JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
ISSN : 23563869     EISSN : 26140136
Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPSD) dengan ISSN : 2356-3869 (printed) e-ISSN: 2614-0136. JPSD mempublikasikan makalah yang berisi hasil penelitian tentang pendidikan dasar, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis, pengajaran sekolah dasar. Naskah akan diterbitkan 2 kali dalam setahun (Februari dan Agustus).
Articles 136 Documents
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Putri, Ika Puspita ( Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga )

Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 5, No 1: Februari 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.499 KB) | DOI: 10.12928/jpsd.v5i1.12573

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas non-siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Cebongan 01. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes (tes formatif) dan non tes (observasi). Instrumen penelitian menggunakan item dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Realia Media dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat pada saat siklus siswa yang menyelesaikan KKM adalah 1 siswa dan ada peningkatan bahwa ada 25 siswa yang memenuhi KKM (78%) dan ada peningkatan yang signifikan yaitu 26 siswa (100%) siswa telah mencapai KKM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Media Realia pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri Cebongan 01. Guru harus dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran lain dan siswa. diharapkan lebih aktif dan bertanggung jawab dalam kegiatan diskusi kelompok.

ANALISIS PENERAPAN PPK MELALUI PRAKTIK IBADAH KELAS RENDAH SD MUHAMMADIYAH 9 KOTA MALANG

Utami, Ima Wahyu Putri ( Universitas Muhammadiyah Malang )

Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 5, No 2: Agustus 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.772 KB) | DOI: 10.12928/jpsd.v5i2.12578

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan penerapan PPK melalui praktik ibadah di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang, 2) mendeskripsikan kendala penerapan PPK melalui praktik ibadah di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang, dan 3) mendeskripsikan upaya mengatasi kendala penerapan PPK melalui praktik ibadah di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Hasil peneitian ini yaitu praktik ibadah yang dilakukan di kelas rendah di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang. Adapun praktik ibadah yang dilakukan di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang yaitu sholat Duha berjamaah, sholat Duhur berjamaan, sholat Ashar berjamaah, dan manasik haji

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBANTUAN MEDIA TTS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Maulidina, Zakiyatu ( Universitas Jember, Jember, Jawa Timur ) , Nuriman, Nuriman ( Universitas Jember, Jember, Jawa Timur ) , Hutama, Fajar Surya ( Universitas Jember, Jember, Jawa Timur )

Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 5, No 1: Februari 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.309 KB) | DOI: 10.12928/jpsd.v5i1.12575

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media teka teki silang terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN Tegalgede 01 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan pola pre-test post-test control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA dan kelas VB SDN Tegalgede 01 Jember. Analisis data yang dilakukan yaitu menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil analisis data uji t-test menunjukkan bahwa nilai thitung yang diperoleh sebesar 5,798, sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan (db) 66 diperoleh sebesar 1,996. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel (5,798 > 1,996), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai post-test siswa dari kedua kelas. Pada kelas eksperimen memiliki rata-rata 78,36, sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata 69,53. Selanjutnya dilakukan penghitungan uji keefektifan relatif, maka diperoleh hasil ER sebesar 47,22%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media teka teki silang terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SDN Tegalgede 01 Jember.

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA PELAJARAN PPKn BERBASIS RELIGIOUS CULTURE DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA

Suyitno, Suyitno ( PGSD Universitas Ahmad Dahlan )

Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 5, No 2: Agustus 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.825 KB) | DOI: 10.12928/jpsd.v5i2.12580

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai karakter yang terintegrasi pada mata pelajaran PPKn berbasis religious culture di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitian kualitatif. Penyajian data dilakukan secara deskriptif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data dan menyajikan data.Hasil penelitian menggambarkan implementasi nilai-nilai karakter yang terintegrasi pada mata pelajaran PPKn berbasis religious culture dilakukan dengan melalui berbagai kegiatan atau aktivitas keseharian berdasarkan ajaran-ajaran islam yang menjadi program sekolah. Seluruh wujud religious culture di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta merupakan implementasi 18 nilai-nilai karakter yang dibuat oleh Dinas Pendidikan Nasional. Implementasi nilai-nilai karakter berbasis religious culture di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta dilakukan melalui keteladanan dan penciptaan suasana religius. Keteladanan merupakan faktor yang penting karena sikap dan perilaku kepala sekolah, guru dan karyawan dijadikan sebagai panutan oleh siswa sedangkan penciptaan suasana sekolah yang kondusif merupakan faktor pendukung dalam proses implementasi nilai-nilai karakter. Keteladanan guru dan penciptaan suasana yang kondusif turut mendukung proses implementasi nilai-nilai karakter berbasis religious culture.

PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF POKOK BAHASAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN RAWAJATI 06 PAGI

Soraya, Farida ( Pasca Sarjana UNJ ) , Yurniwati, Yurniwati, Cahyana, Ucu

Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 5, No 1: Februari 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.965 KB) | DOI: 10.12928/jpsd.v5i1.12569

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Matematics Education (RME) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif tentang konsep pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan model classroom action research (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N Negeri Rawajati Pagitahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 28 siswa. Penelitian dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan post tes. Teknik post tes yaitu dengan evaluasi dan observasi. Evaluasi digunakan untuk menjaring data tentang kemampuan berpikir kreatif konsep pecahan. Sementara observasi digunakan untuk menjaring data tentang penggunaan pendekatan Realistic Matematics Education.Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa rata-rata siswa yang telah mencapai KKM hanya 57,14%. Sedangkan hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa rata-rata dari jumlah seluruh siswa mencapai KKM 89,29%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran konsep pecahan dengan penerapan pendekatan Realistic Matematics Education dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif materi pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Rawajati 06 Tahun Pelajaran 2017/2018.

PELAKSANAAN PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS AUDIO PADA PEMBELAJARAN MENDENGARKAN CERITA DONGENG LOKAL DI SD MUHAMMADIYAH

H. S, Apri Kartikasari ( Universitas PGRI Madiun ) , Widyaningrum, Heny Kusuma ( Universitas PGRI Madiun ) , Rohmanurmeta, Fauzatul Ma’rufah ( Universitas PGRI Madiun )

Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 5, No 1: Februari 2018
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.817 KB) | DOI: 10.12928/jpsd.v5i1.12574

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan bahan ajar berbasis audio pada pembelajaran mendengarkan cerita dongeng lokal di SD Muhammadiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan beberapa teknik, seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik triangulasi dilakukan dengan cara triangulasi metode, yaitu dengan mengecek ulang informasi hasil wawancara dengan dokumentasi dan observasi. Penelitian ini menemukan bahwa dengan penggunaan bahan ajar berbasis audio pada pembelajaran mendengarkan cerita dongeng lokal di SD Muhammadiyah memiliki banyak keuntungan yaitu: 1) peserta didik tidak cepat merasa jenuh  dan cepat lupa terhadap materi pelajaran, 2) meningkatkan pemahaman peserta didik, 3) meningkatkan motivasi belajar peserta didik, 4) kompetensi aspek mendengarkan dapat tercapai dengan baik.

IMPLEMENTASI TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN LECTORA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SD

Fatmawati, Laila ( Universitas Ahmad Dahlan )

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 1, No 1: Agustus 2014
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

The purpose of this classroom aaction research was to describe application of cooperative learning teams games tournament type assisted Lectora to improve motivation and learning outcomes insocial studies elementary school. Subject were fourth grade student in SD N Tukangan Yogyakarta. Result found application of the cooperative learning type teams games tournament type assisted Lectora improves motivation and learning outcomes in social studies elementary school.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD FKIP UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

Nurhidayah, Nurhidayah ( Universitas Ahmad Dahlan )

Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 1, No 1: Agustus 2014
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.605 KB) | DOI: 10.26555/jpsd.v1i1.a1558

Abstract

Program  Studi  PGSD  di  FKIP  UAD  termasuk  Prodi  baru  di  Universitas Ahmad  Dahlan.  Meskipun  terbilang  baru  berdiri,  namun  animo  mahasiswa  untuk memasuki Prodi ini sangat besar. Pada tahun pertama membuka dua 3 kelas dan pada tahun  ke  dua  meningkat  menjadi  enam  kelas.  Animo  memasuki  Prodi  PGSD  ini menarik  untuk  dilakukan  penelitian  tentang  faktor-faktor  yang  mendasari  motivasi belajar mahasiswa di PGSD UAD.  Penelitian ini  bertujuan  untuk mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa FKIP  UAD di Program Studi PGSD. Secara khusus tujuan  yang ingin dicapai dalam penelitian ini  adalah untuk mengetahui  pengaruh  minat,  dukungan  orang  tua,  peluang  kerja  terhadap  motivasi belajar  mahasiswa  PGSD  UAD.  Penelitian  ini  termasuk  jenis  penelitian  survey dengan  subjek  penelitian  berjumlah  100  mahasiswa  PGSD  angkatan  pertama. Variabel  dalam  penelitian  ini  ada  tiga  variabel  bebas  (minat,  dukungan  orang  tua, peluang kerja) dan satu variabel terikat (motivasi belajar). Teknik pengumpulan data menggunakan  questionary  dengan  instrumen  berupa  angket  tertutup  berskala  likert. Analisis  data  yang  digunakan  dengan  analisis  statistikdiskriptif  dan  analisis  regresi ganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara minat dengan motivasi belajar mahasiswa  PGSD tahun 2011/2012    dengan nilai t hitung 4,554 dan terdapat  pengaruh  antara  dukungan  orang  tua  dengan  motivasi  belajar  mahasiswa PGSD  tahun  2011/2012  dengan  nilai  t  hitung  4,551.  Hal  ini  juga  mengindikasikan bahwa  semakin  tinggi  minat  dan  dukungan  orang  tua  maka  motivasi  belajar  yang dimiliki  juga  semakin  tinggi.  Sedangkan  untuk  variabel  peluang  kerja  tidak menunjukkan  pengaruh terhadap  motivasi belajar mahasiswa PGSD tahun 2011/2012 dengan  nilai  t  hitung  1,446.  Hal  ini  mengindikasikan  bahwa  peluang  kerja  tidak menjadi bagian yang dapat memotivasi belajar para mahasiswa.

PENGEMBANGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES BAGI MAHASISWA S1 PGMI IAIN SNJ CIREBON

Syamsi, Atikah ( IAIN Syekh Nurjati Cirebon )

Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 1, No 1: Agustus 2014
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.061 KB) | DOI: 10.26555/jpsd.v1i1.a1479

Abstract

To  support  efficacy  of  study,  basically  to  determine  approach  of  study  which in line with curriculum. Studying approach of study, a lot of type approach of  which  can  applied.  Among  others  approach  of  developed  study  from  an recognized  theory  with  theory  of  Multiple  Intelligence.  The  Theory  used  as  by approach  of  study,  because  it  talk  about  variety  which  related  to  educative participant  interest.  Basically  in  each  of  curriculum  is  focus  to  attainment  an certain  interest  to  educative  participant.  Approach  of  Multiple  Intelligence  even also look into that human being or someone have some intellegence potency. One of  the  intellegence  educative  by  participant  thats  which  must  be  developed,  so that in the end become an its very dominant interest.One of the matter which need to be paid attention in Multiple Intelligence is  the  existence  of  education  institutes  responsibility  to  be  succeeding  to  find  at least  one  ability  region  matching  with  its  intellegence  potency  and  this  matter have  positive  implication  to  make-up  of  its  life  or  which  is  ordinary  to  be recognized  with  term  of  make-up  of  life  skills.  Quality  of  Indonesia  human resource  these  days  is  reflection  of  education  system  which  in  this  time  go  into effect.This research represent Research and Development (having the character of research applied) that is research used to look for, to developing and testing an certain  finding  or  product.  This  Research  type  is  research  of  Experiment  with approach  of  mixture  that  is  qualitative  and  is  quantitative,  where  this  research aim  to  develop  new  approach  that  is  intelligences  multiple  to  student  of  PGMI IAIN  SNJ  Cirebon.  This  Matter  because  of  the  importance  of  education  which peculiarly  refer  at  student  skill  soft  as  behavioral  base  of  academic,  namely  for example mirror of education base on intelligences multiple which practically can improve  efficiency  of  someone  life  and  it  is  of  course  also  be  benefit  to  its environment.  By  having  efficiency  of  life  which  is  good  to  be,  expected  by  all college grad will be able to solve life problema faced. 

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN AKHLAK DENGAN PROGRAM PREZI (Studi di SMP Muhammadiyah 2 Mlati Sleman Tahun Ajaran 2013-2014)

Wahyudi, Dedi ( PPS UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta )

Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) Vol 1, No 1: Agustus 2014
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.037 KB) | DOI: 10.26555/jpsd.v1i1.a1589

Abstract

Proses pembelajaran Pendidikan Akhlak  di SMP Muhammadiyah 2 Mlati gurunya memiliki kendala dalam memotivasi semangat belajar siswa karena metode yang digunakan hanya ceramah. Buku pegangan untuk siswa kurang mencukupi sebab hanya ada satu buku ajar yang dipegang guru sehingga siswa hanya mencatat materi-materi yang diberikan oleh guru. Maka perlu adanya metode pembelajaran yang mengatasi problem tersebut yaitu multimedia pembelajaran interaktif pendidikan akhlak dengan program Prezi yang dikembangkan berdasarkan teori pengembangan Stephen M. Alessi dan Stanley R. Trollip. Prosesnya adalah meliputi perencanaan, desain, dan pengembangan. Hasil penelitian ini yaitu produk multimedia pembelajaran interaktif pendidikan akhlak telah layak digunakan di lapangan dan dapat meningkatkan prestasi peserta didik.

Page 1 of 14 | Total Record : 136