cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Auladuna
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 112 Documents
PRESTASI BELAJAR MAHASISWA ANTARA LULUSAN MADRASAH ALIYAH DAN LULUSAN SEKOLAH UMUM (Studi Komparasi pada Prodi PGMI Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar) Marjuni, Marjuni; Bani, Suddin
Auladuna Vol 1, No 2 (2014): Auladuna
Publisher : PGMI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (106.654 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berkenaan dengan prestasi belajar mahasiswa antara lulusan madrasah aliyah dan lulusan sekolah umum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prestasi belajar mahasiswa antara lulusan Madrasah Aliyah dan lulusan Sekolah Umum pada Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar terhadap peningkatan hasil belajar. Sumber data penelitian ini terdiri dari dokumentasi Prodi PGMI, mahasiswa PGMI, pegawai, dan dosen Fakultas Tarbiyah UIN Alauddin Makassar sebagai informan. Pengumpulan data mempergunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis/pengolahan data menggunakan 3 cara, yaitu: reduksi data, display data, dan verifikasi data. Untuk mengukur validitas instrumen digunakan rumus Pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar pada aspek kognitif tidak mempunyai perbedaan yang menonjol antara lulusan SMU dan MA, tergantung dari tingkat ketekunan, intelegensi, minat, dan motivasi mahasiswa tersebut. Tetapi, pada ranah afektif terlihat perbedaan yang menonjol antara lulusan SMA dan MA. Lulusan MA lebih menampakkan sikap dan karakter yang baik seperti bertutur kata, bersikap, mandiri, dan toleran.Abstract: This study concerning with the achievement of the Graduate Students between Madrasah Aliyah and Public School. This study aimed at describing the achievement of PGMI students graduated from Madrasah Aliyah and the Public Schools at the Teaching and Teacher Training Faculty, UIN Alauddin Makassar. The data source of this research consists of documentation from PGMI departement in academic year 2011/2012. The source of the data were the student, the employees, and the lecturers. The data collected using interview, documentation, and observation. The data analyzed using three ways, namely: data reduction, data display, and data verification. To measure the validity of the instruments Pearson product moment formula was used. The results showed that the students of PGMI department at Tarbiyah and Teacher Training Faculty UIN Alauddin Makassar on cognitive aspects have no difference between the students graduated from the high school and Madrasah Aliyah, depending on the level of perseverance, intelligence, interest, and motivation of the student. However, in the affective domain, there was an obvious differences between the high school and Madrasah Aliyah graduates, where the graduates from Madrasah Aliyah was better in their attitudes and good character such as speech, attitude, independent and tolerant.
PENINGKATAN MAHAARAH AL-KALAAM MELALUI THARIQAH AL-MUHAADATSAH DALAM BAHASA ARAB Tahir, Muhammad Yusuf; Musdalifah, Musdalifah
Auladuna Vol 1, No 1 (2014): Auladuna
Publisher : PGMI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.596 KB)

Abstract

Abstrak: Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan thariqah al-muhaadatsah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam mata pelajaran Bahasa Arab. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas X.5 MAN 2 Model Makassar pada semester genap tahun ajaran 2013. Penelitian ini dilakukan dalam siklus yang meliputi empat tahapan umum: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan thariqah al-muhaadatsah efektif meningkatkan mahaarah alkalaam siswa setelah melalui dua siklus. Efektivitas penerapannya iindikasikan oleh peningkatan kemampuan rata-rata siswa 0,4 persen dan kriteria ketuntasan minimal meningkat 18 persen setelah belajar dengan metode al-muhaadatsah dalam dua siklus. Berdasarkan hal itu, disimpulkan bahwa thariqah al-muhaadatsah cukup efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab bagi siswa kelas X.5 MAN 2 Model Makassar. Penelitian ini berimplikasi kepada pengayaan metodik dan taktik pembelajaran. Abstract: This paper aims to describe the application of thariqa al-muhadatsah to improve their speaking ability in the Arabic course. The study was conducted by using classroom action research.for the the X.5 class of MAN 2 Model Makassar in the second semester of the academic year 2013. This study was conducted in a cycle which includes four general stages; planning, implementation, observation, and reflection. The results showed that the application of the thariqa al-muhadatsah was effective to improve the students Maharah al-kalam after the two cycles. The effectiveness of its application was indicated by an increase in average ability of the students by 0.4 percent and a minimum mastery criteria increased 18 percent after the aplication of the method in two cycles. On that basis, it was concluded that the tariqa al-muhadatsah was effective to be used in teaching Arabic for students of classes X.5 MAN 2 Model Makassar. This study has implications for enrichment methodical and learning tactics. 
KESULITAN BELAJAR: (Kasus Pada Siswa MI Madani Paopao Gowa) Rahman, Ulfiani; Sulkifli F., Sulkifli F.; Hasyim, Muhammad
Auladuna Vol 1, No 2 (2014): Auladuna
Publisher : PGMI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.668 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini adalah suatu jenis penelitian lapangan dengan tujuan adalah untuk mengetahui tentang kesulitan belajar siswa, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya, dan cara mengatasi kesulitan belajar pada siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyyah Madani Alauddin Pao-pao. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode observasi dan wawancara/interview. Adapun sumber data yang diambil dalam penelitian ini adalah peserta didik, guru, dan orang tertentu yang dipertimbangkan akan memberikan data yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah seorang peserta didik mengalami kesulitan belajar yang meliputi 3 hal yaitu sulit membaca (disleksia), sulit menulis (disgrafia), dan sulit menghitung (diskalkulia). Faktor yang menyebabkan hal ini adalah selain faktor internal (dari diri siswa itu sendiri yang tampak kurang minat dan kurang inteligen) serta faktor eksternal berupa faktor keluarga dan lingkungan di mana siswa tersebut bergaul. Cara mengatasi kesulitan belajar membaca yaitu mencoba untuk menyisihkan waktu setiap hari untuk membaca dengan penuh kesabaran; mengatasi kesulitan menulis dengan menggunakan teknologi untuk memberikan kesempatan pada anak mengerjakan pekerjaan sekolah tanpa harus bersusah payah menulis dengan tangannya; dan mengatasi kesulitan matematika dengan menawarkan beberapa bentuk penanganan matematika yang intensif. Abstract: This study is a field research which was aimed at finding out about the students learning difficulties, the factors contributing to the problem, and how to overcome the learning difficulties of the students in class III of MI Paopao Alauddin Madani. In this study, the researcher used the method of observation and interview. The source of the data taken in this study were students, teachers, and certain people who were considered can provide the necessary data. The results showed that one of the students had three learning difficulties, namely difficult to read (dyslexia), difficulty to write (dysgraphia), and difficult to calculate (dyscalculia). Factors that cause these difficulties were: internal factor include the less interest and less intelligent of the students; and the external factors include were family and environmental factors where the students engage. The way to overcome the difficulties to read is to by trying to set time each day to read with patience; to overcome the difficulties in writing can be solve by using technology to provide opportunities for children doing school work without the hassle of writing by hand; and to overcome the mathematical difficulties can be done by by offering some form of math intensive treatments.
UPAYA PENINGKATAN MUTU HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN Munirah, Munirah
Auladuna Vol 1, No 1 (2014): Auladuna
Publisher : PGMI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (67.495 KB)

Abstract

Abstrak: Pada dasarnya, belajar dan mengajar dapat mewakili/menggambarkan komunikasi dalam proses pendidikan antara guru dan murid. Dalam proses komunikasi akan sukses dengan keterlibatan indra/akal siswa. Ini digunakan untuk menerima dan mengelola informasi sebaik mungkin. Informasi dapat dipahami oleh siswa dengan cara menghafal. Oleh karena itu, mereka menerima beberapa hal dari guru mereka dengan baik. Media pendidikan merupakan salah satu alat dalam proses pembelajaran. Lokasi media pendidikan di dalam kelas khusus dan pemanfaatannya dalam proses belajar tentu saja dapat meningkatkan hasil penelitian/belajar.Abstract: Learning and teaching can reperesent the communication in the process of education between teacher and students. The process of communication will be success with the involvement of students sense and mind which are used to learn. Therefore, they can get information from their teacher well. Educational media is one of the tools in the learning process. The position of media in the specific classroom and its usage in the learning process, of course, can improve the outcome of learning.
KORELASI ANTARA PENERAPAN METODOLOGI PEMBELAJARAN DAN KETERAMPILAN MENGAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR Saprin, Saprin
Auladuna Vol 1, No 2 (2014): Auladuna
Publisher : PGMI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.707 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui korelasi penerapan metodologi pembelajaran dan keterampilan mengajar dengan prestasi akademik mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Penelitian dilakukan pada sejumlah 545 orang mahasiswa angkatan tahun 2010, dan seluruh dosen yang berjumlah 125 orang yang disampel masing-masing 108 orang mahasiswa dan 93 orang dosen dengan simple random sampling sehingga diperoleh data melalui instrumen angket, dan studi dokumentasi untuk dianalisis baik dengan statistik deskriptif maupun dengan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa penerapan metodologi pembelajaran tidak berkorelasi secara positif dengan penerapan keterampilan mengajar dan korelasi antara penerapan metodologi pembelajaran secara bersama-sama penerapan keterampilan mengajar dengan prestasi akademik mahasiswa dapat dinyatakan sangat rendah.Abstract: This study aims to determine the correlation between the application of the methodology of learning, teaching skills, and students academic achievement at the Tarbiyah and Teacher Training Faculty of UIN Alauddin Makassar. The population of the study was 545 students from the 2010 entrance year, and 125 lecturers of the faculty. The sample on this study was taken by using simple random sampling technique, which consisted of 108 students and 93 lecturers. To obtain the data, the researcher used questionnaires, and documentation. The data analyzed using descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. The results showed that the application of learning methodology were not correlated positively with the teaching skills. while the correlation between the application of the learning methodology and the teaching skills with students academic achievement can be stated very low.
METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS DI SD/MI Halimah, Andi
Auladuna Vol 1, No 1 (2014): Auladuna
Publisher : PGMI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (65.545 KB)

Abstract

Abstrak: Ada dua macam keterampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa sejak mengenal dunia pendidikan, yaitu: keterampilan menulis dan membaca. Dengan menguasai dua keterampilan itu, maka akan terjadi kemampuan awal dalam menguasai ketrampilan yang lain. Penguasaan keterampilan menulis dan membaca merupakan hal yang mendasari penemuan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Pengembangan CIRC dihasilkan dari sebuah analisis masalah-masalah tradisional dalam pengajaran seperti pelajaran membaca, menulis, seni bahasa dan mengungkap sesuatu dari realita yang ada. Satu fokus utama dari kegiatankegiatan CIRC adalah membuat penggunaan waktu lebih efektif. Para siswa bekerja di dalam tim-tim kooperatif yang dikoordinasikan dengan pengajaran kelompok membaca, supaya dapat memenuhi tujuan-tujuan dalam bidang lain seperti pemahaman membaca, kosa kata, pembacaan pesan dan ejaan dalam materi yang sedang dipelajari.Abstract: There are two kinds of language skills that must be mastered since the existence of the world of education, namely students’ skills of writing and reading. Mastering these two skills, would be a prequisite to master other skills. The acquisition of writing and reading skills underlying the invention of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) method. CIRC development resulting from an analysis of the traditional teaching problems such as reading, writing, language art, and revealed something from the reality. One of the main focus of CIRC activities is to make use of more efective time. Students work in cooperative teams coordinated by the teaching of reading group, in order to meet the objectives of other aspects such as reading comprehension, vocabulary, message reading in the material being studied.
PERAN GURU DALAM PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK UNTUK MI/SD Hidayat, M. Yusuf
Auladuna Vol 1, No 2 (2014): Auladuna
Publisher : PGMI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (77.739 KB)

Abstract

Abstrak: Masalah bisa menimpa setiap individu dalam setiap maupun keseluruhan rentang kehidupannya. Apa yang dimaksud dengan masalah, ciri-ciri dan jenisnya menurut klasifikasi tertentu, dan bagaimana peranan guru MI/SD dalam membantu peserta didiknya dibahas dalam tulisan ini. Uraian tentang peranan guru ditekankan pada siasat atau tahap tahap dan teknik pemecahan masalah. Abstract: Problems can happen to any individual in any or the entire life span. What the problem is. The characteristics and the types of it according to the specific classification, and what is the role of the teacher of MI/SD in helping learners are to be discussed in this paper. A description of the role of teachers focused on tactics or stages and problem soving techniques.
RESPONS PESERTA DIDIK TERHADAP PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR Usman, Usman
Auladuna Vol 1, No 1 (2014): Auladuna
Publisher : PGMI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (81.848 KB)

Abstract

Abstrak: Tulisan ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan respons peserta didik tehadap mahasiswa PPL Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Dalam mengkaji respons peserta didik, penulis menggunakan angket dengan permasalahan pokok bagaimana responss peserta didik terhadap mahasiswa PPL Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Temuan penulis berdasarkan hasil penelitian bahwa praktek pengalaman lapangan mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar belum berjalan secara ideal, sehingga setiap pelaksanaannya dilakukan upaya pembenahan dan perbaikan sebagaimana mestinya, baik oleh satuan tugas maupun pimpinan fakultas. Respons peserta didik terhadap pelaksanaan PPL mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar termasuk dalam kategori cukup, yakni nilai rata-rata 2,1 dari skala penilaian 1-3 dengan kategori 1= tidak baik; 2= cukup; dan 3= baik. Hal ini tergambar dari pandangan 50 peserta didik pada MTs dan MA Madani Pao-Pao.Abstract: This article is the result of the research which describe the respons of the students at MTs Madani Pao-Pao toward the teaching field practice performed by the students at Tarbiyah and Teacher Training faculty, Alauddin Islamic State University Macassar. In getting the data, the writer used a questionnaire. The findings showed that the teaching field practice performed by the students had not run optimally. Therefore, an improvement had been done as such by the faculty board and every people who are involved in this program. The students respon was chategorized enough with the mean score 2.1, based on the chategories: 1 (not good), 2 (enough), and 3 (good). 
PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PEMBELAJARAN ILMU PENDIDIKAN ISLAM (IPI) FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR Usman, Usman
Auladuna Vol 1, No 2 (2014): Auladuna
Publisher : PGMI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (92.767 KB)

Abstract

Abstrak: Persepsi mahasiswa mengenai pembelajaran IPI pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar dapat ditinjau dari berbagai aspek: (a) kurikulum, sillabus, dan sumber daya dosen telah terpenuhi sebagaimana standar mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi. Namun, yang perlu dibenahi adalah sumber daya dosen yang belum kesemuanya memenuhi syarat kualifikasi, kecuali 1 orang dosen yang masih berkualifikasi strata satu, dan (b) proses pembelajaran ditinjau dari aspek persiapan, pelaksanaan proses, dan penilaian juga telah berjalan dengan baik. Namun demikian, masih ditemukan berbagai kekurangankekurangan yang terjadi di dalamnya, seperti dosen kadangkala memindahkan waktu kuliah, terlambat masuk kelas, dan sebagainya.Abstract: Student perceptions toward learning of the science of islamic education at the of Tarbiyah and Teac Training UIN Alauddin Makassar, can be viewed from various aspects: (a) curriculum, syllabus, and faculty resources that have met the quality standard of higher education. However, the lecturer resources that still need needs to be improved because because of the unmet eligible qualification, where there is one lecturere with only strata one qualification; (b) the learning process in terms of aspects of the preparation, implementation process, and assessment has also been running well. However, there was still problems such as the lecturer commitment to the learning schedule, coming late to the class , etc.
PARTISIPASI POLITIK GURU DALAM PEMILUKADA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA GURU DI KABUPATEN TAKALAR SULAWESI SELATAN Syamsudduha, St.; Nursalam, Nursalam
Auladuna Vol 1, No 1 (2014): Auladuna
Publisher : PGMI

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.704 KB)

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk partisipasi guru dalam kegiatan perpolitikan di Kabupaten Takalar Prov. Sulawesi Selatan, untuk mengetahui kinerja guru yang terlibat dalam kegiatan perpolitikan di Kabupaten Takalar Prov. Sulawesi Selatan, dan untuk mengetahui hubungan antara partisipasi guru dalam politik dengan kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah guru di Kabupaten Takalar dan sampel penelitian ini adalah guru SD, SMP, dan SMA pada beberapa kecamatan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, pedoman wawancara, dan catatan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk partisipasi guru dalam kegiatan perpolitikan di Kabupaten Takalar yaitu: kampanye, pemberian suara pilkada/partai, diskusi publik, dan mengemukakan opini di media massa. Kinerja guru-guru yang terlibat dalam kegiatan perpolitikan di Kabupaten Takalar berada dalam kategori sedang, dengan rata-rata kinerja guru sebesar 68.35.Tidak ada hubungan yang signifikan antara partisipasi guru dalam politik dengan kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran. Abstract: The purpose of this study was (1) to describe the form of teacher participation in political activities in Takalar South Sulawesi Province, (2) To determine the performance of the teachers who involved in political activities in Takalar, South Sulawesi, and (3) To determine the relationship between the participation of teachers in politics with the performance of teachers in the learning activities. The study population was a teacher in the Takalar District, and the sample of this research is the elementary school teachers, middle, and high school in a few districts in Takalar. The instrument used in this study was a questionnaire, interview guide, and observation records. The results showed that the forms of teacher participation in political activities in Takalar namely: the campaign, giving the election voice/party, public discussion, giving opinion in the media. Ther performance of the teachers involved in politics in Takalar are in the medium category, with an average of 68.35 mean score. It was found that there was not a significant correlation between the teachers’ participation in politics and the their performance in the learning activities

Page 1 of 12 | Total Record : 112