cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED" : 16 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 PENYABUNGAN Nuh, Muhammad
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v3i2.2947

Abstract

Abstrak Penerapan model pembelajaran talking stick pada pembelajaran sejarah dapat membuat siswa untuk aktif berbicara dan berani mengemukakan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Talking Stick. Melalui penerapan model pembelajaran  kooperatif Talking Stick diperoleh hasil belajar siswa dari siklus ke siklus berikutnya mengalami peningkatan. Pada siklus I, peneliti melakukan pretes dan hanya 3 orang siswa yang nilainya melampaui KKM ≥ 78 dengan nilai rata – rata 61,14 dan ketuntasan klasikal yaitu 9%. Kemudian peneliti melakukan tes Formatif I (Postes I) pada siklus I menunjukkan ketuntasan individunya sebanyak 20 orang dengan tuntas kelasikal sebesar 57,14% dan rata – rata nilai tes sebesar 73,71. Pada siklus II atau Formatif II menunjukkan hasil ketuntasan belajar individu sebanyak 30 orang dengan nilai ketuntasan klasikalnya sebesar 85,71%.   Kata Kunci : Model, Talking Stick, Hasil Belajar 
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA PELAJARAN PKN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DI KELASXI IPA-1 SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN Tarida, Lesna
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v3i2.2938

Abstract

Abstrak Penelitian ini menerapkan model pembelajaran snowball throwing sebagai upaya meningkatkan aktivitas  belajar dan hasil belajar yang bermuara pada peningkatan keterampilan mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran PKn. Siklus I mencapai rata-rata  69,09 dengan ketuntasan klasikal 36,36% dan Siklus II mencapai 86,97 dengan ketuntasan klasikal 90,90%.  Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain  menulis dan membaca (47%), mengerjakan LKS (34% ), bertanya pada teman (4%), menjawab pertanyaan teman (4%), bertanya kepada guru (3%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (9%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan  pada Siklus II antara lain menulis dan membaca (31%), mengerjakan LKS (44%), bertanya pada  teman (11%), menjawab pertanyaan (9%),  bertanya kepada guru (1%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (3%). Kata Kunci : Model, Snowball Throwing, Hasil belajar  
PERBAIKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) KELAS VI SD NEGERI 034 PINTUPADANG JULU Asliana, Asliana
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v3i2.2943

Abstract

Abstrak Penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai upaya perbaikan prestasi belajar siswa  pada mata pelajaran IPA. Hasil penelitian menunjukkanSiklus I: menulis/membaca (45%), Mengerjakan LKS (14% ), bertanya sesama teman (12%), bertanya kepada guru (17%), dan yang tidak relevan dengan KBM (13%). Dan Data aktivitas siswa menurut pengamatan pada siklus II: menulis/membaca (27%), mengerjakan LKS (40%), bertanya sesama teman (21%), bertanya kepada guru (8%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (4%); 2) Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD prestasi belajar siswa dari siklus ke siklus berikutnya mengalami peningkatan yaitu dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 67,78%. Pada Siklus II, ketuntasan klasikal 100%,niali hasilcapaian belajar siswa  rata-rata siklus I dan siklus II adalah 65,8 dan 86,32.Kata Kunci : Model,  Kooperatif  Tipe STAD  
IMPLEMENTASI KURIKULUM UNTUK MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI PESANTREN AR-RAUDHATUL HASANAH MEDAN Nurmayani, Nurmayani
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v3i2.2948

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kurikulum Pesantren Ar- Raudhatul Hasanah dalam meningkatkan mutu lulusan, untuk mengetahui strategi Pengembangan Profesional Ustadz dalam meningkatkan mutu lulusan, untuk mengetahui masalah- masalah yang dihadapi Pesantren dalam mewujudkan kurikulumnya dan bagaimana solusinya. Penelitianini menggunakan metode kualitatif, lokasinya di Pesantren Raudhatul Hasanah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Observasi, wawancara, Studi dokumentasi. Pengelolaan data terdiri dari: Reduksi data, Display data / penyajian data, Analisis data, meningkatkan keabsahan hasil.Hasil penelitian sebagai berikut: kurikulum yang dilaksanakan pada Pesantren Ar- Raudatul Hasanah adalah perpaduan antara kurikulum Pesantren Gontor dengan penyesuaian  dan pengembangan juga Kurikulum  Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Setiap dua minggu sekali supervisor melakukan sharing terhadap para Ustadz dan ustadzah dalam pembuatan Program Tahunan, Program semester, Silabus, RPP danmelakukan kerjasama dengan pengawas pesantren setempat. Kata kunci: Implementasi Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan 
PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PKN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPENUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELASVI SD NEGERI 088 PANYABUNGAN Elita, Nirwana
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v3i2.2939

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuanUntuk mengetahui aktivitas belajar siswa siswa kelas VI SD Negeri 088 Panyabungan.Pada Siklus I rata-rata nilai tes 71 dengan ketuntasan pembelajaran sebesar 54,34% dan pada Siklus II rata-rata nilai tes 86 dengan ketuntasan pembelajaran naik menjadi  91,30. Data aktivitas siswa menurut pengamat pada Siklus I antara lain  menulis/membaca (37%), bekerja (19% ), bertanya sesama teman (15%),   bertanya kepada guru (18%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (11%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan  pada Siklus II antara lain  menulis/membaca (27%), bekerja (32%), bertanya sesama teman (23%), bertanya kepada guru (15%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (4%). Sehingga terjadi perbaikan aktivitas belajar siswa dalam dua siklus. Kata Kunci : Aktivitas, Kooperatif, Numbered heads together 
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA GAMBAR DAN KARTU KATA SISWAKELAS 1-B SD NEGERI 101800 DELITUA KABUPATENDELI SERDANG Gusmiati, Sri
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v3i2.2944

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan membaca siswa seperti dengan menggunakan media gambar dan kartu kata siswa dapat  meningkatkan kemampuan membaca melalui penerapan media gambar dan kartu kata siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 1-B di SD Negeri 101800 Delitua tahun pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri 101800 Delitua dengan jumlah siswa 30 orang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan kemampuan membaca setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre-test, rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebanyak dari 30 orang siswa, dimana 20 siswa memperoleh ketuntasan dan 10 siswa belum tuntas. Pada siklus I rata-rata siswa meningkat menjadi 27 siswa memperoleh ketuntasan dan 5 siswa belum tuntas.Pada siklus II rata-rata siswa meningkat dimana semua siswa memperoleh ketuntasan, dan observasi aktivitas siswa penilaian baik. Kata Kunci : Media, Gambar, Kartu Kata  
MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DALAM PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 107403 CINTA RAKYAT Anwar, Khairul
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v3i2.2935

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok energi dan kegunaannya. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 107404 Cinta Rakyat Kec. Percut Sei Tuan T.A 2014/2015, yang berjumlah 26 orang siswa. Penentuan subjek berdasarkan hasil observasi dan angket yang diakukan peneliti terhadap guru kelas IV.Hasil penelitian menunjukkan pada Siklus I pertemuan I kreativitas belajar siswa tergolong rendah dengan nilai rata-rata (19,23%), siklus I pertemuan II nilai rata-rata (47,88%). Siklus II pertemuan I kreativitas belajar siswa tergolong tinggi dengan nilai rata-rata (60,00%), sedangkan siklus II pertemuan II nilai rata-rata (88,46%). Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Cooperative Script dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran IPA materi pokok energi dan kegunaannya di kelas IV SD Negeri 107403 Cinta Rakyat Kec. Percut Sei Tuan. Kata Kunci :Kreativitas Belajar, Model Cooperative Script 
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 026609 BINJAI Ginting, Masta; Maulana, Indra
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v3i2.2949

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 026609 Binjai yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada materi pokok energi panas dan energi bunyi. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan lembar observasi dan angket. Peningkatan rata-rata motivasi belajar siswa untuk tiap siklus, pada kondisi awal skor motivasi belajar siswa dari 35 orang siswa, yang termotivasi adalah 4 orang dengan persentase (11,42%), dan skor motivasi belajar siswa pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 11 orang siswa termotivasi dengan persentase (31,42%), dan terjadi peningkatan pada siklus I pertemuan II yaitu 18 orang siswa termotivasi dengan persentas (51,43%), dan juga terjadi peningkatan pada siklus II pertemuan I yaitu 26 orang siswa termotivasi dengan persentase (74,29%), dan terjadi yang signifikan pada siklus II pertemuan yaitu 34 orang siswa termotivasi dengan persentase (97,15%). Kata Kunci : Model, Numbered Heads Together, Classroom Action Research  
PENERAPAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MATERI POKOK KESEIMBANGAN EKOSISTEM DI KELAS VI SD NEGERI 041 TANJUNG SIALANG Anwar, Khairul
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v3i2.2940

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa setelah menerapkan model Contextual Teaching And Learning (CTL) pada mata pelajaran IPA di kelas VI SD Negeri 041 Tanjung Sialang tahun pembelajaran 2014/2015.Siklus I aktivitas  siswa yang paling dominan adalah menulis/membaca yaitu 41% mengalami penurunan menjadi 26% pada siklus II. Aktivitas mengerjakan LKS 21% meningkat menjadi 38%. Bertanya pada teman 16% naik menjadi 25%. Bertanya pada guru 11% menurun menjadi 9%. Yang tidak relevan dengan KBM 12% menurun menjadi 3%.Dari pretest diketahui hasil belajar rata-rata siswa 44,5. Peningkatan hasil belajar siswa dari formatif siklus I dan formatif siklus II rata-rata 66 menjadi 83. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II sebesar 95%. Kata Kunci :Model, Contextual Teaching and Learning  
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING MELALUI MEDIA GAMBAR DAN KARTU KATA SISWA KELAS 1 SD 101799 DELITUAKABUPATEN DELI SERDANG Nuraini, Nuraini
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v3i2.2945

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca siswa dan hasil belajar siswa setelah menerapkan media gambar dan kartu kata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.Dari pretes diketahui hasil belajar rata-rata siswa 54,24  dengan perolehan nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 40. Peningkatan hasil belajar siswa dari formatif siklus I dan formatif siklus II  rata-rata 66,96 menjadi 79,69. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 60,60% dan pada siklus II sebesar 100%.Peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus I aktivitas siswa yang paling dominan adalah menulis / membaca yaitu 33% naik menjadi 34% pada siklus II. Aktivitas mengerjakan LKS 27% pada siklus 1 dan 11.Bertanya pada teman 17% meningkat menjadi 18%.Bertanya pada guru 13% pada siklus 1 dan siklus11.Yang tidak relepan dengan KBM 10% menurun menjadi 8%. Kata Kunci : Media, Gambar, Kartu Kata 

Page 1 of 2 | Total Record : 16


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 8, No 4 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 3 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 2 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 1 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 4 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 3 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 2 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 1 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 3, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 2, No 1 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 1 (2014): School Education Journal Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 1, No 1 (2013): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 1 (2013): SCHOOL EDUCATION JOURNAL More Issue