Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (EduTech)
ISSN : -     EISSN : -
Articles 99 Documents
Urgensi Keseimbangan Pendidikan Budi Pekerti Di Rumah dan Sekolah

., Elfrianto

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (EduTech) Vol 1, No 01 (2015): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (EduTech)
Publisher : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (EduTech)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.77 KB)

Abstract

Melihat fenomena yang terjadi pada peserta didik di Indonesia hari ini, rasanya dunia pendidikan di negeri ini sudah keluar dari rel yang dicita-citakan para pendiri negeri dulu. Dunia pendidikan Indonesia saat ini menghasilkan manusia-manusia dengan pola pikir kapitalis, liberalis dan dengan kadar moralitas yang sangat rendah. Seperti ada missing link. Sistem pendidikan masa kini paling tidak mengurangi unsur moralitas, akhlak, etika, budi pekerti atau nama lain yang sinonim dengan itu, yang seharusnya menjadi ruh yang paling utama dari dunia pendidikan.Tapi pada sisi lain, pendidikan budi pekerti di sekolah tidak cukup untuk memberikan pembelajaran tentang etika dan budi pekerti hanya dalam tempo beberapa jam saja sehari. Orang tualah yang seharusnya menjadi first teacher dalam membentuk kepribadian, pola pikir, pola sikap dan pola hidup anak. Tapi yang banyak terjadi adalah orang tua malah menyerahkan pendidikan moral/akhlak anak-anaknya kepada pihak sekolah dengan mentah-mentah. Kata Kunci : Urgensi, Budi Pekerti

Etika Islam Dalam Mengelola Lingkungan Hidup

Harahap, Rabiah Z

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (EduTech) Vol 1, No 01 (2015): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (EduTech)
Publisher : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (EduTech)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.006 KB)

Abstract

Sebagai agama yang bersifat universal, Islam mengatur seluruh aspek kehidupan manusia, termasuk di dalamnya bagaimana beretika terhadap alam dan lingkungan hidup. Alam dan lingkungan hidup merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari hidup manusia. Karena seluruh kebutuhan manusia semua berasal dan terpenuhi dari alam sekitarnya baik tumbuh-tumbuhan maupun hewan. Oleh karena itu Islam berpesan melalui Alquran bahwa manusia harus melestarikan alam sekitarnya agar keberlangsungan hidupnya tidak terganggu oleh ulah sekelompok manusia yang tidak mau melestarikan alam. Berdasarkan hal itu, maka ajaran Islam memberikan rambu-rambu untuk manusia agar juga beretika terhadap lingkungan.

Pengaruh Strategi Belajar Network Tree MAP Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deduktif Siswa Kelas VII SMP N 2 Padangsidempuan

Harahap, Eli Marlina

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (EduTech) Vol 1, No 01 (2015): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (EduTech)
Publisher : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (EduTech)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.255 KB)

Abstract

Menulis paragraf sangat diperlukan sebuah konsep nyata, dalam pembelajaran siswa diharapkan memiliki pemahan konsep dalam menulis paragraf. Salah satu teknik yang bisa digunakan untuk meningkatkan pemahan konsep siswa adalah dengan menggunakan konsep pohon jaringan, konsep pohon jaringan atau Network tree map diharapkan akan mampu meningkatkan kemampuan menulis paragraf deduktif siswa di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Hasil tes siswa kelompok eksperimen setelah pembelajaran menulis paragraf deduktif menggunakan strategi belajar Network Tree Map memperoleh rata-rata nilai hasil belajar 76,06 termasuk dalam kategori A (baik sekali), hasil ters siswa kelompik kelas control setelah pembelajaran memperoleh rata-rata nilai hasil belajar 68,69 termasuk kategori B (baik

Pengaruh Strategi Pembelajaran Student Team Heroik Leadership Terhadap Kreativitas Belajar Matematika Pada Siswa SMP Negeri 29 Medan

., Samidi

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (EduTech) Vol 1, No 01 (2015): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (EduTech)
Publisher : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (EduTech)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.341 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh penggunaan Strategi Pembelajaran Student Team Heroik Leadership terhadap kreativitas belajar pada siswa SMP Negeri 29  Medan T.P 2013/2014, dan mengetahui berapa besar pengaruh penggunaan Strategi Pembelajaran Student Team Heroik Leadership terhadap kreativitas belajar pada siswa SMP Negeri 29  Medan T.P 2013/ 2014. Pada penelitian ini diambil Populasi seluruh siswa SMP Negeri 29  Medan, sebanyak 72 siswa, dengan rincian VII-A 36 siswa dan VII-B 36 siswa. Dari analisis data diperoleh beberapa hasil perhitungan. Pada variabel X didapatkan rata-rata (mean) 70,64 dan simpangan baku 11,593 dan data berdistribusi normal yaitu . Sedangkan variabel Y nilai rata-rata (mean) 72,36 dan simpangan baku 12,041 dan data berdistribusi normal yaitu . Persamaan regresi yang diperoleh dari analisis data adalah . Perhitungan dengan menggunakan uji-t menghasilkan  atau . Pada pengujian determinasi diperoleh hasil perhitungan  dan koefisien determinasi sebesar . Hal ini menunjukkan bahwa besar pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Student Team Heroik Leadership terhadap kreativitas belajar matematika siswa sebesar dengan sisa 1,65%.

Pengembangan Bahan Ajar Dengan Strategi React Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar I Di FKIP UMSU

Panggabean, Ellis Mardiana

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (EduTech) Vol 1, No 01 (2015): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (EduTech)
Publisher : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (EduTech)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.148 KB)

Abstract

In designing a lesson, a lecturer need to consider what material should be taught, and how is the appropriate method to teach, and how to make sure that all students will learn the subject. Struktur Aljabar I is one of mathematic pure proficiency  material at Mathematic departement. the characteristic of Struktur Aljabar has tight and cronological  axiomatic deductive structure, full of abstract concept in definition or theorem. Therefore, Struktur Ajabar is difficult to learn and difficult to taught. that is why learning material and teaching activity is needed tobe directed in order to help the student to understand the link between the concepts, managing their own self learning, cooperating, and critical thinking. The aim of this study is to develop learning material by using REACT strategy at Struktur Aljabar I subject. This developing and trial research consist of design, limited trial application, and data analysis. descriptive analysis was used, and this research development produced a protoype Struktur Aljabar I material REACT base.  Keywords: development, learning material, REACT strategy, Struktur Aljabar I

Penerapan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Refresentasi Matematika Siswa

Harahap, Tua Halomoan, Nasution, Marah Doly ( Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara )

EDUTECH Vol 1, No 01 (2015): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EDUTECH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.985 KB)

Abstract

Underconstruction

Efektifitas Penggunaan Metode Base Method dalam Meningkatkan Kreatifitas dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 10 Padangsidempuan

Makmur, Agus, Aspia, Asrar

EDUTECH Vol 1, No 01 (2015): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EDUTECH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.583 KB)

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk   mengetahui  peningkatan  kreativitas   dan motivasi belajar            matematika      siswa   khususnya        pada    materi  menyelesaikan persamaan kuadrat, dengan base method, guru dapat mengetahui peningkatan kreativitas   dan   motivasi   belajar matematika        siswa   khususnya   pada    materi menyelesaikan persamaan kuadrat, dan penggunaan base method    dapat mengefektivitaskan peningkatan kreativitas dan motivasi belajar matematika siswa khususnya pada materi menyelesaikan persamaan kuadrat. Dari hasil penelitian dapat dilihat dari 33 orang siswa terhadap efektivitas, kreativitas dan motivasi belajar siswa setelah diadakan pembelajaran dengan base method .Peningkatan hasil observasi kreativitas rata – rata siklus I ( 56,082 % ) dan siklus II ( 76,5 % ), dengan peningkatan ( 20,418 % ) sedangkan peningkatan hasil observasi motivasi rata – rata siklus I ( 108,9 % ) dan siklus II ( 144,5 % ), dengan peningkatan ( 35,6 % ). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan base method pada pokok bahasan menyelesaikan persamaan kuadrat terjadi peningkatan terhadap kreativitas dan motivasi belajar matematika siswa kelas IX SMP N 10 Padangsidimpuan.

Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014

Manurung, Sri Hariani

EDUTECH Vol 1, No 01 (2015): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EDUTECH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujian untuk mengetahui seberapa tinggi faktor-faktor yabg mempengaruhi keefektifan belajar matematika siswa MTs Negeri Rantau Prapat dan untuk mengetahui faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi keefektifan belajar matematika pada siswa MTs Negeri Rantau Prapat Tahun Pelajaran 2013/2014. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket analisis faktor-faktor yang signifikan  mempengaruhi keefektifan belajar matematika pada siswa yang terdiri 31 item pernyataan yang terdiri dari 7 item tentang faktor kompetensi, 6 item tentang fokus pda pelajaran, 5 item tentang hubungan guru dengan siswa, 6 item tentang pemberian tugas rumah, 7 item tentang alat pelajaran. Hasil uji validitas dari 31 item pernyataan diperoleh ada 28  pernyataan yang valid dan 3 pernyataan yang yang tidak valid.Dari hasil penelitian yang diperoleh nilai communalities menunjukkan nilai yang selalu positif, nilai total variance explained bernilai 5 sesuai jumlah variabel. Hasil nilai component matriks untuk variabel kompetensi (faktor  1 adalah 0.884 dan faktor 2 adalah 0.259), variabel Fokus pada pelajaran (-0,055 dan faktor 2  adalah 0,899), variabel hubagan guru dengan siswa (faktor 1 adalah 0,610 dan faktor 2 adalah 0,470), variabel pemberian tugas rumah (faktor 1 adalah 0,910 dan faktor 2 adalah -0,075), variabel alat pelajaran ( faktor 1 adalah 0,861 dan faktor 2 adalah 0,109

Pengaruh Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role-Playing Terhadap Perilaku Solidaritas Siswa dalam Menolong Teman

Sitompul, Dian Novita

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (EduTech) Vol 1, No 01 (2015): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (EduTech)
Publisher : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial (EduTech)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.138 KB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Ada pengaruh penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role-Playing Terhadap Perilaku Solidaritas Siswa Dalam Menolong Teman. Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Role-Playing Terhadap Perilaku Solidaritas Siswa Dalam Menolong Teman di SMA Negeri 1 Rantau Utara.            Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Rantau Utara yang berjumlah 8 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk di olah data tentang perilaku solidaritas siswa dalam menolong teman yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Dari 41 item angket yang disebarkan ada 36 item yang valid dan 5 item yang tidak valid, yaitu soal no. 20, 22, 27, 29, dan 32. Jadi soal yang diberikan terhadap 8 sampel berjumlah 36 item.teknik analisis data mengunakan uji wilcoxon.            Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik role-playing di peroleh data pre-test perilaku solidaritas siswa dalam menolong teman rata-rata 64.6 dan rata-rata post-test perilaku solidaritas siswa dalam menolong teman adalah sebesar 123.3, dan terdapat peningkatan internal perilaku solidaritas siswa senilai 30,27%. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji tanda wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada taraf signifikan hasil perhitungan post-test 5% Jhitung < J(0<6)serta Zhitung (-2,45) < Ztabel (-1,96). Sehingga perilaku solidaritas dalam menolong teman yang mendapatkan bimbingan kelompok teknik role-playing lebih tinggi dari pada sebelum di lakukan bimbingan kelompok role-playing artinya dapat diterima

Penerapan Strategi Instant Assessment untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Al Hidayah Medan T.P 2013/2014

Nst, Marah Doly

EDUTECH Vol 1, No 01 (2015): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Publisher : EDUTECH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (784.311 KB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar belajar matematika siswa pada pokok bahasan segiempat kelas VII SMP Al-Hidayah Medan. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan segiempat kelas VII SMP Al-Hidayah Medan T.P 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas VII-3 di SMP Al Hidayah Medan T.P 2013/2014 yang berjumlah 40 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah dengan menggunakan pembelajaran Instant Assessment untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.Hasil penelitian dari 40 orang siswa pada siklus I hanya 10 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 41,41% pada siklus ini yang menjadi tujuan dalam penelitian belum tercapai, dan observasi nilai rata-rata keaktifan siswa hanya 3,06 maka harus dilanjutkan pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembeljaran Instant Assessment pada pokok bangun segiempat terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII-3 di SMP Al Hidayah Medan T.P 2013/2014.

Page 1 of 10 | Total Record : 99