cover
Contact Name
Sirajuddin
Contact Email
sirajuddinroy@gmail.com
Phone
+6285242781136
Journal Mail Official
laamaisyir@uin-alauddin.ac.id
Editorial Address
Jl.H.M.Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Laa Maisyir Jurnal Ekonomi Islam
ISSN : 24769371     EISSN : lamaisyir     DOI : https://doi.org/10.24252/laamaisyir
Core Subject : Economy, Social,
Laa Maisyir adalah jurnal ekonomi Islam yang fokus kajian tentang pemikiran ekonomi syariah yang mencakup beberapa bidang kajian seperti jual beli, sewa, gadai, bagi hasil, serta perkembangan transaksi ekonomi seperti jual beli e-commers. Sehingga jurnal ini diharapkan mampu memberikan khasanah pemikiran ekonomi Islam yang uptudate atau kekinian.
Articles 38 Documents
PERANAN BMT DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI BAGI PEREMPUAN ( Studi Kasus BMT Kelompok Usaha Bersama Sejahtera 036 makassar ) Irwanuddin, Irwanuddin
LAA MAISYIR Vol 4, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

            Penelitian in bertujuan untuk menguraikan peranan BMT dalam memberdayakan ekonomi perempuan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekan ekonomi dan sosiologis. Adapun sumber data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari BMT dan wawancara serta data sekunder dari riset kepustakaan. Selanjutnya metode pengumpulan data dilakukan dengan obeservasi, wawncara dan dokumentasi untuk selanjutnya di analisis dengan cara mereduksi data,  penyajian data dan penarikan kesimpulan.              Hasil penelitian menunjukkan bahwa BMT berperan dalam memberdayakan ekonomi kaum perempuan. Pendapatan mereka bertambah sehingga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menjadi lebih mandiri. Selain itu mereka menjadi semakin pandai dalam mengelola keuangan dan mulai terlibat aktif dalam pengambilan keputusan rumah tangga. Pemberdayaan perempuan mampu meningkatkan kesejahteraan serta kemandirian kaum perempuan dalam berbagai aspek kehidupan dalam hal ini ekonomi. Mengaplikasikan fungsi pemberdayaan perempuan dalam lembaga keuangan mikro seperti halnya BMT merupakan solusi yang tepat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khusunya kaum perempuan.
PEMBERDAYAAN TANAH WAKAF SEBAGAI POTENSI EKONOMI UMAT DI MASJID AL-MARKAZ Al-ISLAMI MAKASSAR Sirajuddin, Sirajuddin Sirajuddin
LAA MAISYIR Vol 5, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program dan kegiatan pengelolaan tanah wakaf sebagai ekonomi potensi umat di mesjid al-Markaz al-Islami Makassar, mengetahui metode pelaksanaan program pengelolaan tanah wakaf di masjid al- Markaz al-Islami Makassar, dan mengetahui hambatan dan tantangan dalam pemberdayaan tanah wakaf di mesjid al-Markaz al-Islami Makassar.Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif. Adapun sumber data primer penelitian ini adalah pengurus yayasan Islamic center, Pengurus BPH, pedagang dan jamaah masjid. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Lalu, teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui empat tahapan , yaitu:   reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), analisis perbandingan (comparatif), dan penarikan kesimpulan (verivication).Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Masjid al-Markaz al-Islami Jenderal M. Jusuf dalam pengelolaannya memiliki beberapa program yang bersifat produktif. Menerapkan fungsi manajemen. Masala komunikasi dan dinamika pengurus. Kesimpulan: Masjid al-Markaz al-Islami Jenderal M. Jusuf dalam pengelolaannya memiliki beberapa program yang bersifat produktif. Misalnya, BMT al-Markaz, koperasi al-Markaz, penerbitan al-Markaz, Badan Pendidikan Islam, menyewakan ruangan aula yang ada di lantai I Masjid, menyewakan tokoh-tokoh buku dan pakaian yang ada di pelataran Masjid lantai I, sewa kanting al-Markaz, pasar jumat, basar ramadhan dan. Semua kegiatan pengelolaan Masjid al-Markaz al-Islami Jenderal M. Jusuf ini menunjukkan adanya produktivitas pengelolaan tanah wakaf. Implikasi: pengurus perlu meningkatkan profesionalisme. Perlu memaksimalkan fungsi manajemen. Dan perlu adanya usaha untuk menghadapi tantangan dan hambatan dalam pemberdayaan tanah wakaf.
ANALISIS PENGELOLAAN HOTEL AL-BADAR SYARIAH DI KOTA MAKASSAR Ismayanti, Ismayanti; Kara, Muslimin
LAA MAISYIR Vol 4, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hotel syariah merupakan salah satu tawaran yang menarik dalam rangka meningkatkan kualitas moral dan karakter bangsa Indonesia yang luhur. Hotel syariah masih menjadi suatu kata-kata yang asing terutama bagi orang yang awam. Untuk mengetahui apakah hotel syariah berbeda dengan hotel konvensional maka penelitian ini mengangkat rumusan permasalahan yaitu ?Bagaimana pengelolaan hotel Al-Badar Syariah di kota Makassar.?Penelitian ini bertujuan untuk menuturkan pemecahan masalah yang berdasarkan data-data dan keterangan akurat yang mengenai pengelolaan hotel Al-Badar Syariah di kota Makassar.Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan interpretif. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, penelitian pustaka dan studi dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan uji validitas internal dengan triangulasi sumber.Hasil analisis menunjukkan bahwa hotel Al-Badar Syariah tidak jauh beda dengan hotel konvensional, tetap buka 24 jam dan terbuka untuk semua kalangan baik muslim maupun non-muslim. Yang membedakan hanya pada tamu hotel dimana pada al-Badar hotel Syariah tidak menerima tamu berpasangan yang bukan muhrim. Makanan dan minuman yang disediakan adalah makanan dan  minuman yang tidak mengandung alkohol (makanan dan minuman haram).
PENDIDIKAN PELATIHAN DAN PROMOSI JABATAN TERHADAP KINERJA TINJAUAN EKONOMI ISLAM Susanty, Mery
LAA MAISYIR Vol 5, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan, pelatihan dan promosi jabatan terhadap kinerja karyawan di PT. Nippon Indosari Corpindo, Tbk cabang Makassar. Populasi penelitian ini meliputi seluruh karyawan di PT. Nippon Indosari Corpindo, Tbk Makassar yang berjumlah 95 orang, semua populasi dijadikan sampel, menggunakan pendekataan penelitian  syar?i dan ekonometrika, Data dianalisis dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan Jenjang Pendidikan berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Nippon Indosari Corpindo, Tbk cabang Makassar; Program Pelatihan berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Nippon Indosari Corpindo, Tbk cabang Makassar; dan Promosi  berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Nippon Indosari Corpindo, Tbk. cabang Makassar.
PERANAN ZAKAT SEBAGAI PENGURANG PENGHASILAN KENA PAJAK DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN GOWA Logawali, Thamrin; Aisyah, Sitti; Kamaruddin, Kamaruddin; Anwar, Nurfiah
LAA MAISYIR Vol 5, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam judul penelitian ini bagaimana peranan zakat sebagai pengurang Penghasilan Kena Pajak di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Gowa, dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan zakat dalam kehidupan masyarakat dalam hubungannya dengan pengurang penghasilan kena pajak di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa.            Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat kualitatif dengan pendekatan normatif dan sosiologis. Adapun sumber data penelitian ini adalah pihak Bimbingan Islam (BIMAS) di kantor Kementrian Agama kabupaten Gowa. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan penelusuran referensi. Setelah data terkumpul maka dilakukan tekhnik pengelolaan data dengan melalui tiga tahapan, yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan zakat sebagai pengurang Penghasilan Kena Pajak di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gowa memberikan keringanan kepada ummat Islam dalam membayar zakat dan pajak juga meningkatkan kesadaran dan kejujuran dalam diri masyarakat untuk membayar zakat, hal ini berdampak baik pada pendapatan negara.Implikasi dari penelitian ini adalah pihak dari Kementerian Agama Kabupaten Gowa sebagai pihak pemerintah diharapkan agar melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten gowa agar mengusahakan untuk terciptanya undang-undang atau kebijakan pemerintah tentang zakat sebagai pengurang langsung pajak penghasilan seperti pengelolaan zakat yang telah diterapkan berdasarkan perinsip Islam.
PERBANKAN SYARIAH (STUDI PERBANDINGAN PANDANGAN ANTAR : NEJATULLAH SIDDIQI DAN AFZALUR RAHMAN) Sirajuddin, Sirajuddin
LAA MAISYIR Vol 4, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui dan menganalisis pandangan Nejatullah Siddiqi dan Afzalur Rahman tentang perbankan syariah, (2) mengetahui persamaan dan perbedaan pandangan kedua tokoh dalam memandang perbankan syariah, (3) mengetahui analisis pemikiran Nejatullah Siddiqi dan Afzalur Rahman tentang perbankan syariah. Metodologi yang digunakan adalah (1) Jenis-jenis penelilitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan obyek penelitian pustaka (library research), (2) sumber data terdiri dari; (a) data primer berupa  dan data (3) pengumpulan data melalui studi kepustakaan, (4) pendekatan penelitian yang digunakan adalah sosio historis (5) teknik analisis yang digunakan adalah deduksi dan komparasi.Hasil pembahasan menunjukkan pertama, Nejatullah Siddiqi dan Afzalur Rahman dengan tegas menolak bunga dan menjadikan mudharabah sebagi solusi pengganti bunga. Kedua, Nejatullah Siddiqi dan Afzalur Rahman secara umum memiliki kesamaan pandangan mengenai perbankan syariah yakni proses peralihan pranata bunga ke pranata bagi hasil dan penekanan penanggung kerugian pada pemodal. Adapun perbedaanya terlatak pada cara pandang penolakan bunga dan pengambilan keuntungan dalam pinjaman jangka pendek. Ketiga, analisis mengenai pemikiran Nejatullah Siddiqi dan Afzalur rahman, dalam analisis pandangannya tentang perbankan syariah, Nejatullah Siddiqi lebih menekankan pada pendekatan ekonomi makro, sedangkan Afzalur Rahman lebih menekankan pada pendekatan fiqhi. Menurut penulis, pinjaman yang bersifat kebajikan tidak diperbolehkan pengambilan keuntungan sedangkan pinjaman yang bersifat utang piutang diperkenankan pengambilan keuntungan. Pemikiran Nejatullah Siddiqi dan Afzalur Rahman tentang penanggungan kerugian pada pihak pemodal saja cenderung stagnan pada pemikiran empat mazhab dan seharusnya penanggungan kerugian ditanggung bersama antara pemodal dan peminjam.
SISTEM APPATTIMORO’ PADA PETANI DI KELURAHAN CAMPAGA KECAMATAN TOMPOBULU KABUPATEN BANTAENG Sirajuddin, Sirajuddin
LAA MAISYIR Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berfokus pada beberapa masalah yaitu: bagaimana pelaksanaan akad pada sistem appattimoro, di Kelurahan Campaga Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng? bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap pelaksanaan akad pada sistem appattimoro? di Kelurahan Campaga Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan akad pada sistem appattimoro? di Kelurahan Campaga Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng dan untuk mengetahui pandangan ekonomi Islam terhadap pelaksanaan akad appattimoro? di Kelurahan Campaga Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng.Jenis penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah: Pendekatan studi etnografis dan normatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Lalu teknik pengolahan dan analisis yang digunakan adalah Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan.Hasil penelitian ini adalah Perjanjian appattimoro? tersebut memang pada awal ucapannya adalah meminjam uang, tetapi setelah melalui proses ternyata utang uang tersebut tidak dibayar dengan uang, melainkan dibayar dengan buah kopi dengan standar atau ukuran perliter, dan harga sesuai dengan uang yang dipinjamkan oleh pattimoro?. Uang tersebut diminta duluan oleh petani, sedangkan buah kopi diberikan oleh pattimoro? pada musim panen. Dalam perjanjian appattimoro? tersebut menurut pandangan Islam adalah sah, dan termasuk akad salam yaitu akad jual beli barang pesanan diantara pembeli (muslam) dengan penjual (muslam ilaih) dengan spesifikasi dan harga barang pesanan disepakati di awal akad, sedangkan pembayaran dilakukan dimuka secara penuh. Namun dalam akad tersebut terdapat tambahan 2 kali lipat, apabila petani tidak bisa memberikan buah kopi pada waktu jatuh tempo (panen), maka dalam perjanjian appattimoro? tersebut tidak sesuai dengan hukum Islam, karena termasuk kategori riba.
KESADARAN MASYARAKAT DALAM MELAKUKAN PEMBAYARAN ZAKAT PERTANIAN PADI DI DESA BONTOMACINNA KEC. GANTARANG KABUPATEN BULUKUMBA Magfira, Magfira; Logawali, Thamrin
LAA MAISYIR Vol 4, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Kesadaran Masyarakat Dalam Melakukan Pembayaran Zakat Pertanian Padi di Desa Bontomacinna Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner. Masalah yang diteliti mencakup: (1) Kesadaran masyarakat di Desa Bontomacinna terhadap pembayaran zakat hasil pertanian padi. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan (deskriptif kuantitatif) yang di laksanakan di Desa Bontomacinna Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba serta bahan penelitian untuk mendapatkan gambaran keadaan atau kondisi serta hal-hal yang terkait yang sudah penulis sampaikan. Datanya diperoleh dengan cara observasi dan kuesioner. (2) Praktek zakat pertanian padi yang dijalankan oleh masyarakat di Desa Bontomacinna Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif.Hasil  Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Respon masyarakat terhadap kesadaran pembayaran zakat hasil pertanian di Desa Bontomacinna  sebagian sudah cukup baik namun masih ada beberapa orang diantara mereka yang tidak langsung membayar zakat setiap kali panen, ada yang langsung menjual hasil panen atau dibagi dengan petani penggarap dan kemudian dijual. (2) Praktek zakat pertanian yang dijalankan oleh masyarakat di Desa Bontomacinna  dalam mengeluarkan zakat pertanian masih memakai adat atau kebiasaan , yaitu memberikan zakatnya kepada orang yang diinginkan.Implikasi dari penelitian ini di antaranya: Para ulama yang ada di Desa Bontomacinna hendaklah lebih mengoptimalkan lagi dalam memberi bimbingan kepada masyarakat yang belum mengetahui tentang hukum zakat dengan memberikan sosialisasi sesuai Al-Qur?an dan As-Sunnah. Masyarakat atau petani di Desa Bontomacinna agar mengeluarkan zakat hasil pertanian yang didapat, harus lebih mengetahui ketentuan yang ada pada hukum zakat.
PERILAKU KONSUMSI MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF ISLAM DI KELURAHAN BAROMBONG KOTA MAKASSAR Rahman, Aulia; Fitrah, Muh
LAA MAISYIR Vol 5, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pandangan Islam terhadap perilaku konsumsi Masyarakat di Kelurahan Barombong Kota Makassar.            Jenis penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan studi etnografis dan normatif. Kemudian teknik pengolahan dan analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.            Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Perilaku konsumsi masyarakat di Kelurahan Barombong Kota Makassar tingkat ekonomi atas, untuk memenuhi kebutuhanya, sebagian masyarakat masih belum menerapkan perilaku yang sesuai dengan Islam, yaitu berperilaku tabzir (boros). Sedangkan perilaku konsumsi masyarakat di Kelurahan Barombong Kota Makassar tingkat ekonomi menengah dan tingkat ekonomi rendah dalam memenuhi seluruh kebutuhannya sudah sangat baik. Karena telah mengkonsumsi sesuai etika dan prinsip konsumsi dalam Islam.
FIKIH TRANSAKSI PEMBIAYAAN LOGAM MULIA PADA PEGADAIAN SYARI’AH CABANG BONE Herviani, Septy
LAA MAISYIR Vol 6, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembiayaan logam mulia dengan akad murabahah dan rahn  Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan pendekatan naturalistik. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan penelitian kepustakaan. Kemudian teknik pengolahan data digunakan reduksi data dan Penarikan Kesimpulan atau VerifikasiHasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan transaksi logam mulia dengan akad murabahah dan akad rahn telah sesuai dengan fiqh Islam. Rukun dan syarat sahnya akad menurut hukum Islam, transaksi ini telah memenuhi rukun dan syarat sahnya akad, yaitu para pihak telah mampu berbuat hukum dan memiliki kekuasaan untuk itu, objek akad sudah wujuh, jelas, dan dapat diserahterimakan, harga jual dan pembayaran telah sesuai dengan ijab kabul yaitu faktor adanya perbedaan pendapat hukum oleh sebagian masyarakat, karena menurut salah seorang informan obyek akad berupa emas batangan belum diserahterimakan oleh pegadaian syari?ah kepada nasabah, akan tetapi menjadi barang jaminan, sehingga transaksi ini termasuk transaksi yang dilarang oleh Nabi Muhammad SAW, karena mengandung unsur gharar, sedangkan pendapat salah seorang ulama pondok pesantren serta DSN MUI Bone mengatakan bahwa transaksi ini tidak termasuk dalam transaksi yag dilarang, karena obyek akad sudah menjadi milik nasabah ketika terjadi akad murabahah.

Page 1 of 4 | Total Record : 38