cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL" : 15 Documents clear
MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERMUATAN SOFT SKILL DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SITUMORANG, BENYAMIN
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Sistem belajar mengajar dalam dunia pendidikan masih berada dalam proses transisi antara sistem konvensional dengan sistem berbasis teknologi. Namun upaya pemerintah ini banyak menimbulkan kontra yang menganggap hal ini dapat menghalangi majunya generasi pelajar, mengingat proses belajar mengajar masih mengadakan tatap muka langsung antara guru dan murid. Pembelajaran merupakan salah satu subsistem yang tidak luput dari azas perubahan yang disebabkan oleh kehadiran soft skill.Dalam strategi pembelajaran, guru berperan sebagai fasilitator.Dan sehubungan dengan tujuan menumbuhkan soft skill pada diri siswa, dengan mengembangkan model pembelajaran yang mengintegrasikan soft skill.   Salah satu hal yang sangat penting dimiliki oleh seorang guru dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu guru mempunyai perhatian, tanggung jawab, dan komitmen untuk dapat mengoptimalkan potensi peserta didik, perkataan, tanggung dan komitmen tersebut merupakan bagian dari soft skill seorang guru dalam melaksanakan tugas, khususnya dalam melaksanakan pelaksanaan pembelajaran.   Kata kunci: Manajemen, Pembelajaran, Kompetensi, danSoft Skill.
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 106164 SAMBIREJO TIMUR ANWAR, KHAIRUL; AFRIANI, ASNENSI
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar  siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran IPA pokok bahasan cahaya dan sifatnya di SD Negeri 106164 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan analisis data, bahwa hasil observasi motivasi belajar siswa  pada kondisi awal terdapat 5 orang siswa yang termotivasi dan  29 orang siswa tidak termotivasi dan nilai rata- rata motivasi belajar siswa adalah (14,70%), dan pada siklus I pertemuan I terdapat 11 orang siswa yang termotivasi dan 23 orang siswa yang tidak  termotivasi dan nilai rata- rata motivasi belajar siswa adalah (32,25%),dan pada siklus I pertemuan II terdapat 21 orang siswa  yang termotivasi dan 13 orang siswa yang tidak termotivasi dan nilai rata-rata motivasi belajar siswa adalah (61,76%), sedangkan pada siklus II pertemuan I terdapat  26 siswa termotivasi dan 8 orang siswa tidak termotivasi dengan diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa adalah (76,47%), dan pada siklus II pertemuan II terdapat 33 orang siswa termotivasi dan 1 orang siswa tidak termotivasi dengan diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa adalah (97,06%). Maka dapat dikatakan bahwa setelah menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada materi pokok sifat-sifat cahaya di SD Negeri 106164 Sambirejo Timur tahun ajaran 2013/2014. Kata kunci : Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining dan Motivasi belajar
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI NO. 064983 MEDAN SILALAHI, WESLY; SIREGAR, EFRILLA YUSTIANA
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri No. 064983 Medan yang berjumlah 34 orang. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar  dalam pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi.Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Dari hasil analisis data pada pre test diperoleh 26 orang siswa (76,47%) yang belum tuntas dalam belajar dan sebanyak 8 orang siswa (23,53%) yang telah mencapai standart ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 59,4. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh sebanyak 19 orang siswa (55,88%) yang belum tuntas dan sebanyak 15 orang siswa (44,12%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 62,94. Sedangkan hasil tes pada siklus II diperoleh sebanyak 4 orang siswa (11,76%) belum tuntas dan sebanyak 30 orang siswa (88,24%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 77,64. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada observasi kegiatan guru siklus I nilai yang diperoleh yaitu 78,57 dan pada siklus II 96,43. Pada observasi kegiatan siswa, nilai yang diperoleh pada siklus I yaitu 70 dan pada siklus II 95. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri No. 064983 Medan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya tarik dan gaya dorong.   Kata kunci : Hasil Belajar, Problem Solving, dan Pelajaran IPA.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS IVSDN 020276 BINJAI TIMUR ., SYAMSUARNI; SINAGA, FITRIANY
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas belajar matematika siswa, minat siswa dalam pembelajaran matematika kurang sehingga tidak memunculkan sikap antusias dan semangat siswa untuk belajar, proses pembelajaran yang terlaksana masih didominasi dengan model pembelajaran yang kurang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa di kelas IV SDN 020276 Binjai Timur dengan menerapkan model pembelajaran koperatif tipe TGT. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian adalah di Jln. Ir. H. Juanda No. 203 Kelurahan Mencirim Kecamatan Binjai Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 020276 Binjai Timur berjumlah 23 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi guru. Dari hasil penelitian, aktivitas belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan. Pada siklus I pertemuan 1 masih tergolong sangat rendah yaitu 13,04% dengan rata-rata 43,38, siklus I pertemuan 2 tergolong rendah yaitu 34,78% dengan rata-rata 56,70, siklus II pertemuan 1 tergolong sangat tinggi yaitu 86,95% denga rata-rata 72,10 dan siklus II pertemuan 2 tergolong sangat tinggi yaitu 100% dengan rata-rata 86,05. Hasil lembar observasi guru mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan 1 adalah 60,71%, siklus I pertemuan 2 adalah 75%, siklus II pertemuan 1 adalah 89,28% dan siklus II pertemuan 2 adalah 100% dan rata-rata keseluruhan adalah 81,24%. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran koperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas IV SDN 020276 Binjai Timur T.A 2013/2014 pada materi operasi hitung penjumlahan bilangan pecahan.   Kata kunci : Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran Koperatif Tipe TGT, dan Pelajaran Matematika.
MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PETA KONSEP TIPE NETWORK TREE DI KELAS IV SD NEGERI 060792 KECAMATAN MEDAN TIMUR ., NURMAYANI; SIHOMBING, ANUGERAH B
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 060792 Kec. Medan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model peta konsep tipe network tree pada pelajaran IPA dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 39 orang siswa yang terdiri dari 27 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisis datanya dengan observasi terhadap kreativitas belajar siswa dan kegiatan mengajar guru. Dari analisis data observasi pada kondisi awal diperoleh 10 orang siswa memiliki kreativitas belajar baik (26%), 29 orang memiliki kreativitas belajar  (74%). Pada siklus I mengalami perubahan yaitu : 1orang memiliki kreativitas belajar sangat tinggi ( 3%), 15 orang memiliki kreativitas belajar tinggi (38%), 13 orang memiliki kretivitas belaja rendah (59%).  Dan pada siklus II persentase kreativitas belajar siswa semakin meningkat dan sesuai dengan persentase yang ingin dicapai pada tingkat  kreativitas belajar siswa, yaitu : 5 orang memilik kreativitas belajar sangat tinggi (13%), 29 orang memiliki kreativitas belajar tinggi (74%), 5 orang memiliki kreativitas belajar rendah  13%). Sedangkan berdasarkan analisis data yang diperoleh pada angket siklus I adalah :12 orang memiliki kreativitas belajar tinggi (31%), 27 orang memiliki kreativitas belajar rendah (69%).  Dan pada siklus II diperoleh : 5 orang memiliki kreativitas belajar sangat tinggi (13%), 23 orang memiliki kreativitas belajar tinggi (59%), 11 orang siswa memiliki kreativitas belajar rendah(28%).  Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model peta konsep tipe network tree pada pembelajaran IPA materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa.   Kata kunci : Kreativitas,  Model Peta Konsep, Tipe Network Tree,dan IPA
UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI KEGIATAN PENDAMPINGAN ( MENTORING) MAILANI, ELVI
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi paedagogik guru di SDS Inti Nusantara kota Tebing Tinggi. Penelitian ini dilakukan karena masih banyak guru yang belum mampu merancang rencana pelaksanaan pembelajaran yang baik dan efektif yang dapat menjadi acuan bagi guru dalam mengajar untuk mencapai pembelajaran yang diharapkan. Subjek dari penelitian ini adalah guru-guru yang bertugas di SDS Inti Nusantara kota Tebing Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah ( PTS) yang langkah – langkah kegiatanya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar observasi yang menghasilkan data kualitatif diakhir penelitian.Hasil penelitian ini menunjukkan keberhasilan kegiatan mentoring yang dilakukandengan gambaran sebagai berikut: Perumusan tujuan pembelajaran hasil rata-rata menunjukkan angka 70%. Pada penentuan bahan ajar diperoleh hasil 80%,Penentuan strategi/metode pembelajaran ia dan alat mencapai 75% dengan variasi yang semakin beragam. Pada penentuan media dan alat pembelajaran ada peningkatan hingga 80%, dan Perencanaan kegiatan evaluasi bisa mencapai 70% dan sudah mencantumkan, bentuk, jenis dan bahkan soal yang digunakan beserta kunci jawaban atau pedoman penilaiannya, serta mencantumkan alokasi waktu yang dibutuhkan   Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan Pendampingan.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PERBAIKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV-B PADA BIDANG STUDI IPS DI SD NEGERI 106146 MULIOREJO ., EFENDI
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran IPS di SD Negeri 106146 Muliorejo belum memberikan ketuntasan belajar klasikal tanpa program remedial. Kondisi ini disebabkan Model, metode dan strategi belajar mengajar yang belum dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Perlu diupayakan pembelajaran yang beroientasi pada aktivitas siswa (berpusat pada siswa) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini akan ditempuh dalam dua siklus. Dari siklus ke siklus menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT ( Team Games Tournament ) dengan senantiasa meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran yang berorientasi aktivitas siswa yang akan bermuara pada perbaikan hasil belajar siswa. Setelah penelitian berlangsung selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa: 1) Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus I antara lain  menulis/membaca (41,7%), Mengerjakan LKS (25,8%), bertanya sesama teman (6,7%), bertanya kepada guru (14,2%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (11,6%). Data aktivitas siswa menurut pengamatan  pada siklus II antara lain  menulis/membaca (25,5%), bekerja (51,8%), bertanya sesama teman (14,6%), bertanya kepada guru (3,6%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (4,5%); 2) Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe  TGT (Team Games Tournament) prestasi belajar siswa dari siklus ke siklus berikutnya mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) pada formatif I dan formatif II menunjukkan 23 orang siswa tuntas secara individu, sedangkan kelas tidak tuntas. Pada siklus II, tuntas secara individu sebanyak 40 orang siswa, sedangkan kelas adalah tuntas dengan rata-rata siklus I dan siklus II adalah 61,3 dan 77. Hal ini menunjukkan prestasi belajar siswa meningkat setiap siklusnya.   Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament, dan Prestasi Belajar Siswa
UPAYA PENINGKATAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 105275 PAYA GELI HUTAGALUNG, IDAMAULI
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini menerapkan model pembelajaran Improve sebagai upaya meningkatkan aktivitas yang juga akan mempengaruhi kemampuan pemecehan masalah siswa pada bidang studi Matematika. Penerapan model dilaksanakan dalam penelitian tindakan kelas selama dua siklus dengan dua kali pertemuan (KBM) setiap siklusnya. Sehingga data dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Improve, dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 105275 Payageli, semester ganjil Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 31 siswa. Data aktivitas diperoleh dari pengamatan siswa tiap siklus, data hasil belajar diperoleh dari tes setiap akhir siklus.Hasil penelitian menunjukkan; 1) Hasil belajar siswa pada bidang studi Matematika dengan menerapkan model pembelajaran Improve pada siklus I mencapai rata-rata  70,2 dengan ketuntasan klasikal  48,39% dan siklus II mencapai 82 dengan ketuntasan klasikal 87,08 %. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar siswa dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal tercapai padabidang studi Matematika di kelas V SD Negeri 105275 Payageli; 2)Aktivitas belajar siswa pada bidang studi Matematika dengan menerapkan model Pembelajaran Improve pada siklus I, aktivitas menulis,membaca sebesar 44,7%, berdiskusi dan mengerjakan LKS sebesar 20%, bertanya pada teman sebesar 11%, bertanya pada guru sebesar 13%, yang tidak relevan dengan KBM sebesar 11%. Dan pada siklus II, aktivitas menulis,membaca sebesar 22%, berdiskusi dan mengerjakan LKS sebesar 51%, bertanya pada teman sebesar 12%, bertanya pada guru sebesar 8%, yang tidak relevan dengan KBM sebesar 6%. Data tersebut menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I menjadi lebih aktif pada siklus II.   Kata kunci: Model Pembelajaran Improve, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
PERBAIKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TUTOR SEBAYA DI KELAS IV-b SD NEGERI 104188 MEDAN KRIO TARIGAN, INGAN
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan prestasi belajar siswa antara lain. Subjek  penelitian ini  diambil di kelas IV-b SD Negeri 104188 Medan Krio dengan jumlah siswa 37 orang. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya. Tujuan penelitian ini adalah; 1) untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas belajar Matematika siswa kelas IV-b SD Negeri 104188 Medan Krio, Tahun Pembelajaran 2012/2013, 2) untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas IV-b SD Negeri 104188 Medan Krio, Tahun Pelajaran 2012/2013.Dari hasil penelitian diperoleh data-data hasil belajar dan aktifitas belajar siswa selama kegiatan belajar mengajar matematika pada siswa kelas IV-b SD Negeri 104188 Medan Krio dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya kemudian dianalisis sehingga dapat disimpulkan antara lain; 1) pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya memiliki  dampak positif dalam memperbaiki prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu pada Siklus I (64,9%) naik pada Siklus II (86,4%); 2) data aktifitas siswa menurut pengamatan pengamat pada Siklus I antara lain  membaca/menulis (42% ), mengerjakan LKS (25,5%) bertanya sesama teman (6%), menjawab pertanyaan teman (6%),   bertanya kepada guru (10,5%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (10%), data aktifitas siswa menurut pengamatan  pada Siklus II antara lain  membaca/menulis (23%), mengerjakan LKS (42%), bertanya sesama teman (12%), menjawab pertanyaan teman (14%), bertanya kepada guru (4%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (4%).   Kata  kunci : Perbaikan Prestasi Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 155686 UNTEMUNGKUR II KECAMATAN KOLANG KABUPATEN TAPANULI TENGAH PAKPAHAN, ROSMERIDA
SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL
Publisher : SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penggunaan Metode Discovery Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD Negeri 155686 Untemungkur II Tahun Pelajaran. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 siswa yang berasal dari siswa Kelas IV pada Tahun Pelajaran 2011/2012. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara memberikan tes. Dari hasil analisis data diperoleh 5 siswa (16,66%) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 25 siswa (83,33%) yang belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. dari pre tes diperoleh nilai rata-rata siswa 48,16. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh 13 siswa (43,33%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 17 siswa (56,66%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 64. Dari hasil tes pada siklus II diperoleh 27 siswa (90%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 3 siswa (10%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 81. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri 155686 Untemungkur II. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran yang menggunakan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengenal bangun datar simetris.   Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Discovery, Pelajaran Matematika.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 8, No 4 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 3 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 2 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 1 (2018): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 4 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 3 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 2 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 1 (2017): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 2 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 1 (2016): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 2 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 3, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 2, No 1 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 1 (2014): School Education Journal Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 2 (2014): SCHOOL EDUCATION JOURNAL Vol 1, No 1 (2013): SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 1 (2013): SCHOOL EDUCATION JOURNAL More Issue