cover
Contact Name
ilham Bakhtiar
Contact Email
ilham_konseling@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
ilham_konseling@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling
ISSN : 24432202     EISSN : 24772518     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling (JPPK) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan juni dan desember, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, praktisi dan pengkaji dalam disiplin ilmu psikologi pendidikan dan Bimbingan konseling
Arjuna Subject : -
Articles 86 Documents
EFEKTIVITAS TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN EMPATI MAHASISWA PRODI BK UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN Sutanti, Tri
Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling Volume 1 Nomor 2 Desember 2015
Publisher : Program Studi bimbingan Konseling PPs UNM Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.913 KB) | DOI: 10.26858/jpkk.v1i2.1906

Abstract

Student college of guidance and counseling program as a counselors candidate is required to have concern for others, including empathy. This study aims to determine effectiveness modeling techniques to increase empathy in students majoring in guidance and counseling University of Ahmad Dahlan in Yogyakarta. The method used in this research is pre experiment with one group pretest-posttest with sampling through purposive sampling technique. The samples are 10 students majoring in guidance and counseling Ahmad Dahlan University Yogyakarta. Data collected by using a scale of empathy that has been proven valid and reliable and by using observation sheet of communicative empathy. The results showed that modeling techniques can effectively increase empathy in students. The results of Wilcoxon statistical test showed that the value of Z = -2810 with p = 0.005 (<0.05), which means there is a significant difference level of empathy before treatment (pre-test) and after the treatment (post-test). The results could be used as consideration for educators in universities in order to develop empathy in students.
TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN WAWASAN SISWA DALAM PEMILIHAN JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI arifin, agustan
Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling Volume 1 Nomor 1 Juni 2015
Publisher : Program Studi bimbingan Konseling PPs UNM Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.034 KB) | DOI: 10.26858/jpkk.v1i1.1353

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan wawasan siswa dalam pemilihan jurusan di perguruan tinggi melalui teknik two stay two stray dalam bimbingan kelompok. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan tipe quasi experiment menggunakan desain pretest-posttest control group design, pengolahan datanya dilakukan dengan metode statistik. Sampel sebanyak 40 siswa yang berasal dari kelas XII IPS1 sebanyak 20 siswa dan XII IPS2 sebanyak 20 siswa yang diambil menggunakan simple random sampling, kemudian dibagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner) dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis t-test atau uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara wawasan siswa dalam pemilihan jurusan pada kelompok eksperimen sebelum (pretest) dan setelah (posttest) diberikan perlakuan teknik two stay two stray dalam bimbingan kelompok.
EFEKTIFITAS BIMBINGAN KARIER UNTUK PENINGKATAN CORE WORK SKILLS MAHASISWA Buchori, Sahril
Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling Volume 1 Nomor 1 Juni 2015
Publisher : Program Studi bimbingan Konseling PPs UNM Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.897 KB) | DOI: 10.26858/jpkk.v1i1.1289

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan program bimbingan karier untuk peningkatan core work skills mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen kuasi dengan desain pretest dan posttes. Alat instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (uji-t) tingkat core work skills sebelum dan setelah mengikuti program bimbingan karier. Hasil studi pendahuluan menunjukkan tingkat core work skills sebagian mahasiswa semester akhir berada pada kategori sedang dan setengahnya lagi berada pada kategori tinggi. Ditinjau dari 20 indikator core work skills, 10 cenderung berada pada kategori Tinggi dan 10 pada kategori Sedang atau belum dikuasai secara optimal. Hasil penelitian menunjukkan program bimbingan karier efektif untuk peningkatan core work skills mahasiswa. Peningkatan dapat dilihat dari 20 indikator core work skills, 18 indikator efektif meningkat dan 2 indikator tidak efektif meningkat setelah pemberian perlakuan. Kata Kunci: Program, Bimbingan Karier dan Core Work Skills
EFEKTIVITAS INFORMASI KARIR DENGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN STUDI LANJUTAN SISWA Dahlan, nurhidayatullah
Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling Volume 1 Nomor 1 Juni 2015
Publisher : Program Studi bimbingan Konseling PPs UNM Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.876 KB) | DOI: 10.26858/jpkk.v1i1.1536

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk megetahui gambaran pemahaman terhadap studi lanjutan siswa SMP negeri 23 Makassar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa layanan informasi karir dengan media buku bergambar (2) Untuk mengetahui efektifitas layanan informasi karir dengan media buku bergambar untuk meningkatkan pemahaman terhadap studi lanjutan siswa di SMP Negeri 23 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen (True Experimental Designs) dalam bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket, dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif non parametric wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Gambaran pemahaman terhadap studi lanjutan siswa di SMP Negeri 23 Makassar sebelum diberi layanan informasi karir dengan media buku bergambar berada pada kategori rendah, setelah diberi layanan informasi karir dengan media buku bergambar mengalami peningkatan berada pada kategori tinggi (2) Layanan informasi karir dengan media buku bergambar efektif dapat meningkatkan pemahaman terhadap studi lanjutan siswa di SMP Negeri 23 Makassar. 
ENAM KONTINUM DALAM KONSELING TRANSGENDER SEBAGAI ALTERNATIF SOLUSI UNTUK KONSELI LGBT Azmi, Khilman Rofi
Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling Volume 1 Nomor 1 Juni 2015
Publisher : Program Studi bimbingan Konseling PPs UNM Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.072 KB) | DOI: 10.26858/jpkk.v1i1.1136

Abstract

ABSTRACT Globalization caused by modern and dynamic society, creates several kinds of concepts, terms, and new theories today. The development in psychological science, and guidance and counseling are indicators of science development. Society problems come from the result of the change from that society, for example modern lifestyle that gives positive and negative impact. Transgender, gay, and lesbian phenomenon is one of the alternative lifestyle that spreads in Indonesia which is experienced by teenagers. It creates new problem for teenagers, their family, and their surroundings. The biggest problem in this case is there’s no specific step for counselor and psychiatrist to help transgender, gay, or lesbian counselee. The new concept that offered in this article is  Six Continuum of Transgender Counseling. Six continuum are aimed to give direction for counselor  that may help gay, lesbian, and transgender counselee by doing counseling. Six continuum that have to be passed by counselor are (1) self, (2) relationship, (3) differential of feeling, (4) spiritual intervention, (5) acceptance of environment. Researchers are using literature study as their research method, by explored and examined some literatures: books, journal, dissertation, e-book, and some cases that happened in our society. This article especially developed and inspired by previous article. The article’s tittle is Transgender Counseling Through (Wisdom-Oriented Counseling Approach).
KETERGANTUNGAN ONLINE GAME DAN PENANGANANNYA Syahran, Ridwan
Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling Volume 1 Nomor 1 Juni 2015
Publisher : Program Studi bimbingan Konseling PPs UNM Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (77.524 KB) | DOI: 10.26858/jpkk.v1i1.1537

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui perilaku yang ditimbulkan dari kecanduan bermaian online game pada siswa SMP Negeri 1 Palu yang meliputi faktor-faktor penyebab kecanduan, keadaan psikologis yang ditimbulkan dari kecanduan bermain online game dan dampak-dampak yang ditimbulkan dari kecanduan bermain online game.Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan berdasarkan responden dan informan sebagai bahan sumber data. Dalam proses pengumpulan data digunakan teknik observasi dan wawancara, dimana setelah data diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.Berdasarkan hasil penelitian ini, bahwa subyek (RZ) dan (MT), kedua subyek penelitian menjadi ketergantungan atau kecanduan untuk bermain online game yang dikarenakan tersedianya beberapa fasilitas pendukung untuk bermain game di rumah, adanya faktor sosial dari pertemanan dengan teman bermain dan keingintahuan yang sangat besar terhadap suatu jenis game. Penanganan ketergantungan game online dengan bantuan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah memberikan kepercayaan kepada konselor sekolah atau guru BK untuk mengadakan seminar kepada orang tua siswa tentang game online dan masalah yang akan ditimbulkan, mengatur waktu belajar dan bermain anak, memasukkan materi tentang game online dan dampaknya kepada siswa serta memberikan penyaluran yang baik dalam memilih game yang edukatif serta Menjalin komunikasi interpersonal agar anak dapat terbuka dengan orang tua.
PERILAKU AGRESIF DAN PENANGANANNYA (STUDI KASUS PADA SISWA SMP NEGERI 8 MAKASSAR) ., salmi
Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling Volume 1 Nomor 1 Juni 2015
Publisher : Program Studi bimbingan Konseling PPs UNM Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.4 KB) | DOI: 10.26858/jpkk.v1i1.1357

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui mengetahui bentuk perilaku agresif siswa di SMPN 8 Makassar. (ii) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku agresif siswa di SMPN 8 Makassar. (iii) mengetahui dampak perilaku agresif bagi prestasi belajar dan hubungan dengan teman sebaya siswa di SMPN 8 Makassar. (iv) bentuk penanganan perilaku agresif siswa di SMPN 8 Makassar. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian; (i) bentuk perilaku agresif siswa adalah perilaku agresif fisik seperti memukul, membanting pintu, membanting meja, menyenggol, melempar, memukul meja, mendorong, dan menyentil telinga. Bentuk perilaku agresif verbal seperti mengancam, membentak, memaki, menghina, mengejek, berteriak dan memanggil dengan sebutan buruk. (ii) faktor yang memengaruhi perilaku agresif adalah (a) pengalaman masa kecil, (b) perlakuan buruk orangtua, (c) dukungan dari orangtua dan teman sebaya, (d) peran model kekerasan yang dilihat dari orangtua, teman sebaya, dan kebiasaan nonton TV dan main game yang beradegan kekerasan, (e) amarah yang tak terkontrol, (f) frustasi karena selalu gagal dalam mencapai tujuan. (iii) dampak perilaku agresif yaitu prestasi belajar rendah dan hubungan sosial dengan teman sebaya yang tidak baik dan (iv) bentuk penanganan perilaku agresif melalui teknik psikodrama. 
PENGEMBANGAN MODUL PERENCANAAN KARIER UNTUK SISWA SMP ., musfira
Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling Volume 1 Nomor 1 Juni 2015
Publisher : Program Studi bimbingan Konseling PPs UNM Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.503 KB) | DOI: 10.26858/jpkk.v1i1.1355

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan menyusun modul perencanaan karier untuk membantu siswa SMP dalam merencanakan studi lanjut yang teruji secara teoritis maupun praktis, yaitu memenuhi kriteria keberterimaan melalui uji ahli, uji kelompok kecil dan uji kelompok terbatas. Desain penelitian ini menggunakan tiga tahapan yaitu studi pendahuluan, pengembangan dan uji coba. Subjek penelitian yaitu empat orang ahli, tiga orang konselor dan enam orang siswa. hasil uji ahli dan uji kelompok kecil diperoleh hasil bahwa prototype yang dikembangkan telah memenuhi syarat keberterimaan. Hasil uji kelompok terbatas (eksperimen) dengan one-group pretest- posttest design terhadap enam orang siswa, menunjukkan hasil yang nyata bahwa setelah mengikuti kegiatan bimbingan perencanaan karier menggunakan modul rata-rata siswa mengalami peningkatan dalam semua komponen perencanaan karier, yaitu pengetahuan tentang diri sendiri, pengetahuan studi lanjutan, pemilihan rencana karier, pengambilan keputusan karier dan melaksanakan rencana. Disimpulkan terjadi peningkatan setelah mengikuti kegiatan bimbingan perencanaan karier. Hal ini berarti bahwa modul perencanaan karier efektif untuk membantu siswa dalam memilih studi lanjut. 
PENGARUH PENDEKATAN PERILAKU KOGNITIF TERHADAP TINGKAT PENYESUAIAN DIRI SISWA DI KELAS VII rahmi, sitti
Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling Volume 1 Nomor 1 Juni 2015
Publisher : Program Studi bimbingan Konseling PPs UNM Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.504 KB) | DOI: 10.26858/jpkk.v1i1.1354

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian  adalah  untuk mengetahui (1) Gambaran tingkat penyesuaian diri siswa sebelum dan sesudah pendekatan perilaku kognitif di SMP Negeri 29 Makassar, dan (2) Pengaruh pendekatan perilaku kognitif terhadap tingkat penyesuaian diri siswa di SMP Negeri 29 Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model pra-eksperimen dengan one-group pretest-posttest design. Populasi adalah siswa kelas VII SMP Negeri 29 Makassar tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 240 orang dan sampel sebanyak 12 orang yang ditentukan secara purposive. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan skala penyesuaian diri. Teknik  analisis data yang digunakan adalah (1) analisis deskriptif untuk menggambarkan penyesuaian diri siswa sebelum dan sesudah perlakuan, dan (2) uji Wilcoxon Signed Ranks Test untuk mengetahui pengaruh pendekatan perilaku kognitif terhadap tingkat penyesuaian diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gambaran tingkat penyesuaian diri siswa sebelum diberi pendekatan perilaku kognitif berada pada kategori “rendah dan sedang” setelah diberi pendekatan perilaku kognitif dengan teknik  tingkat penyesuaian diri siswa mengalami peningkatan yang berada pada kategori tinggi, dan (2) ada pengaruh positif pendekatan perilaku kognitif dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa.
PENGEMBANGAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF DI SMA kurniawan, luky
Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling Volume 1 Nomor 1 Juni 2015
Publisher : Program Studi bimbingan Konseling PPs UNM Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.168 KB) | DOI: 10.26858/jpkk.v1i1.1351

Abstract

Abstrak: Penelitian bertujuan menghasilkan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif di SMA untuk dapat digunakan oleh guru bimbingan dan konseling di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model prosedural bersifat deskriptif. Menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall. Dua kelompok subyek validasi program adalah dua ahli program bimbingan dan konseling, kepala sekolah dan kelompok guru bimbingan dan konseling di SMA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan Focus Group Discussion (FGD). Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Program layanan bimbingan dan konseling komprehensif dihasilkan melalui dua tahap validasi program dan dua tahap revisi. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa program layanan bimbingan dan konseling komprehensif di SMA telah layak diimplementasikan dengan beberapa revisi sesuai saran, secara keseluruhan dapat dikategorikan baik. Sedangkan hasil Focus Group Discussion (FGD) program layanan bimbingan dan konseling komprehensif di SMA disetujui untuk diimplementasikan dengan beberapa revisi hasil diskusi.