cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED" : 15 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL JIGSAW SISWA KELAS IX SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI RASMILYA, RASMILYA
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v2i2.1904

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi hasil belajar PKn dengan menggunakan model jigsaw di kelas IX SMP Negeri 5 Tebing Tinggi. . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IX.3 SMP Negeri 5 yang berjumlah 40 siswa, Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi dengan tujuan untuk mengamati dan mengetahui kegiatan belajar mengajar di kelas, praktikum, satuan pelajaran dan lembar kegiatan siswa yang digunakan sekolah. Model belajar Jigsaw yang diterapkan ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PKn khususnya pada siswa kelas IX.3 semester I di SMP Negeri 5 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2010/2011 yakni mengalami peningkatan dari siklus ke siklus, pada awal siklus diperoleh : 57,95 siklus 1 : 74,54, dan menjadi 83,40 pada siklus ke 2.   Kata Kunci : Hasil Belajar,PKN, dan Jigsaw
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA KELAS VIII-8 SMP NEGERI 29 MEDAN HASIBUAN, RIDHA HARNI
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v2i2.1909

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan penguasaan konsep IPA Terpadu siswa pada materi pokok tekanan di kelas VIII-8 SMP Negeri 29 Medan Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah  siswa kelas VIII-8 SMP Negeri 29 Medan.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan di dalam setiap siklusnya terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil karena aktivitas siswa dapat dikategorikan aktif. Hal ini terlihat dari semakin berkurangnya aktivitas yang tidak releven dari 5%  menjadi hanya 4%. Ini berarti pembelajaran berlangsung lebih efektif pada siklus II. Aktivitas bekerja pada siklus I adalah 32% aktivitas aktif dan naik menjadi 37% aktivitas aktif pada siklus II. Aktivitas menulis/membaca turun dari 39% pada siklus I menjadi 33% pada siklus II. Aktivitas bertanya kepada teman tidak mengalami perubahan  dari proporsi 19% pada siklus I tetap 19% pada siklus II. Aktivitas bertanya kepada guru mengalami peningkatan dari sebelumnya 5% aktivitas aktif pada siklus I menjadi 7% pada siklus II.   Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Posing  Hasil belajar, Aktivitas Belajar
PENGEMBANGAN BUKU AJAR GEOMETRI DAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA KELAS V SDS INTI NUSANTARA KOTA TEBING TINGGI MAILANI, ELVI
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v2i2.1892

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar geometri dan lembar aktivitas siswa materi bangun datar kelas V.. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDS Inti Nusantara pada Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 34 orang. Siswa laki-laki berjumlah 21 orang dan siswa perempuan berjumlah 13 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan ( Research and Development/R&D), model Van den Akker (1999) yaitu meliputi 3 aspek utama : substantif, prosedur dan teoretis - empiris.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi bangun datar khususnya trapesium dan layang-layang mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase siswa yang mencapai standar nilai pada  kriteria ketuntasan minimal (KKM) bidang studi matematika pada tes awal SDS Inti Nusantara sebesar ≥ 65% sebanyak 20 siswa atau 58,82%.   Kata Kunci : Pengembangan, Buku Ajar , dan Lembar Aktifitas Siswa
METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII.2 SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI MANURUNG, NURHAIDA
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v2i2.1905

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan metode pembelajaran tipe STAD di kelas VII.2 SMP Negeri 5 kota Tebing Tinggi. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang didalam setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Instrumen penelitian jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Matematika yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif  dengan pendekatan STAD dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami banyak berkembangan. Pada siklus 1 rata-rata skor siswa adalah 6.8. Di antara mereka tidak ada yang hasil belajarnya termasuk dalam kategori sangat rendah, rendah, dan sangat tinggi. Untuk kategori sedang terdapat 20.8% dan kategori tinggi sebesar 79.2% Pada siklus 2, rata-rata skor siswa adalah 7.7 tidak ada siswa yang masuk dalam kategori sangat rendah, rendah, sedang. Untuk kategori tinggi terdapat 75% dan sangat tinggi sebesar 25%. Kata Kunci : Hasil Belajar, Matematika, dan Tipe STAD
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) DI KELAS V SD NEGERI 105325 TANJUNG MORAWA SILALAHI, WESLY; SYASTRIANI, YUNNI
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v2i2.1900

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah Apakah minat belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) pada pelajaran sains pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya di kelas V SD Negeri 105325 Tanjung Morawa T.A 201/2011. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu suatu teknik yang digunakan untuk mengungkapkan fakta dan jelas tentang permasalahan-permasalahanyang dihadapi pada objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Objek penelitian ini adalah aktifitas siswa dan minat belajar siswa pada pelajaran sains pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya dengan menggunakan pendekatan kontekstual (CTL). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunan pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran Sains di kelas V SD 105325 Tanjung Morawa T.A 2010/2011.   Kata kunci: Minat belajar, pelajaran sains, pendekatan kontekstual (CTL)
PENERAPAN METODE PENUGASAN DALAM PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP TUGAS- TUGAS KELOMPOK MATEMATIKA DI KELAS IX-3 SMP NEGERI 2 PANYABUNGAN HERMAN, HERMAN
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v2i2.1901

Abstract

Penerapan model dilaksanakan dalam penelitian tindakan kelas selama dua siklus dengan dua kali pertemuan (KBM) setiap siklusnya. Data aktivitas diperoleh dari pengamatan siswa tiap siklus, data hasil belajar diperoleh dari tes setiap akhir siklus.Hasil penelitian menunjukkan; 1) aktivitas menulis/membaca  sebesar 42%,  aktivitas mengerjakan LKS sebesar 20%, aktivitas  bertanya kepada teman sebesar 12%,  aktivitas bertanya kepada guru  sebesar 14%, yang tidak relevan dengan KBM sebesar 12%. 2) aktivitas menulis/membaca  yakni 26%,  mengerjakan LKS sebesar 46 %, bertanya kepada teman yakni sebesar 14%,bertanya kepada guru sebesar 12%, dan yang tidak relevan dengan KBM sebesar 3%; 2)Dengan menggunakan metode penugasan diperoleh hasil belajar siswa dari siklus ke siklus berikutnya mengalami peningkatan. Pada siklus I menunjukkan tuntas individunya sebanyak 12 orang dengan tuntas kelas sebesar 48%. Pada siklus II menunjukkan tuntas individu 22  orang dengan tuntas kelas sebesar 88%. Hasil belajar siswa dengan menerapkan Metode Penugasan Formatif I dan Formatif II menunjukkan 68,8 dan 82,4.   Kata kunci: Metode penugasan, minat belajar, tugas kelompok matematika.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KLS IX.2 SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI DAMERIA, DAMERIA
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v2i2.1906

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui  metode bimbingan kelompok di SMP Negeri 5 siswa Kelas IX.2 Tebing Tinggi . Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan , pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan tehnik analisis kualitatif dan kuantitatif. Untuk data kualitatif kategorisasi, sedangkan untuk data kuantitatif digunakan stastistik deskriptif.Kriteria yang digunakan untuk menentukan adalah kategori skor adalah 5. Menurut Nurkancana (Amiruddin, 1998:20). Skala 5 adalah suatu suatu pembagian tingkatan yang terbagi atas 5 kategori yaitu: tingkat penguasaan 90% sampai 100% dikatagorikan “sangat tinggi”, 80% sampai 89% dikategorikan tinggi dikategorikan tinggi 65% sampai 79% dikategorikan “sedang”,  55% sampai 64% dikategorikan “sangatrendah”. Tingkat hasil belajar siswa kls IX SMP N 5 Tebing Tinggi setelah diadakan bimbingan belajar kelompok memperoleh skor 65,478 dengan kategori sedang.Siswa kelas IX2 SMP N 5 Tebing Tinggi dengan diadakannya bimbingan belajar kelompok merasakan manfaatnya, karena dengran diadakanya bimbingan kelompok kesulitan kesulitan belajar mudah diatasi   Kata Kunci : Matematika, Hasil Belajar, dan Bimbingan kelompok
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS V SD NEGERI 106146 MULIOREJO SITUMORANG, MINDAMORA
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v2i2.1897

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan aktivitas belajar siswa setelah menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V-B semester Ganjil SD Negeri 106146 Muliorejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Subjek  penelitian ini  diambil di kelas V-B SD Negeri 106146 Muliorejo dengan jumlah siswa 40 siswa. Model Pembelajaran Cooperative Script memiliki dampak positif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (52,5%), siklus II (92,5%) dan aktivitas siswa yang semakin meningkat. Pada siklus I, menulis/membaca (38%), menyimak bacaan (31%), bertanya sesama  teman (14%), bertanya kepada guru (12%), dan yang tidak   relevan dengan KBM (6%). Pada siklus II, menulis (25%), membaca puisi (46%), bertanya sesama teman (18%), bertanya kepada  guru (9%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (3%). Peneliti memberikan tes hasil belajar sebagai Pretes dengan hasil rata-rata 44,3 dengan nilai tertinggi 55 dan nilai terendah 25. Peningkatan hasil belajar siswa dari Formatif I dan II menunjukkan rata-rata dari 70,5 menjadi 79,3. Dengan nilai terendah Formatif I yaitu 40 yang naik pada Formatif II menjadi 67, dan nilai tertinggi 100 pada setiap siklusnya. Dengan ketuntasan klasikal pada Siklus I sebesar 52,5% dan pada Siklus II sebesar 92,5%. Dapat diambil kesimpulan bahwa aktivitas  dan hasil belajar siswa semakin meningkat pada setiap siklus.   Kata Kunci : Bahasa Indonesia, Aktivitas Belajar, dan Model Pembelajaran Cooperative Script
PENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RPP KURKULUM 2013 MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI SD NEGERI 163085 KOTA TEBING TINGGI SITORUS, TIAMSAH
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v2i2.1902

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana pelaksanaan pembelajaran ( RPP ) sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 163085 kota Tebing Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah ( PTS ) menggunakan model penelitian Suharsimi Arikunto. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator keberhasilan dari penelitian ini apabila komponen Rencana Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 dapat terpenuhi dengan baik dan benar. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat bahwa bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 . Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai rata rata komponen RPP 69 % dan pada siklus II 83 %, terjadi peningkatan 14 % dari siklus I. Kata Kunci : Kompetensi Guru, RPP Kurikulum 2013, dan Bimbingan Berkelanjutan
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENENTUKAN GAGASAN UTAMA MELALUI METODE ANALISIS SINTESIS PADA SISWA KELAS VII.4 SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI SIMARMATA, TORMAULI
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sejpgsd.v2i2.1907

Abstract

Penelitian inimbertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode analisis sintesis dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menetukan gagasan pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tebing Tinggi. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Januari sampai bulan April 2012 di SMP Negeri 5 Tebing Tinggi.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.4 yangn berjumlah 38 orang.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research). Prosedur dalam penelitian ini meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Indikator yang digunakan untuk mengukur keberhasilan pada penelitian ini terdiri dari indikator keberhasilan proses dan indikator keberhasilan hasil.  .Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I keberhasilan proses untuk keaktifan siswa 56,25 % dan keberhasilan hasilnya   rata-rata 56,16. Pada siklus II keaktifan siswa menunjukkan angka 95,83 % dan hasil tesnya menunjukkan rata-rata 71,47.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkanbahwa penggunaan metode analisis sintesis pada siswa kelas VII.4 di SMP Negeri 5 Tebing Tinggi dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan siswa  , dalam meentukan gagasan utama. Kata Kunci : Kemampuan, Gagasan Utama, dan Metode Analisis Sintesis

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 8, No 4 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 3 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 2 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 1 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 4 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 3 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 2 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 1 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 3, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 2, No 1 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 1 (2014): School Education Journal Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 1, No 1 (2013): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 1 (2013): SCHOOL EDUCATION JOURNAL More Issue