cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue " Vol 7, No 2 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED" : 16 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS BOLA BASKET MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 163084 Purba, Erlina
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 2 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v7i2.6862

Abstract

ABSTRAKPermasalahan dalam PTK ini adalah Apakah model pembelajaran cooperatif Tipe  STAD (Student Teams-Achievement Divisions) dapat meningkatkan hasil belajar Chest Pass Bola Basket di Sekolah  Dasar Negeri 163084 Kota Tebing Tinggi? Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan di SD Negeri 163084 Tahun Pelajaran  2016/2017 pada bulan  Agustus-November 2016. Objek yang diteliti adalah siswa kelas kelas VI SD Negeri 163084 Kota Tebing Tinggi yang besifat heterogen yang berjumlah 36 siswa. Dari hasil siklus I menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan sebelum pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dari 36 siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 20 siswa (55%) dan siswa yang tidak mengalami ketuntasan belajar sebanyak 16 siswa (45%). Pada siklus II siswa yang mengalami ketuntasan belaajar sebanyak 28 siswa (77%) dan siswa yang tidak mengalami ketuntasan belajar sebanyak 8 siswa (23%) . Dari perolehan siklus II hasil Belajar siswa sudah mencapai ketuntasan klasikal 75 %. Kata Kunci: Belajar, Hasil Belajar,  Metode STAD
IBM PENELITIAN TINDAKAN KELAS GURU SD NEGERI 101868 DAN SDN 105323 DESA BAKARAN BATU KABUPATEN DELI SERDANG MELALUI PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN Djulia, Ely; Simatupang, Halim; Nurhairani, Nurhairani; Amrizal, Amrizal
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 2 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v7i2.6853

Abstract

This study was conducted by delivering 8-day action research workshop, followed up by mentoring into each group during teacher doing action research focusing on designing action research proposal, wrting their action research report, and wrting report into scientific article,,facilitating teacher to publish their article into journal at  LPM Unimed or journal with  ISSN.This study was conducted at two partner schools:  SD Negeri 101868 Desa Sena Kecamatan Batang Kuis and  SD Negeri 105323 Desa Bakaran Batu Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. The outcome of this  IbM is Primary teachers understand principle and procedure of action research, teachers are able to design and write action research proposal, conduct action research, from planning, action, observation, until  reflection, reporting result of action research and publish them into scientific journal. The output of this IbM is product of action research reports and scientific articles, hopefully they can be published. Key Word: Action Research Workshop, Teaching Learning Innovation
UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKURI TERBIMBING PADA SISWA KELAS XI-1 SMP NEGERI 1 SECANGGANG Suharningsih, Endang
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 2 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v7i2.6858

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui bagaimana cara menerapan model pembelajaran inkuri Terbimbing untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas IX-1 di Kelas IX-1 SMP Negeri 1 Secanggang Kab. Langkat. Prosedur penelitian ini direncanakan 2 siklus. Hasil belajar yang diperoleh yaitu pada siklus I hasil belajar siswa diperoleh  18 orang tuntas belajar atau sekitar 56,25 % dan 14 orang atau sekitar 43,75% tidak tuntas belajar, terjadi peningkatan pada siklus II diperoleh hasil belajar siswa  28 orang tuntas belajar atau sekitar 87,5% dan 4 orang atau sekitar 12,5 % tidak tuntas belajar. Dari hasil belajar tersebut terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II, hasil belajar diatas dapat disimpulkan telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal yang ditargetkan yaitu 85% tuntas belajar dalam 1 kelas. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Aktivitas, Hasil belajar
KONTRIBUSI PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI I KUOK KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU Viora, Dwi
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 2 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v7i2.6849

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan menjelaskan seberapa besar kontribusi penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri I Kuok Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Metode penelitian adalah korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri I Kuok Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Sampel adalah sampel total, yaitu 53 siswa. Instrumen penelitian berupa tes sehingga diperoleh data berupa skor yang diubah ke nilai. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi, uji korelasi ganda, uji t, uji F, dan rumus koefisien determinan. Hasil penelitian adalah penguasaan kosakata memberikan kontribusi yang signifikan sebesar 35,3% terhadap kemampuan membaca pemahaman. Kata Kunci: Penguasaan Kosakata, Membaca, Membaca Pemahaman
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN KEPATUHAN TERHADAP HUKUM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BAGI SISWA DI KELAS IX SMP NEGERI 9 TEBING TINGGI Hasibuan, Rahmawati
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 2 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v7i2.6863

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan dan prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Objek penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 9 Tebing Tinggi yang berjumlah 40 siswa. Penelitian terdiri atas 2 siklus yang disebut dengan siklus 1 dan siklus 2. Dari aspek partisipasi siswa dalam pembelajaran pada siklus kedua semua aspek mengalami peningkatan yang cukup  signifika. Semua siswa sudah terlibat dan aktif berdiskusi untuk memecahkan masalah sudah mencapai 39 (97,5%). Secara ringkas dapat disimpulkan bahwa hasil siklus kedua dari aspek partisipasi/keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sudah tercapai secara optimal, sebab rata-rata persentase yang dicapai sudah 93,43%. Pada siklus kedua, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat yaitu dari 40 siswa pada siklus pertama hanya 30 siswa yang termasuk dalam kategori sudah tuntas belajar menjadi 39 siswa. Sehingga pada siklus kedua ini persentase kelulusan siswa sudah mencapai 93,43%.  Kata Kunci: Metode tipe STAD, Belajar, hasil belajar
PENGARUH QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD SW. BETANIA MEDAN Simanihuruk, Lidia
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 2 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v7i2.6854

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang diajar dengan menggunakan Quantum Teaching dibandingkan model pembelajaran konvensional di SD SW. Betania Medan. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan rancangan model Group Pretes-postes. Data dianalisis menggunakan uji independent sampel t tes dengan taraf signifikan (α) = 0,05. Sampel penelitian ini merupakan siswa kelas IV di SD Sw. Betania Medan. Penarikan sampel dilakukan secara purposif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen yang terdiri atas tes hasil belajar dan tes retensi yang berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan sudah valid dan reliabel. Hasil penelitian diperoleh Medan pada materi pelajaran energi adalah hasil  belajar IPA siswa yang diajar dengan menggunakan Quantum Teaching lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, retensi siswa yang diajar dengan menggunakan Quantum Teaching lebih tinggi daripada yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Quantum Teaching, Hasil Belajar, Retensi.
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX-3 SMP NEGERI I SECANGGANG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING Mujianto, Mujianto
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 2 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v7i2.6859

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini yaitu Untuk cara menerapkan model discovery learning untuk meningkatkan prestasi  belajar siswa kelas IX-3 SMP Negeri 1 Secanggang Kab. Langkat. Prosedur pelaksanaan penelitian ini direncanakan 2 siklus. Intrumen pengumpul data berupa tes tertulis dan lembar observasi aktivitas siswa digunakan untuk mengumpulkan data mengenai tingkat aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 19 orang tuntas belajar atau sekitar 57,58% dan 14 orang atau sekitar 42,42% tidak tuntas belajar dari total 33 orang siswa, terjadi peningkatan pada siklus II diperoleh hasil belajar siswa  29 orang tuntas belajar atau sekitar 87,88% dan 4 orang atau sekitar 12,12% tidak tuntas belajar. Dari hasil belajar tersebut terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II, hasil belajar diatas dapat disimpulkan telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal yang ditargetkan yaitu 85% tuntas belajar dalam 1 kelas. Kata Kunci : Discovery Learning, Aktivitas dan Hasil belajar
KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SMA KALAM KUDUS MEDAN Ambarita, Charles Fransiscus
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 2 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v7i2.6850

Abstract

This research aims to find the relationship between the professional competence of teachers and work discipline. Sample of research is 5 teachers of Kalam Kudus School Medan. Data collection techniques  by questionnaire and documentation method. Based on the data, from 5 respondents who get below average score are 1 person, while those who get score between top and bottom average are 3 people and who get above average is 1 person. This means that high school teachers of Kalam Kudus has known and implement the teacher professionals in teaching and learning process in class and Kalam Kudus School Medan. Key Words: Professional Ability and Work Discipline
PENERAPAN METODE JIGSAW LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN SISWA KELAS V SD NEGERI 163084 TEBING TINGGI Lumbangaol, Mawati
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 2 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v7i2.6864

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini merupakan upaya untuk peningkatan prestasi belajar dengan menerapkan metode jigsaw learning pada siswa kelas V SDN 163084 Tebing Tinggi. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan subyek siswa kelas V SDN 163084. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi dan tes tertulis setiap individu dan kelompok pada akhir pelajaran. Data yang diperoleh dari tiap-tiap siklus dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlibatan siswa meningkat yang berdampak pada prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan metode jigsaw learning, dengan hasil sebagai berikut: pada siklus I rata-rata nilai kelas 68 meningkat menjadi 85 pada siklus II dengan ketuntasan belajar pada siklus I 66,66% meningkat menjadi 93,93% pada siklus II. Dengan demikian penerapan metode jigsaw learning untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI di kelas V SD Negeri 163084 dikatakan berhasil. Kata Kunci: Metode Jigsaw Learning, Prestasi Belajar
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS XI IPA-1 DI SMA NEGERI 3 BAGAN SINEMBAH Kartini, Kartini
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 2 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v7i2.6855

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia  dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada kelas XI IPA-1 di SMA Negeri 3 Bagan Sinembah. Temuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berlangsung dengan baik, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh siswa yang tuntas sebesar 61,35% dan menigkat menjadi 88,46% pada siklus II; (2) Aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw juga berjalan dengan maksimal, hal ini dapat dilihat dari hasil observasi yang dilakukan diperoleh pada siklus II aktivitas siswa memperoleh nilah sebesar 60% dengan kategori “cukup aktif” dan meningkat menjadi 82,5% pada siklus II dengan kategori “Aktif”. Kata Kunci : Kooperatif, Jigsaw, Kimia, Laju Reaksi. 

Page 1 of 2 | Total Record : 16


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 8, No 4 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 3 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 2 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 1 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 4 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 3 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 2 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 1 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 3, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 2, No 1 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 1 (2014): School Education Journal Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 1, No 1 (2013): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 1 (2013): SCHOOL EDUCATION JOURNAL More Issue