eksekutif merupakan sistem yang digunakan untuk menunjang para eksekutif dalam pengambilan suatu keputusan. Pada UPTD Ende Selatan, pengolahan data pasien masih dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatan laporan kepada kepala UPTD. Maka dari itu UPTD Ende Selatan memerlukan sistem informasi eksekutif yang dapat mempermudah dalam pengolahan data dan pembuatan laporan kepada Kepala UPTD. Aplikasi sistem informasi eksekutif ini dibangun berdasarkan konsep yang ada, yang diperoleh melalui observasi, wawancara, pengumpulan data, DFD, ERD, konseptual database dan implementasi sistem. Dengan adanya sistem ini dapat mempermudah petugas dalam memproses penginputan data, dan kepala UPTD akan lebih mudah melihat laporan perkembangan yang ada pada UPTD dan dapat mengambil keputusan guna untuk kemajuan UPTD Kesehatan Ende Selatan

Perancangan Aplikasi Knowledge Sharing Dengan Konsep Gamification

Pramana, Dian

Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 10 No 1 (2015)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.927 KB)

Abstract

Knowledge sharing merupakan sebuah aktivitas dimana pengetahuan ditukarkan kepada orang lain, teman, dan komunitas pada sebuah organisasi. Knowledge sharing tidak hanya memberikan sesuatu kepada orang lain atau mendapatkan sesuatu dari mereka sebagai timbal balik. Namun knowledge sharing terjadi ketika orang-orang secara alami tertarik untuk membantu satu sama lain untuk membangun kompetensi dan kapasitas yang baru untuk bertindak. Dengan memanfaatkan konsep gamification, knowledge sharing akan menjadi lebih menarik. Gamification sendiri merupakan penggunaan game design, thinking, dan mechanic untuk meningkatkan konteks non-game. Jadi dengan gamification, setiap individu yang terlibat dalam knowledge sharing akan berlomba-lomba dalam berbagi pengetahuannya. Pada penelitian ini telah dirancang sebuah aplikasi knowledge sharing yang menggunakan konsep gamification. Tahapan yang dilakukan untuk menyelesaikan penelitian ini adalah identifikasi masalah, penelusuran pustaka, pengumpulan dan pengolahan data, perancangan sistem, penyimpulan hasil, dan penyusunan laporan. Hasilnya berupa blue print aplikasi yang terdiri dari Data Flow Diagram, Entity Relationship Diagram, serta basis data konseptual.

Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif Strategi Permainan Catur

Prajatama, Alit, Rusli, Muhammad, Deriani, Ni Wayan

Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) Vol 9 No 2 (2015)
Publisher : Bagian P2M STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (719.742 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi multimedia saat ini telah banyak menciptakan aplikasi multimedia yang bermanfaat bagi pengguna, baik di bidang permainan, pelatihan dan pendidikan. Salah satu contoh permainan adalah permainan catur. Permainan catur merupakan permainan pikiran yang dimainkan oleh dua orang. Sebelum bertanding, pecatur memilih bidak yang akan digunakan yaitu bidak berwarna putih dan bidak berwarna hitam. Banyaknya peraturan-peraturan yang terdapat dalam permainan catur ini kadang kala membuat orang yang baru mempelajarinya menjadi susah untuk mengerti jalannya permainan ini. Saat ini terdapat beberapa buku pedoman cara bermain catur, namun belajar melalui buku pedoman tentulah kurag efektif karena dalam belajar catur, hasilnya akan lebih baik jika disertai dengan praktek langsung. Pembelajaran strategi bermain catur via mulltimedia pembelajaran interaktif diharapkan dapat meningkatkan motivasi, pemahaman dan ketrampilan pengguna dalam bermain catur. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yaitu mengembangkan aplikasi multimedia pembelajaran interaktif strategi permainan catur menggunakan Adobe Flash. Metodenya menggunakan metode pengembangan multimedia pembelajaran a.l: analisis kebutuhan, analisis konten, flowchart dan storyboard. Aplikasi ini mencakup pembelajaran yang lengkap tentang catur dan strategi permainannya, beserta contoh-contoh penerapan dan latihan. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat merasa lebih nyaman dan termotivasi untuk belajar lebih lanjut dan mempraktekannya.

Page 1 of 16 | Total Record : 160