cover
Contact Name
Kuswono, M.Pd.
Contact Email
kromowijoyo@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
historiaummetro@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
JURNAL HISTORIA PENDIDIKAN SEJARAH
ISSN : 23374713     EISSN : 24428728     DOI : -
Core Subject : Social,
Historia includes articles on the results of research and scientific work with the scope of history education, history science and social sciences. The Historia journal is managed by the History Education Program, University Muhammadiyah of Metro, published by the Scientific Publication Unit University Muhammadiyah of Metro collaboration with the MSI (Society Historian Indonesia) Lampung.
Arjuna Subject : -
Articles 2 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2014): HISTORIA Jurnal Pembelajaran Sejarah dan Sejarah" : 2 Documents clear
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATED PADA PERKULIAHAN PENDIDIKAN ILMU SOSIAL DI FKIP UM METRO Hidayat, Bobi; Kuswono, Kuswono
Historia Vol 2, No 2 (2014): HISTORIA Jurnal Pembelajaran Sejarah dan Sejarah
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENELITIAN PTK
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATED PADA PERKULIAHAN PENDIDIKAN ILMU SOSIAL DI FKIP UM METRO Hidayat, Bobi; Kuswono, Kuswono
HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Vol 2, No 2 (2014): HISTORIA Jurnal Pembelajaran Sejarah dan Sejarah
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/hj.v2i2.325

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang termasuk kedalam penelitian kualitatif (kualitative research). Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa program studi pendidikan sejarah yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran integrated pada mata kuliah pendidikan ilmu sosial. Penelitian dilakukan berawal dari beberapa permasalahan yang ditemukan oleh peneliti yang sekaligus dosen pengajar yaitu kualitas pembelajaran yang kurang baik. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya aktivitas dan prestasi belajar mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara pengamatan atau observasi, dokumentasi, wawancara, foto, dan tes. Langkah-langkah penelitian yang diambil adalah sesuai dengan langkah-langkah dalam penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitik yang bertujuan untuk mencari gambaran alamiah dari temuan penelitian dan divalidasi dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran integrated pada mata kuliah pendidikan ilmu sosial mampu memperbaiki aktivitas dan dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 2