cover
Filter by Year
ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Articles
434
Articles
PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA KOMPETENSI DASAR KEADAAN SOSIAL NEGARA-NEGARA TETANGGA PELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 068008 KEC.MEDAN TUNTUNGAN

Silaban, Tiorim

ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 3 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRACTThe results showed that during the pre-test before the action was taken from 27 students, 4 students (14.81%) fulfilled the study and 23 students (85.18%) did not fulfill the learning completeness with an average value of 42.74, then in Cycle I obtained an increase in class average value of 25.14 (from 42.74 up to 67.88), with student learning rates from 27 students as many as 16 students (59.25%) who met study completeness and 11 students ( 40.74%) did not fulfill the learning completeness. In the second cycle, the average score of the class increased to 84.22 with the level of student learning from 27 students as many as 24 students (88.88%) that met the mastery of learning and 3 students (11.11%) did not complete. It can be said that in cycle II learning completeness increased by 16.34 (from 67.88 up to 84.22).Keywords: Numbered Heads Together, Model, Learning Outcomes ABSTRAKHasil penelitian menunjukan pada saat pre tes sebelum dilakukan tindakan diperoleh dari 27 orang siswa, 4 siswa (14,81%)  memenuhi belajar dan 23 siswa (85,18%) tidak memenuhi ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 42,74, selanjutnya pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas meningkatkan sebanyak 25,14 (dari 42,74 naik menjadi 67,88), dengan tingkat belajar siswa dari 27 orang siswa sebanyak 16 siswa (59,25%) yang memenuhi ketuntasan belajar dan 11 siswa (40,74%) tidak memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 84,22 dengan tingkat belajar siswa dari 27 orang siswa sebanyak 24 siswa (88,88%) yang memenuhi ketuntasan belajar dan 3 siswa (11,11%) tidak tuntas. dapat dikatakan pada siklus II ketuntasan belajar meningkat sebesar 16,34 (dari 67,88 naik menjadi 84,22).Kata Kunci: Model Numbered Heads Together, Hasil Belajar 

PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT STEAM ACHIEVEMENT DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI 168060 KOTA TEBING TINGGI

Soldiana, Soldiana

ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 4 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRACTThis study aims to improve the learning outcomes of citizenship education in the material of freedom of organization of fifth grade students of SD Negeri 168060 Tebing Tinggi city using the cooperative learning type STAD in the 2016/2017 learning year. If in the pre cycle activity the average student score is 62.5 with a thorough completeness of 41.66%, then in the first cycle it increases to an average rating of 69.78 students with classical completeness of 70.83%. Furthermore, in the second cycle the average score of students was 75.83 with classical completeness of 91.66%. There was an increase of 13.3 to the average student assessment and 50% to the classical completeness of students, so this study was said to be successful. Keywords: Learning Outcomes, Freedom of Organization, STAD ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada materi kebebasan berorganisasi siswa kelas V SD Negeri 168060 kota Tebing Tinggi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tahun pembelajaran 2016/2017. Jika pada kegiatan pra siklus rata-rata perolehan nilai siswa sebesar 62,5 dengan ketuntasan klsikal 41,66%, maka pada siklus I meningkat menjadi rata-rata penilaian siswa 69,78 dengan ketuntasan klasikal 70,83%. Selanjutnya pada siklus II rata-rata perolehan nilai siswa 75,83 dengan ketuntasan klasikal 91,66%. Terjadi peningkatan 13,3 terhadap rata-rata penilaian siswa dan 50% terhadap ketuntasan klasikal siswa, maka dengan ini penelitian ini dikatakan berhasil. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kebebasan Berorganisasi, STAD

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC & MODEL THINK PAIR SHARE KELAS IV SD

Meifani, Khamalatur Rizqi

ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 4 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this study is to improve learning outcomes through the scientific approach and think pair models share 4th grade elementary school students. The research subjects of the fourth grade students at SDN Blotongan 01 were 19 students. Data collection techniques used are test and non-test (observation). The results of this study indicate that there is an increase in learning outcomes which is attempted through the scientific approach with proven think pair share models. This is indicated by the comparison of learning outcomes completeness cycle I: cycle II is 63%: 95%. Comparison of learning outcomes based on the average cycle I: cycle II is 75: 83. Comparison of the maximum score of cycle I: cycle II is 90: 100. Comparison of minimum scores of cycle I: cycle II is 50:64. Keywords: Learning outcomes, Scientific, Think Pair Share ABSTRAKTujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar melalui pendekatan scientific dan model think pair share siswa kelas IV SD. Subjek penelitian siswa kelas IV di SDN Blotongan 01 sebanyak 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes (observasi). Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar yang diupayakan melalui pendekatan scientific dengan model think pair share terbukti. Hal ini ditunjukkan berdasarkan perbandingan hasil belajar ketuntasan siklus I : siklus II adalah 63% : 95%. Perbandingan hasil belajar berdasarkan rata-rata siklus I : siklus II adalah 75 : 83. Perbandingan skor maksimal siklus I : siklus II adalah 90 : 100. Perbandingan skor minimal siklus I : siklus II adalah 50 : 64. Kata Kunci: Hasil belajar, Scientific, Think Pair Share

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP PEMAHAMAN PHYSICAL SCIENCE PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK DI KOTA PADANG

Meilina, Meilina

ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 3 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRACTThe objective of this research is to know  impact of  learning method  and cognitive style against physical science comprehension. This research using experimental method  of 2 x 2 factorial  design. Research result  indicated that  : 1)Physical science comprehension of children thought  by discovery learning method is higher compared to method of project base learning, 2)There is  interaction impact  between learning method  and cognitive style against  physical science comprehension, 3)Physical science comprehension of  children’s  independent field cognitive style had been given higher learning method discovery compared to method  of  project base learning, 4)Physical science comprehension of children who has  dependent field learning method discovery is lower compared to method of   project base learning.Keyword: Method, Style, Comprehension   ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan gaya kognitif terhadap pemahaman physical science. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen desain factorial 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Pemahaman physical science anak yang diajarkan melalui metode discovery lebih tinggi dibandingkan dengan metode project, 2)Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan gaya kognitif terhadap pemahaman physical science 3)Pemahaman physical science anak gaya kognitif field independent diberikan metode discovery lebih tinggi dibandingkan dengan metode project, 4)Pemahaman physical science anak gaya kognitif field dependent diberikan metode discovery lebih rendah dibandingkan dengan metode project.Kata Kunci: Metode, Pemahaman  

OPTIMALISASI PERAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Tampubolon, Manner

ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 4 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRACTThe teachers role is: a.) As a source of learning learning that is with the teachers ability to master the subject matter. b.) as a facilitator, namely in providing services to students, can make it easier for students to receive subject matter. So that learning becomes effective and efficient. c.) as a manager, namely in the learning process, the teacher has a role to hold full control of the climate in the learning atmosphere. d) as a demonstrator the teacher is a role figure to show attitudes that will inspire students to do the same, even better. e.) as a teacher guide must be able to direct students to become what they want, meaning the teacher guides and directs students to be able to achieve their dreams and dreams.Keywords: Optimization, teachers role, learning process. ABSTRAKAdapun peran guru tersebut adalah: a.) sebagai sumber belajar belajar yaitu dengan kemampuan guru dalam menguasai materi pelajaran. b.) sebagai fasilitator yaitu dalam memberikan pelayanan kepada siswa, dapat memudahkan siswa menerima materi pelajaran. Sehingga pembelajaran menjadi efektif dan efisien. c.) sebagai pengelola yaitu dalam proses pembelajaran, guru berperan untuk memegang kendali penuh atas iklim dalam suasana pembelajaran, d.) sebagai demonstrator adalah guru itu sebagai sosok yang berperan untuk menunjukkan sikap-sikap yang akan menginspirasi siswa untuk melakukan hal yang sama, bahkan lebih baik. e.) sebagai pembimbing guru harus dapat mengarahkan siswa untuk menjadi seperti yang diinginkannya, artinya guru membimbing dan mengarahkan siswa untuk dapat mencapai cita-cita dan impianya.Kata Kunci: Optimalisasi, Peran guru, Proses pembelajaran.

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA MATERI BENDA DAN SIFATNYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN SISWA KELAS IV SD NEGERI 163083 TEBING TINGGI

Manurung, Masdiana

ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 3 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

 ABSTRACTThis class action research uses the Lewins model, in which each cycle consists of activities of planning, implementation, observation and reflection. This research was conducted in 2 cycles. The subjects in this study were fourth grade students of 163083 Public Elementary School Tebing Tinggi city, totaling 22 students. This study uses qualitative descriptive analysis techniques. The results of the classical completeness of student learning reached 59.09% with an average of 65.90 in the first cycle and increased to 100% with an average of 89.54 in the second cycle. Keywords: Learning, Outcomes, Poetry, Techniques ABSTRAKPenelitian tindakan kelas ini menggunakan model Lewins, dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek  pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 163083 kota Tebing Tinggi yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik  analisis dekriptif kualitatif.  Hasil ketuntasan klasikal belajar siswa yang mencapai 59,09% dengan rata-rata 65,90 pada siklus I dan meningkat menjadi 100%  dengan rata-rata 89,54 pada siklus II. Kata Kunci: Hasil Belajar, Puisi, Teknik

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN METODE RESITASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 163086 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2017/2018

Purba, Nurliana

ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 4 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRACTThis study aims to find out how the implementation of recitation or assignment methods in Class V 163086 Public Elementary School Tebing Tinggi and to find out whether the recitation method can be effective in improving the learning achievement of Class V students of SD Negeri 163086 Tebing Tinggi. The results obtained from this study Recitation method can improve learning readiness, foster learning motivation and improve student achievement in Class V 163086 Public Elementary School Tebing Tinggi, recitation methods train students to be independent and more responsible. Keywords: Recitation Method, Student Motivation ABSTRAKPenelitian ini dengan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode resitasi atau tugas di Kelas V SD Negeri 163086 Tebing Tinggi dan untuk mengetahui apakah metode resitasi dapat efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas V SD Negeri 163086 Tebing Tinggi.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Efektifitas penggunaan metode resitasi dapat meningkatkan kesiapan belajar, menumbuhkan motivasi belajar dan meningkatkan prestasi belajar siswa di Kelas V SD Negeri 163086 Tebing Tinggi, metode resitasi melatih siswa untuk mandiri dan lebih bertanggung jawab. Kata Kunci: Metode Resitasi, Motivasi Siswa

MEMBANGUN PERAN GURU MELALUI SOSIOLOGI PENDIDIKAN

Zulmawati, Zulmawati

ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 4 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRACTIn the world of education student development is influenced by parents, teachers, society. For this reason, teachers must understand and be equipped with educational sociology and skilled in operating it in educational activities. A teacher also has a very important role in creating an atmosphere in school life. By understanding the sociology of education the teacher is expected to know ways - how to control the educational process to develop individual personalities to be better. So that the fundamental problems of education can be overcome, therefore teachers as educators must try to analyze education from the sociology of education. Keywords: Educational Sociology, Teacher, Teachers RoleABSTRAKDalam dunia pendidikan perkembangan siswa dipengaruhi oleh orang tua,guru,masyarakat. Untuk itu, para guru harus paham dan dibekali dengan sosiologi pendidikan serta terampil mengoperasikannya dalam kegiatan pendidikan. Seorang guru juga mempunyai peranan yang sangat penting dalam menciptakan suasana dalam kehidupan sekolah. Dengan memahami sosiologi pendidikan guru diharapkan akan mengetahui cara – cara mengendalikan proses pendidikan untuk mengembangkan kepribadian individu agar lebih baik. Sehingga masalah – masalah pendidikan yang fundamental dapat teratasi, oleh karenanya guru sebagai tenaga pendidik harus berusaha menganalisis pendidikan dari sosiologi pendidikan. Kata Kunci: Sosiologi Pendidikan, Guru, Peran Guru

UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI METODE BERMAIN DILINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 165718 KOTA TEBING TINGGI

Tiurmaida, Tiurmaida

ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 3 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRACTThe purpose of applying the method of playing methods in the School environment is that students are actively involved in learning activities and encourage students to be more creative, fostering confidence in learning. The method used in this study is Classroom Action Research (CAR). This research was conducted at 165718 Public Elementary School in Tebing Tinggi City, with the research subjects being Class VI students totaling 37 students. The average student learning outcomes in cycle I is 7.80 and cycle II is 8. This is reinforced again by observing students who have significantly increased student activity and student responses to the application of playing methods in the School environment with 1 cycle presentation 64.86% and cycle 2 92.43%. Keywords: Learning, High Jump, School EnvironmentABSTRAKTujuan dari penerapan model metode bermain di lingkungan Sekolah adalah siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mendorong siswa agar lebih kreatif, menumbuhkan kepercayaan diri dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 165718 Kota Tebing Tinggi, dengan subyek penelitian adalah siswa Kelas VI yang berjumlah 37 siswa. Rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 7,80 dan siklus II sebesar 8. Hal ini diperkuat lagi dengan obeservasi siswa yang mengalami peningkatan keaktifan siswa secara signifikans dan respon siswa terhadap penerapan metode bermain di lingkungan Sekolah dengan presentasi siklus 1 64,86% dan siklus 2 92,43%.Kata Kunci: Pembelajaran, Lompat Tinggi, Di Lingkungan Sekolah 

PEMBERIAN PENGUATAN POSITIF OLEH GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR HUBUNGAN SATUAN PANJANG PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 066038 KEC MEDAN TUNTUNGAN

Simbolon, Janrita

ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 4 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Publisher : FIP Unimed

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRACTThe problem in this study is whether the provision of positive reinforcement such as prizes can increase achievement motivation of fifth grade students of SD Negeri 066038 Kec Medan Tuntungan. The population of this study was conducted on Class V students at SD Negeri 066038 Kec Medan Tuntungan. A total of 25 people, using positive reinforcement (gifts). The tools used to collect data in this study are observation sheets for teachers, student motivation observation sheets and student grades. The results showed that in the initial conditions, the average value of the student count was 5.70 in the first cycle. The average score of the student count was 6.02 while in the second cycle there was a very significant increase, the average value of students rose to 8. , 81. Keywords: Improve Learning Motivation ABSTRAKAdapun masalah pada penelitian ini adalah apakah pemberian penguatan positif seperti hadiah dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa kelas V SD Negeri 066038 Kec Medan Tuntungan. Populasi penelitian ini dilakukan terhadap peserta didik Kelas V di SD Negeri 066038 Kec Medan Tuntungan. Berjumlah 25 orang, dengan menggunakan penguatan positif (hadiah). Alat yang dilakukan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk guru, lembar observsi motivasi siswa dan daftar nilai siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal, nilai rata-rata hitung siswa adalah 5,70 pada siklus I nilai rata-rata hitung siswa naik yaitu 6,02 sedangkan pada siklus II terjadi kenaikan yang sangat signifikan, nilai rata-rata siswa naik menjadi 8,81. Kata Kunci: Meningkatkan Motivasi Belajar

Issues
All Issue Vol 8, No 4 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 3 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 2 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 8, No 1 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 4 (2018): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 3 (2017): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 2 (2017): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 7, No 1 (2017): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 2 (2016): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 6, No 1 (2016): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 2 (2016): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 5, No 1 (2016): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 2 (2015): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 4, No 1 (2015): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 2 (2015): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 3, No 1 (2015): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 2 (2014): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL Vol 2, No 1 (2014): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 2, No 1 (2014): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL Vol 1, No 2 (2014): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 2 (2014): ELEMEMTARY SCHOOL JOURNAL Vol 1, No 2 (2013): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 1 (2013): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED Vol 1, No 1 (2013): ELEMEMTARY SCHOOL JOURNAL