cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 31 Documents
Search results for , issue " Vol 5, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED" : 31 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR EKONOMI PEMASARAN MENGGUNAKAN BAHAN AJAR KISAH SUKSES PELAKU EKONOMI PADA SISWA X PM 3 SMK N 1 TEBING TINGGI Situmorang, Walter
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : PGSD Universitas Negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v5i2.4183

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan wawancara singkat dan hasil kuesioner, pelajaran ekonomi pemasaran dinilai sebagai pelajaran dasar  oleh siswa dari kelas X PM 3 SMK N 1 Tebing Tinggi. Ini membuat siswa menarik ekonomi belajar. Menurut siswa, ekonomi adalah pelajaran yang penuh bacaan dan berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran ekonomi pemasaran dengan cara memilih media dan metode yang sesuai dalam pelajaran ekonomi. Kisah sukses sejati pengusaha dapat digunakan sebagai media/bahan dalam pembelajaran ekonomi. Karena ilmu ekonomi adalah pelajaran tentang kegiatan manusia. Kita dapat menemukan banyak kisah sukses sejati pengusaha di sekitar kita. Mereka bisa menjadi sebuah buku kehidupan bahwa setiap tubuh dapat belajar dari mereka. Menggunakan kisah sukses sejati pengusaha sebagai media dalam pembelajaran ekonomi adalah pelaksanaan pembelajaran kontekstual pembelajaran (CTL). Metode ini cocok untuk paradigma pembelajaran pusat mahasiswa dalam pendidikan. Paradigma ini perlu partisipasi siswa aktif dan kreatif dalam belajar. Dalam metode ini, guru tidak bisa hanya memberikan pelajaran dalam satu cara. Banyak metode dan media dapat digunakan untuk berlatih CTL. Kata Kunci: Minat, Kisah Sukses, CTL
PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENYUSUN RPP INOVATIF MELALUI KERJA PRAKTEK DENGAN TEKNIK UMPAN BALIK DI SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI Parlindungan, Parlindungan
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : PGSD Universitas Negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v5i2.4178

Abstract

ABSTRAK Innovation dalam Kamus Inggris-Indonesia (1984:323) berarti pembaharuan atau perubahan (secara) baru. RPP Inovatif adalah RPP pembaharuan yaitu RPP yang mengacu pada Peranturan Menteri Strategi Kerja Praktek dengan teknik Umpan Balik bertujuan dapat meningkatkan kemampuan guru  SMK NEGERI 1 Tebing Tinggi dalam menyusun RPP Inovatif Peneliti/supervisor mengumpulkan masing-masing sebuah RPP yang telah dibuat guru. Kemudian dikaji dan dinilai, diberikan umpan balik berdasarkan 8 (delapan) komponen sesuai dengan format penilaian RPP. Dari hasil-hasil yang dipaparkan, dapat dibuat simpulan bahwa hipotesis tindakan telah terbukti, Kegiatan Kerja Praktek dengan teknik Umpan Balik, terbukti dapat meningkatkan komitmen guru-guru  SMK NEGERI 1 Tebing Tinggi dalam menyusun RPP Inovatif. Indikator kinerja: Sekurang-kurangnya 85% guru menunjukkan komitmen yang baik dalam menyusun RPP Inovatif (nilai rata-rata 4,00-5,00) dalam skala 1-5, tercapai pada akhir siklus III dengan pencapaian 94%.Kata Kunci: Inovatif, Kinerja, RPP 
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL ”GROUP INVESTIGATION” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMASARAN PADA SISWA SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI Simatupang, Marlan
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : PGSD Universitas Negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v5i2.4188

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk emningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sampel siswa kelas XI Pemasaran 2  SMK Negeri 1 Kota Tebing Tinggi. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, kuesioner motivasi belajar dan tes hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan metode group investigation dalam matadiklat Pemasaran. Melalui siklus tindakan pembelajaran yang menerapan metode group investigation dalam matadiklat Pemasaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: model pembelajaran GI adalah untuk mengembangkan kemampuan kerjasama. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana kerja kelompok. Kata Kunci: Group Investigation, Kooperatif, Motivasi, Pemasaran.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBUAT JURNAL PENYESUAIAN MELALUI OPTIMALISASI PEMAHAMAN PSIKOLOGI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI Nadapdap, Tumpal
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : PGSD Universitas Negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v5i2.4182

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini betujuan untuk mendapatkan gambaran empiris tentang: meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat jurnal penyesuaian mata pelajaran Akuntansi melalui optimalisasi pemahaman psikologi belajar siswa kelas XI  SMK Negeri 1 Tebing Tinggi. Observasi dasar dilakukan kepada seluruh siswa kelas XI  SMK Negeri 1 Tebing Tinggi tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 2 kelas. Observasi dasar dilaksanakan dalam kondisi siswa mengikuti pelajaran Akuntansi di dalam kelas. Waktu observasi dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Setiap pertemuan dilaksanakan selama 2 jam pelajaran. Setting atau lokasi PTK ini siswa kelas XI  SMK Negeri 1 Tebing Tinggi dengan jumlah siswa 24 anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa optimalisasi pemahaman psikologis belajar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat siswa dalam membuat jurnal penyesesuaian mata pelajaran Akuntansi  melalui siswa kelas XI  SMK Negeri 1 Tebing Tinggi adalah memuaskan. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan, baik dalam menganilisis masalah maupun motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Optimal Psikologi, Peningkatkan kemampuan
PENGGUNAAN MODEL TWO STAY-TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 11434 SIDUA - DUA Nurmayani, Nurmayani
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : PGSD Universitas Negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v5i2.4177

Abstract

ABSTRAKJenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan prosedur yang terdiri atas II siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 114349 Sidua-Dua  dengan jumlah 46 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan model two stay-two stray pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok Memerankan Tokoh Drama  di kelas V SD Negeri 114349. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada sisklus I dan siklus II setelah adanya perbaikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Melalui pembelajaran two stay two stray hasil belajar siklus I dengan nilai rata-rata 65,22 dan hasil belajar siklus II dengan nilai rata-rata 84,57. Dan untuk persentasi ketuntasan klasikal adalah 52,17 % pada siklus I dan 86,96 % pada siklus II sehingga dengan demikian penelitian dikatakan berhasil pada siklus II karena telah mencapai nilai KKM dan persentase ketuntasan klasikal dengan kriteria sangat tinggi.Kata Kunci : Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN METODE RESITASI PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 TEBING TINGGI Nasution, Harmunia
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : PGSD Universitas Negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v5i2.4186

Abstract

ABSTRAK Pendidikan memegang peranan penting yang menyangkut kemajuan dan masa depan bangsa, tanpa pendidikan yang baik mustahil suatu bangsa akan maju. Berdasarkan latar belakang diatas, maka ada dua permasalahan yang akan diajukan dalam penelitian ini, yaitu: Bagaimana penerapan metode resitasi atau tugas di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tebing Tinggi? dan apakah metode resitasi (tugas) dapat efektif dalam meningkatkan kesiapan siswa dalam menerima pelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa? Penulis akan merumuskan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode resitasi atau tugas di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tebing Tinggi dan untuk mengetahui apakah metode resitasi dapat efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas XI IPS 2  SMA Negeri 1 Tebing Tinggi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Efektifitas penggunaan metode resitasi dapat meningkatkan kesiapan belajar, menumbuhkan motivasi belajar dan meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XI-IPS 2 SMA Negeri 1 Tebing Tinggi, metode resitasi melatih siswa untuk mandiri dan lebih bertanggung jawab. Kata Kunci : Metode Resitasi, Motivasi Siswa
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF ”TIPE JIGSAW” DAPAT MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR KKPI SISWA KELAS XI PEMASARAN 1 DI SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI Rosdiana, Rosdiana
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : PGSD Universitas Negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v5i2.4181

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) siswa kelas XI Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Tebing Tinggi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat dua kali pertemuan pada tiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata keaktifan belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) siswa pada pra siklus hanya mencapai 55,71%. Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siklus I rata-rata keaktifan belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) siswa mencapai 69,95% dan pada siklus II meningkat menjadi 78,93%. Rata-rata pengisian angket respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tiap indikator keaktifan belajar siswa pada siklus I mencapai 90.76% dan pada siklus II meningkat menjadi 91,24%.Kata Kunci : Keaktifan belajar, Model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw
AKTIVITAS MENULIS MAHASISWA PGSD FIP UNIMED DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA Ananda, Lala Jelita
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : PGSD Universitas Negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v5i2.4176

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengukur aktivitas menulis mahasiswa dalam proses pembelajaran IPA. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan angket. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa aktivitas menulis mahasiswa dalam setiap proses pembelajaran masih rendah. Beberapa mahasiswa yang melakukan aktivitas menulis, sebagian besarnya menulis dengan cara memindahkan apa yang ada pada sumber informasi (buku, slide powerpoint, dll) ke buku catatan. Sangat sedikit mahasiswa yang melakukan aktivitas menulis dengan cara mengolah informasi yang diperoleh dan membangun pengetahuannya sendiri lalu dituliskan ke dalam buku catatan. Kata Kunci: Aktivitas menulis, IPA
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A MELALUI METODE OBSERVASI YANG DIVARIASIKAN DENGAN LKS WORD SQUARE DI SMA NEGERI 1 TEBING TINGGI Shadli, Adil
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : PGSD Universitas Negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v5i2.4185

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini didesain melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dari  penelitian  ini adalah  untuk  mengetahui  peningkatan  hasil  belajar  materi Klasifikasi Hewan melalui penerapan metode observasi yang divariasikan dengan LKS Word square di kelas XI-2 SMA Negeri 1 Tebing Tinggi. Subjek penelitian ini adalah kelas  XI-2 SMA Negeri 1 Tebing Tinggi dengan jumlah siswa 40 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Indikator keberhasilan penelitian ini adalah (1) peningkatan persentase  siswa  yang  memperoleh  nilai ≥65 atau  jumlah siswa  yang  belajar tuntas meningkat menjadi 85%, (2) ketuntasan keaktifan klasikal ≥75%. Kata Kunci: Hasil belajar, LKS Word square, Materi Klasifikasi, Metode observasi
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DENGAN MODEL STRUKTURAL NUMBERED HEADS TOGETHER DI SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI Manurung, Nurliana Br
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : PGSD Universitas Negeri medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v5i2.4180

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendorong siswa untuk meningkatkan kerja sama mereka. Pemilihan dan penentuan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi yang  diajarkan diharapkan akan memudahkan siswa dalam  memahami materi tersebut. Selain itu siswa bisa lebih berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Salah satu metode pembelajaran yang lebih menekankan pada keaktifan siswa adalah metode pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Heads Together). Melalui hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together berpengaruh terhadap hasil belajar kewirausahaan pada siswa XII AK 2 . Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari sklus I, II, dan II) yaitu masing-masing 68,18%, 77,27%, dan 86,36%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model NHT

Page 1 of 4 | Total Record : 31


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 8, No 4 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 3 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 2 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 1 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 4 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 3 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 2 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 1 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 3, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 2, No 1 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 1 (2014): School Education Journal Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 1, No 1 (2013): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 1 (2013): SCHOOL EDUCATION JOURNAL More Issue