cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 29 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL" : 29 Documents clear
PENGEMBANGAN BUKU AJAR GEOMETRI DAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA KELAS V SDS INTI NUSANTARA KOTA TEBING TINGGI MAILANI, ELVI
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar geometri dan lembar aktivitas siswa materi bangun datar kelas V.. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDS Inti Nusantara pada Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 34 orang. Siswa laki-laki berjumlah 21 orang dan siswa perempuan berjumlah 13 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan ( Research and Development/R&D), model Van den Akker (1999) yaitu meliputi 3 aspek utama : substantif, prosedur dan teoretis - empiris.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi bangun datar khususnya trapesium dan layang-layang mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase siswa yang mencapai standar nilai pada  kriteria ketuntasan minimal (KKM) bidang studi matematika pada tes awal SDS Inti Nusantara sebesar ≥ 65% sebanyak 20 siswa atau 58,82%.   Kata Kunci : Pengembangan, Buku Ajar , dan Lembar Aktifitas Siswa
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS V SD NEGERI 106146 MULIOREJO SITUMORANG, MINDAMORA
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan aktivitas belajar siswa setelah menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V-B semester Ganjil SD Negeri 106146 Muliorejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Subjek  penelitian ini  diambil di kelas V-B SD Negeri 106146 Muliorejo dengan jumlah siswa 40 siswa. Model Pembelajaran Cooperative Script memiliki dampak positif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (52,5%), siklus II (92,5%) dan aktivitas siswa yang semakin meningkat. Pada siklus I, menulis/membaca (38%), menyimak bacaan (31%), bertanya sesama  teman (14%), bertanya kepada guru (12%), dan yang tidak   relevan dengan KBM (6%). Pada siklus II, menulis (25%), membaca puisi (46%), bertanya sesama teman (18%), bertanya kepada  guru (9%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (3%). Peneliti memberikan tes hasil belajar sebagai Pretes dengan hasil rata-rata 44,3 dengan nilai tertinggi 55 dan nilai terendah 25. Peningkatan hasil belajar siswa dari Formatif I dan II menunjukkan rata-rata dari 70,5 menjadi 79,3. Dengan nilai terendah Formatif I yaitu 40 yang naik pada Formatif II menjadi 67, dan nilai tertinggi 100 pada setiap siklusnya. Dengan ketuntasan klasikal pada Siklus I sebesar 52,5% dan pada Siklus II sebesar 92,5%. Dapat diambil kesimpulan bahwa aktivitas  dan hasil belajar siswa semakin meningkat pada setiap siklus.   Kata Kunci : Bahasa Indonesia, Aktivitas Belajar, dan Model Pembelajaran Cooperative Script
MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU BAHASA INGGRIS DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DI SMP N 2 TEBING TINGGI HUTAGAOL, SINUR
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah. Penelitian berlokasi di kota Tebing Tinggi. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 2 tahun pelajaran 2013 – 2014.Penelitian ini terdiri atas dua siklus, Siklus I dengan satu pertemuan dan Siklus ke II  dengan satu pertemuan. Tiap siklus mencakup perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Observasi dan pengumpulan data dapat dilakukan oleh guru sekaligus peneliti dengan dibantu oleh dua orang kolaborator. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman observasi dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan membuat dan menerapkan pembelajaraan kooperatif tipe Think Pair Share dapat membantu siswa dalam pemahaman konsep pembelajaran dan mengasyikan untuk belajar bersama Kata kunci : Guru Bahasa Inggris, Pembelajaran, dan Tipe Think Pair Share ( TPS )
PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DALAM UPAYAPENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA IX.1 SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI HARTATY, ENNY
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis portofolio. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dimana dalam pelaksanaan setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMP negeri 5 kota Tebing tinggi. Adapaun yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IX.I SMP negeri 5 Tebing Tinggi.Teknik Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes objektif dan tes subjektif. Berdasarkan data yang diperoleh dari konversi skor guru menetapkan nilai yang menunjukkan tingkat ketuntasan minimal siswa. Pada siklus kedua, guru mengadakan penilaian portofolio, yang direncanakan untuk mendukung prestasi siswa dalam aspek afektif dan psikomotor. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dapat meningkat dengan menggunakan pembelajaran berbasis portofolio.   Kata kunci : Pembelajaran, Portofolio, dan Hasil Belajar
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) DI KELAS V SD NEGERI 105325 TANJUNG MORAWA SILALAHI, WESLY; SYASTRIANI, YUNNI
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah Apakah minat belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) pada pelajaran sains pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya di kelas V SD Negeri 105325 Tanjung Morawa T.A 201/2011. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu suatu teknik yang digunakan untuk mengungkapkan fakta dan jelas tentang permasalahan-permasalahanyang dihadapi pada objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Objek penelitian ini adalah aktifitas siswa dan minat belajar siswa pada pelajaran sains pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya dengan menggunakan pendekatan kontekstual (CTL). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunan pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran Sains di kelas V SD 105325 Tanjung Morawa T.A 2010/2011.   Kata kunci: Minat belajar, pelajaran sains, pendekatan kontekstual (CTL)
PENERAPAN METODE PENUGASAN DALAM PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP TUGAS- TUGAS KELOMPOK MATEMATIKA DI KELAS IX-3 SMP NEGERI 2 PANYABUNGAN HERMAN, HERMAN
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerapan model dilaksanakan dalam penelitian tindakan kelas selama dua siklus dengan dua kali pertemuan (KBM) setiap siklusnya. Data aktivitas diperoleh dari pengamatan siswa tiap siklus, data hasil belajar diperoleh dari tes setiap akhir siklus.Hasil penelitian menunjukkan; 1) aktivitas menulis/membaca  sebesar 42%,  aktivitas mengerjakan LKS sebesar 20%, aktivitas  bertanya kepada teman sebesar 12%,  aktivitas bertanya kepada guru  sebesar 14%, yang tidak relevan dengan KBM sebesar 12%. 2) aktivitas menulis/membaca  yakni 26%,  mengerjakan LKS sebesar 46 %, bertanya kepada teman yakni sebesar 14%,bertanya kepada guru sebesar 12%, dan yang tidak relevan dengan KBM sebesar 3%; 2)Dengan menggunakan metode penugasan diperoleh hasil belajar siswa dari siklus ke siklus berikutnya mengalami peningkatan. Pada siklus I menunjukkan tuntas individunya sebanyak 12 orang dengan tuntas kelas sebesar 48%. Pada siklus II menunjukkan tuntas individu 22  orang dengan tuntas kelas sebesar 88%. Hasil belajar siswa dengan menerapkan Metode Penugasan Formatif I dan Formatif II menunjukkan 68,8 dan 82,4.   Kata kunci: Metode penugasan, minat belajar, tugas kelompok matematika.
PENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RPP KURKULUM 2013 MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI SD NEGERI 163085 KOTA TEBING TINGGI SITORUS, TIAMSAH
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana pelaksanaan pembelajaran ( RPP ) sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 163085 kota Tebing Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah ( PTS ) menggunakan model penelitian Suharsimi Arikunto. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator keberhasilan dari penelitian ini apabila komponen Rencana Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 dapat terpenuhi dengan baik dan benar. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat bahwa bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 . Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai rata rata komponen RPP 69 % dan pada siklus II 83 %, terjadi peningkatan 14 % dari siklus I. Kata Kunci : Kompetensi Guru, RPP Kurikulum 2013, dan Bimbingan Berkelanjutan
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING KELAS VII.1 SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI NASUTION, FAUZIAH
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKN melalui model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing kelas VII.1 SMP Negeri 5 Tebing Tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 SMP Negeri 5 yang berjumlah 38 siswa, terdiri dari 18 siswa laki–laki dan 20 siswa perempuan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi dan tes hasil belajar. Instrument penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil tes meningkat dari 70,67 menjadi 75,20. Siswa yang memiliki nilai ≥ 85 sebanyak 5 siswa, berarti dari 4 siswa meningkat menjadi 5 orang siswa dari 30 (13,33% menjadi16,667%), siswa yang memiliki 70- 80 sebanyak 21 orang yang berarti meningkat dari 16 siswa menjadi 21 siswa dari 30 siswa(meningkat dari 53,33% menjadi 70%), dan yang masih di bawah nilai 70 sebanyak 4 siswa dari 30 siswa (13,33%). Kata kunci : PKN, Hasil belajar, dan Snowball Throwing
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL JIGSAW SISWA KELAS IX SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI RASMILYA, RASMILYA
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi hasil belajar PKn dengan menggunakan model jigsaw di kelas IX SMP Negeri 5 Tebing Tinggi. . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IX.3 SMP Negeri 5 yang berjumlah 40 siswa, Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan dokumentasi dengan tujuan untuk mengamati dan mengetahui kegiatan belajar mengajar di kelas, praktikum, satuan pelajaran dan lembar kegiatan siswa yang digunakan sekolah. Model belajar Jigsaw yang diterapkan ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PKn khususnya pada siswa kelas IX.3 semester I di SMP Negeri 5 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2010/2011 yakni mengalami peningkatan dari siklus ke siklus, pada awal siklus diperoleh : 57,95 siklus 1 : 74,54, dan menjadi 83,40 pada siklus ke 2.   Kata Kunci : Hasil Belajar,PKN, dan Jigsaw
METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII.2 SMP NEGERI 5 TEBING TINGGI MANURUNG, NURHAIDA
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan metode pembelajaran tipe STAD di kelas VII.2 SMP Negeri 5 kota Tebing Tinggi. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang didalam setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Instrumen penelitian jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Matematika yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif  dengan pendekatan STAD dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami banyak berkembangan. Pada siklus 1 rata-rata skor siswa adalah 6.8. Di antara mereka tidak ada yang hasil belajarnya termasuk dalam kategori sangat rendah, rendah, dan sangat tinggi. Untuk kategori sedang terdapat 20.8% dan kategori tinggi sebesar 79.2% Pada siklus 2, rata-rata skor siswa adalah 7.7 tidak ada siswa yang masuk dalam kategori sangat rendah, rendah, sedang. Untuk kategori tinggi terdapat 75% dan sangat tinggi sebesar 25%. Kata Kunci : Hasil Belajar, Matematika, dan Tipe STAD

Page 1 of 3 | Total Record : 29


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 8, No 4 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 3 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 2 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 1 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 4 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 3 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 2 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 1 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 3, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 2, No 1 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 1 (2014): School Education Journal Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 1, No 1 (2013): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 1 (2013): SCHOOL EDUCATION JOURNAL More Issue