cover
Contact Name
Wuri Handayani, Ph.D.
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Faculty of Economics and Business, Universitas Gadjah Mada Jalan Sosio Humaniora No. 1, Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Journal of Indonesian Economy and Business
ISSN : 20858272     EISSN : 23385847     DOI : -
Core Subject : Economy,
Journal of Indonesian Economy and Business (JIEB) is open access, peer-reviewed journal whose objectives is to publish original research papers related to the Indonesian economy and business issues. This journal is also dedicated to disseminating the published articles freely for international academicians, researchers, practitioners, regulators, and public societies. The journal welcomes author from any institutional backgrounds and accepts rigorous empirical or theoretical research paper with any methods or approach that is relevant to the Indonesian economy and business content, as long as the research fits one of three salient disciplines: economics, business, or accounting.
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 12, No 3 (1997): July" : 7 Documents clear
HUBUNGAN INFORMASI LAPORAN KEUANGAN DENGAN PERUBAHAN PRICING OF EARNING Hwihanus, Hwihanus; INDRIANTORO, NUR
Journal of Indonesian Economy and Business Vol 12, No 3 (1997): July
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1580.938 KB)

Abstract

Tujuan studi ini untuk menguji seberapa besar hubungan informasilaporan keuangan dalam memprediksi perubahan earning dimasa datang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informasi laporan keuangan perusahaan manufaktur pada tahun 1995 dan 1996. Untuk pengujian dalam mempresiksi digunakan analisis regresi dan model logit.Hasil pengujian menunjukkan bahwa informasi laporan keuangankhususnya deviden per lembar saham, laba per lembar saham dan harga saham tidak bermanfaat untuk memprediksi earning lebih darisatu tahun ke depan.
KEPUTUSAN KEPUTUSAN STRATEJIK UNTUK MENGEKSPLORASI SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN Dharmmesta, Basu Swastha
Journal of Indonesian Economy and Business Vol 12, No 3 (1997): July
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1828.732 KB)

Abstract

Sikap konsumen telah terbukti menjadi prediktor bagi perilakunva. Prediksi perilaku konsumen yang didasarkan pada pendekatan statistikmelibatkan empat tahapan: (1) menemukan korelasi antar variabel, (2)memfokuskan model Ajzen-Fishbein sebagai a wal bahasan, (3) mengkaji model alternatif, dan (4) mencari variabel penengah. Eksplorasi model yang mengkaitkan sikap dengan perilaku yang telah melibatkan berbagai bidang keilmuan, seperti ilmu psikologi sosial, sosiologi, dan ekonomi, khususnya yang berkaitan dengan riset keputusan, dilakukan untuk mencari pembandingan bagi kemunculan model serupa dari psikologi kognitif. Makalah ini juga membahas pemahaman tentang perilaku konsumen yang terarah pada tujuan, persiapan konsumen untuk berperilaku, struktur sikap, dan pendekatan eksperimental.
ANALYSIS OF THE USE OF ACCOUNTING PRODUCT COSTS IN OLIGOPOLISTIC PRICING DECISION Naim, Ainun
Journal of Indonesian Economy and Business Vol 12, No 3 (1997): July
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (985.238 KB)

Abstract

Makalah ini menganalisis masalah proses penentuan harga oleh manajerdalam pasar oligopolistik. Literatur ekonomi memberikan pendekatan penentuan harga berdasarkan analisis terhadap biaya marginal dan penghasilan marginal (marginal cost and marginal revenue analysis), sementara bukti empirik menunjukkan bahwa manajer cenderung menggunakan pendekatan akuntansi (Govindarajan dan Anthony 1980), i.e., biaya variabel dan biaya penuh (variabel dan full costing). Analisis terhadap informasi sebagai proksi untuk marginal cost dalam proses heuristic penentuan harga. Makalah ini mengembangkan analisis mengenai penggunaan informasi biaya produksi akuntansi telah diteliti dalam struktur pasar monopoli (Lere 1983 dan 1986), dan struktur pasar oligopoli (Dorward 1986). Perbedaan makalah ini dengan makalah Dorward adalah bahwa makalah ini menganalisis proses penentuan harga dengan menggunakan Bertrands model, sementara Dorward menggunakan Cournouts model Hasil analisis makalah ini menunjukkan bahwa Bertrands model memberikan hasil yang sama dengan Cournots model, tetapi Bertrands model lebih menunjukkan kompleksitas proses penentuan harga dalam dalam pasar oligopoli yang lebih tinggi dibanding dengan proses penentuan harga pada pasar monopoli. Dalam pasar oligopoli manajer tidak cukup hanya memperhatikan fungsi perntintaan dan biayanya sendiri tetapi harus juga memperhatikan fungsi permintaan dan biaya kompetitor, dan aksi dan reaksi kompetitor.
THE IMPACTS OF INDIGENOUS-CHINESE RELATIONS ON MUSLIM-CHRISTIAN RELATIONS: ECONOMIC, POLITICAL, SOCIAL, CULTURAL, AND HISTORICAL ANALYSIS Sudibyo, Bambang
Journal of Indonesian Economy and Business Vol 12, No 3 (1997): July
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2102.487 KB)

Abstract

Tensions between the Muslims and the Christians have been high in the 90s. The tensions, this writer believes, are strongly confounded by ethnic prijudice beween the predominantly Muslim poor indigeneous and predominantly Christian wealthy Chinese. Relaxing the just mentioned tensions, therefore, should precede any other attemls to relax the tensions between the Muslims and the Christians. This writer proposes Malaysian model of affirmative programs for the Indegeneous to relax tension between the Indegeneous and the Christians, and therefore the Muslims and the. Christians
PENGARUH KATEGORI INDUSTRI TERHADAP PRICE-EARNING (P/E) RATIO DAN FAKTOR-FAKTOR PENENTUNYA Sartono, Agus; Munir, Misbahul
Journal of Indonesian Economy and Business Vol 12, No 3 (1997): July
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3351.171 KB)

Abstract

Hasil penelitian yang mengambil sampel tujuh jenis industri selama jangka waktu tahun 1991 sampai dengan 1996 mengindikasikan beberapa hal, yaitu (1) nilai PER rata-rata masing-masing industri menunjukkan perbedaan yang nyata, (2) perilaku PER suatu perusahaan pada industri tertentu dapat dijelaskan oleh variabel-variabel dividend payout ratio, pertumbuhan laba, return on equity, ukuran perusahaan (dinyatakan dalam variabel total assets), penjualan (diukur dengan variabel P/S ratio) dan debt equity ratio, (3) arah hubungan dan tingkat pengaruh masing-masing variabel (baik besar maupun signifikansinya) dalam menjelaskan PER berbeda antara industri satu dengan industri lainnya, dan (4) kemampuan faktor-faktor yang menjadi penentu PER untuk menjelaskan perilaku PER secara bersama-sama juga berbeda antar industri. Penelitian ini sendiri, sampai tingkat tertentu, merupakan replikasi dari penelitian yang dilakukan oleh Mpaata and Sartono (1997) terhadap sampel tujuh industri di Amerika Serikat
MANAGING CHANGE THROUGH LEADERSHIP DEVELOPMENT PROGRAM: SOCIAL PSYCHOLOGICAL APPROACH An experience from FT. Caltex Pacific Indonesia Ancok, Djamaludin
Journal of Indonesian Economy and Business Vol 12, No 3 (1997): July
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (86.186 KB)

Abstract

The changes in the business environment may bring a company into a dangerous situation if the company does not react properly to the changes. In order to successfully coping with the change, a number of companies have taken several measures to improve the performance, either by restructuring, or reengineering their organization. Usually there are two areas of changes that take the attention of management. Firstly, the changes in shared vision, business strategy, structure, and system of organization. Secondly, the change in human behavior of organization, which consists of staff, skill, and style. Pascale and A thos (1981) in their se ven S model of chronic organization, called the former as the hard S while the latter they called soft 5. No matter how excellent are the business strategy, structure and system, the changes in an organization would not occur unless there are changes in human behavior. This paper discusses the effort to change the behavior, with specialemphasis on leader behavior. A case study from an oil company, Caltex Pacific Indonesia (CPI) which is in the process of restructuring, would be utilized as an illustration of the effort to change the organization through leadership development program. In CPI a massive leadership development program has been launched to speed up the process of change. The program covers all layers of leaders, starting from the bottom layer up to the top management level. The bottom layer focuses on transformational leadership, the second upper layer stresses on synergistic leadership, and the top layer concentrates on visionaryleadership. Based on qualitative data found from a preliminary study aimed at assessing the impacts of the program in speeding up the change in CPI, it was found that the CLD program has contributed positively to the change process.
MANAJEMEN PERUBAHAN Mulyadi, Mulyadi
Journal of Indonesian Economy and Business Vol 12, No 3 (1997): July
Publisher : Faculty of Economics and Business, Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2920.704 KB)

Abstract

Jika di masa lalu orang yakin bahwa di dunia ini yang konstan adalah perubahan, dalam era globalisasi dan era informasi ini, perubahan sendiri telah mengalami perubahan. Perubahan di masa sekarang dan di masa yang akan datang tidak hanya konstan, namun telah berubah menjadi pesat, radikal, dan pervasif. Dengan terjadinya perubahan atas perubahan itu sendiri, manajer dituntut untuk memiliki kompetensi dalam memimpin perubahan didalam organisasinya , yang sejalan dengan perubahan yang terjadi dalam lingkungan bisnis tempatberoperasinya organisasi tersebut. Oleh karena itu, manajer perlu mengenali karakteristik perubahan di era globalisasi dan era informasi ini, untuk membangkitkan rasa keterdesakan dalam diri mereka tentang pentingnya kompetensi untuk mengelola perubahan. Setelah rasa keterdesakan ini timbul, manajer perlu melakukan eksplorasi ke dalam daerah kompetensi baru : manajemen perubahan. Banyak sistem informasi akuntansi dan sistem informasi manajemen yang dirancang oleh konsultan berakhir pada tempat penyimpanan di almari ruang kantor direksi, sebagai akibat tidak dilaksanakannya sistem tersebut. Sistem informasi yang dirancang dengan tujuan untuk melakukan perubahan praktikpraktik bisnis yang dilaksanakan oleh perusahaan dengan para stakeeholder-nya berakhir dengan kegagalan, karena ketidakmampuan manajemen di dalam mengelola perubahan. Artikel ini ditulis berdasarkan dua alasan berikut ini. Pertama adalah adanya perubahan atas perubahan itu sendiri, sebagaimana telah diuraikan di atas. Perubahan yang telah mengalami perubahan tersebut memerlukan kompetensi manajer dalam mengelola perubahan. Kedua adalah karena ketidakmampuan manajer dalam mengelola perubahan, banyak sekali sistem manajemen (termasuk didalamnya sistem informasi manajemen dan sistem informasi akuntansi) yang telah didesain oleh konsultan tidak berhasil diimplementasikan. Tujuan yanghendak dicapai melalui tulisan ini adalah untuk membangkitkan kesadaran manajer tentang perlunya mereka memiliki kompetensi dalam mengarungi lingkungan bisnis yang turbulen ini. Artikel ini membahas tiga hal penting berikut ini : (1) mengenal karakteristik perubahan di era globalisasi ini, untuk membangkitkan keterdesakan dalam diri manajer tentang perlunya perubahan dan perlunya kompetensi untuk mengelola perubahan secara profesional, (2) menjelaskan perlunya perumusan kembali peran manajer, agar di dalam peran tersebut terkandung kompetensi yang diharapkan mampu memenuhi tuntutan lingkungan bisnis global : improvement berkelanjutan, dan (3) menguraikan siklus perubahan transformasional dan kompetensi yang diperlukan dalam pegelolaan setiap tahap siklus perubahan tersebut, (4) sisi bayangan suatu perubahan yang perlu dipertimbangkan dalam merencanakan dan mengimplementasikan perubahan transformasional.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

1997 1997


Filter By Issues
All Issue Vol 34, No 1 (2019): January Vol 33, No 3 (2018): September Vol 33, No 2 (2018): May Vol 33, No 1 (2018): JANUARY Vol 32, No 3 (2017): SEPTEMBER Vol 32, No 2 (2017): MAY Vol 32, No 1 (2017): JANUARY Vol 31, No 3 (2016): September Vol 31, No 3 (2016): SEPTEMBER Vol 31, No 2 (2016): MAY Vol 31, No 1 (2016): JANUARY Vol 30, No 3 (2015): SEPTEMBER Vol 30, No 2 (2015): MAY Vol 30, No 1 (2015): January Vol 29, No 3 (2014): September Vol 29, No 2 (2014): May Vol 29, No 1 (2014): January Vol 29, No 1 (2014) Vol 28, No 3 (2013): September Vol 28, No 2 (2013): May Vol 28, No 1 (2013): January Vol 27, No 3 (2012): September Vol 27, No 2 (2012): May Vol 27, No 1 (2012): January Vol 26, No 3 (2011): September Vol 26, No 2 (2011): May Vol 26, No 1 (2011): January Vol 25, No 3 (2010): September Vol 25, No 2 (2010): May Vol 25, No 1 (2010): January Vol 24, No 3 (2009): September Vol 24, No 2 (2009): May Vol 24, No 1 (2009): January Vol 23, No 4 (2008): October Vol 23, No 3 (2008): July Vol 23, No 2 (2008): April Vol 23, No 1 (2008): January Vol 22, No 4 (2007): October Vol 22, No 3 (2007): July Vol 22, No 2 (2007): April Vol 22, No 1 (2007): January Vol 21, No 4 (2006): October Vol 21, No 3 (2006): July Vol 21, No 2 (2006): April Vol 21, No 1 (2006): January Vol 20, No 4 (2005): October Vol 20, No 3 (2005): July Vol 20, No 2 (2005): April Vol 20, No 1 (2005): January Vol 20, No 4 (2005): October Vol 20, No 3 (2005): July Vol 20, No 2 (2005): April Vol 20, No 1 (2005): January Vol 19, No 4 (2004): October Vol 19, No 3 (2004): July Vol 19, No 2 (2004): April Vol 19, No 1 (2004): January Vol 19, No 4 (2004): October Vol 19, No 3 (2004): July Vol 19, No 2 (2004): April Vol 19, No 1 (2004): January Vol 18, No 4 (2003): October Vol 18, No 3 (2003): July Vol 18, No 2 (2003): April Vol 18, No 1 (2003): January Vol 18, No 4 (2003): October Vol 18, No 3 (2003): July Vol 18, No 2 (2003): April Vol 18, No 1 (2003): January Vol 17, No 4 (2002): October Vol 17, No 3 (2002): July Vol 17, No 2 (2002): April Vol 17, No 1 (2002): January Vol 17, No 4 (2002): October Vol 17, No 3 (2002): July Vol 17, No 2 (2002): April Vol 17, No 1 (2002): January Vol 16, No 4 (2001): October Vol 16, No 3 (2001): July Vol 16, No 2 (2001): April Vol 16, No 1 (2001): January Vol 15, No 4 (2000): October Vol 15, No 3 (2000): July Vol 15, No 2 (2000): April Vol 15, No 1 (2000): January Vol 14, No 4 (1999): October Vol 14, No 3 (1999): July Vol 14, No 2 (1999): April Vol 14, No 1 (1999): January Vol 13, No 4 (1998): October Vol 13, No 3 (1998): July Vol 13, No 2 (1998): April Vol 13, No 1 (1998): January Vol 12, No 3 (1997): July Vol 12, No 2 (1997): April Vol 12, No 1 (1997): January Vol 11, No 1 (1996): January Vol 10, No 1 (1995): September Vol 9, No 1 (1994): May Vol 8, No 1 (1993): September Vol 7, No 1 (1992): September Vol 6, No 1 (1991): September Vol 5, No 2 (1990): September Vol 5, No 1 (1990): April Vol 4, No 1 (1989): April Vol 3, No 1 (1988): September Vol 2, No 1 (1987): September Vol 1, No 1 (1986): September More Issue