cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Published by Universitas Lampung
ISSN : 23554061     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Program S-2 Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Lampung menerbitkan jurnal J-SIMBOL. Dalam J-SIMBOLdimuat artikel yang berisi tentang bahasa, sastra, dan pembelajarannya, baik artikel hasil penelitian dan/atau artikel bukan hasil penelitian.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 7, No 2 (2019): J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)" : 6 Documents clear
Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Pemanfaatan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Daya Murni Miyanti, Dekas; Samhati, Siti; Suyanto, Edi
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 7, No 2 (2019): J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of the research were: 1) analyzing and describing the results of planning learning by using media drawings; 2) analyzing and describing the implementation of learning by using serial image media; 3) analyzing and describing the results of the assessment by using series drawing media, and 4) analyzing and describing the results of the improvement of the ability in write narrative and completeness essays by using serial drawing media for students in SD Negeri 1 Daya Murni in the Academic Year 2017/2018. The method used is Classroom Action Research (CAR). The results of this study indicate that the use of serial image media can improve narrative essay writing skills by planning learning using series drawing media increases; The use of serial image media in learning can increase the average activity of students; The implementation of learning series drawing media increases the average ability to write narratives; The implementation of learning using series image media in learning improves the ability to write narratives and the percentage of students' completeness.Tujuan penelitian adalah: 1) menganalisis dan mendeskripsikan hasil perencanaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri; 2) menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri; 3) menganalisis dan mendeskripsikan hasil penilaian dengan menggunakan media gambar seri, dan 4) menganalisis dan mendeskripsikan hasil peningkatan kemampuan menulis karangan narasi dan ketuntasannya dengan menggunakan media gambar seri pada siswa di SD Negeri 1 Daya Murni Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dengan Perencanaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar seri meningkat; Pembelajaran penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan rata-rata aktivitas siswa; Penerapan pembelajaran penggunaan media gambar seri meningkat rata-rata kemampuan menulis narasi; Penerapan pembelajaran penggunaan media gambar seri meningkatkan kemampuan menulis narasi dan persentase ketuntasan siswa.Kata kunci : kemampuan menulis, media gambar seri
Pengembangan Bahan Ajar Sastra Berbasis Model Al Bayani untuk SMA Kelas XI suyanto, edi; Fuad, Muhammad; Samhati, Siti; Zain, M Yanuardi
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 7, No 2 (2019): J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aimed to describe literary teaching materials development based on Al Bayani model to improve high school students’ appreciation skills grade XI. This reasearch used research and development method. The research procedure consists of three stages, namely preliminary research, teaching material development and result of teaching materials. The data were collected by using questionaries, observation sheets, and interviews. The data were from SMAS Taman Siswa, SMA N 17, and SMA N 9 Bandar Lampung. The data was analyzed using quantitative and qualitative data combination. The result showed that short story learning module based on Al Bayani model was fisible to use to improve students’ appreciation skills. The feasibility was based on the try out result both of small and large classes with avarage score of more than 94.76%; the teachers’ assessment was 96.18% and the students’ was 93.34%.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengembangan bahan ajar sastra berbasis model Al Bayan untuk meningkatkan keterampilan apresiasi siswa SMA kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian terdapat tiga tahap, yaitu penelitian pendahuluan, pengembangan bahan ajar, dan hasil bahan ajar. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berbentuk angket, lembar observasi, dan wawancara. Sumber data dilakukan di SMAS Taman Siswa, SMA Negeri 17, dan SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Teknik analisis data menggunakan gabungan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan Modul Pembelajaran Cerpen Berbasis Model Al Bayani layak digunakan untuk Meningkatkan Kemampuan Apresiasi Siswa. Kelayakannya didasarkan pada hasil uji coba, baik uji coba di kelas kecil maupun kelas besar dengan rerata penilaian guru dan siswa lebih dari 94,76% dengan rincian: penilaian oleh guru sebesar 96,18% dan siswa sebesar (93,34%). Kata kunci: bahan ajar sastra, model Al Bayani, keterampilan apresiasi cerpen  
Peningkatan Menulis Deskripsi Melalui Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kumala, Septi; Ariyani, Farida; Samhati, Siti
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 7, No 2 (2019): J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Problems relate of to improving the skills of writing descriptions through the model of Problem Based Learning (LBL). The research aims to describe the planning, implementation, assessment, and enhancement of the writing description. Data collection techniques were performed with observations, interviews, and tests. The results of analysis were presented in a qualitative descriptive. The results of the study showed that each cycle experienced improvement, as follows. (1) The study plan on the cycle of one assessment is 71.5 and at a triple cycle of 93 with excellent categories, (2) The implementation of learning, on the one cycle of 70 and on the three cycles of 91 with excellent category (3) Assessment Write the description, in the pracycle, cycle one, two cycles, and three cycles were obtained on average of 74.6; 77.5; 80; and 85. (4) Improved learning on cycle one, two cycles, and three cycles experienced a significant increase.Permasalahan berkaitan dengan peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian yakni, mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan peningkatan menulis deskripsi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan tes. Hasil analisis disajikan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan setiap siklus mengalami peningkatan, sebagai berikut. (1) Rencana pembelajaran pada siklus satu hasil penilaiannya sebesar 71,5 dan pada siklus tiga sebesar 93 dengan kategori amat baik, (2) Pelaksanaan pembelajaran, pada siklus satu sebesar 70 dan pada siklus tiga sebesar 91 dengan kategori amat baik (3) Penilaian menulis deskripsi, pada prasiklus, siklus satu, siklus dua, dan siklus tiga diperoleh rata-rata sebesar 74,6; 77,5; 80; dan 85. (4) Peningkatan pembelajaran pada siklus satu, siklus dua, dan siklus tiga mengalami peningkatan yang signifikan.Kata kunci       : model Problem Based Learning (PBL), perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan peningkatan, teks deskripsi.
KEMAMPUAN MENULIS PUISI BERDASARKAN DIKSI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII Fuad, Muhammad; Amadi, Wildan
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 7, No 2 (2019): J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Writing skills is one of  skills that must mastered in process Indonesian learning. The purpose of learning Indonesian at junior high school contained  2013 curriculum (K13) subjects in Indonesian Language and Literature Class VIII is follows: Basic Competence, writing poetry with attention to the builder element. The aim to be achieved this study is to determine the ability of students to write poetry based on diction the character education. The population this study was eight grade semester Muhammadiyah School 1 Gadingrejo consist of 230 students with samples this study only one class was sample VIII 5 a total of 28 students. The average test results conducted by researcher in Muhammadiyah School 1 Gadingrejo academic year  2018-2019 obtained the ability of students to write poetry based on character education based diction is considered sufficient because the number of average scores of 73 students was categorized sufficient. Keterampilan menulis adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai dalam proses pembelajaran bahasa indonesia. Tujuan pembelajaran bahasa Indonesia di jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama yang terdapat pada Kurikulum 2013 (K13) mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas VIII sebagai berikut: Kompetensi Dasarnya, menulis puisi dengan memperhatikan unsur pembangunnya. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa menulis puisi berdasarkan diksi berbasis pendidikan karakter. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII semester ganjil SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo yang berjumlah 230 siswa dengan  sempel yang didalam penelitian ini hanya mengambil satu kelas untuk dijadikan sampel yaitu kelas VIII 5 dengan jumlah 28 siswa. Rata-rata hasil  tes yang dilakukan peneliti di SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo tahun pelajaran 2018-2019 diperoleh kemampuan siswa dalam menulis puisi berdasarkan diksi berbasis pendidikan karakter dianggap cukup karena jumlah nilai rata-rata siswa 73 yang dikategorikan cukup. Kata kunci: Diksi, Puisi,  Pendidikan Karakter, Menulis.  
Pengembangan LKPD Menulis Teks Anekdot Berbasis Project Based Learning Untuk Siswa Kelas X SMK Arizona, Nadya; Fuad, Muhammad; Sumarti, Sumarti
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 7, No 2 (2019): J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of the research is to create a teaching material product, describe the advisability of teaching product, and examine the effectivity of teaching material. Research design and development that adapt the three tenth steps of research procedure and development by Borg and Gall were used as the methos of the research. Observation, interview, and questionairre were used to collect the data at three different schools. The results of the research show that the students' worksheet in writing anecdote text is 1) successfully developed; 2) stated advisable by the expert of media, material, and practitioners; and 3) effective in increasing the students' skill in writing the anecdote text in each school with the N-gain that are categorised as middle.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar (LKPD), mendeskripsikan kelayakan produk bahan ajar (LKPD), dan menguji efektivitas bahan ajar berupa “LKPD Menulis Teks Anekdot Berbasis Project Based Learning untuk Siswa Kelas X SMK”. Metode penelitian menggunakan desain penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi tiga dari sepuluh langkah dalam prosedur penelitian dan pengembangan menurut Borg and Gall. Teknis pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan penyebaran angket di tiga sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) berhasil dikembangkan bahan ajar berupa “LKPD Menulis Teks Anekdot Berbasis Project Based Learning untuk Siswa Kelas X SMK”, 2) kelayakan lembar kegiatan peserta didik secara keseluruhan dinyatakan “sangat layak” oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi, 3) lembar kegiatan peserta didik efektif meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot pada masing-masing sekolah dengan nilai N-gain dalam kategori sedang.Kata kunci: lembar kegiatan peserta didik, teks anekdot, project based learning.  
Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Cerpen Melalui Pendekatan Saintifik Peserta Didik SMA N 1 Kalianda Rosfantina, Devi; Sunarti, Iing; Widodo, Mulyanto
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 7, No 2 (2019): J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The research discussed about a problem of student’s ability to analyze short story intrinsic elements through the scientific approach at twelfth social two grade students of SMAN 1 Kalianda Lampung Selatan in academic year 2018/2019. The aim of this research is to increase the student’s ability in analyzing intrinsic elements of short story.  The research method used Action Class Method.  There the procedure in this study; they are planning, implementation, observation and reflection. The result showed that there was an improvement in planning, the learning implementation of ability analyzing intrinsic elements and an increase in analyzing ability short story intrinsic elements through the scientific approach at the average of ability in analyzing short story intrinsic elements at the twelfth social two grade students was 65.79%, cycle I (70.35%, cycle II (74,7%), cycle III (86,17%).Penelitian ini membahas masalah kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen melalui pendekatan saintifik pada peserta didik Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Kalianda Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen melalui pendekatan saintifik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas. Prosedur penelitian siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi,  dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbaikan pada perencanaan, pelaksanaan pembelajaran kemampuan menganalisis unsur intrinsik, serta peningkatan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen melalui pendekatan saintifik. Nilai rata-rata kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerita pendek peserta didik kelas XI IPS 2 pada pratindakan adalah 65,79%, siklus I 70,35%, siklus II 74,7%, siklus II 86,17%.Kata Kunci:  pendekatan saintifik, unsur intrinsik cerpen

Page 1 of 1 | Total Record : 6