JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN
ISSN : -     EISSN : -
Articles 165 Documents
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

Annisa, Nur, Saragih, Abdul Hasan, Mursid, R

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
Publisher : JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.859 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: menghasilkan media pembelajaran interaktif yang layak digunakan, mudah dipelajari mahasiswa dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model Borg & Gall yang dipadu dengan model Dick & Carey. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa uji ahli dan uji coba yang dilakukan kualifikasi sangat baik dengan melalui tahapan revisi produk. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuasi eksperimen. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dengan tanpa media interaktif. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data dan disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif lebih tinggi dari yang dibelajarkan dengan tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif. Kata Kunci: pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer, menggambar teknik Abstract: This study aims to: produce a viable interactive learning media use, easy to learn students and can be used for individual learning, knowing the effectiveness of interactive learning media were developed in English. This type of research is the development of research that uses models Borg & Gall combined with Dick & Carey model. Pengebangan results show that the expert test and qualification testing performed very well with through the stages of a product revision. The method used in the study was a quasi-experimental. Hypothesis testing results prove that there is a significant difference between the learning outcomes of students who learned with using the media of interactive not using learning with media of interactive. This is shown by the results of data processing and concluded that the results of the study group of students that learned by using interactive learning media is higher than that learned by not using learning media of interactive. Keywords: development of a computer -based interactive learning media , english

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENGETAHUAN ALAT PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN MAKANAN PROGRAM STUDI TATA BOGA

Aruan, Theodora, Hamid K, Abdul, Tanjung, Samsidar

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
Publisher : JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.869 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan multimedia pembelajaran pada mata kuliah Pengetahuan Alat Pengolahan dan Penyajian Makanan yang layak digunakan pada mahasiswa program studi Tata Boga. (2) mengetahui efektifitas multimedia pembelajaran pada mata kuliah Pengetahuan Alat Pengolahan dan Penyajian Makanan program studi Tata Boga. Penelitian menggunakan model pengembangan produk Borg and Gall yang dipadu dengan model desain pembelajaran dari Dick and Carey. Metode penelitian ini terdiri dari dua tahapan, yang mana pada tahap I merupakan tahap uji coba produk yang terdiri dari: (1) validasi ahli desain pembelajaran, (2) validasi ahli materi pelajaran, (3) validasi ahli media pembelajaran, (4) uji coba perorangan, (5) uji coba kelompok kecil, dan (6) uji coba lapangan terbatas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (82,17%), (2) uji ahli materi berada pada kualifikasi sangat baik (89,5%), (3) uji ahli media berada pada kualifikasi sangat baik (85%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (87%),  (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (86%), dan (6) uji coba lapangan terbatas berada pada kualifikasi sangat baik (83,8%). Kata Kunci: multimedia, pembelajaran, pengetahuan alat pengolahan dan penyajian makanan Abstract: This study aims to: (1) develop learning multimedia in the subject of Knowledge Processing and Presentation Tools that are suitable for use in culinary study program students. (2) knowing the effectiveness of learning multimedia in the subject of Food Processing and Food Processing Program Knowledge and Processing Tools. The study used the Borg and Gall product development model combined with learning design models from Dick and Carey. This research method consists of two stages, which in stage I is the product testing phase which consists of: (1) validation of learning design experts, (2) expert material validation, (3) validation of learning media experts, (4) test try individuals, (5) small group trials, and (6) limited field trials. The results showed: (1) the learning design expert test was in very good qualification (82.17%), (2) the material expert test was in very good qualification (89.5%), (3) the media expert test was in the qualification very good (85%), (4) individual trials are in very good qualifications (87%), (5) small group trials are in very good qualifications (86%), and (6) limited field trials are at very good qualification (83.8%). Keywords: multimedia, learning, knowledge of processing and serving food

KATA PENGANTAR TIK VOL 5 NO 2 DESEMBER 2018

Admin, .

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
Publisher : JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (9.134 KB)

Abstract

.

PENGARUH MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN MUSIKAL TERHADAP HASIL BELAJAR PIANO MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN SENI MUSIK

Simamora, Deslina, Siagian, Sahat, Sitompul, Harun

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
Publisher : JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.32 KB)

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hasil belajar piano mahasiswa yang diajar dengan multimedia CD Interaktif dibandingkan dengan mahasiswa yang diajar dengan multimedia pembelajaran CD Program; hasil belajar piano mahasiswa yang memiliki kecerdasan musikal tinggi dengan hasil belajar mahasiswa yang memiliki kecerdasan musikal rendah; mengetahui interaksi antara pembelajaran multimedia dan kecerdasan musikal mahasiswa terhadap hasil belajar Piano. Metode penelitian adalah metode kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara cluster random sampling terdiri dari kelas ekperimerimen yang diajarkan dengan multimedia CD interaktif  dan multimedia CD Program. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar piano mahasiswa yang diajarkan dengan multimedia CD Interaktif lebih baik dari pada hasil belajar piano mahasiswa yang diajarkan dengan multimedia pembelajaran CD Program, hasil belajar Piano mahasiswa yang memiliki kecerdasan musikal lebih baik dari pada hasil belajar Piano mahasiswa yang memiliki kecerdasan musikal rendah, terdapat interaksi antara pembelajaran multimedia dengan kecerdasan musikal dalam mempengaruhi hasil belajar mahasiswa. Kata kunci : Multimedia pembelajaran interaktif, kecerdasan  musikal, dan  hasil belajar piano.  Abstract :This research aimed to determine: learning outcomes piano students  taught with interactive CD Instruction multimedia than students who are taught with Instruction multimedia CD program, learning outcomes piano students with high musical intelligence than the students whose low musical intelligence, determine the interaction between multimedia learning and musical intelligence of students towards learning outcomes of piano. Method is a mettod of quasi-experimental studi with a sampel of 2-class research  determined clucter random sampling exsperiment consists of classes taught interactive CD and interactive program CD.The results showed: learning outcomes piano  students those taught with interactive CD learning was better than learning outcomes piano of the student those taught by CD program, learning outcomes piano of the students who se high musical intelligence was better than learning outcomes piano of the students whose low musical intelligence, there are interaction between multimedia learning and musical intelligence in affecting student learning outcomes.  Keywords: Interactive multimedia learning, musical intelligence and student learning outcomes of piano.

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN KIMIA SMK

Harliana, Isma, K, Abdul Hamid, Mursid, R

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
Publisher : JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.61 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran interaktif yang layak digunakan, (2) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Borg dan Gall dengan model rancangan pembelajaran Dick and Carey. Hasil penelitian menunjukkan; (1) uji ahli materi dalam kategori sangat layak (89,83%), (2) uji ahli desain pembelajaran kategori  sangat layak (84,38%), (3) uji ahli rekayasa perangkat lunak kategori sangat layak (88,15%), (4) uji coba perorangan kualifikasi sangat layak (92,92%), uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat layak (95,00%), uji coba lapangan kualifikasi  sangat  layak (95,46%).Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media interaktif dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan dengan menggunakan media Presentasi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data dimana diperoleh thitung  sebesar 3,76  sedangkan ttabel = 1,98 pada α=0,05 dengan dk 70. Hasil perhitungan dimana  thitung > ttabel,  yaitu  3,76>1,98. Efektifitas penggunaan media  interaktif dalam pembelajaran  Kimia adalah sebesar 76,90% dan dikategorikan layak digunakan. Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, mata pelajaran kimia Abstract: This study aims to: (1) Produce interactive learning media that are feasible to use, (2) To determine the effectiveness of interactive learning media developed. This type of research is the development of Borg and Gall models with Dick and Carey's learning design model. The results of the study show; (1) material expert test in very feasible category (89.83%), (2) learning design expert test in very feasible category (84.38%), (3) software engineering expert test in very feasible category (88.15% ), (4) a very feasible individual qualification trial (92.92%), a small group trial is in a very decent qualification (95.00%), the qualification field trial is very feasible (95.46%). prove that there is a significant difference between the learning outcomes of students who are taught by using interactive media with student learning outcomes learned by using Presentation media. This is indicated by the results of data processing which obtained tcount of 3.76 while ttable = 1.98 at α = 0.05 with dk 70. The calculation results where tcount> ttable, which is 3.76> 1.98. The effectiveness of the use of interactive media in Chemistry learning is 76.90% and is categorized as appropriate to use. Keywords: interactive learning media, chemistry subjects

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR OPTIK GEOMETRI BERBASIS INKUIRI UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA

Nasution, Rahmah Hayati, Sibuea, Abdul Muin, Mursid, R

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
Publisher : JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (658.217 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar modul optik geometri berbasis inkuiri untuk mahasiswa pendidikan fisika STKIP Tapanuli selatan Padangsidimpuan, dan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan bahan ajar optik geometri berbasis inkuiri untuk mahasiswa pendidikan fisika STKIP Tapanuli Selatan Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan pengembangan  model Borg and Gall dan pengembangan modul merujuk pada Dick and Carey. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Uji ahli materi pelajaran optik geometri berada pada kriteria sangat baik dan layak digunakan (89,06%), (2) Uji ahli media pembelajaran berada pada kriteria sangat baik dan layak digunakan (92,18%), (3) Penilaian dosen fisika berada pada kriteria sangat baik (89,50%), (4) Uji coba perorangan berada pada kriteria sangat baik (82,95%), (5) Uji coba kelompok kecil berada pada kriteria sangat baik (85,98%), (6) Uji coba lapangan berada pada kriteria sangat baik (86,00%), (7) Bahan ajar optik geometri berbasis inkuiri untuk mahasiswa pendidikan fisika STKIP “Tapanuli Selatan” Padangsidimpuan sangat efektif digunakan. Hal ini terlihat dari hasil tes kemampuan mahasiswa setelah perkuliahan dengan menggunakan bahan ajar modul ini tuntas karena  80% dari subjek uji coba memenuhi ketuntasan belajar dan adanya aktivitas yang positif dari mahasiswa.  Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar Optik Geometri Berbasis Inkuiri.  Abstract: This study aims to produce inquiry-based geometric optical module teaching materials for the STKIP Tapanuli South Padangsidimpuan physics education students, and to determine the feasibility and effectiveness of inquiry-based geometric optical teaching materials for STKIP physics education students in South Tapanuli Padangsidimpuan. The type of research used is development research using the development of the Borg and Gall model and module development referring to Dick and Carey. The results of this study indicate: (1) Test of expert geometry optical subject matter is in the criteria of very good and feasible to use (89.06%), (2) Test of expert media learning is on the criteria of very good and feasible use (92.18%) , (3) Physics lecturers' assessment is in very good criteria (89.50%), (4) Individual trials are in very good criteria (82.95%), (5) Small group trials are in very good criteria ( 85.98%), (6) Field trials are in very good criteria (86.00%), (7) Inquiry based geometry optical teaching materials for STKIP physics education students "South Tapanuli" Padangsidimpuan are very effective to use. This can be seen from the results of the student's ability test after the lecture by using this module teaching material thoroughly because 80% of the test subjects met the learning completeness and the positive activity of the students. Keywords: Development, Inquiry-Based Geometry Optics Learning Materials

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM SISWA SD

Mahfudzah, Fadhilatun, K, Abdul Hamid, Tanjung, Samsidar

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
Publisher : JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (563.632 KB)

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan media pembelajaran shalat fardu berbasis Macromedia, (2) mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran shalat fardu berbasis pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar agama islam siswa. Penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang dipadu dengan rancangan pembelajaran model Dick and Carey. Hasil penelitian menunjukkan (1) uji ahli materi mata pelajaran Agama Islam berada pada kualifikasi sangat baik (91,33 %), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (91,33% %), (3) uji ahli ahli media/desain grafis  pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (91,43 %), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (94.82 %), uji coba kelompok berada pada kualifikasi sangat baik (89,88 %), uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (89,68 %). Hasil uji efektifitas menunukkan bahwa data t hitung = 16,32 t tabel0,05 (2,49) = 1,67  maka t hitung  (16,32)  > t tabel  (1,67 ) untuk taraf signifikansi (α=0,05) atau dengan kata lain Ha diterima dan Ho ditolak, efektifitas penggunaan media pembelajaran sebesar  85,00 %, tanpa media yaitu 75,90 %. Data ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif shalat fardhu lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dari pada tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif. Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, pelajaran agama islam, shalat fardu Abstract: The purpose of this study are: (1) to produce Macromedia based fardu prayer learning media, (2) to find out whether the use of fardu prayer learning media based on interactive learning can improve students' Islamic religious learning outcomes. Development research using the Borg and Gall development model combined with the Dick and Carey model learning design. The results showed (1) the material expert test of Islamic subjects was in very good qualification (91.33%), (2) the learning design expert test was in very good qualification (91.33%), (3) expert test learning media / graphic design experts are in very good qualifications (91.43%), (4) individual trials are in very good qualifications (94.82%), group trials are in very good qualifications (89.88%), test the field try is in very good qualification (89.68%). The effectiveness test results show that the data t count = 16.32 t table 0.05 (2.49) = 1.67 then t count (16.32)> t table (1.67) for the significance level (α = 0.05 ) or in other words Ha is accepted and Ho is rejected, the effectiveness of the use of learning media is 85.00%, without media that is 75.90%. This data proves that the use of interactive learning media fardhu prayer is more effective in improving student learning outcomes than without using interactive learning media. Keywords: interactive learning media, Islamic religious studies, fard prayer

DAFTAR ISI JURNAL TIK VOL 5 NO 2 DESEMBER 2018

Admin, .

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
Publisher : JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (36.835 KB)

Abstract

.

PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA BIDANG STUDI EKONOMI

Sirumapea, Marizal, Sibuea, Abdul Muin, Mursid, R

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
Publisher : JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.064 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Contextual Teaching And Learning. Media pembelajaran interaktif berbasis CTL ini tentang materi Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi dengan subjek penelitian pada SMA Negeri 20 Medan. Tahap perancangan media berupa naskah media yang akan dikembangakan. Tahap pengembangan dilakukannya penilaian pada hasil media kemudian diuji cobakan terhadap siswa skala kecil dan skala besar. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran media   interaktif   berbasis   CTL   sangat   layak   digunakan   dalam pembelajaran. Terbukti dengan penilaian oleh ahli materi mendapat nilai rata-rata 3,69 dengan tingkat kelayakan 74,00% dengan kategori “Layak”, ahli media mendapat nilai rata-rata 4,36 dengan tingkat kelayakan 89% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli desain pembelajaran 4,00 dengan tingkat kelayakan 80% dengan kategori “Layak” dan guru ekonomi 3,87 dengan tingkat kelayakan 77,34% dengan kategori “Sangat Layak” serta pendapat siswa pada uji skala kecil 4,26 dengan tingkat kelayakan  85% dengan kategori “Sangat Layak” selanjutnya uji skala besar 4,30 dengan tingkat persentase kelayakan 86 % dengan kategori “Sangat Layak”. Kata Kunci : media belajar interaktif, contextual teaching and learning, ekonomi.  Abstract: Research aims to develop Contextual Teaching And Learning learning media. CTL-based interactive learning media is about the material of Economic Development and Economic Growth with research subjects at Medan State High School 20. The media design stage is in the form of a media script that will be developed. The stage of developing assessment on media results was then tested on small and large scale students. Based on the results of research on the development of CTL-based interactive media learning media it is very feasible to use in learning. Evidenced by the assessment by material experts got an average score of 3.69 with a feasibility level of 74.00% with the category "Eligible", media experts got an average score of 4.36 with an eligibility rate of 89% with the category "Very Worthy", experts 4.00 learning design with 80% feasibility level with "Eligible" category and economic teacher 3.87 with a feasibility level of 77.34% with "Very Eligible" category and student opinion on small scale test 4.26 with 85% feasibility level with the "Very Worthy" category then tested a large scale of 4.30 with a percentage level of 86% eligibility in the "Very Worthy" category. Keywords: interactive learning media, contextual teaching and learning, economics.

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN MESIN KONVERSI ENERGI TEKNIK OTOMOTIF

Arifin, Miptakul, K, Abdul Hamid, Mursid, R

JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN Vol 5, No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
Publisher : JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.11 KB)

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif layak digunakan, mudah dipelajari siswa dan dipakai untuk pembelajaran individual, (2) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran mesin konversi energi. Jenis penelitian pengembangan model Borg and Gall dan model desain pembelajaran Dick dan Carey. Model ini meliputi enam tahapan, yakni: studi literatur, perencanaan atau desain pengembangan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba, revisi, produk akhir. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran power point. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 3,328 pada taraf signifikansi α = 0.05 dengan dk 56 diperoleh ttabel = 1.67, sehingga thitung> ttabel, efektifitas penggunaan media pembelajaran interaktif = 80.46%. Hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif sebesar 80,46% lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran power point sebesar 71.72%. kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran power point sebesar 71.84%. Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, mesin konversi energi, teknik otomotif Abstract: The purpose of this study is to: (1) produce interactive learning media worthy of use, easy to learn for students and used for individual learning, (2) to determine the effectiveness of interactive learning media on energy conversion engine subjects. The type of research is the development of the Borg and Gall models and the learning design models of Dick and Carey. This model includes six stages, namely: literature study, planning or design development, product development, expert validation, trial, revision, final product. The results of hypothesis testing prove that there is a significant difference between the learning outcomes of students who are taught using interactive learning media and student learning outcomes learned by using power point learning media. This is indicated by the results of data processing obtained thitung = 3.328 at the significance level α = 0.05 with dk 56 obtained t table = 1.67, so that tcount> t table, the effectiveness of using interactive learning media = 80.46%. The group learning outcomes of students who were taught using interactive learning media amounted to 80.46% higher than the group of students who were taught using power point learning media at 71.72%. the group of students studied using power point learning media at 71.84%. Keywords: interactive learning media, energy conversion machines, automotive techniques

Page 1 of 17 | Total Record : 165