cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Articles 150 Documents
MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN LATIHAN GERAKAN PRAMUKA Karsiti, Karsiti; Sumadi, Sumadi; Suntoro, Irawan
9 772338317006
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.246 KB)

Abstract

The aims of research are to find out and to describe: (1) implementation of education and training management at raja basa kwartir’s scout training and education center in south lampung, (2) achievement of helding education and training at Raja basa kwartir’s scout training and education center in south lampung, (3) Supporting by stake holders in implementation of education and training at Raja Basa kwartir’s scout training and education center in south lampung. This research used qualitative approach by case study design. The result of research are: (1) implementation is started from analyzing of education and training activity needs through evaluation assesment. (2) Activity design result develop valid material which is suitable for development. (3) supporting from Stakeholders was getting good supported, by moril and material from all of stakeholders component.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) pelaksanaan pendidikan dan pelatihan manajemen di pusat pelatihan dan pendidikan pramuka kwartir rajabasa Lampung Selatan, (2) pencapaian program pendidikan dan pelatihan di pusat pelatihan dan pendidikan kwartir Rajabasa Lampung Selatan, (3) Mendapatkan dukungan oleh pemangku kepentingan dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan di pusat pelatihan dan pendidikan kwartir Rajabasa Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Hasil penelitian adalah: (1) pelaksanaan dimulai dari menganalisis pendidikan dan kegiatan pelatihan kebutuhan melalui evaluasi assesment. (2) hasil desain Kegiatan mengembangkan materi valid yang cocok untuk dikembangkan. (3) mendapatkan dukungan yang baik dari Stakeholder, baik moril dan material dari seluruh komponen pemangku kepentingan.Kata kunci:implementasi, manajemen pendidikan, pelatihan   
PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU Setyana, Meta Eka; Suntoro, Irawan; Sumadi, Sumadi
9 772338317006
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (103.96 KB)

Abstract

The purpose of the research is to know and analyze: 1) the influence of principal academic supervision through the teacher performing, 2) the influence of interpersonal communication through the teacher performing, 3) the influence of the job motivation through the teachers performing, 4) the influence of principal academic supervision, the interpersonal communication, and the job motivation through the teachers performing in Bodhisattva school Bandar Lampung. The quantitative research used the ex post facto. The result of the research shows that: (1) there is positive and significant influence the principal academic supervision through the teacher performing, (2) there positive and significant influence the interpersonal communication through the teachers performing, (3) there are positive and significant influence of the job motivation through the teachers performing, (4) there is positive and significant influence of the principal academic supervision, interpersonal communication, and job motivation through the teachers performing.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) pengaruh antara Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru, 2) pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Kinerja Guru, 3) pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru, 4) pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Komunikasi Interpersonal, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Bodhisattva Bandar Lampung. Penelitian kuantitatif ini menggunakan jenis penelitian ex post facto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru, (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi akademik kepala sekolah, komunikasi interpersonal, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru.Kata kunci: kinerja, komunikasi interpersonal, motivasi guru, supervisi akademik
PENGARUH KONSEP DIRI, MOTIVASI BERPRESTASI DAN SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU Rahmania, Rahmania; Suntoro, Irawan; Kandar, Supomo
9 772338317006
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (132.27 KB)

Abstract

The purpose of this research is to describe and analyze the influence between: 1) self-concept toward pedagogic competence of teachers, 2) achievement motivation toward pedagogic competence of teachers, 3) academic supervision of principal toward pedagogic competence of teachers, also 4) self-concept, achievement motivation and academic supervision of principal simultaneously toward pedagogic competence. The kind of this research is quantitative by using method of ex post facto. The results of this research are: 1) there is positive influence between self-concept toward pedagogic competence of teachers, 2) there is positive influence between achievement motivation toward pedagogic competence of teachers, 3) there is positive influence between academic supervision of principal toward pedagogic competence of teachers, also 4) there is positive influence between self-concept, achievement motivation and academic supervision of principal toward pedagogic competence of teachers.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh antara: 1) konsep diri terhadap kompetensi pedagogik guru, 2) motivasi berprestasi terhadap kompetensi pedagogik guru, 3) supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru, juga 4) konsep diri, motivasi berprestasi dan supervisi akademik kepala sekolah secara simultan terhadap kompetensi pedagogik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Hasil penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh positif antara konsep diri terhadap kompetensi pedagogik guru, 2) ada pengaruh positif antara motivasi berprestasi terhadap kompetensi pedagogik guru, 3) ada pengaruh positif antara supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru, juga 4) ada pengaruh positif antara konsep diri, motivasi berprestasi dan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru.Kata kunci: kompetensi pedagogik, motivasi berprestasi, supervisi akademik
PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL DAN KOMPETENSI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU Usman, Usman; Sowiyah, Sowiyah; Sumadi, Sumadi
9 772338317006
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.154 KB)

Abstract

This study aimed to determine: (1) influence of principal managerial competency toward the teacher performance of Junior High School Education in Tanggamus, (2) influence of principal supervision competency toward the teacher performance of Junior High School Education in Tanggamus, (3) influence of Co-working Principal and Vice Principal managerial competence and supervision competencies together on educational teacher performance of Junior High School. This research is quantitative correlation-approach. The results showed that, the principal managerial competence contribute positively 78.0 %. Principal supervision-competencies provide both positive and significant influence 79.6 %. Co-working of managerial competence and supervision competencies between  Principal and Vice Principal contribute positively and significantly 80.5 %.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kabupaten Tanggamus, (2) pengaruh kompetensi supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kabupaten Tanggamus, (3) pengaruh kompetensi manajerial dan kompetensi supervisi kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMPNegeri di Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi manajerial kepala sekolah memberikan pengaruh yang positif terhadap kinerja guru sebesar 78,0% (2) kompetensi supervisi kepala sekolah memberikan pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 79,6%(3) secara bersama-sama kompetensi manajerial dan kompetensi supervisi kepala sekolah memberikan pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 80,5 %.Kata kunci: kinerja guru, kompetensi manajerial, supervisi kepala sekolah
ANALISIS PROFIL SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU Afifa, Nurul; Sudjarwo, Sudjarwo; Kandar, Supomo
9 772338317006
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.636 KB)

Abstract

The focuses of this study were on the aspects of the human resource management (teachers and students), the management of teaching and learning, the curriculum management, and the management aspects of the school committee involvement. Through qualitative approach (case study design), researcher collected data by interviewing, school documents and observing directly to the school. The collected data were analyzed in accordance with the management aspects of the focuses have been set to determine the causes. Furthermore, the data were compared for compliance with management theories in education. Integrated curriculum of the school can improve students knowledge of religion, and active involvement of the school committee to assist the implementation of quality learning.Satu fokus dari penelitian ini adalah pada aspek manajemen sumber daya manusia (guru dan siswa), pengelolaan pembelajaran, pengelolaan kurikulum, dan aspek manajemen keterlibatan komite sekolah. Melalui pendekatan kualitatif (rancangan studi kasus), peneliti mengumpulkan data dengan wawancara, dokumen sekolah dan mengamati langsung ke sekolah. Data yang terkumpul dianalisis sesuai dengan aspek manajemen satu fokus telah ditetapkan untuk menentukan penyebab. Selain itu, data dibandingkan untuk mematuhi teori manajemen dalam pendidikan. Kurikulum Terpadu sekolah dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang agama, dan keterlibatan aktif dari komite sekolah untuk membantu pelaksanaan pembelajaran yang berkualitas.Kata kunci: manajemen sumber daya manusia, manajemen kurikulum, manajemen pembelajaran.
PENGARUH KEPRIBADIAN GURU DAN KONFLIK ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN KERJA GURU SEKOLAH Indriyani, Erlina; Suntoro, Irawan; Kandar, Supomo
9 772338317006
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (66.852 KB)

Abstract

The purpose of this research is to describe and analyze the influence between: 1) teachers personality toward teachers job commitment, 2) organization conflict toward teachers job commitment also 3) teachers personality and organization conflict simultaneously toward teachers job commitment on public senior high schools in Pringsewu regency. The kind of this research is quantitative by ex post facto method. The results of this research are: 1) there is positive and significant influence between teachers personality toward teachers job commitment, 2) there is positive and significant influence between organization conflict toward teachers job commitment, 3) there is positive and significant influence between teachers personality and organization conflict toward teachers job commitment.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh antara: 1) guru kepribadian terhadap komitmen kerja guru, 2) konflik organisasi terhadap komitmen kerja guru juga 3) guru kepribadian dan konflik organisasi secara simultan terhadap komitmen kerja guru pada sekolah menengah atas di Kabupaten Pringsewu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode ex post facto. Hasil penelitian ini adalah: 1) terdapat pengaruh positif dan pengaruh yang signifikan antara guru kepribadian terhadap komitmen kerja guru, 2) terdapat pengaruh positif dan pengaruh yang signifikan antara konflik organisasi terhadap komitmen kerja guru, 3) terdapat pengaruh positif dan pengaruh yang signifikan antara guru kepribadian dan konflik organisasi terhadap komitmen kerja guru.Kata kunci: kepribadian guru, komitmen kerja guru, konflik organisasi
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, SUPERVISI AKADEMIK DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU Sofyan, Yenny; Rini, Riswanti; Kandar, Supomo
9 772338317006
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.433 KB)

Abstract

The aim of this study was to determine and analyze the effects of organizational culture, academic supervision, and facilities and infrastructure on teacher pedagogical competence in public junior secondary schools in Banjar Agung Subdistrict, Tulang Bawang District, Lampung, either individually or simultaneously. This study was a descriptive study. Data were collected using questionnaire and documentation. The collected data were then analyzed using path analysis and hypothesis testing. Results of this study are: (1) organizational culture had a direct effect on teacher pedagogical competence; (2) Academic supervision had a direct effect on pedagogical competence of teachers in the schools; (3) facilities and infrastructure had a direct effect on the pedagogical competence of teachers in the schools; (4) cultural organizations, academic supervision, and facilities and infrastructure simultaneously had a direct and significant effect on the pedagogical competence of teachers in the schools.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh budaya organisasi, supervisi akademik, dan sarana dan prasarana pada kompetensi pedagogik guru di sekolah menengah pertama umum di Banjar Agung Kecamatan, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, baik secara individu maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis jalur dan pengujian hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) budaya organisasi memiliki efek langsung pada kompetensi pedagogik guru; (2) pengawasan akademik memiliki efek langsung pada kompetensi pedagogik guru di sekolah-sekolah; (3) sarana dan prasarana memiliki pengaruh langsung terhadap kompetensi pedagogik guru di sekolah-sekolah; (4) organisasi budaya, supervisi akademik, dan sarana dan prasarana secara bersamaan memiliki efek langsung dan signifikan terhadap kompetensi pedagogik guru di sekolah-sekolah.Kata kunci: budaya organisasi, kompetensi pedagogic, supervisi akademik, sarana prasarana   
HUBUNGAN KOMITMEN ORGANISASI, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KINERJA GURU Kurniasari, Asih; Kandar, Supomo; Suntoro, Irawan
9 772338317006
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.358 KB)

Abstract

This study aims to describe: 1) organizational commitment, 2) interpersonal communication, 3) emotional intelligence, 4) organizational commitment, interpersonal communication, emotional intelligence, simultaneously with the teacher performances. The type of research is quantitative using the ex post facto. The research sample obtained using Taro Yamane formula. Research results show that: 1) there is a positive and significant relationship between organizational commitment and teacher performance, 2 ) there is a positive and significant relationship between interpersonal communication with the teachers performance, 3) there is a positive and significant relationship between emotional intelligence and teacher performance coefficient of determination, 4) there is a positive and significant relationship between organizational commitment, interpersonal communication, emotional intelligence simultaneously with teacher performance.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) komitmen organisasi, 2) komunikasi interpersonal, 3) kecerdasan emosional, 4) komitmen organisasi, komunikasi interpersonal, kecerdasan emosional, secara bersamaan dengan kinerja guru. Penelitian adalah kuantitatif menggunakan ex post facto. Sampel penelitian diperoleh dengan menggunakan rumus Taro Yamane . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada hubungan positif dan signifikan antara komitmen organisasi dan kinerja guru, 2) ada hubungan positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal dengan kinerja guru, 3) ada hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan koefisien kinerja guru determinasi, 4) ada hubungan positif dan signifikan antara komitmen organisasi, komunikasi interpersonal, kecerdasan emosional.Kata kunci: kinerja guru, kecerdasan emosional, komitmen organisasi, komunikasi interpersonal
IMPLEMENTASI PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR Hidayati, Nurlatifah; Sudarmanto, R. Gunawan; Suntoro, Irawan
9 772338317006
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.16 KB)

Abstract

This study used a qualitative approach with case study design. Data collection techniques used in this study are interviews, documentation and observation. The results of the study are as follows: (1) The SPM in Primary School has been running based on the regulations set by the Indonesian which on the average meets the criteria for determining the appropriate SPM stated in the Minister of Education’s Regulation No. 15 of 2010, (2) The evaluation of SPM’s implementation at Primary School has been involving all stakeholders, (3) The obstacles encountered in the implementation of SPM in is the less active community participation and the lack of communication between parents and the school, (4) the support community participation in the implementation of SPM (Minimum Service Standard of Education) in Primary School is less maximum, while the principal support in the form of moral and material supports are maximum.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) SPM di Sekolah Dasar telah berjalan berdasarkan peraturan yang ditetapkan oleh Indonesia yang rata-rata memenuhi kriteria untuk menentukan SPM sesuai tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan No 15 tahun 2010, (2) evaluasi pelaksanaan SPM di sekolah Dasar telah melibatkan seluruh pemangku kepentingan, (3) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan SPM di adalah partisipasi masyarakat kurang aktif dan kurangnya komunikasi antara orang tua dan sekolah, (4) partisipasi masyarakat dukungan dalam pelaksanaan SPM (Standar Pelayanan Minimal Pendidikan) di Sekolah Dasar kurang maksimal, sementara dukungan utama dalam bentuk dukungan moral dan material maksimum.Kata kunci: implementasi standar pelayanan minimal pendidikan, keterlibatan pemangku kepentingan
EVALUASI MANAJEMEN TEACHING FACTORY PADA UNIT PRODUKSI TRAINING HOTEL SMK KRIDAWISATA Gali Darmawan, I Nyoman; Sumitro, Bambang; Djasmi, Sulton
9 772338317006
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.364 KB)

Abstract

The purpose of this study was to evaluate the management of teaching factory in Unit Production Hotel Training on vocational school of Kridawisata Bandar Lampung. This study used evaluation research approach of, and the CIPP was as the evaluation model. Data collection was conducted by interview, observation and documentation. The data was then analyzed by evaluative. The results showed that: (1) the teaching factory management having yet to implement the principles of School-Based Management. The culture industry; hygiene, discipline and hospitality adopted well by the students. (2) Leadership that is applied to support the implementation of the teaching factory. The access and quality of new students require specific criteria in new admissions. Planning, preparation less than the maximum required Work Plan of the School teaching factory. (3) The quality of teaching factory activity is capable to create industrial culture in the school and one of the sources of funding for school.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengelolaan teaching factory di Unit Produksi jurusan perhotelan SMK Kridawisata Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian evaluasi, dan CIPP adalah sebagai model evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan evaluatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) manajemen pabrik mengajar memiliki belum menerapkan prinsip-prinsip Manajemen Berbasis Sekolah. Industri budaya; kebersihan, disiplin dan perhotelan diadopsi dengan baik oleh para siswa. (2) Kepemimpinan yang diterapkan untuk mendukung pelaksanaan teaching factory. Akses dan kualitas mahasiswa baru membutuhkan kriteria khusus dalam penerimaan mahasiswa baru. Perencanaan, persiapan kurang dari Rencana Kerja maksimum yang diperlukan dari pabrik mengajar Sekolah. (3) Kualitas kegiatan teaching factory mampu menciptakan budaya industri di sekolah dan salah satu sumber pendanaan untuk sekolah.Kata kunci: evaluasi, implementasi, manajemen teaching factory

Page 1 of 15 | Total Record : 150


Filter by Year

2013 2015


Filter By Issues
All Issue