cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
CHANNEL Jurnal Komunikasi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 84 Documents
Komunikasi dalam Musyawarah (Tinjauan Konsep Asyura dalam Islam)
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.423 KB)

Abstract

Al Qur’an sebagai wahyu dan teks memiliki pesan-pesan yang diperuntukan bagi manusia. Dimana pesan-pesan tersebut memuat nilai sebagai petunjuk jalan hidup bagi manusia. Salah satu nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an tersebut adalah musyawarah atau syura. musyawarah berarti perbuatan aktif yang tidak berhenti pada batas-batas sukarela dalam berpendapat, melainkan meningkat dari sukarela menjadi upaya perbuatan mengemukakan pendapat sebaik-baiknya. Tulisan ini bermaksud memaparkan mengenai konsep musyawarah dalam konteks sosial politik dan budaya masyarakat. Hasilnya adalah, Pertama, musyawarah sebagai kesetiakawanan, kekuatan serta kemerdekaan individu dan hak-hak mereka sebagai manusia. Kedua, musyawarah dapat dikatakan sebagai instrument dakwah apabila musyawarah dapat menjadi tempat memuliakan dan membimbing seseorang menuju arah yang lebih baik. Yang ketiga adalah, musyawarah sebagai kaidah sosial. Keempat adalah musyawarah sebagai khilafah berikut hak-haknya yang fitri. Kata Kunci: Syura, Komunikasi, Dakwah dalam Musyawarah
Pola Komunikasi Keluarga dalam Membangun Akhlakul Karimah Wijayanti, Yani Tri
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.829 KB)

Abstract

Keluarga adalah lingkungan sosial terkecil di dalam masyarakat dimana setiap anggotanya terikat oleh hubungan pernikahan dan darah. Dalam konteks pendidikan, keluarga adalah lingkungan utama yang pertama kalinya memberikan bekal pendidikan kepada anak dalam berbagai aspek kehidupan, terutama dalam hal pendidikan sosial-kemasyarakatan. Pendidikan dalam keluarga yang paling utama adalah dalam hal membentuk akhlak anak-anak sebagai bekal mereka dalam menghadapi kehidupannya kelak. Setiap keluarga, khususnya keluarga muslim, kedua orangtua tentu saja berharap anak-anak mereka memiliki akhlak yang baik (akhlakul karimah). Dalam hal ini, pola komunikasi dalam keluarga memegang peranan yang sangat penting. Pola komunikasi yang baik, menggabungkan antara komunikasi verbal dan non verbal, komunikasi individu dan kelompok, ikut menentukan bagaimana akhlak seorang anak dibentuk. Penelitian ini mencoba melihat bagaimana pola komunikasi dalam keluarga dalam mendidik anak agar memiliki akhlakul karimah pada keluarga muslim di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan membandingkannya dengan prinsip-prinsip komunikasi dalam Al Qur’an. Kata Kunci: Pola Komunikasi, Keluarga, Prinsip Komunikasi Al Qur’an, Akhlakul Karimah.
Komunikasi CSR Program CSR Rumah Srikandi PT Sari Husada Yogyakarta Kepada Stakeholder Ishak, Aswad
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.842 KB)

Abstract

Penelitian komunikasi corporate social responsibility (CSR) public relations kepada stakeholder PT Sari Husada Yogyakarta bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah aktivitas yang dilakukan public relations dalam mengkomunikasikan program corporate social responsibility (CSR) PT Sari Husada Yogyakarta kepada stakeholder internal dan eksternal. Obyek penelitian ini adalah program corporate social responsibility (CSR) PT Sari Husada Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus yang memberikan gambaran secara mendetail tentang latarbelakang, sifat-sifat serta karakter yang khas dari kasus yang diteliti yakni bagaimana aktivitas yang dilakukan public relations dalam mengkomunikasikan program corporate social responsibility (CSR) kepada stakeholders internal dan eksternal PT Sari Husada Yogyakarta. Hasil yang diperoleh, PT Sari Husada melaksanakan program CSR Rumah Srikandi dengan melakukan kerjasama dengan PKPU Yogyakarta untuk pengelolaannya. Komunikasi kegiatan CSR dilakukan dengan mengandalkan media sosial berbasis online yang ditunjang oleh siaran pers untuk media massa dan pembuatan buletin. Kegiatan komunikasi yang telah dilakukan belum menunjukkan efektifitasnya karena persoalan sumberdaya manusia pengelolanya yang belum memadai dari sisi kemampuannya. Kata kunci: Komunikasi, public relations, corporate social responsibility (CSR), stakeholde. 
Al-Qur’an dan Budaya Komunikasi dalam Musyawarah: Telaah Surah Ali Imron 159 dalam Pandangan Mufassir Masduki, Anang
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.112 KB)

Abstract

Dalam surah Ali Imron 159 terdapat konsep musyawarah atau komunikasi dalam organisasi. Dalam ayat tersebut dijelaskan mengenai langkah-langkah musyawarah. Yaitu, bersikap lemah lembut, memaafkan peserta musyawarah yang lain, memohonkan ampun mereka dan bertawakal setelah musyawarah dilakukan. Dalam artikel ini akan disampaikan berbagai pandangan para mufassir dalam memaknai surah Ali Imron ayat 159 tersebut. Kemudian akan diungkap pula obyek dan subyek musyawarah. Sehingga diharapkan mampu menjawab problematika komunikasi organisasi khususnya mengenai budaya musyawarah selama ini.Kata Kunci: Subyek Musyawarah, Obyek Musyawarah, Mufassir
Manajemen Komunikasi Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta dalam Penanganan Limbah Perak di Kotagede Sujanto, Raditia Yudistira
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.393 KB)

Abstract

Kesadaran akan bahaya limbah yang terdapat di dalam lingkungan tidak selalu dimiliki oleh semua lapisan masyarakat. Kesadaran tentunya tidak akan berguna tanpa adanya perbuatan dan perubahan. Kotagede merupakan daerah yang cukup terkenal dengan industri kerajinan peraknya. Dari pengerjaan kasar sampai penjualan hasil jadi kerajinan peraknya terdapat di Kotagede. Pada tahun 2004 BLH kota Yogyakarta mengadakan sosialisasi di Kotagede mengenai pentingnya menangani limbah perak secara benar dan efisien. Hal ini menjadi tanggung jawab BLH karena bagian dari tugas dan fungsi BLH dalam hal pelayanan publik. Pada sosialisasi terakhir BLH gagal meyakinkan audiens sosialisasinya. Dengan dasar di atas peneliti melihat bagaimana manajemen komunikasi BLH dengan masyarakat Kotagede kaitannya dengan pembangunan kesadaran akan pentingnya penanganan limbah perak demi keselamatan dan kesehatan masyarakatnya sendiri serta lingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif eksploratoris dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara serta studi dokumen. Metode penelitian sendiri adalah studi kasus. Penelitian ini menggunakan teori-teori dasar komunikasi dan manajemen, serta komunikasi krisis. Peneliti menilai bahwa terdapat krisis di dalam manajemen komunikasi BLH saat menjalankan program sosialisasinya. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat beberapa hal yang memang menjadi kendala saat pembentukan program sosialisasi, dimulai dari tahapan ‘perencanaan’ sampai tahapan ‘pengontrolan’. Secara garis besar masalah -masalah yang sempat ada meliputi keputusan-keputusan tim pelaksana program dalam proses manajemennya yang tidak didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan budaya dan sosial sesuai dengan apa yang terdapat di Kotagede. Pada saat tahap ‘pengorganisasian’ pun tim pelaksana program tidak mempertimbangkan penugasan atas dasar kompetensi atau keahlian yang dimiliki anggota-anggotanya, melainkan atas dasar struktur jabatan atau organisasi. Terlebih lagi pada tahapan ‘pengontrolan’, tim pelaksana program tidak melakukan pelaporan dengan semestisnya, tidak melakukan pengarsipan, serta tidak melakukan pengawasan paska-program. Meskipun demikian, tidak sepenuhnya peneliti hanya menemukan hal-hal negatif atau kekurangan-kekurangan selama pelaksanaan penelitian. Melalui hasil temuan serta saran-saran yang peneliti lampirkan di akhir tesis ini, diharapkan BLH kembali melaksanakan program sosialisasi di Kotagede terkait masalah keberadaan bahaya limbah perak dan logam lainnya, karena peneliti tidak berharap BLH kecolongan waktu jika tindakan BLH di depannya nanti tidak lagi bersifat antisipatif melainkan reaktif terhadap kondisi lingkungan di daerah Kotagede. Kata Kunci: manajemen komunikasi, limbah perak Kotagede, organisasi pemerintah, badan  
Sosialisasi Budaya Organisasi di Pondok Pesantren Muhammadiyah: Studi Kasus Sosialisasi Budaya Organisasi di Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah Farihanto, Muhammad Najih
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.404 KB)

Abstract

Sosialisasi budaya organisasi menjadi bagian yang wajib dilakukan bagi pengelola organisasi dalam penguatan nilai-nilai budaya organisasi. Robbins (2003) mengatakan terdapat tiga tahap dalam sosialisasi budaya organisasi yaitu tahap prakedatangan, tahap pertemuan, dan tahap metamorfosis. Dalam penelitian ini, teori sosialisasi budaya organisasi tersebut diujikan dalam organisasi pondok pesantren Muhammadiyah yaitu Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM). Dalam penelitian ini menghasilkan fakta bahwa teori sosialisasi budaya organisasi yang dikemukakan oleh Robbins dapat direalisasikan di PUTM. Dalam penelitian ini juga membahas tentang berbagai temuan tentang fenomena komunikasi yang terjadi dalam sosialisasi budaya organisasi di PUTM. Penelitian ini menggunakan studi kasus, agar lebih terfokus kepada objek kajian serta mampu menjelaskan objek-objek di sekitar kajian. Juga dalam makalah ini menggunakan motode wawancara, penelususan dokumen dan observasi langsung dalam proses pengumpulan data.Kata kunci: Sosialisasi, Budaya Organisasi, Pondok Pesantren
Penggunaan Multi Media untuk Meningkatkan Efektivitas Pesan Khutbah Jumat Widyatama, Rendra
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.82 KB)

Abstract

Di kalangan umat Islam di seluruh dunia, termasuh Indonesia, khutbah jumat merupakan aktivitas rutin. Disebut rutin, karena ibadah tersebut diselenggarakan secara teratur tiap hari jumat. Ibadah ini wajib dilakukan oleh ummat Islam laki-laki yang sudah baliq. Seperti halnya dengan ibadah shalat jumat, penyampaian khutbah jumat juga merupakan aktivitas rutin bagi para khatib. Indikator rutinitas dapat dilihat dari aktivitas komunikasi yang dilakukan, yaitu cenderung monoton, tidak dipersiapkan secara memadai, dan tidak menggunakan bantuan media apapun. Khatib hanya memenuhi rukun dan syarat syah khutbah sehingga terkesan tidak memperdulikan respon jamaah. Penyampaian pesan khutbah jumat dengan metode seperti itu, jamaah tidak terlihat menyimak nasehat khutbah. Dari banyak pengamatan, jamaah jumat banyak yang tertidur pada saat khutbah sampai ibadah tersebut dimulai. Keadaan ini jelas membuat pesan khutbah tidak efektif. Sehubungan dengan hal tersebut, khatib dan takmir masjid perlu melakukan inovasi kreatif atas khutbah jumat. Salah satu cara adalah dengan menggunakan multimedia sebagai alat bantu penyampaian pesan sehingga khutbah jumat dapat lebih menarik dan efektif. Kata Kunci: Multimedia, Komunikasi, Pesan yang Efektif, Khutbah Jumat. 
Corporate Social Responsibility PT. Madubaru 2010-2015 Fajri, Choirul
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (681.022 KB)

Abstract

Program Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah program yang wajib dijalankan oleh suatu perseroan terbatas (PT).CSR sebagai sebuah tanggung jawab sosial perusahaan, merupakan sebuah terobosan untuk menjalin hubungan baik dengan masyarakat.Pemerintah sendiri telah mewajibkan dan mengatur pelaksanaan program CSR ini melalui Undang-Undang Perseoran Terbatas Tahun 2002.Sebagai badan usaha milik negara (BUMN), PT Madubaru tentunya juga melaksanakan program ini.Penelitian ini sendiri merupakan penelitian lanjutan yang pernah peneliti lakukan di tahun 2010 lalu, yakni mengenai Community Relations PG/PS Madukismo. Di mana dalam penelitian ini, melihat bagaimana strategi-strategi yang dilakukan oleh PG/PS Madukismo dalam melaksanaan program ini, sebuah sebuah cara untuk memberikan kemanfaatan bagi masyarakat. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti memilih menggunakan metode studi kasus, guna menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai bagaimana proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program CSR tersebut. Dari hasil penelitian di dapatkan data, bahwa PT Madubaru telah melaksanakan program CSR tersebut dengan baik, adanya keterlibatan dari masyarakat, dan upaya-upaya pengembangan masyarakat. Hanya saja, upaya untuk membuat pelaporan kegiatan dengan memanfaatkan teknologi komunikasi seperti sekarang ini masih belum tampak.Padahal upaya tersebut, dapat digunakan untuk mencari feedback terkait dengan program yang telah dilaksanakan kepada masyarakat luas. Kata kunci: CSR, PT Madubaru, Strategi
Identitas dalam Iklan Pemilu SBY dan Megawati Masduki, Anang
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 3, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (881.474 KB)

Abstract

Politisi memerlukan sebuah identitas yang disematkan pada dirinya untuk menaikan elektabilitas dalam pemilu. Dan salah satu instrumen untuk mengkomunikasikan identitas tersebut adalah iklan politik. Dalam penelitian ini akan diulas mengenai politik identitas yang dilakukan oleh pasangan Mega-Prabowo dan SBY-Budiono dalam iklan kampanye pemilu tahun 2009. Hasilnya terdapat empat politik identitas yang ditonjolkan, yaitu kenegarawanan, kerakyatan, kemakmuran dan multikultural. Identitas politik kemiskinan dan kerakyatan dilakukan oleh kedua kandidat, adapun identitas kenegarawanan dilakukan oleh pasangan Mega-Prabowo dan identitas multikulturalis dilakukan oleh pasangan SBY-Budiono. Kata Kunci: Politik identitas, iklan politik, komunikasi politik.
Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas Ayun, Primada Qurrota
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 3, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.38 KB)

Abstract

The Internet and teens are the two things are interrelated. Survey from the Ministry of Communications and Information in Indonesia showed that the largest internet usage is to access social media. In Indonesia, the phenomenon of young people in using social media is quite interesting to study. Teens build their self-identity to obtain the image they want and express private problem into a social media issues raised in this study. The theory used in this research is the Social Identity Theory, Symbolic Interaction and Media Ecology. This study is a qualitative study using phenomenological method. Results from this study showed that adolescents show identity vary in their social media and they express personal problems in social media, but in the form implied.Keywords: Social Media, Teens, Identity.