cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
+6281917335682
Journal Mail Official
p2b@uinmataram.ac.id
Editorial Address
Jl. Pendidikan No. 35. Dasan Agung Baru, Kecamatan Selaparang, Kota MataramNusa Tenggara Barat. 83215
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Cordova Jurnal
ISSN : 23023155     EISSN : 27145808     DOI : -
Core Subject : Education,
Cordova Journal ISSN (P) 2302-3155, (e) 2714-5808 is a scientific journal published by UPT. UIN Mataram Language Development Center (P2B) which is focused on the realm of language and culture studies. Language studies include studies and research results in Indonesian, English, Arabic, and Sasak. Cultural studies include arts and culture and local wisdom.
Articles 35 Documents
Remaja dan Budaya Baca Potret Sendu Selfie Literasi di Desa Senaru Rahmi, Siti; Thohri, Muhammad
Cordova Journal : language and culture studies Vol 6 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : UPT. UIN Mataram Language Development Center (P2B)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2937.213 KB)

Abstract

  Tulisan ini menyajikan sebagian hasil workshop dan penelusuran potret literasi remaja Desa wisata Senaru dengan fokus literasi membaca. Melalui diskusi terbuka ditemukan berbagai persoalan dalam hal membaca, yakni rendahnya minat baca, hambatan membaca problem atik. Tidak konsentrasi pada saat membaca, dan ketiadaan hobi membaca. Problem remaja dalam membaca adalah (1) membaca belum menjadi kebutuhan, (2) membaca dinilai sebagai sarana belajar formal, (2) lingkungan sekolah tidak memberi ruang bagi keterampilan membaca, dan (3) faktor teks, serta (5) faktor self-literasi. Capaian workshop adalah timbulnya kesadaran peserta bahwa membaca adalah kebutuhan. Sebagai kebutuhan, membaca harus dipacu motivasinya, direduksi hambatannya, disediakan lingkungan dan fasilitasnya. Lembaga pendidikan memiliki peran untuk penyadaran dan penguatan minat baca. Para pemangku kepentingan di Desa memiliki komitmen untuk menggalakkan minat baca dan mendorong peran aktif sekolah untuk memacu minat baca remaja.
Ilmu al-Aswat Fii 'Ilmillughah al-Hadits wa ahammiyatihi Fii Ta'limillughah al-'Arabiyah Linnatiqina Bigairiha M.Pd.I, Wirawan Jamhuri,
Cordova Journal : language and culture studies Vol 6 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : UPT. UIN Mataram Language Development Center (P2B)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

?????? ????? ????? ??????? ??????? ???? ???????? ??? ???????? ???? ??? ????? ?? ????? ?????? ??? ????? ???? ?? ???? ?? ???? ?? ?????? ????? ?? ??? ????????. ????????? ???? ???? ??? ????? ??????? ???? ?? ?? ?????? ????????? ??????? ???????? ???????? ????????? ????? ?? ?? ??? ?????? ????????? ????????? ?????????. ??? ??????? ?? ?? ??? ???????? ???? ????? ????????? ??????? ?? ?? ???? ??? ????? ????? ??????? ?? ?????? ???? ??????? ?? ????? ???????? ??? ?? ????? ????? ????? ??????? ????? ???? ?????? ??? ????? ?????? ??????? ???????? ???? ???????? ???????. ????? ?? ???? ??? ????? ????? ??????? ????? ???????? ??? ???? ?????? ???????? ???? ???????? ???????.
PUDARNYA SEMANGAT BERBAHASA INDONESIA M.Pd., Muhammad Muhlis,
Cordova Journal : language and culture studies Vol 6 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : UPT. UIN Mataram Language Development Center (P2B)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3378.329 KB)

Abstract

Tulisan ini hendak mengkaji seputar permasalahan klasik penggunaan bahasa, yaitu mengapa warga bangsa Indonesia enggan bertutur kata dan menulis menggunakan bahasa Indonesia yang utuh (murni bahasa Indonesia dalam seluruh tutur katanya dan atau tulisannya), meskipun "kosa-kata asing yang dipinjamnya itu" terdapat pedanan katanya dalam bahasa Indonesia. Karena itulah kehadiran tulisan ini dihajatkan untuk mengetahui berbagai masalah yang melatarbelakangi munculnya prilaku tindak tutur kebahasaan seperti itu, dengan harapan semoga permasalahan tersebut dapat diatasi. Tulisan ini menggunakan pendekatan penelitian non-interaktif yang merupakan bagian dari penelitian Kualitatif, yang memotret peristiwa kebahasaan yang ada di sekitar kita bangsa Indonesia akhir-akhir ini. Penelitian ini berusaha menghimpun, mengindentifikasi, menganalisis, dan mengadakan sintesis data, untuk kemudian memberikan interpretasi terhadap pristiwa yang secara langsung ataupun tidak langsung dapat diamati. dari hasil analisis yang dilakukan, dapat diinterpretasikan bahwa pudarnya semangat berbahasa indonesia itu terjadi karena, pertama adanya sikap interior dari warga masyarakat kita terhadap orang asing; kedua berbanding lurus dengan masalah di atas, yaitu adanya rasa bangga menggunakan istilah-istilah asing
PERLAWANAN CONGAH PRAYA TERHADAP RAJA KARANG ASEM LOMBOK (Analisis Sosio-Historis Pemberontakan Praya Tahun 1891) M.A., Muhammad S'ai,
Cordova Journal : language and culture studies Vol 6 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : UPT. UIN Mataram Language Development Center (P2B)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4831.035 KB)

Abstract

Naskah kuno merupakan salah satu dari sumber sejarah lokal yang memiliki nilai sekaligus menuguhkan informasi sejarah dan pengetahuan manusia pada masa tertentu pada masa lalu. Oleh karena itu naskah kuno salau penting untuk diteliti terutama dengan pendekatan sejarah dan filologi yang didukung oleh perangkat-metodelogi lainnya. tulisan ini menyajikan kajian historis tentang perlawanan Congah Praya Terhadap Raja karangAsem Lombok dengan menggunakan Naskah Babad Praya sebagai sumber primernya. Fokusnya adalah pada bagaimana Babad Praya menceritakan pristiwa masa lalu terutama perlawanan bersejarah masyarakat praya terhadap Raja Karang AsemLombok. Hal ini menjadi titik permasalahan peneliti yang juga menjadi permasalahan teori-teori kekuasan dan konflik yang dihubungkan dengan politik anekasi dan penindasa penguasa. Dengan fokus ini ingin ditemukan apakah ada motif lain sebagai latar perlawanan kelompok tertindas (rakyat) selain latar geostrategis dan menguntungkan secara ekonomi maupun politik bagi penguasa. Dan oleh karena penelitian ini adalah penelitian peristiwa masa lampau dengna naskah sebagai sumber utamanaya maka peneliti menerapkan metode dan tahapan penelitian sejarah. Secara teoritis penelitian sejatrah berupaya menjelaskan rangkaian peristiwa atau sejarah berdasarkan waktu, tempat dan tokoh-tokohnya. juga berusaha mengkaitkan suatu peristiwa dengan hal-hal lain yang saling rangkai merangkai seperti persoalan politik, ekonomi, politik atau juga agama dan fenomena lainnya. kemudian untuk mengungkap isi naskah akan diterapkan cara kerja filologi yaitu memberlakukan sutingan kritis.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN LINGUISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA ARAB MURID KELAS II SDIT ANAK SHOLEH KOTA MATARAM Rosidi, Dr. Ayip
Cordova Journal : language and culture studies Vol 6 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : UPT. UIN Mataram Language Development Center (P2B)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4694.879 KB)

Abstract

Tujaun penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain dan kecerdasan linguistik terhadap kemampuan bahasa Arab murid kelas II SDIT Anak Sholeh kota Mataram NTB. Penelitian ini merupakan kuantitatif komperatif dengan metode eksperimen menggunakan rancangan 2x2 by level. instrumen tes digunakan untuk mengumpulkan data kecerdasan linguistik dan kemampuan bahasa Arab. Pengujian hipotesis menggunakan ANAVA dua jalur dilanjutkan uji Tukey. Hasil penelitian (1) kemampuan bahasa Arab antara murid yang dibelajarkan dengan metode bermain lebih tinggi dari murid yang dibelajarkan dengan konvensional (2) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan kecerdasan linguistik (3) kemampuan bahasa Arab murid yang memiliki kecerdasan linguistik tinggi yang memperoleh pembelajaran dengan bermain lebih baik dibandingkan konvensional (4). Kemampuan bahasa Arab murid yang memiliki kecerdasan linguistik rendah dari murid yang memperoleh pembelajaran dengan konvensional. Kesimpulan dari hasil penelitian ini, kemampuan bahasa Arab murid dapat ditingkatkan dengan metode pembelajaran yang sesuai dengan kecerdasan linguistik murid.
Al-Mafahim At-Tarbawiyah wamustholahat At-Tarbawiyah waatsaruha fii Al-Lughah Al-Arabiyah uddin, Salah
Cordova Journal : language and culture studies Vol 6 No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : UPT. UIN Mataram Language Development Center (P2B)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4058.976 KB)

Abstract

???????: ??? ????? ???? ??? ????? ????????? ???????? ???? ??????? ?? ?????? ????? ?????? ????? ????? ??????? ?????? ?? ???? ????? ????? ??????? ????? ???? ????????? ????????? ?????? ??????? ????????? ????????. ??? ??????? ????????? ??? ??????? ????????? ??????. ????? ????? ????? ??????? ?????. ???????? ?? ????? ?? ???? ??? ????? ????????? ???????? ???? ??????? ?? ????? ????? ?????? ????? ??????? ?????? ?? ???? ????? ????? ??????? ????? ???? ??????? ?????????? ?????? ??????? ????????? ???????? ??????? ??? ???????? ???? ????????? ?????? ?? ????????? ?????? ??? ??????? ???????? ?????????? ???????? ???? ??????? ?? ????? ????? ?????? ????? ????? ??????? ?????? ?? ???? ????? ????? ??????? ????? ???? ????????? ????????? ?????? ??????? ????????? ????????  .???? ??? ?????? ???????? ???? ????? ?????? ????? ?????? (Korelasi Product Moment) 5% rHitung  ???? ??  rTabel "(0, 6847>3,339)" ?? ???? ????? ????????? ???????? ???? ??????? ?? ?????? ????? ?????? ????? ????? ??????? ?????? ?? ???? ????? ????? ??????? ????? ???? ????????? ????????? ?????? ??????? ????????? ???????? (?????)
ENGLISH FOR ACADEMIC PURPOSES COURSE FOR TERTIARY EDUCATION STUDENTS: A NEED ANALYSIS Hadi, Marham Jupri
Cordova Journal : language and culture studies Vol 6 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : UPT. UIN Mataram Language Development Center (P2B)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1927.874 KB)

Abstract

Abstract: This article presents need analysis as the outset for designing an English for Academic Purposes for participants learning in English Language Education of a private owned university in West Nusa Tenggara. The course was intended as a bridging program to enhance participants? ability to use academic English for a variety of puposes in particular to accomplish their assignments throughout their study. However, further analysis was carried out to gain deeper understanding about the participants learning needs through only survey, questionnaires and discussion with lecturers. This article further describes the rationale for conducting a need analysis, participans, and the steps of doing need analysis
PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB M.Pd., Mursidin
Cordova Journal : language and culture studies Vol 6 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : UPT. UIN Mataram Language Development Center (P2B)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3090.747 KB)

Abstract

Abstaract: Language as a tool, not as a goal? becames the most basic principal of designing communicative approach in the learning of foreign language. In this way, teaching foreign language should make students not only have recep competence but also demonstrative one. The problem that mostly comes is merely related to how to design and handle such way in the real teaching. This paper just give san alternative perspective in applying a communic ative approach in learning Arabic.
REVIEW ON TEN DISSERTATIONS WITH RESPECT TO TEACHING AND LEARNING ENGLISH IN ACOMPARATIVE PERSPECTIVE M.Pd., Fauzan
Cordova Journal : language and culture studies Vol 6 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : UPT. UIN Mataram Language Development Center (P2B)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6589.447 KB)

Abstract

Abstract: This study aims to analyze the diffrences and similarities of ten distinct research on the area of L2, whose parts such as problem formulation, method, result and discussion are compared. The result shows that four out of the ten problem formulations and results of the dissertations have a lot in common. This includes dissertations 4, 6, 8, and 10 which are better as they are more explicit and use logical rationales. Three of the ten dissertations have similarities in terms of title written structure and are worse than the rests because they are longer. The dissertations 2, 3, 4, 5, 6, 8 and 9 share similarities in terms of background or rationales for the studies and are better as they employ relevant studies. The dissertations 3, 4, 5, 6, 8, and 9 are similer in terms of literature review and are better than 1, 2, 7, and 10 as they are more adequate and relevant to the studies. In the aspect of methodology, dissertations 3, 4, 5, 6, 8, and 9 have similarities but are different from dissertations 1, 2, 7, and 10, because the components of the research methodology of the former are more explicit than those of the latter. In terms of discussion section, there are similarities am ong dissertations 2, 3, 8, 9, and 10 but different from the dissertations 1, 4, 5, 6, and 7. The former entail chapters of discussions which support the finding with related theories. This study is hoped to contribute to the betterment of research writing and recommends that another future study employing, for example, meta analysis procedure.
WAJAH PRAKSIS KURIKULUM BAHASA DI PTAI: Model Pengembangan Silabus Mata Kuliah Bahasa Arab Di IAIN Mataram Thohri, Muhammad
Cordova Journal : language and culture studies Vol 6 No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : UPT. UIN Mataram Language Development Center (P2B)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3705.087 KB)

Abstract

Abstarct; Penelitian ini didasarkan pada refleksi teori-regulasi-empiri tentang kurikulum Bahasa Arab PTAI. Mengacu pada konstruksi teori pengembangan silabus dan penghampiran kualitatif model penelitian lapangan, penelitian mencandra potret silabus konstruksi dosen dan inisiasi peneliti berupa proposed-model sebagai alternatif model silabus yang berterima. Capaian dan simpulan penelitian ini adalah (1) tidak ada model dan juga format yang dijadikan acuan atau disepakati dalam penyusunan silabus oleh dosen mata kuliah Bahasa Arab dan juga program studi. Institute tidak menyediakan aturan mengenai konstruksi silabus. Konstruksi mana suka mengindikasikan bahwa dosen dan program studi tidak sartu Bahasa dalam memahami konstruksi silabus yang sesuai aturan. Silabus dikontruksi secara mandiri tanpa koordinasi. (2) model acuan menawarkan model sekaligus format silabus yang mengacu pada silabus paedagogis, teori Bahasa, teori belajar Bahasa, dan teori konstruksi silabus serta mengadaptasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 49 tahun 2014. Model ajuan (proposed-model) merefleksikan kebutuhan konstruksi silabus yang sesuai regulasi dan kondisi mata kuliah Bahasa Arab di PTAI. Disarankan agar dilakukan review pedoman penyelenggaraan pembelajaran, pedoman turunannya termasuk pedoman penyusunan kurikulum dan silabus. Perlu juga sosialisasi dan upgrading emahaman tentang berbagai konten pedoman yang terkait dengan pembelajaran terutama Rencana Pembelajaran Semester (RPS).

Page 1 of 4 | Total Record : 35