cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue " Vol 6, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED" : 16 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DIKELAS VII E SMP NEGERI 1 STABAT Sari, Linda
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v6i1.6006

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa dengan mengaplikaiskan strategi PBL dalam materi fungsi alat tubuh tumbuhan pada siswa kelas VIIE SMP Negeri 1 Stabat, Kabupaten Langkat. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Aspek yang diamati dalam setiap siklusnya adalah kegiatan atau aktifitas siswa saat mengikuti mata pelajaran biologi dengan strategi PBL untuk melihat perubahan tingkah laku siswa, untuk mengetahui tingkat kemajuan belajarnya yang akan berpengaruh terhadap hasil belajar dengan alat pengumpul data yang sudah disebutkan di atas. Data yang diambil adalah data kuantitatif dari hasil tes, presensi, nilai tugas seta data kualitatif yang menggambarkan keaktifan siswa, antusias siswa, partisipasi dan kerjasama dalam diskusi, kemampuan atau keberanian siswa dalam melaporkan hasil. Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Strategi, PBL
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMASANG DAN MEMBUKA KANCING BAJU DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA APRAS BAGI ANAK TUNAGRAHITA SEDANG DI KELAS D-1 SLB /ABC/ TPI MEDAN Ngatur, Ngatur
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v6i1.6001

Abstract

ABSTRAKPenelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memasang kancing baju dengan menggunakan media APRAS (alat peraga sederhana). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 tunagrahita sedang di SLB/ABC/TPI Medan yang berjumlah 11 orang yang terdiri dari 5 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan data kuantitatif berupa test dan data kualitatif berupa observasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa pada siklus I guru (peneliti) sudah dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memasang dan membuka kancing baju dengan baik dan pada siklus II guru (peneliti) dapat meningkatkan kemampuan siswa dengan lebih baik.Kata Kunci : Tunagrahita Sedang, Media APRAS
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS CTL BAGI SISWA DI KELAS VII-1 SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI Asmaliah, T.
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v6i1.6010

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini termasuk dalam kategori Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 5 Tebing Tinggi. Alat pengumpulan data berupa tes dan lembar observasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Inkuiri berbasis CTL dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII-1  SMP Negeri 5 Tebing Tinggi pada materi ajar Menganalisis Hubungan Proklamasi Dengan UUD 1945, yang tergambar dari rata-rata aktivitas siklus 1 mencapai 2,91 dan meningkat sebesar 3,16 pada siklus 2. Peningkatan hasil belajar diperoleh dari hasil tes tindakan setiap siklus, di mana siklus 1 mencapai 75,00% dan siklus 2 mencapai 92,86%.  Kata Kunci: Metode Pembelajaran Inkuiri Berbasis CTL
MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IX-D SMP NEGERI 4 TANJUNG MORAWA Simamora, Eva Juniar
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v6i1.6005

Abstract

The problem in this research is the poor result of student learning outcomes due to lack of student interest and the methods used by the teacher is  not supporting it. The purpose of this study is determine student learning activity and to  improve the outcomes of class IX-D SMP Negeri 4 Tanjung Morawa in the academic year 2015/2016 by using cooperative learning model STAD in solving the problem IPA. This study is a class act consisting of two cycles, each cycle comprises four activities: planning, action, observation and reflection,followed by planning the next cycle to take advantage of the man that is graders.Subject of this research are 36 students, they are 27 females and nine males  all of them are grade IX. Key Words:  Cooperative lerning Model STAD, IPA
PENGARUH TAYANGAN KEKERASAN DI TELEVISI TERHADAP PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 020275 BINJAI TIMUR Sitompul, Rahim
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v6i1.6000

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tayangan kekerasan di televisi terhadap perilaku agresif siswa kelas IV SD Negeri 020275 Binjai Timur dengan populasi sebanyak 25 orang dan sampel dengan 25 responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan regrasi linear sederhana. Berdasarkan perhitungan, variabel tayangan kekerasan di televisi berada pada kategori sering memiliki rata-rata sebesar 40,68. Sedangkan variabel perilaku agresif pada kategori sering memiliki rata-rata sebesar 80,08. Hasil statistik uji linear antara kedua variabel tersebut diperoleh fhitung < ftabel yaitu 1,107 < 4,28. Maka dapat ditarik hipotesis dari hasil uji linear dimana Ha diterima adanya pengaruh antara tayangan kekerasan di televisi dengan perilaku agresif siswa (M1 = M2) dan Ho ditolak. Kata kunci: Tayangan kekerasan, Perilaku agresif siswa
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 1 STABAT Suri, Sri Eydia
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v6i1.6009

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah Untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam  meningkatkan kemampuan menulis  pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Stabat tahun pelajaran 2015/2016 dan untuk mengetahui peningkatan  kemampuan menulis  siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Stabat setelah penerapan model pembelajaran  kooperatif tipe STAD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan  atau evaluasi dan refleksi. Teknik analisis  data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis komparatif dan kritis. Teknik analisis komparatif digunakan untuk membandingkan hasil antar siklus, sedangkan teknik analisis kitis digunakan untuk mengungkapkan kekurangan dan kelebihan  kinerja guru dan siswa selama proses  pembelajaran  di dalam kelas. Kata Kunci: Kooperatif, Tipe STAD, Bahasa Indoenesia
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI BACAAN SETELAH MEMBACA 250 KATA PER MENIT DENGAN METODE SQ3R SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 STABAT Ermiati, Ermiati
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v6i1.6004

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan siswa dalam menyimpulkan isi bacaan dalam berbagai teks sastra dan nonsastra pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Stabat. Dengan tujuan meningkatkan kemampuan menyimpulkan bacaan setelah membaca 250 kata per menit dengan metode SQ3R. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode SQ3R. Dengan subjek penelitian siswa berjumlah 37 orang. Penelitian dilakukan dengan tindakan awal dan dilanjutkan 2 siklus. Aktivitas mengajar guru selama siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu rata-rata 46,0 dan siklus II rata-rata 81 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa.Kata kunci : Membaca, Menyimpulkan, Metode SQ3R 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN IPS DI KELAS V SD Ginting, Masta
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v6i1.5999

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan desain PTK dan menggunakan dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan persentase dan analisis kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas V yang berjumlah 25 orang. Berdasarkan hasil penelitian dari 25 orang siswa pada saat tes awal tingkat ketuntasan klasikal siswa kelas V sebanyak 5 orang siswa (20%) sedangkan sebanyak 20 orang siswa (80%) belum mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata klasikal 46,42. Pada siklus I sebanyak 10 orang siswa (40%) mendapat nilai tuntas dan sebanyak 15 orang siswa (60%) belum mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata klasikal 60,01. Pada siklus II sebanyak 21 orang siswa (84%) mendapat nilai tuntas, sedangkan sebanyak 4 orang siswa (16%) belum  mendapat  nilai  tuntas,  dengan nilai rata-rata klasikal 86,01. Kata Kunci : Hasil Belajar, Make A Match, IPS
PEMANFAATAN BENDA–BENDA DI LINGKUNGAN SEKOLAH UNTUK MEMBANTU SISWA MEMBANGUN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII-7 SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI Paini, Paini
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v6i1.6008

Abstract

ABSTRAKBerdasarkan pengalaman, siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Tebing Tinggi mengalami kesulitan belajar pada kompetensi dasar operasi bentuk aljabar. Pada kompetensi ini, guru lebih cenderung menggunakan pendekatan pengajaran langsung (direct instruction) yang berpusat ke guru. Masalah tersebut dapat dipecahkan dengan membangun pemahaman konsep operasi bentuk aljabar dengan memanfaatkan lingkungan sekolah. Subjek penelitian adalah kelas VII-7. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Tiap siklus mencakup perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Observasi dan pengumpulan data dapat dilakukan oleh guru sekaligus peneliti dengan dibantu oleh dua orang kolaborator. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman observasi dan lembar kerja.Kata Kunci : Konsep Operasi Bentuk Aljabar
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DEMONTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS VII G SMP NEGERI 1 STABAT Suryani, Elly
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v6i1.6003

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian menemukan metode yang efektif dalam membelajarkan siswa pada mata pelajaran IPA, meningkatkan kemampuan mengajar guru dalam pembelajaran IPA, dan meningkatkan hasil belajar siswa. Prosedur penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dengan 4 (empat) tahapan, yaitu Planning/Perencanaan, Acting/Tindakan, Observing/Pengamatan, dan Reflekting/ Refleksi. Metode Demontrasi sangat efektif meningkatkan kualitas pembelajaran IPA, hal ini terbukti dari hasil penelitian bahwa siswa lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar sehingga mampu menumbuhkan keterampilan belajar, baik secara kelompok maupun individu. Di mana perolehan nilai hasil belajar siswa meningkat pada siklus II dan melampaui batas nilai ketuntasan atau KKM yaitu 70. Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar, Metode Demontrasi

Page 1 of 2 | Total Record : 16


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 8, No 4 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 3 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 2 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 1 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 4 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 3 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 2 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 1 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 3, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 2, No 1 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 1 (2014): School Education Journal Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 1, No 1 (2013): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 1 (2013): SCHOOL EDUCATION JOURNAL More Issue