cover
Filter by Year
Pro Bisnis
Probisnis adalah jurnal ilmiah terbitan berkala yang memuat artikel bisnis dan manajamen.
Articles
142
Articles
Pengaruh Proactive Personality Dan Pemberdayaan Psikologis Terhadap Perilaku Inovatif Melalui Creative Self Efficacy

Helmy, Irfan ( Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa ) , Pratama, Marynta Putri

PROBISNIS Vol 11, No 2: Agustus (2018) [In Progress]
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

The purpose of this study was to examine the effect of proactive personality and psychological empowerment on innovative behavior with creative self efficacy (CSE) as a mediating variable. This research was carried out in elementary schools with a total of 150 teachers. This study uses a quantitative approach with a path analysis statistical test tool. The results showed that proactive personality, psychological empowerment and CSE influence innovative behavior. In addition CSE has been proven to mediate the relationship between proactive personality and psychological empowerment of innovative behavior.

Analisis Metode Penetapan Harga Produk Pada PT Serafood Indonesia

tripustikasari, eka ( stmik amikom purwokerto )

PROBISNIS Vol 11, No 2: Agustus (2018) [In Progress]
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Dalam menjalankan usaha serta untuk mampu bertahan dalam dunia persaingan bisnis yang ketat saat ini, setiap pemilik usaha harus dapat mengambil keputusan-keputusan yang tepat salah satunya dalam menentukan harga jual. Biaya adalah nilai kas atau setara kas yang dikeluarkan (dibebankan) untuk mendapatkan barang atau jasa, yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi organisasi pada saat ini maupun di masa mendatang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan biaya yang dikeluarkan dalam menghasilkan produk dari usaha yang dijalankan, serta untuk melakukan penerapan terhadap metode cost plus pricing dalam rangka menentukan harga jual. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan terhadap harga jual yang saat ini berlaku dengan harga jual yang dihitung dengan menggunakan metode cost plus pricing. Harga jual yang saat ini diberlakukan tidak dapat menutupi besarnya tingkat laba yang diharapkan. Dengan adanya pembukuan yang memadai pemilik dapat melakukan perhitungan yang akurat terhadap biaya-biaya yang dikeluarkan sehingga dapat menekan jumlah biaya yang ada yang tujuannya untuk memperoleh laba sebagaimana yang diharapkan. Pemilik sebaiknya menggunakan cost plus pricing method dalam menentukan harga jual agar supaya semua klasifikasi biaya dapat teridentifikasi dan dapat dihitungkan sehingga harga jual yang ditetapkan dapat lebih akurat.

Arsitektur Knowledge Management System Bagi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Organisasi Mahasiswa (Orma) Di STMIK Amikom Purwokerto

Ratwiyanti, Puji ( STMIK Amikom Purwokerto )

PROBISNIS Vol 11, No 2: Agustus (2018) [In Process]
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Merancang Arsitektur Knowledge Management System (KMS) Untuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Organisasi Mahasiswa (Orma) di STMIK Amikom Purwokerto,  Penelitian ini menggunakan kolaborasi metodologi antara "10 Step Knowledge Management Roadmap" yang digagas oleh Amrit Tiwana dan "Centralized and Decentralized Knowledge Management Architecture" yang digagas oleh Ronald Maier. Namun pada metodologi "10 Step Knowledge Management Roadmap" penulis hanya menggunakan langkah 1 - 4, tujuannya agar penulis dapat mengidentifikasi dengan baik knowledge yang telah ada untuk mempermudah penentuan arsitektur KM yang tepat. Luaran dari penelitian ini adalah Blueprint Rancangan Arsitektur Knowledge Management System (KMS) Untuk Organisasi Mahasiswa di STMIK Amikom Purwokerto.

Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) pada RSIA Bunda Arif Purwokerto Menggunakan Framework COBIT 5

Muryanti, Tri ( STMIK AMIKOM Purwokerto ) , Pinilih, Muliasari ( STMIK AMIKOM Purwokerto ) , Oktaviana, Luzi Dwi ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Pro Bisnis Vol 11, No 1: Februari (2018)
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

SIMRS  merupakan  sistem  suatu  aplikasi  sistem  enterprise  pengelolaan pelayanan  rumah  sakit  yang  bertujuan  untuk  membantu  rumah  sakit  dalam meningkatkan  pelayanan  yang  ada  dirumah  sakit  tersebut.  RSIA  Bunda  Arif Purwokerto merupakan salah satu rumah sakit swasta yang menggunakan SIMRS. Adapun  permasalahan  dari  pemakaian  SIMRS  ini  belum  dilakukannya  tindakan evaluasi sehingga belum diketahui seberapa jauh pencapaian tujuan dan masalah yang terjadi pada kinerja SIMRS yang ada. Dari permasalahan tersebut maka perlu dilakukan  tindakan  evaluasi  dalam  pengelolaan  SIMRS  pada  RSIA  Bunda  Arif  Purwokerto.  Dalam  penelitian  ini  menggunakan  framework  COBIT  5,  karena penggunaan sistem informasi tidak lepas dari kebutuhan bisnis dan fungsi sistem informasi  yang  mendukung  sistem.  Penelitian  ini  fokus  menggunakan  domain MEA (Monitor, Evaluate, and Assess)  berdasarkan permasalahan yang ada pada RSIA Bunda Arif Purwokerto yaitu dengan proses penilaian kebutuhan rumah sakit dan sistem informasi yang sedang berjalan sesuai atau tidak dengan proses bisnis yang ada. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan kuesioner. Responden  yang  dilibatkan  dalam  pengisian  kuesioner  yaitu  pegawai  yang mengoperasikan dan memiliki tanggung jawab terhadap SIMRS. Berdasarkan dari hasil  perhitungan  capability  level  diperoleh  hasil  sebesar  2  yang  artinya  proses tersebut  masih  berada  pada  level  2  (managed)  dimana  proses  telah di implementasikan  mencapai  tujuan  prosesnya.  Untuk  mendapatkan  hasil  yang diharapkan  maka  dibuatkan  beberapa  rekomendasi  untuk  meningkatkan  kinerja SIMRS dimasa selanjutnya.Kata kunci : Evaluasi, SIMRS, RSIA Bunda Arif Purwokerto, COBIT 5, MEA

Pengukuran Kualitas Sistem Informasi Pelayanan Pasien Pada Klinik XYZ Menggunakan ISO 9126

Waluyo, Retno, Dianingrum, Melia, Dewi, Gianni Dean

Pro Bisnis Vol 11, No 1: Februari (2018)
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Klinik  XYZ  merupakan  salah  satu  klinik  yang  menyediakan  pelayanan kesehatan  ibu  dan  anak.  Untuk  meningkatkan  pelayanan  terhadap  pasien  Klinik XYZ  sudah memanfaatkan teknologi informasi yaitu sistem informasi pelayanan pasien. Sistem informasi pelayanan pasien  yang digunakan pada Klinik XYZ  belum pernah dilakukan pengukuran kualitas perangkat lunak, Tujuan dari penelitian ini mengukur kualitas  sistem informasi pelayanan pasien di Klinik XYZ  sesuai ISO 9126.  Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi pustaka. Uji validitas dan Reliabilitas menggunakan SPPS 22. Hasil dari penelitian ini  menunjukkan  pengukuran  kualitas  sistem  informasi  pelayanan  pasien  yang dilakukan  dengan  standard  ISO  9126  diperoleh  sebagai  berikut:  Variabel fungtionality  sebesar 70%,  Variabel  reliability  sebesar 60,33%,  Variabel usability sebesar  62,57%,  Variabel  efficiency  sebesar  64,66%,  Variabel  maintenability sebesar 58,4% dan  Variabel  portability  sebesar 68%.  Dan melalui persentase uji kelayakan dapat disimpulkan  sistem informasi pelayanan pasien di Klinik X kurang memenuhi  standard  ISO  9126  dengan  persentase   yang  diperoleh  rata-rata  skor aktual sebesar 63,99% atau  kriteria rata-rata “kurang”.Kata  Kunci  :  Sistem  Informasi  Pelayanan  Pasien,  Standard  ISO  9126,  Kualitas Sistem

Analisis Faktor Psychological Capital Pada Perilaku Kreatif Mahasiswa STMIK Amikom Purwokerto dengan Pendekatan Path Analysis

Nurfaizal, Yusmedi ( STMIK Amikom Purwokerto )

Pro Bisnis Vol 11, No 1: Februari (2018)
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Faktor  Psychological Capital pada Perilaku Kreatif Mahasiswa  STMIK  Amikom  Purwokerto  dengan  pendekatan  Path  Analysis.  Penelitian ini  bertujuan untuk  untuk menganalisa  pengaruh  variabel  hope  terhadap perilaku  kreatif. Kedua untuk menganalisis pengaruh  self-efficacy  terhadap perilaku  kreatif. Ketiga untuk menganalisis  pengaruh  resilience  terhadap  perilaku  kreatif.  Tahap  keempat  dilakukan analisis  terhadap  pengaruh  optimism  terhadap  perilaku  kreatif.  Penelitian  dilakukan  di STMIK  Amikom  Purwokerto.  Peneliti  memutuskan  untuk  pengambilan  sampel menggunakan  metode  purposive  sampling,  yaitu  teknik  pengambilan  sampel  dengan kriteria  tertentu.  Kriteria  yang  digunakan  adalah  mahasiswa  yang  sudah  berwirausaha bidang  teknologi  informasi.  Pendekatan  yang  digunakan  adalah  kuantitatif  dan  analisa data  menerapkan  path analysis.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa  variabel  hope,  self efficacy,  resilience  dan  optimism  secara  langsung  maupun  tidak  langsung  berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kreatif mahasiswa.Kata Kunci : Perilaku Kreatif, Psychological Capital, Path Analysis

Model Probability Unit (Probit) Pinjaman Mikro Terhadap Kemiskinan Rumah Tangga di Indonesia

Suratini, Suratini

Pro Bisnis Vol 11, No 1: Februari (2018)
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Model Probit digunakan untuk menguji tingkat kemiskinan dalam penelitian ini dinyatakan dalam bentuk dummy variabel. Variabel Dummy tingkat kemiskinan dibuat dari nilai kuantitatif yang menjadi ukuran tingkat kemiskinan. Nilai 1 adalah dummy rumah tangga miskin dan dummy 0 adalah rumah tangga tidak miskin. Definisi miskin yang digunakan dalam penelitian adalah rumah tangga yang berada dalam kelompok 40 persen terbawah dari PCE. Berdasarkan hasil estimasi model Probit dapat disimpulkan bahwa pinjaman tahun 2000 tidak berpengaruh signifikan terhadap probabilitas penurunan tingkat kemiskinan rumah tangga tahun 2007. Tidak signifikannya pengaruh pinjaman mikro terhadap probabilitas tingkat kemiskinan rumah tangga tahun 2007 dikarenakan pinjaman mikro saja dirasa tidak mampu untuk mengatasi kemiskinan karena masalah asymemetric information dan moral hazard tetap menjadi isu negatif  pengembangan pinjaman mikro. Pola masyarakat yang melakukan pinjaman berulang (multiple loan) dapat menjadi bomerang karena salah memanfaatkan pinjaman tersebut.Kata Kunci: probability, probit, pinjaman, mikro, kemiskinan.

PENGARUH PROVING GOAL ORIENTATION DAN SELLING EXPERIENCE TERHADAP KINERJA TENAGA PENJUALAN DENGAN PERILAKU PENJUALAN ADAPTIF SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Lembaga Keuangan Mikro di Kabupaten Kebumen)

Setyawati, Harini Abrilia ( Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa ) , Helmy, Irfan ( Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa )

Pro Bisnis Vol 11, No 1: Februari (2018)
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

The purpose of this study was to examine the effect of proving goal orientation (PGO) and selling experience on salesperson performance through adaptive selling behavior. This research was conducted on the sales force in micro finance institution in Kebumen. This study was tested using a quantitative approach with the SmartPLS 3 analysis software tool. The results showed that PGO and adaptive behavior have an effect on salesperson performance. In contrast, work experience has no effect on salesperson performance. This study also examines the influence of PGO and selling experience on adaptive selling behavior. Adaptive selling behavior, proved to mediate the relationship between PGO and selling experience toward salesperson performance.

ANALISIS KUALITAS LAYANAN PEMBAYARAN MAHASISWA DI BANK MUAMALAT KANTOR KAS UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA

Widyawati, Rahma ( Universitas AMIKOM Yogyakarta )

Pro Bisnis Vol 11, No 1: Februari (2018)
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pengukuran kualitas pelayanan yang hanya dilakukan oleh lembaga pemberi jasa itu sendiri, maka cenderung menghasilkan ukuran yang biasa. Hal tersebut mendorong lembaga untuk berupaya meningkatkan pelayanannya melalui program pemberian penghargaan, perubahan perilaku, dan perubahan tolok ukur bagi suatu pelayanan yang dianggap baik. Tidak terkecuali pada penyelenggara lembaga pendidikan khususnya Perguruan Tinggi. Studi ini termasuk explanatory yaitu model studi yang bertujuan untuk mencari dan menjelaskan hubungan kausal antarvariabel melalui pengujian hipotesis yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis kualitatif, serta pengujian data menggunakan metode statistik deskriptif dan analisis regresi. Obyek penelitian adalah layanan pembayaran mahasiswa pada Bank Muamalat Kantor Kas Universitas AMIKOM Yogyakarta. Hasil didapat menunjukan bahwa variable tangible, assurance, emphaty berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, sedangkan variable reliability tidak berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Dimensi kualitas pelayanan yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan mahasiswa adalah variabel tangible sebesar 11,2%.Kata kunci: Kualitas pelayanan, explanatory, Kepuasan mahasiswa.

MEASURING STUDENTS’ SATISFACTION TOWARDS STATE POLYTECHNIC OF CILACAP SERVICE QUALITY (SERVQUAL) WITH IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS METHOD

Ikhtiagung, Ganjar Ndaru ( Politeknik Negeri Cilacap )

Pro Bisnis Vol 10, No 1: Februari (2017)
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

This research is a research to measure the service quality (SERVQUAL) at State Polytechnic of Cilacap towards students’ satisfaction. The result of this research aims to give evaluation about service quality aspect at State Polytechnic of Cilacap (PNC) as stated in the National Regulation No. 25/2009 about Public Service. Method used in this research is by using Importance Performance Analysis. This technique used analysis in Frequency & Descriptive to describe the gap between the importance/expectation/priority and customers’ satisfaction/performance towards PNC’s service satisfaction. The total subjects in this research are 98 Electrical Engineering students, 138 Mechanical Engineering students, and 114 Informatics Engineering students. The effect of this research was shown in Cartesian coordinate system and Customer Satisfaction Index (CSI) analysis. From the result of them, it can be concluded that PNC needed to improve its service quality (ServQual). The attributes that work as the main priority of this case is the attribute in A quadrant, i.e. the cleanliness and tidiness of classrooms and the facilities in the laboratories. The second priority needed to improve is the attribute in C quadrant, i.e. 1) administration policy, 2) cleanliness of the bathroom, 3) administration handling, 4) campus atmosphere, 5) facilities in the classroom, 6) service procedure, 7) lecturers ability to understand students, 8) responsiveness of the employees, 9) internet access, 10) lecturers control on the students’ study, and 11) parking area. The most important and the ideal attribute to develop is the attribute in B quadrant. The excessive attribute is the attribute in D quadrant. CSI calculation is needed to calculate the students’ satisfaction. The result of this calculation showed that 62,61% of the students showed “Somewhat Satisfied” in the students’ satisfaction option.