cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 32 Documents
Search results for , issue " Vol 7, No 3 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED" : 32 Documents clear
UPAYA MENGOPTIMALKAN BIMBINGAN KONSELING UNTUK MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG SISWA (SISWA YANG MEROKOK DI SEKOLAH) Sinambela, Betty
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 3 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : PGSD Universitas Negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v7i3.9257

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: sejauh mana Upaya Mengoptimalkan Bimbingan Konseling Untuk Mengatasi Perilaku Menyimpang Siswa (Siswa Yang Merokok Di Sekolah). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Murid-Murid Kelas XII SMA N 3 Bagan Sinembah. Tempat penelitian dilakukan di SMAN 3 Bagan Sinembah Kecamatan Bagan Sinembah yang beralamat di Bortrem Jaya Kepenghuluan Bagan Sinembah Kec.Bagan Sinembah. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik , observasi,dokumentasi dan diskusi. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Upaya Mengoptimalkan Bimbingan Konseling Untuk Mengatasi Perilaku Menyimpang Siswa (Siswa Yang Merokok Di Sekolah) bisa di katakan cukup berhasil.Kata kunci : Upaya, Bimbingan Konseling, Perilaku Menyimpang
PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN “TEMBAK KALENG” SEBAGAI ALTERNATIF VARIASI PERMAINAN BOLA KECIL DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 TEBING TINGGI Sinaga, Ontong
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 3 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : PGSD Universitas Negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v7i3.9262

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk model permainan “Tembak Kaleng” sebagai alternatif variasi permainan bola kecil dalam pembelajaran Penjasorkes bagi siswa kelas VIII. Desain uji coba menggunakan desain eksperimental dengan dua tahap: 1) skala kecil 16 siswa, 2) skala besar 34 siswa. Subjek uji coba adalah sasaran pemakaian produk, yaitu siswa kelas VIII SMP N 6 Tebing Tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh berdasarkan hasil uji coba skala kecil persentase jawaban sangat baik (70,8%), baik (18,75%) dan kurang baik (10,42). Hasil uji coba skala besar dengan persentase jawaban sangat baik (87,25%), baik (7,84%), dan kurang (4,9%). Sedangkan persentase yang diperoleh dari hasil data evaluasi ahli yaitu ahli penjas masuk dalam kategori baik (77,33%), ahli pembelajaran I masuk katagori baik (90,67%), ahli pembelajaran II masuk katagori cukup baik (65,33%).Kata kunci : Pengembangan, Permainan, Bola Kecil, Tembak Kaleng
PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X MELALUI PELATIHAN ASERTIF DI SMA NEGERI 1 BAGAN SINEMBAH Tiorensi, Tiorensi
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 3 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : PGSD Universitas Negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v7i3.9256

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah: Meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X SMA Negeri I Bagan Sinembah Tahun Pelajaran 2016/2017 Melalui Pelatihan Asertif. Prosedur perbaikan pembelajaran meliputi kegiatan pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang disusun oleh Kemmis dan Mc Targgat yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi, serta pelaksanaan penelitian ini dirancang 2 siklus, dengan hasil Secara kuantitatif diperoleh hasil siklus I dari sebanyak 37 orang siswa yang di tes skala kepercayaan dirinya terdapat 10 orang yang memiliki kepercayaan diri Rendah, 19 orang memiliki kepercayaan diri Sedang dan hanya 6 orang yang memiliki kepercayaan diri yang Tinggi terjadi peningkatan yang sangat signifikan pada siklus II yaitu dari sebanyak 37 orang siswa yang dilakukan postes skala kepercayaan dirinya terdapat 15 orang memiliki kepercayaan diri Sedang dan hanya 22 orang yang memiliki kepercayaan diri yang Tinggi.Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Pelatihan Asertif
APPLICATION OF THE METHOD OF INQUIRY TO IMPROVE THE ACTIVITY AND STUDENT LEARNING OUTCOMES IN CUBES AND BLOCKS OF MATTER IN CLASS V PRIMARY SD NEGERI 168432 TEBING TINGGI Hotmaida, Hotmaida
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 3 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : PGSD Universitas Negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v7i3.11252

Abstract

The purpose of this research is to improve the activity and student learning outcomes in a cube of material and beam using in the method of inquiry. The subjects used in this study were students class V of SD Negeri 168432 Tebing Tinggi city, the number of 23 students. From the results of test that have been administered in the first cycle of action gained 14 students of the 23 students who have achieved mastery learning with classical completeness level equivalent to 30,43% or lower category. Because of the level of mastery learning classical is not reached, then procced to the second cycle. In the second cycle gained13 students from 23 students who have achieved mastery learning with classical completeness level equivalent to 56,52% or lower category. Because of the level of mastery learning classical is not reached, then procced to the three cycles. In the three cycles gained19 students from 23 students who have achieved mastery learning with classical completeness level equivalent to 82,61%, equivalent to a high category. In the three cycles has been no increase as expected.Key words : Application of the method of inquiry, Activity, Learning outcomes
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CETAK BERBASIS PENILAIAN KINERJA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA SD KELAS VI N, Ermaniatu; Taufik, M.
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 3 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : PGSD Universitas Negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v7i3.9251

Abstract

This study aims to identify the characteristics of the print instructional materials sufficient to increase the ability of science students to be able to apply the concept of science in everyday life. Limited scale test conducted on 10 students of class VI SDN Tembong 2. Data were obtained using a questionnaire method using printed teaching materials based performance assessment. Data processing questionnaire using Likert scale. The conclusion in this study is the result of the analysis of testing experts that the performance assessment based teaching material can be a source of learning and show good results with their respective test scores for the acquisition of 80.95% scientists, education experts test 96%, 85.33% expert test design and test a limited scale at 93.5%.Keywords: Print Instructional Materials, Performance Assessment.
UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMP NEGERI 5 Simanungkalit, Netti
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 3 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : PGSD Universitas Negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v7i3.9261

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis M targart, dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 kota Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis dekriptif kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh. Penerapan Pembelajaran dengan model Jigsaw materi kebebasan mengemukakan pendapat pada mata pelajaran PKN di kelas VII SMP Negeri 5 kota Tebing Tinggi memiliki dampak positif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan aktivitas dan motivasi siswa dalam setiap siklus, dan dinyatakan berhasil.Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
KONTRIBUSI ZAKAT DALAM MENURUNKAN TINGKAT KEMISKINAN DI INDONESIA Nurmayani, Nurmayani
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 3 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : PGSD Universitas Negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v7i3.9255

Abstract

ABSTRAKSecara bahasa, zakat bermakna tumbuh dan bertambah. Adapun secara istilah, zakat adalah hak khusus, di dalam harta khusus, untuk golongan khusus, yang wajib ditunaikan denganmemenuhi syarat-syarat tertentu. Zakat akan mengembangkan harta, membersihkannya, serta menyucikan pemilik harta. Dengan zakat, keadilan masyarakat akan terealisasi, hati takkan terpenuhi dengan sifat kikir, tamak, pun tidak dengan sifat benci dan permusuhan. Zakat berarti memberikan bagian tertentu dari harta yang berkembang jika sudah sampai nishob untuk keperluan tertentu. Zakat merupakan rukun islam yang ketiga dan wajib dikeluarkan oleh seorang muslim. Berdasarkan jumlah populasi muslim di Indonesia, zakat memiliki potensi yang cukup besar. Namun kesadaran muslim di Indonesia untuk membayar zakat masih rendah. Oleh karena itu, hal inilah yang mendasari penulis mengangkat bagaimana kontribusi zakat dalam menurunkan tingkat kemiskinan di Indonesia.Kata kunci : Zakat, Nishob, Kemiskinan
UPAYA MENINGKAKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KOMPETENSI DASAR PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN KELAS IX 8 SMP NEGERI 4 TEBING TINGGI Kadir, Abd.
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 3 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : PGSD Universitas Negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v7i3.9265

Abstract

ABSTRAKPenelitian di SMP Negeri 4 Tebing Tinggi ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan metode eksperimen dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IX.8 SMP Negeri 4 Tebing Tinggi sebanyak satu kelas yang berjumlah 35 siswa. Hasil temuan penelitian persentasi hasil keaktifan belajar siswa berdasarkan pengamatan observer pada tindakan siklus I pertemuan I yaitu 71,52% (cukup aktif), siklus I pertemua II yaitu 72,30% (cukup aktif), sedangkan persentasi hasil keaktifan belajar siswa pada tindakan siklus II pertemuan I yaitu 82,30% (aktif), siklus II pertemuan II yaitu 84,01% (aktif). Hasil pengamatan guru kelas tentang penerapan metode eksperimen tindakan siklus I pertemuan I yaitu 68,75% (kurang baik), dan tindakan siklus I pertemuan II yaitu 78,12% (cukup baik), sedangkan hasil pengamatan guru kelas tentang penerapan metode eksperimen tindakan siklus II pertemuan I yaitu 87,5% (baik) dan tindakan siklus II pertemuan II yaitu 93,75% (sangat baik).Kata kunci: Eksperimen, Meningkatkan, Menggunakan.
KONTRIBUSI MODEL PEMBELAJARAN PAKEM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 31 JAKARTA Manurung, Alberth Supriyanto
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 3 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : PGSD Universitas Negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v7i3.9250

Abstract

The objective of the research is to determine the contribution learning modelPAKEM with mathematic learning result. The study makes use of survey methodwhich implements regression and contribution technique. The research wasconducted at SMA 31 Jakarta, kecamatan Matraman, Jakarta Timur with n = 36using Cluster Sampling technique.The result of research show there is a positivecontribution learning model PAKEM with mathematic learning result. Based on theresult of research, the students mathematic learning result could be enhanced byincreasing learning model PAKEM, since the result of verification simply be able toprove the learning model PAKEM to be significant determinant factors.Keyword: learning model PAKEM, mathematic learning result and contribution
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SERTA KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI Simbolon, Maringan
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 3 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : PGSD Universitas Negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v7i3.9259

Abstract

ABSTRAKMotivasi belajar siswa merupakan factor yang sangat menentukan keberhasilan prestasi siswa dalam belajar. Salah satu factor yang dpat meningkatkan motivasi belajar adalah penggunaan model belajar yang bervariatif dan relevan dengan pokok bahasan atau materi yang dipelajari. Untuk itulah sangat dituntut kemampuan guru dalam menggunakan berbagai model pembelajaran. Melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan partisifasi belajar siswa untuk meningkatkan prestasi dan kreativitas belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran cooperative learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan cooperative learning dapat meningkatkan motovasi dan partisifasi belajar sehingga dapat merubah paradigm belajar dari teacher centered ke student centered. Secara tidak langsung metode ini berhasil juga meningkatkan hasil atau prestasi belajar serta kreativitas siswa dalam belajar.Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Meningkatkan motivasi dan kreativitas

Page 1 of 4 | Total Record : 32


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 8, No 4 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 3 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 2 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 1 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 4 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 3 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 2 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 1 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 3, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 2, No 1 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 1 (2014): School Education Journal Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 1, No 1 (2013): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 1 (2013): SCHOOL EDUCATION JOURNAL More Issue