cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (EduTech)
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 02 (2015): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial" : 10 Documents clear
Diyat Sebagai Sanksi Hukum Pembunuhan Dalam Perspektif Hukum Pidana Islam Rambey, Guntur
EDUTECH Vol 1, No 02 (2015): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EDUTECH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam Islam, kasus pembunuhan merupakan kasus yang paling banyak menyita perhatian. Ada sebuah paradigm di tengah-tengah masyarakat yang menyatakan bahwa pelaku pembunuhan harus dihukum mati atau dikenal dengan nama qishash. Padahal dalam hukum Islam penjatuhan sanksi qishash hanya berlaku ketika keluarga korban atau ahli warisnya tidak mau memaafkan si pelaku. Oleh karena itu sebenarnya memberikan maaf bagi pelaku pembunuhan merupakan pesan moral paling utama dalam Alquran maupun hadis. Alternatif lain untuk hukuman kasus pembunuhan adalah pembayaran diyat. Diyat merupakan kompensasi atau ganti rugi yang diberikan oleh pelaku kepada keluarga korban.Kata kunci: diyat, sanksi hukum, pidana, Islam.
Perlindungan Korban Perang Menurut Perspektif Hukum Islam Dan Hukum Humaniter Internasional Harahap, Rabiah Z
EDUTECH Vol 1, No 02 (2015): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EDUTECH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Korban perang kerap kali tidak terpenuhi hak-haknya ketika terjadi konflik bersenjata pada sebuah negara. Para korban perang itu sering kali harus kehilangan nyawa, anggota badan, anak-anak, suami, istri, rumah, dan sanak saudaranya. Hak-hak mereka ketika perang seperti mendapat perawatan ketika terluka juga sering tidak diberikan. Berdasarkan hal itu Hukum Humaniter Internasional telah mengatur tentang hak-hak yang harus diberikan oleh negara yang berkonflik untuk para korban perang tersebut.Hukum Islam pun sejak jauh hari ketika Nabi Muhammad SAW masih hidup telah memberikan penjelasan melalui sabda-sabdanya dan juga firman Allah dalam Alquran tentang bagaimana menghormati hak-hak para korban perang tersebut. Kata kunci: perlindungan, korban perang, hukum Islam, humaniter
Efektivitas Model Talking Chip Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Siswa Smk Negeri 1 Padangsidimpuan Tahun Pembelajaran 2014/2015 Afridah, Ika
EDUTECH Vol 1, No 02 (2015): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EDUTECH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan pembelajaran dalam pendidikan, khususnya pendidikan formal yang berlangsung disekolah, merupakan interaksi aktif antara guru dan siswa. Tugas dan tanggung-jawab utama seorang guru adalah mengelola pembelajaran dengan lebih efektif, dinamis, efisien, dan positif, yang ditandai dengan adanya kesadaran dan keterlibatan aktif di antara dua subjek pembelajaran. Guru sebagai penginisiatif awal dan pengarah serta pembimbing, sedangkan siswa  sebagai yang mengalami dan terlibat aktif untuk memperoleh perubahan diri dalam pembelajaran (Rohani, 2004: 1).  Peran guru dalam proses pembelajaran, bukanlah mendominasi, tetapi membimbing dan mengarahkan siswa untuk aktif memperoleh pemahamannya berdasarkan segala informasi yang siswa temukan dari lingkungannya.  Menurut Lie (2008: 6), strategi yang paling sering digunakan untuk mengaktifkan siswa adalah melibatkan siswa dalam diskusi dengan seluruh kelas. Tetapi strategi ini tidak terlalu efektif walaupun guru sudah berusaha dan mendorong siswa untuk berpartisipasi.
Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Semester IV Pada Mata Kuliah ITL Di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fkip Umsu Ekayati, Rini
EDUTECH Vol 1, No 02 (2015): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EDUTECH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar ITL mahasiswa FKIP UMSU Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau class-room action research yang terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklusnya akan melewati empat tahapan penelitian yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV-D Pagi FKIP UMSU Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Berdasarkan tahapan siklus yang dilaksanakan, diperoleh data bahwa pada tahap awal pra siklus, rata-rata hitung dari nilai hasil belajar Drama mahasiswa pada kelas IV-D Pagi masih berada pada level 60,00 (rendah) dengan persentase indikator ketuntasan sebesar 4,88%. Setelah dilakukan refleksin dan evaluasi, dimulailah siklus I (satu) dan diperoleh hasil adanya peningkatan nilai rat-rata hitung yang menjadi 61,22 dengan indikator ketuntasan mencapai 20 poin kemajuan. Pelaksanaan siklus I ini belum mampu mengatasi permasalaha yang ada. Maka, dilakukanlah siklus II berdasarkan hasil temuan di siklus I. Pada siklus II, diperolah hasil nilai rata-rata hitung ketuntasan yang telah meningkat secara signifikan yaitu 84,25 (tuntas). Ditambah lagi dengan nilai indikator ketuntasan yang sudah mencapai nilai kemajuan sebesar 35 poin kemajuan. Hal ini berarti bahwa metode STAD berpengaruh efektif untuk meningkatakan hasil belajar Drama mahasiswa semester IV-D Pagi dengan pesentase peningkatan 97,56%. Kata Kunci: Metode Kooperatif, STAD, Intoroduction to Literature
Tugas Dan Kewajiban Pemerintah Daerah Berdasarkan Sistem Pemerintahan Desentralisasi SH, Julpikar
EDUTECH Vol 1, No 02 (2015): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EDUTECH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Paradigma yang terkandung dalam kebijakan desentralisasi sangat baik, tetapi masih memerlukan prasyarat komprehensif untuk berjalan secara optimal. Beberapa prasyarat ini, desentralisasi harus didukung oleh perencanaan yang matang dan kemampuan atau kapasitas berkelanjutan untuk menjalankannya, baik pada tingkat individu, organisasi, atau sistem pemerintah.Dalam rangka pelaksanaan pembangunan yang lebih merata di seluruh tanah air, di usahakan keserasian laju pertumbuhan antar daerah dan di dalam masing-masing daerah. Untuk itu perlu di tingkatkan kelancaran perhubungan baik di satu daerah atau pulau maupun antar daerah dan antar pulau. Khususnya perlu diberikan perhatian yang lebih besar kepada pembangunan daerah-daerah yang relatif terbelakang. Sistem pemerintahan desentralisasi diharapkan mampu memiminimalisir kesenjangan antara satu daerah dengan daerah lainnya. Kata kunci: tugas dan kewajiban, pemerintah daerah, desentralisasi
Konsep Perjanjian Jual Beli Menurut Hukum Islam Panut, M Rusli
EDUTECH Vol 1, No 02 (2015): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EDUTECH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jual beli dalam hukum Islam merupakan salah satu cara yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Jual beli juga merupakan bukti bahwa setiap manusia memiliki ketergantungan terhadap sesamanya. Dalam Islam, manusia diwajibkan untuk berusaha agar ia mendapatkan rezeki guna memenuhi kebutuhanya. Islam juga mengajarkan kepada manusia bahwa Allah Maha Pemurah sehingga rezeki-Nya sangat luas. Ia bisa melakukan aktivitas seperti jual beli Kata kunci: konsep, jual beli, hukum Islam
Interpreting Shifts By Tour Guide At King Sidabutar’s Stone Tombs Panca, Bambang
EDUTECH Vol 1, No 02 (2015): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EDUTECH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The study aims at analyzing the process of interpreting shifts by a North Sumatera Tour Guide in consecutive interpreting at the ancient tomb of king Sidabutar. The interpreting study was focused on the two interpreting products from English into Indonesian and vice versa.The method used on this research was descriptive qualitative method. The data were obtained by applying some methods, i.e. observing the video, transcribing the utterances. The difference between the two language systems required the interpreter to apply some shifts; level shift, and category shift such as structure shift, unit shift, class shift and intra-system shift. Keywords: interpreting, shifts, interpreter.
Peningkatan kemampuan listening melalui Pemanfaatan laboratorium Bahasa M.Hum, Khairil
EDUTECH Vol 1, No 02 (2015): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EDUTECH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa dalam hal keterampilan berbicara dengan menggunakan laboratorium bahasa. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetgahui apakah dengan pemanfaatan laboratorium bahasa dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa FKIP bahasa Inggris semester 3 TA 2001 – 2012 dalam hal keterampilan menyimak (listening mereka), bila dibandingkan dengan tanpa menggunakan Laboratorium bahasa. Dari hasil penelitian dapat di lihat dari 72 orang siswa, dalam mendeskripsikan hasil penelitian ini peneliti mebagi dalam 3 tahap yaitu :Deskripsi hasil perhitungan kemampuan menyimak mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan jurusan bahasa Inggris TA 2011 – 2012 tanpa menggunakan laboratorium bahasa.Hasil perhitingan kemampuan menyimak mahasiswa fakultas keguruan dan pendidikan jurusan Bahasa Inggris TA 2011 – 2012 dengan menggunakan laboratorium bahasa.Deskripsi hasil hubungan antara pengaruh penggunaan laboratorium bahasa terhadap kemampuan menyimak mahasiswa FKIP jurusan bahasa Inggris TA 2011 – 2012.Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Laboratorium Prestasi,
Pengembangan Model Pembelajaran Drama Berbasis Kreativitas Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Syahputri, Diani
EDUTECH Vol 1, No 02 (2015): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EDUTECH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The aims  of this study is to give the description the development model of learning drama based on creativity and how the students respond  toward teaching learning proses based on creativity. The sample of this research is the students of Teacher Trainning and education semester V      at Academic year  2014/2015 which contained 35 students. Descriptive quantitative and qualitatitive be designed. In this study can be developed four skills of languages such as; speaking, listening, reading and writing. The Instruments of the research are speaking test, listening test the students observed the students act as actors speaking, in reading test, the students read the text drama and writing test, the students write a simple drama.  Keywords: development, learning model, creativity, drama
Saatnya melindungi “ anak ” Dari tindak kekerasan Alamsyah, Nur
EDUTECH Vol 1, No 02 (2015): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EDUTECH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kekerasan terhadap anak terus berlanjut, terakhir adalah kasus tewasnya seorang anak di daerah Bali bernama “Angeline” seorang anak berusia 6 (enam) tahun, yang diduga akibat tindak kekerasan yang dilakukan oleh tersangka AG, yaitu seorang mantan pembantu ibu angkatnya, serta MM selaku orang tua angkat almarhumah. Kematiuan Angeline ini telah menjadi perhatian, baik dari pihak masyarakat maupun dari pihak pemerintah.Kasus-kasus tindak kekerasan terhadap anak yang terjadi di Indonesia, ternyata yang paling banyak dari pada bentuk kekerasan fisik dan seksual. Hal inmi sesuai dengan beberapa dari hasil sebagaimana yang diungkapkan oleh bebarapa pihak, baik Lembaga Swadaya Masyarakat maupun Pemerintah (Kementerian PP-PA).Untuk mencegah terjadinya tindak kekerasan terhadap anak, ada beberapa upaya, antara lain adalah pemberdayaan dan pengorganisasian, Kebijakan pemerintah, baik Pusat maupun Daerah, serta penegakan hukum. Artinya sudah saatnya mengkampanyekan kalimat “ Saatnya Melindungi Anak Dari Tindak Kekerasan “.  Kata Kunci : Perlindungan, Anak, & Tindak Kekerasan

Page 1 of 1 | Total Record : 10