cover
Filter by Year
ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Articles
347
Articles
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 060898 MEDAN MAIMUN

Siregar, Derliana

ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 2 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran Pkn melalui model Cooperative Learning tipe NHT dengan media pembelajaran pada siswa kelas V SD N 060898 Kecamatan Medan Maimun. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N 060898 Kecamatan Medan Maimun berjumlah 36 siswa. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan ≥75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai ≥70. Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai  ≥70 mengalami peningkatan sebesar 25% dengan kondisi awal 44% meningkat menjadi 69% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 28% menjadi 97%. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 8,75% dengan kondisi awal 66,53 meningkat menjadi 75,27 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,97% menjadi 86,25. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Cooperative Learning Tipe NHT, Media Pembelajaran

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 104204 SAMBIREJO TIMUR

Barimbing, Rouli

ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 2 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 Siklus. Subjek penelitian adalah siswa/i kelas IIIA SD Negeri 104204 Sambirejo Timur sebanyak 36 orang siswa dengan jumlah laki-laki 20 orang dan perempuan 16 orang. Objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Word Square untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi untuk guru, lembar observasi untuk siswa dan angket. Hasil observasi pelaksanaan Word Square oleh peneliti yang dilakukan oleh wali kelas IIIA pada siklus I pertemuan I menghasilkan rata-rata 60% dengan kriteria sedang, pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 80% dengan kriteria baik, pada siklus II pertemuan I 80% dengan kriteria baik, dan pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 100% dengan kriteria sangat baik. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Model Word Squere, IPA 

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS IIA SD NEGERI 064960 KECAMATAN MEDAN POLONIA

Megawati, Megawati

ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 2 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media sedotan. (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas II-A SDN 064960 Medan setelah menggunakan media konkret sedotan. Sedangkan dalam penelitian ini menggunakan analisis data persentase klasikal dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas peserta didik setelah menggunakan media sedotan mengalami peningkatan pada siklus I diperoleh jumlah skor 45,5 dan siklus II jumlah skor 60 dengan kategori baik, (2) ada peningkatan hasil belajar matematika melalui penggunaan media konkret sedotan yang menunjukkan dari hasil awal 28,57%, pada siklus I 64,28% dan siklus II 100%. Kata Kunci: Hasil belajar, Matematika, Media Konkret

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) SISWA KELAS 5 SD NEGERI 164525 TEBING TINGGI

Harahap, Siti Era

ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 2 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PPKN Kelas 5 SD Negeri 164525 Tebing Tinggi tahun pelajaran 2017/2018 melalui model  pembelajaran kooperatif  Team Games Tournament. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis M Taggart. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri 164525  Tebing Tinggi. Pelajaran dengan model TGT pada materi pelajaran PPKN di kelas 5 SD Negeri 164525 Tebing Tinggi memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajarsiswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (53,33%), siklus II (93,33%) dan dinyatakan berhasil.  Kata Kunci: Hasil Belajar, PPKN, Model TGT (Team Games Tournament)

PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DALAM MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR SISWA PADA IPS KELAS IV SD NEGERI 060819 MEDAN

Situmorang, Lasma

ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 2 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk usaha meningkatkan motivasi belajar IPS melalui metode tanya jawab pada kompetensi dasar perkembangan system administrasi wilayah Indonesia  di Kelas IV SD Negeri 060819 Medan Kota. Setelah dilakukan siklus I dan siklus II kondisi belajar siswa mengalami perubahan pada siklus I meningkat menjadi 4 indikator untuk kriteria baik. Pada siklus II setelah dilakukan tindakan kondisi motivasi belajar siswa jauh lebih baik karena telah 5 indikator untuk kriteria sangat baik dan 4 indikator untuk kriteria baik. Kata Kunci : Metode Tanya Jawab, Hasil Belajar, IPS

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 104204 SAMBIREJO TIMUR

Suryati, Wiwik

ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 2 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan model pembelajaran Cooperative type TGT materi ajar Masa Persiapan Kemerdekaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2016/2017. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas siswa pada saat tes awal sebelum diberikan tindakan sebesar 52,28 dan dinyatakan masih belum tuntas belajar. Pada siklus I setelah diberikan tindakan diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 68. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas juga menigkat menjadi 81,42. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative type Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur pada materi ajar Masa Persiapan Kemerdekaan Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran TGT

MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR ORGANISASI PELAJARAN PKN MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PAKEM UNTUK KELAS III SD NEGERI 060819 KEC. MEDAN KOTA

Dewi, Ratna

ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 2 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan penerapan pendekatan pembelajaran PAKEM pada pelajaran PKn Kelas III SD Negeri 060819 Kec. Medan Kota. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 060819 Kec. Medan Kota dengan jumlah sampel sebanyak 22 orang siswa tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa dari 22 orang siswa pada kondisi awal drata-rata skor aktifitas belajar siswa sebesar 9 dan 77, 27% kategori kurang aktif. Pada Siklus I Pertemuan 1 diperoleh rata-rata skor keaktifan belajar siswa sebesar 10 dan 68,18% kategori kurang aktif, pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 13 dan 50% termasuk kategori cukup aktif. Pada Siklus II Pertemuan 1 diperoleh rata-rata skor aktifitas belajar siswa sebesar 16 dan 40,91% sudah termasuk kategori aktif, pada Siklus II Pertemuan 2 skor aktifitas belajar semakin meningkat menjadi 19 termasuk kategori aktif dan 45,45% siswa yang termasuk kategori sangat aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan pembelajaran PAKEM dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pelajaran PKn di kelas III SD Negeri 060819 Kec. Medan Kota T.A. 2017/2018. Kata Kunci: Keaktifan Belajar, PKn, PAKEM

PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA KOMPETENSI DASAR KEADAAN SOSIAL NEGARA TETANGGA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SD NEGERI 060819 MEDAN KOTA

Naibaho, Onike

ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 2 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri 060819 Medan Kota melalui model pembelajaran Numbered Heads Together. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 27 orang. Hasil penelitian menunjukan pada saat pre tes diperoleh dari 27 orang siswa, 4 siswa (14,81%) yang memenuhi ketuntasan belajar dan 23 siswa (85,18%) tidak memenuhi ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 42,74, selanjutnya pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas meningkatkan sebanyak 25,14 (dari 42,74 naik menjadi 67,88), dengan sebanyak 16 siswa (59,25%) yang memenuhi ketuntasan belajar dan 11 siswa (40,74%) tidak memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus II meningkat menjadi 84,22 dengan sebanyak 24 siswa (88,88%) yang memenuhi ketuntasan belajar dan 3 siswa (11,11%) tidak tuntas. Jadi dapat dikatakan pada siklus II ketuntasan belajar meningkat sebesar 16,34 (dari 67,88 naik menjadi 84,22). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas VI SD Negeri 060819 Medan Kota tahun ajaran 2017/2018. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Numbered Heads Together

PENGARUH MODEL PEMECAHAN MASALAH DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA SISWA DI SDN 060856 MEDAN

Tarigan, Restar

ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 2 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

This study aimed to analyze The influence of science learning outcomes ofstudents. This study isa quasi experimental research (quasi experiment). This population is the class V SD 060856 Medan. The samplein this study selected by purposive random sampling as much as two grades. The instrument used consisted of: science achievement test and learning creativity questionnaire sheet. Data analysis was performed using ANOVA two lanes. The results of this study indicate that the learning outcomes of students that learned Science with problem solving learning model is significantly different and better than the students that learned by direct instruction learning. Studentswith high creativity indicates higher learning outcomes than students with low creativity. In this study shows there is an interaction between the learning model and the level of creativity in influencing student Science learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, Creativity, Solution Of ProblemThis study aimed to analyze The influence of science learning outcomes ofstudents. This study isa quasi experimental research (quasi experiment). This population is the class V SD 060856 Medan. The samplein this study selected by purposive random sampling as much as two grades. The instrument used consisted of: science achievement test and learning creativity questionnaire sheet. Data analysis was performed using ANOVA two lanes. The results of this study indicate that the learning outcomes of students that learned Science with problem solving learning model is significantly different and better than the students that learned by direct instruction learning. Studentswith high creativity indicates higher learning outcomes than students with low creativity. In this study shows there is an interaction between the learning model and the level of creativity in influencing student Science learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, Creativity, Solution Of Problem

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 060890 KECAMATAN MEDAN POLONIA

Zulfaridah, Zulfaridah

ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 2 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi pokok Menulis Puisi di kelas V SD Negeri 060890 Medan Polonia dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N 060890 Medan Polonia yang berjumlah 23 siswa, terdiri dengan siswa laki-laki 12 anak dan siswa perempuan 11 anak. Pada siklus II diketahui bahwa nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 81. Nilai rata-rata kelas tersebut menunjukkan adanya peningkatan nilai dari siklus I ke siklus II sebesar 8,5 poin. Persentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus II sebesar 92%. Hasil yang diperoleh pada siklus II telah mencapai kriteria keberhasilan yang ditentukan. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus II membuktikan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan  hasil belajar siswa pada pembelajaran menulis puisi di kelas V SD Negeri 060890 Medan Polonia. Kata Kunci: Pendekatan CTL, Hasil Belajar, Menulis Puisi