cover
Filter by Year
Articles
69
Articles
Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Teh Pucuk Harum Wilayah Surabaya Utara)

Andjarwati, Anik Lestari, Chusniartiningsih, Eka

Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.616 KB)

Abstract

The purpose of this study is to examine and analyze the effect of brand awareness and brand image to customer loyalty on customer of Teh Pucuk Harum. This research is a causality research with quantitative approach. Technique of sampling using non probability sampling with amount 220 respondents in North Surabaya. Statistical analysis in this study is multiple linier regresiom with the help of SPSS 22.0 software. The results of this study explain that brand awareness had a positive and significant effect on the customer loyalty, and brand image had a positive and significant effect on the customer loyalty.

Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada KSU. Amboina Mekar di Kota Ambon

Nanulaitta, Deflin Tresye

Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.343 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan KSU “AM” yang berjumlah 50 orang. Seluruh populasi diambil sebagai sampel sehingga disebut penelitian populasi dan tidak menggunakan teknik sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji cobakan terlebih dahulu dan diuji validitas serta uji reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukan kinerja karyawan dipengaruhi oleh kompensasi dan lingkungan kerja karyawan, baik secara parsial maupun simultan.  Untuk itu disarankan agar pihak manajemen KSU “AM”  senantiasa memberi perhatian pada kedua faktor tersebut dalam rangka meningkatkan kinerja karyawan maupun organisasi secara keseluruhan.

Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Konsep Hotel Syariah (Sharia Compliant Hotel) Survei Pada Konsumen Hotel Bunda Padang

., Verinita, Irza, Fadhillah Rizki

Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.687 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap hotel syariah pada Hotel Bunda Padang. Variabel dalam penelitian ini adalah Konsep Syariah pada Hotel yang terdiri dari 3 sub variabel yaitu operasi pelayanan, desain dan interior dan keuangan.Untuk mengetahui hasil persepsi konsumen, peneliti menggunakan Analisis Univariat dengan program SPSS versi 23. Populasi yang digunakan adalah pengunjung Hotel Bunda Padang dengan sampel 135 responden dengan metode purposive sampling. Hasil penelitan ini menunjukan bahwa rata-rata responden memberikan persepsi yang positif terhadap konsep Hotel Syariah pada Hotel Bunda Padang dengan nilai rata-rata tertinggi pada bagian sub variabel Keuangan yaitu manajemen dan fasilitas keuangan berbasis kepatuhan syariah.

Kelelahan Emosional Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Pada PT. PLN Persero Wilayah Maluku dan Maluku Utara

Talahatu, Imelda

Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.29 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kelelahan emosional terhadap motivasi kerja dan kepuasan kerja pegawai pada PT PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara. Data penelitian ini dikumpul menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 52 orang responden, dan dianalisis secara deskriptif serta analisa jalur. Hasilnya menunjukan kelelahan emosional berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap motivasi kerja dan kepuasan kerja pegawai PT PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara. Demikian pula motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai PT PLN (Persero) Wilayah Maluku dan Maluku Utara. Hasil analisis deskriptif menunjukan para pegawai cukup mengalami kelelahan emosional, namun motivasi kerja dan kepuasan kerja mereka tetap terjaga. 

Pengaruh Kecerdasan Spritual dan Gaya Hidup Hedonisme terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Kota Makassar

Parmitasari, Rika Dwi Ayu, Alwi, Zulfahmi, S., Sunarti

Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.005 KB)

Abstract

Perkembangan zaman yang terus berkembangan teknologi semakin pesat diantaranya teknologi informasi membuat gaya hidup masyarakat berubah tak terkecuali mahasiswa. Kehidupan mahasiswa banyak yang bertolak belakang dengan kondisi keuangan keluarganya, akan tetapi mereka memaksakan diri untuk untuk sebanding dengan orang yang di sekitarnya yang mungkin mapan dalam ekonomi. Hal ini disebabkan gengsi yang membuat mereka selalu mencari informasi tentang gaya hidup terbaru dan berperilaku konsumtif agar tidak ketinggalan sehingga mereka sering mengalami kekurangan uang bahkan habis sebelum waktu pengiriman berikutnya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual dan gaya hidup hedonisme terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa perguruan tinggi negeri di kota Makassar tahun 2016.Jenis penelitian yang digunakan adalah Metode kuantitatif. Adapun menurut tingkat ekspklanasinya (Tingkat kejelasan) penelitian ini menggunakan rumusan masalah asosiatif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Adapun teknik menganalisis data yang digunakan yaitu: Uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan pengujian hipotesis.          Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kecerdasan spiritual dan gaya hidup hedonisme (Uji secara simultan dan parsial) terhadap manajemen keuangan pribadi mahasiswa perguruan tinggi negeri di kota Makassar.

Board Diversity and Dividend Payout Ratio: Evidence from Family Firms in Indonesia

Setiawan, Rahmat, Aslam, Annisa Paramaswary

Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi Vol 5, No 2 (2018)
Publisher : UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.687 KB)

Abstract

This study investigates the impact of Board of Commissioners (BoC) diversity on dividend payments in the listed family firms in Indonesia. This study uses diversity for gender, nationality and tenure to describe the board of commissioners diversity. Using a data set of listed family firms in Indonesia Stock Exchange over the period 2012-2016, we find evidence indicating that board gender diversity is positively related to dividend payments. Secondly, we find evidence that board tenure diversity is positively related to dividend payments. However, the board nationality diversity does not remain significant on dividend payments.

ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MELAKUKAN ONLINE SHOPPING DI KOTA MAKASSAR

Nofri, Okta, Hafifah, Andi

Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi Vol 5, No 1 (2018)
Publisher : UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (701.047 KB)

Abstract

This study investigates factors influencing online purchase decision making in city of Makassar. The factors suspected to have an effect on buying decision (dependent variable) include cultural, social, personal and psychological factors (independent variable). For that, the questionnaire was filled by no less than 100 randomly selected samples. Respondents replied with a likert scaled list of statements associated with the variables studied. The results of quantitative analysis indicate that cultural, social, personality and psychological factors have a positive and significant influence on online purchasing decisions either simultaneously or partially. The most dominant variables affecting online purchasing decisions are social factors.

PENGARUH MODAL USAHA, ORIENTASI PASAR, DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA UKM KOTA MAKASSAR

Abbas, Djamila

Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi Vol 5, No 1 (2018)
Publisher : UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (792.386 KB)

Abstract

The performance of MSMEs in general varies considerably from year to year. The role of micro, small and medium enterprises (MSMEs) in the Indonesian economy is demonstrated by its population as the largest business actor, as well as its contribution in employment, the formation of gross domestic product (GDP), exports and the creation of fixed capital / investment. The problem is then divided into several sub-problems of research on whether the variable of business capital, market orientation, and entrepreneurship orientation affect the performance of SMEs Makassar City. The total population of 123 registered and not registered businesses of SMEs Makassar. Data was then analysed using multiple linear regression. The results of the research are that there is positive influence of the three variables on the performance of SMEs of Makassar City simultaneously, and also positive effect when tested partially.

Pengaruh Penghargaan terhadap Perceived Organizational Support dan Komitmen Afektif pada Ksryawan Koperasi Taksi Bandar Udara (KOPSIDARA) Sultan Hasanuddin

Suhartini, Eka, Musafir. A, Ahmad

Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi Vol 5, No 1 (2018)
Publisher : UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (696.269 KB)

Abstract

This study aims to determine the effect of appreciation on affective commitment with perceived organizational support as intervening variable at the Airport Taxi Cooperative (KOPSIDARA) Sultan Hasanuddin. So the purpose of this study are: 1) To determine the effect of respect for affective commitment. 2) To determine the effect of rewards on perceived organizational support. 3) To determine the effect of perceived organizational support on affective commitment. 4) To determine the effect of respect for affective commitment through perceived organizational support. This research was conducted at Airport Taxi Cooperative (KOPSIDARA) Sultan Hasanuddin. The sampling technique used is proportional random sampling technique. Data analysis using model test technique (path analysis). The results of this study indicate that: 1) Awards (X) have a positive and significant effect on Affective Commitment (Y). 2) Appreciation (X) has a positive and significant influence on Perceived Organizational Support (Z). 3) Perceived Organizational Support (Z) has a positive and significant influence on Affective Commitment (Y). 4) Perceived Organizational Support (Z) mediates Award (X) has a positive and significant impact on Affective Commitment (Y).

Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata

Bahari, Andi Faisal, Ashoer, Muhammad

Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi Vol 5, No 1 (2018)
Publisher : UIN Alauddin Makassar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.878 KB)

Abstract

This study aims to analyze the effect of cultural, social, personal, and psychological on consumer decision in visiting the Malino Highland, Gowa. The population were the visitors of Malino Highland, and sampling technique used purposive sampling, which are the people who visited Malino Highland. A questionnaire was deployed to collect the primary data. The number of respondents that meet the sampling criterion was determined by 150 visitors. The data was measured by multiple regression analysis with the assistant of SPSS software. The results shows that the cultural, social, personal, and psychologal affect simultaneously and partially towards the visitors decision to visit the Malino Highland, Gowa. Psychological variable is the most dominant effect with the value of 0.330. This founding is important for marketing strategy ecotourism to maximizing the value creation to the consumers.