Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi
ISSN : 2337571X     EISSN : -
Articles 53 Documents
PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENDIDIKAN IPS UNTUK MITIGASI BENCANA HIDROLOGI

Segara, Nuansa Bayu

Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 2 (2013): Edunomic Vol. 1 No.2 September 2013
Publisher : Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (55.405 KB)

Abstract

Abstrak Perilaku negatif dalam memanfaatkan lingkungan masih tercermin dalam pola kehidupan masyarakat Indonesia, sehingga dampak yang sama diberikan alam. Bencana hidrologis merupakan dampak yang dirasakan dari pemanfaatan lingkungan yang keliru. Pola kehidupan masyarakat perlu dirubah, penanaman nilai kelingkunganan perlu disemai sedini mungkin, dalam pembelajaran IPS hal tersebut sangat dimungkinkan, salah satu model yang relevan adalah problem based learning. Dengan model ini peserta didik akan mencari permasalahan bencana hidrologis (banjir dan kekeringan) dan akan mengeluarkan pengetahuan ide serta gagasan untuk memecahkan masalah tersebut. Model ini diharapkan akan mampu mengubah tingkah laku peserta didik dalam memanfaatkan lingkungan sekitarnya agar terhindar dari dampak bencana hidrologis. Kata Kunci : Bencana Hidrologis, Problem Based Learning

REKONTRUKSI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBANGUN WATAK WIRAUSAHA MAHASISWA

Yana, Enceng

Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 1 (2013): Edunomic Vol. 1 No.1 Januari 2013
Publisher : Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (40.559 KB)

Abstract

Abstrak Masih banyaknya lulusan pendidikan tinggi/sarjana yang belum memiliki pekerjaan merupakan hal yang sangat memilukan. Lulusan yang seharunya menjadi sumber daya yang yang strategis dalam membangun perekonomian suatu negara, belum mampu memberikan peran yang nyata. Salah satu faktor yang menjadi alternatif dalam menekan angka penganggguran yaitu digiatkannya entrepreneur. Namun pendidikan kewirausahaan yang selama ini diberikan kepada mahasiswa masih didominasi dengan teori-teori tantang entrepreneur/kewirausahaan. Jadi untuk memperbaiki hal tersebut adalah dengan merekonstruksi pendidikan kewirausahaan agar mampu menghasilkan lulusan yang memiliki watak wirausaha entrepreneur. Kata kunci : entrepreneur, kewirausahaan

PENGARUH PEMBIAYAAN KPR SYARIAH TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH DI KOTA CIREBON

Gunawan, Arie Indra, Cahyanti, Fitry

Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 2 (2014): Edunomic Vol. 2 No. 2 September 2014
Publisher : Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (49.782 KB)

Abstract

ABSTRACT House purchase is usually done by way of credit , in the case of purchases on credit , interest rates are the main things that must be considered, because the uncertainty of interest rates many buyers make purchases credit syariah . Thus the researchers designed a study that aims to determine the effect of the Syariah Financing Credit Home Buying Decision Process in Cirebon . Type of research is associative research, using statistical calculations, the total sample of 65 respondents were distributed by way of incidental techniques. The results of the study revealed a significant influence on the decision of the Islamic financing home purchases in the city of Cirebon. The results obtained by testing the hypothesis of Contents accepted hypothesis. The amount of effect that is equal to, 62.2 %. Keyword: Islamic financing, syariah financing, purchase decision.

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI INTERAKSI SOSIAL DAN PROSES INTERAKSI SOSIAL

Rozak, Abdul

Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 1 (2014): Edunomic Vol. 2 No. 1 Maret 2014
Publisher : Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi harapan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, begitu pula dengan proses belajar mengajar. Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat merubah pendekatan pembelajaran berorientasi pada guru (teacher centered approach) menuju pendekatan pembelajaran yang berorientasi kepada siswa (student centered approach). Selama ini metode ceramah dirasakan oleh siswa membosankan/menjenuhkan, tidak menarik dan membuat siswa tidak termotivasi untuk belajar yang berakibat rendahnya hasil belajar. Diharapkan masalah tersebut dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dalam pembelajaran konsep interaksi sosial dan proses interaksi sosial. Peneliti beranggapan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah disiapkan dapat memberikan kesan ingatan yang cukup kuat kepada siswa karena akan lebih berperan aktif. Siswa belajar memecahkan masalah dengan kelompok dan menginvestigasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan penerapan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terjadi peningkatan hasil belajar siswa, diperoleh nilai rata- rata pada siklus I sebesar 71,42. Setelah melakukan refleksi pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 75,37. Terjadi peningkatan sebesar 4,15. Penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Kota Cirebon melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dalam pembelajaran memahami konsep interaksi sosial dan proses interaksi sosial pada mata pelajaran IPS. Kata kunci: Hasil belajar, Group Investigation.

MENANAMKAN IDENTITAS KEBANGSAAN MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS NILAI-NILAI BUDAYA LOKAL

Basyari, Iin Wariin

Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 2 (2013): Edunomic Vol. 1 No.2 September 2013
Publisher : Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (44.465 KB)

Abstract

Abstrak Modernisasi dan globalisasi merupakan suatu keniscayaan, yang cepat atau lambat akan melanda negara bangsa di dunia. Apabila fenomena tersebut disikapi dengan cara yang tidak cerdas dan tidak kritis maka akan membius dan membelengu suatu masyarakat ke dalam hegemoni kekuatan luar yang sangat dahsat. Pendidikan berbasis nilai-nilai budaya lokal merupakan upaya strategis untuk menanamkan dan menjunjung tinggi identitas bangsa dan Negara agar tetap melekat di kalangan generasi muda Indonesia. Dengan demikian pendidikan nasional akan memberikan kontribusi yang memadai terhadap pembentukan manusia Indonesia yang berbudaya, beradab, bermartabat dan beridentitas ke-Indonesiaan. Kata Kunci : modernisasi, budaya lokal, nilai

PENGARUH PASOKAN BAHAN BAKU TERHADAP PROSES PRODUKSI DAN TINGKAT PENJUALAN PADA INDUSTRI ROTAN KABUPATEN CIREBON

Nurhayati, Yayat, Komara, Acep

Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 1 (2013): Edunomic Vol. 1 No.1 Januari 2013
Publisher : Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (119.849 KB)

Abstract

ABSTRACT Industry downturn processing of rattan in the industrial wicker cirebon since 2005 the cause was difficult to obtain raw materials. As a result, many industries are bankrupt due to not able to reproduce in the absence of a sufficient supply of raw materials. . This is in line with its issued ministerial decree No. trade. 12/M-DAG/PER/6/2005 about provisions that allow the export of rattan exports of raw and semi-finished rattan (coupled with the influx of rattan raw materials abroad illegally). To revive the national rattan industries, the government issued a new policy in the form of ministerial decree No. trade. 35/M-DAG/PER/11/2011 about provisions rattan and rattan products export to ban exports of raw outwards, was published in November 2011. Smooth production process should be supported by the supply of raw materials is needed. Similarly, the sale can only be done by the industry if the availability of goods - manufactured goods. The variable in this study is the supply of raw material (X), the production process (Y1), and sales (Y2). This writing used associative method, which is a study that aims to determine the relationship between two variables or more. The techniques used in this research is the study of library and field research (interviews and documentation) whereas hypothesis testing used statistical test and analysis tools such as correlation analysis, analysis of the coefficient of determination and test of calculate. Keyword : the supply of raw materials; production process; level of sales

PENGGUNAAN RUBRIK SEBAGAI ALTERNATIVE ASSESSMENT PADA MATA KULIAH SEMINAR STUDI SOSIAL

Segara, Nuansa Bayu

Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 2 (2014): Edunomic Vol. 2 No. 2 September 2014
Publisher : Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (56.828 KB)

Abstract

ABSTRAK Evaluasi merupakan salah satu tahap yang harus ditempuh dalam sebuah proses pembelajaran. Tradisional assesmen seperti paper based test, kurang menyentuh aspek-aspek yang perlu dinilai dalam proses pembelajaran seperti softskills atau produk yang dimiliki peserta didik, sehingga perlu alternatif lain untuk melengkapi kekurangan tersebut. Jawaban dari permasalahan tersebut adalah penilaian otentik atau alternative assesment yang dirancang untuk menilai secara terukur, objektif dan jelas kriterianya. Rubrik adalah salah satu dari penilaian otentik atau alternative assesment tersebut. Artikel ilmiah ini adalah tuangan ide dan gagasan untuk penggunaan rubrik dalam mengukur kemampuan presentasi setiap individu di proses pembelajaran. Tahap-tahap menyusun rubrik untuk mengukur presentasi hingga menentukan kriteria nilai peserta didik akan dijelaskan dalam artikel ilmiah ini. Kata kunci : Penilaian otentik, Alternative Assesment, rubrik

UPAYA MENJADI GURU YANG PROFESIONAL

., Laelasari

Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 2 (2013): Edunomic Vol. 1 No.2 September 2013
Publisher : Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (46.934 KB)

Abstract

Abstrak Dalam konteks pembangunan sektor pendidikan, pendidik merupakan pemegang peran yang sangat sentral. Guru adalah jantungnya pendidikan. Tanpa denyut dan peran aktif guru, kebijakan pembaruan pendidikan secanggih apa pun tetap akan sia-sia. Sebagus apa pun dan semodern apa pun sebuah kurikulum dan perencanaan strategis pendidikan dirancang, jika tanpa guru yang berkualitas, tidak akan membuahkan hasil optimal. Pendidikan yang baik dan unggul tetap akan tergantung pada kondisi mutu guru. Upaya untuk meningkatkan mutu guru adalah Sertifkasi guru. Kualitas pendidikan bangsa ini banyak ditentukan oleh kualitas para gurunya. Guru adalah ‘boss in the class’. Guru adalah orang yang bertatap muka langsung dengan peserta didik. Sebagus apa pun dan semodern apa pun sebuah kurikulum dan perencanaan strategis pendidikan dirancang, jika tanpa guru yang berkualitas, tidak akan membuahkan hasil optimal. Kata kunci : Guru, Pendidikan

MENINGKATKAN KUALITAS PERKULIAHAN MELALUI TEAM TEACHING

Wiradinata, Djohan Rochanda

Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1, No 2 (2013): Edunomic Vol. 1 No.2 September 2013
Publisher : Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (76.756 KB)

Abstract

Abstrak Proses pembelajaran di perguruan tinggi harus mengalami dinamisasi dan inovasi, sehingga kualitas proses perkuliahan meningkat. Salah satu upaya peningkatan kualitas perkuliahan di perguruan tinggi dengan team teaching. Team teaching merupakan proses perkuliahan yang diampu lebih dari seorang dosen. Idealnya dosesn yang menjadi perpaduan team teaching adalah dosen senior dan dosen junior, selain bertujuan regenerasi melalui proses bimbingan, team teaching juga dapat menjadi sarana tukar menukar informasi yang berhubungan dengan perkuliahan. Ide-ide mutakhir yang tidak tercover oleh dosen senior mungkin akan tercover oleh dosen junior, tentu dengan pengalaman yang panjang dosen senior akan membantu dosen junior dalam proses perkuliahan. Kolaborasi dalam team teaching ini akan menghasilkan proses perkuliahan yang luar biasa dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. Kata Kunci : team teaching, perkuliahan, dosen

KURIKULUM PAI DALAM PERSPEKTIF MULTIKURTURALISME

., H. Komarudin

Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2, No 2 (2014): Edunomic Vol. 2 No. 2 September 2014
Publisher : Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.208 KB)

Abstract

ABSTRAK Wacana tentang pendidikan multikulturalisme terus kian mengemuka seiring dengan terus bergulirnya arus demokrasi dalam kehidupan bangsa, yang berimplikasi terhadap penguatan civil society dan penghormatan terhadap HAM. Demokrasi yang sudah menjadi pilihan bangsa sejak gerakan reformasi di akhir abad ke-20 yang baru lalu, tidak sekedar tercermin dalam bentuk partisipasi masyarakat pada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, kebebasan masyarakat untuk menyampaikan pendapat, gagasan dan kritik social mereka terhadap kebijakan-kebijakan pemerintah yang menyangkut kebutuhan publik, tapi benar-benar menjadi ruh kehidupn masyarakat dalam berbangsa ini, membangun persatuan dan kesatuan, membangun kekuatan dalam kemajemukan, serta menghilangkan sekat-sekat kultur, ras, bahasa dan agama demi kepentingan bangsa ke depan, yang dituntut untuk semakin kompetitif dalam menghadapi persaingan global. Kata kunci : Pendidikan Multikulturalisme, Demokrasi