cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (EduTech)
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 01 (2015): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial" : 4 Documents clear
Penerapan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Refresentasi Matematika Siswa Harahap, Tua Halomoan; Nasution, Marah Doly
EDUTECH Vol 1, No 01 (2015): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EDUTECH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.985 KB)

Abstract

Underconstruction
Efektifitas Penggunaan Metode Base Method dalam Meningkatkan Kreatifitas dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 10 Padangsidempuan Makmur, Agus; Aspia, Asrar
EDUTECH Vol 1, No 01 (2015): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EDUTECH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.583 KB)

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk   mengetahui  peningkatan  kreativitas   dan motivasi belajar            matematika      siswa   khususnya        pada    materi  menyelesaikan persamaan kuadrat, dengan base method, guru dapat mengetahui peningkatan kreativitas   dan   motivasi   belajar matematika        siswa   khususnya   pada    materi menyelesaikan persamaan kuadrat, dan penggunaan base method    dapat mengefektivitaskan peningkatan kreativitas dan motivasi belajar matematika siswa khususnya pada materi menyelesaikan persamaan kuadrat. Dari hasil penelitian dapat dilihat dari 33 orang siswa terhadap efektivitas, kreativitas dan motivasi belajar siswa setelah diadakan pembelajaran dengan base method .Peningkatan hasil observasi kreativitas rata – rata siklus I ( 56,082 % ) dan siklus II ( 76,5 % ), dengan peningkatan ( 20,418 % ) sedangkan peningkatan hasil observasi motivasi rata – rata siklus I ( 108,9 % ) dan siklus II ( 144,5 % ), dengan peningkatan ( 35,6 % ). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan base method pada pokok bahasan menyelesaikan persamaan kuadrat terjadi peningkatan terhadap kreativitas dan motivasi belajar matematika siswa kelas IX SMP N 10 Padangsidimpuan.
Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014 Manurung, Sri Hariani
EDUTECH Vol 1, No 01 (2015): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EDUTECH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujian untuk mengetahui seberapa tinggi faktor-faktor yabg mempengaruhi keefektifan belajar matematika siswa MTs Negeri Rantau Prapat dan untuk mengetahui faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi keefektifan belajar matematika pada siswa MTs Negeri Rantau Prapat Tahun Pelajaran 2013/2014. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket analisis faktor-faktor yang signifikan  mempengaruhi keefektifan belajar matematika pada siswa yang terdiri 31 item pernyataan yang terdiri dari 7 item tentang faktor kompetensi, 6 item tentang fokus pda pelajaran, 5 item tentang hubungan guru dengan siswa, 6 item tentang pemberian tugas rumah, 7 item tentang alat pelajaran. Hasil uji validitas dari 31 item pernyataan diperoleh ada 28  pernyataan yang valid dan 3 pernyataan yang yang tidak valid.Dari hasil penelitian yang diperoleh nilai communalities menunjukkan nilai yang selalu positif, nilai total variance explained bernilai 5 sesuai jumlah variabel. Hasil nilai component matriks untuk variabel kompetensi (faktor  1 adalah 0.884 dan faktor 2 adalah 0.259), variabel Fokus pada pelajaran (-0,055 dan faktor 2  adalah 0,899), variabel hubagan guru dengan siswa (faktor 1 adalah 0,610 dan faktor 2 adalah 0,470), variabel pemberian tugas rumah (faktor 1 adalah 0,910 dan faktor 2 adalah -0,075), variabel alat pelajaran ( faktor 1 adalah 0,861 dan faktor 2 adalah 0,109
Penerapan Strategi Instant Assessment untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Al Hidayah Medan T.P 2013/2014 Nst, Marah Doly
EDUTECH Vol 1, No 01 (2015): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EDUTECH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (784.311 KB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar belajar matematika siswa pada pokok bahasan segiempat kelas VII SMP Al-Hidayah Medan. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan segiempat kelas VII SMP Al-Hidayah Medan T.P 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas VII-3 di SMP Al Hidayah Medan T.P 2013/2014 yang berjumlah 40 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah dengan menggunakan pembelajaran Instant Assessment untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.Hasil penelitian dari 40 orang siswa pada siklus I hanya 10 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 41,41% pada siklus ini yang menjadi tujuan dalam penelitian belum tercapai, dan observasi nilai rata-rata keaktifan siswa hanya 3,06 maka harus dilanjutkan pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembeljaran Instant Assessment pada pokok bangun segiempat terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII-3 di SMP Al Hidayah Medan T.P 2013/2014.

Page 1 of 1 | Total Record : 4