cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Telematika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 11, No 2: Agustus (2018)" : 6 Documents clear
SISTEM KLASIFIKASI BERITA DARING FAKTOR KEJAHATAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA BERBASIS ALGORITMA NAIVE BAYES Arifin, Oki
Telematika Vol 11, No 2: Agustus (2018)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (753.105 KB)

Abstract

Tingginya tingkat penggunaan situs berita memungkinkan penyebaran berita yang lebih cepat, luas, aktual, dan ramah lingkungan. Kasus-kasus narkotika merupakan artikel yang banyak ditemui di media berita daring. Dari berita daring tersebut di kelompokkan berdasarkan faktor kejahatan penyalahgunaan narkotika berasal dari individu, lingkungan dan narkoba. Dengan demikian, perlu dikembangkan sebuah sistem klasifikasi yang diharapkan dapat membantu pihak kepolisian dan pihak terkait dalam mengetahui faktor penyebab kejahatan penyalahgunaan narkotika yang peningkatan kasusnya sudah semakin memprihatinkan di Indonesia. Text mining processing merupakan salah satu domain penelitian pada web mining yang bertujuan untuk menggali informasi dari kumpulan data teks yang jumlahnya sangat besar. Penelitian ini akan mengembangkan sebuah sistem dengan menggunakan teknik klasifikasi Naïve Bayes (NB). Pendekatan ini merupakan pendekatan mengacu pada teorema Bayes yang merupakan prinsip peluang statistika untuk mengkombinasikan pengetahuan sebelumnya dengan pengetahuan baru. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem untuk mengklasifikasi berita daring faktor kejahatan penyalahgunaan narkotika yang dapat diimplementasikan dengan menggunakan algoritma Naive Bayes. Pengujian sistem menggunakan confusion matrix dengan tingkat performansi dengan data uji 225 di dapatkan nilai recall 75,8%, precision 97,7%, dan accuracy 96,4%. Maka sistemklasifikasi menggunakan algoritma Naive Bayes mempunyai tingkat akurasi yang baik karena tingkat akurasinya lebih dari 50%.
IMPLEMENTASI METODE ELECTRE DALAM MENENTUKAN RICE COOKER TERBAIK Mesran, Mesran; Pristiwanto, Pristiwanto; Sihombing, Dormian
Telematika Vol 11, No 2: Agustus (2018)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.673 KB)

Abstract

Saat ini banyak ditemui merk Rice Cooker yang beredar dipasaran sehingga membuat konsumen kebingungan dalam memilih Rice Cooker yang aman, harga terjangkau dan terbaik bagi kesehatan serta sesuai dengan kebutuhan keluarga. Untuk mengatasi hal ini maka penulis menggunakan metode ELECTRE untuk mendukung efektifitas keputusan konsumen dalam pemilihan Rice Cooker yang terbaik. Diharapkan dalam penelitian ini metode ELECTRE mampu memberikan hasil yang efektif dalam menentukan Rice Cooker yang Terbaik.
VIRTUALISASI KATALOG SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM (SLiMS) BERBASIS 3D Sopingi, Sopingi; Purweni, Mei
Telematika Vol 11, No 2: Agustus (2018)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (774.199 KB)

Abstract

Kemajuan information and communication technology telah merubah paradigma pola pembelajaran, pola interaksi dan pola pengelolaan sistem di perguruan tinggi. Saat ini di lingkungan perguruan tinggi, perpustakaan digital diperlukan untuk mendukung pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian dan pelayanan pada masyarakat. Aplikasi open source perpustakaan digital yang ada di Indonesia adalahSenayan Library Management System yang menyediakan fitur Online Public Access Catalog (OPAC). Permasalahan yang terjadi adalah OPAC dari SLiMS tidak ada fitur yang menunjukan lokasi dari buku. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi virtualisasi katalog SLiMS untuk penataan buku di rak dan pencarian buku dalam bentuk 3D serta mengetahui keakuratan dan performance. Metode dilakukan diawali membuat struktur vertex dari buku dan rak dengan menggunakan data polyhedron dari objek kubus. Data polyhedron dapat dibaca dengan aplikasi Blender 3D, kemudian penulis analisis untuk mendapatkan rumus pembentuk polyhedron serta mendapatkan urutan index dari vertex. Data masukkan yang digunakan untuk membentuk polyhedron buku adalah panjang, lebar dan tebal buku, sedangkan untuk polyhedron rak adalah panjang, lebar, tinggi dan tebal papan. Data masukkan disimpan di basis data agar dapat diakses dan dikonversi menjadi 3D dengan pemrograman web.Hasil penelitian berupa aplikasi prototype yang dapat membuat almari dan rak dalam bentuk 3D serta membuat buku dalam bentuk 3D berdasarkan data dari basis data SLiMS. Berdasarkan hasil pengujian protoype, aplikasi dapat berjalan sesuai kebutuhan dengan hasil sangat setuju 65%, setuju 25% dan cukup setuju 10%. Buku yang dapat ditampilkan dalam bentuk 3D kurang dari 250 buku.
KLASIFIKASI PRIORITAS DISTRIK TERHADAP KETAHANAN PANGAN MENGGUNAKAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN Pinem, Agusta Praba Ristadi; Hidayati, Nurtriana; Kholidin, Kholidin
Telematika Vol 11, No 2: Agustus (2018)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.752 KB)

Abstract

The issue of food security is closely linked to the self-sufficiency program proclaimed. Government has conducted food security and vulnerability mapping detailing up to the kelurahan and kecamatan. The food security atlas classifies districts based on food security priorities. The priority of food security becomes information to support the decision-making process. Classification process can also be done with one method of data mining i.e. Artificial Neural Network (ANN). ANN is one of the classification methods that enable the network to learn from training dataset. In this research ANN use to classify district priorities on food security so can be known which districts are experiencing food vulnerability before turning into food-insecure districts. The dataset used is the resistance and vulnerability of West Papua Province. Output classification of ANN compared with real data with result Spearman correlation value  0.9375 which shows that the ANN method can classify the priority of food security and food vulnerability by using 10 indicators.
PENENTUAN PREDIKSI STOK MOBIL DENGAN PENDEKATAN KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE MOORA Indriyawati, Henny; Cholil, Saifur Rohman; Utomo, Victor Gayuh
Telematika Vol 11, No 2: Agustus (2018)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.172 KB)

Abstract

PT. New Ratna Motor adalah perusahaan bergerak dibidang otomotif yang  menangani penjualan mobil merk Toyota dan penjualan spare part. Data penjualan dan stok mobil yang ada tidak seimbang, antara mobil yang masuk dengan penjualan mobil lebih besar mobil yang masuk sehingga terjadi penumpukan stok jumlah mobil yang mengakibatkan kerugian yang meliputi pajak berjalan yang harus dibayar perusahaan, menumpuknya jumlah tipe mobil tertentu dan pengeluaran sewa parkir mobil. Metode MOORA akan diterapkan sebagai metode dalam penentuan perangkingan jenis mobil yang harus di stok oleh perusahaan yang juga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, jika pelanggan puas dengan salah satu tipe/jenis mobil tertentu dan cepat mendapatkan unit tersebut, kemungkinan pelanggan akan membeli produk tersebut. Hasil akhir pada penelitian ini adalah model aplikasi pendukung keputusan untuk penentuan prediksi stok mobil dengan pendekatan kepuasan pelanggan.
SISTEM DETEKSI KONDISI JALAN MENGGUNAKAN METODE Z-DIFF PADA SMARTPHONE ANDROID putri, astrid novita; Susanto, Susanto; Asmiatun, Siti
Telematika Vol 11, No 2: Agustus (2018)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.098 KB)

Abstract

Kondisi jalan yang baik akan memberikan kenyamanan dan memperlancar aktifitas suatu daerah. Penggunaan transportasi darat di indonesia sendiri sangat tinggi. Hal ini menyebakan beban lalu lintas yang sangat tinggi dan mengakibatkan kerusakan pada jalan.  Dalam melakukan upaya untuk mengurangi angka kecelakan dapat dilakukan dengan mengidentifikasi penyebab kecelakaan dan proses cara memperbaikinya. Salah satu faktor penyebab kecelakaaan adalah kondisi jalan yang berlubang. Salah satu solusi untuk mengurangi angka kecelakaan adalah dengan menyediakan informasi mengenai kondisi jalan berlubang kepada pihak dinas setempat. Sehingga dengan adanya informasi tersebut dinas setempat dapat segera menindaklanjuti perbaikan jalan. Berdasarkan dari beberapa penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan masalah yang diangkat pada penelitian ini akan membahas tentang pengembangan perangkat lunak dengan memanfaatkan sensor accelerometers sebagai pencatat lokasi jalan berlubang yang ada di semarang timur. Penelitian ini menggunakan metode alghoritma Z-diff untuk menyaring data yang diperoleh dari sensor accelerometers. Dari hasil percobaan dibeberapa kecamatan semarang timur yang tergolong memiliki tingkat kerusakan jalan yang tinggi, penelitian ini menemukan 281 titik jalan berlubang. Dari hasil pengukuran menggunakan presisi, recall dan F-measure mendapatkan tingkat akurasi sebanyak 79%. Sehingga untuk pengembangan penelitian berikutnya diperlukan kombinasi metode untuk memperbaiki akurasi tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 6