cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Published by Universitas Lampung
ISSN : 23554061     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Program S-2 Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Lampung menerbitkan jurnal J-SIMBOL. Dalam J-SIMBOLdimuat artikel yang berisi tentang bahasa, sastra, dan pembelajarannya, baik artikel hasil penelitian dan/atau artikel bukan hasil penelitian.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 5, No 3 (2017): J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)" : 8 Documents clear
Pengembangan Lkpd Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Ken Laras, Klara; Widodo, Mulyanto; Suyanto, Edi
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 3 (2017): J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research is to produce the product of teaching materials and to describe the feasibility of teaching materials in the form of LKPD of Writing Explanation Text based on Cooperative Learning Model with STAD type. The method of this research according to the research and development method by adapting seven out of ten steps according to Borg and Gall. The result of the research (1) has been developed a teaching materials LKPD of Writing Explanation Text based on Coopartive Learning Model with the STAD type, (2) the assessment result of the teaching materials as a whole is stated "Very Eligible" by the assessment of media expert and material expert. Media experts rated 89.58% of the tested aspects, the material expert assessed the percentage of 93.1% of the aspects tested. Based on the assessment, both media experts and materials experts stated that this teaching material .Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk bahan ajar dan mendeskripsikan kelayakan produk bahan ajar berupa LKPD Menulis Teks Eksplanasi berbasis Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD. Metode penelitian mengacu pada metode penelitian dan pengembangan dengan mengadaptasi tujuh dari sepuluh langkah menurut Borg and Gall.Hasil penelitian, (1) telah berhasil dikembangkan bahan ajar berupa LKPD Menulis Teks Eksplanasi berbasis Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, (2) hasil penilaian kelayakan bahan ajar secara keseluruhan dinyatakan Sangat Layak oleh penilaian 2 ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Ahli media memberikan penilaian dengan persentase 89,58% dari aspek-aspek yang telah diujikan, ahli materi memberikan penilaian dengan persentase 93,1% dari aspek-aspek yang telah diujikan. Berdasarkan penilaian tersebut baik ahli media maupun ahli materi menyatakan bahan ajar ini layak diterapkan Kata Kunci: bahan ajar, menulis teks eksplanasi, dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition Kantia, I Ketut; Samhati, Siti; Sumarti, Sumarti
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 3 (2017): J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to describe lesson plans, implementation of learning, assessment of learning, and improvement of writing learning through Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) model. This research uses classroom action research. The results of this study indicate that learning to write through CIRC model in cycle III, on the aspect of RPP preparation has been referring to Permendikbud. 22 years 2016 and very well organized, aspects of learning implementation has changed the learning atmosphere becomes more active, creative, and fun, and the ability to write students have increased. Cycle I, obtained an average value of 67.57 unfinished category, cycle II, obtained an average value of 75.14 with unfinished category, and in cycle III, obtained an average value of 87.71 with the category of due diligence.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) rencana pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) penilaian pembelajaran, dan (4) peningkatan pembelajaran menulis melalui model Coopretive Integrated Reading And Composition (CIRC). Penelitian ini menggunakan disain penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis melalui model Coopretive Integrated Reading And Composition pada siklus III, pada aspek penyusunan RPP telah mengacu pada Permendikbud No. 22 tahun 2016 dan disusun sangat baik, aspek pelaksanaan pembelajaran telah mengubah suasana pembelajaran menjadi lebih aktif, kreatif, dan menyenangkan, serta kemampuan menulis peserta didik mengalami peningkatan. Siklus I, diperoleh nilai rata-rata 67,57 kategori belum tuntas, siklus II, diperoleh nilai rata-rata 75,14 dengan kategori belum tuntas, dan pada siklus III, diperoleh nilai rata-rata sebesar 87,71 dengan kategori tuntas.Kata kunci : kemampuan menulis, model CIRC, hasil belajar
Pengembangan Lkpd Memahami Teks Cerpen Dengan Mengombinasikan Metode Sq3r Dan 5w+1h Desembri, Desembri; Munaris, Munaris; Eko Rusminto, Nurlaksana
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 3 (2017): J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study purposes to develop LKPD reading short story text by combining SQ3R and 5W + 1H methods, and to describe its worthiness in learning. This study uses research and development methods. Borg & Galls research procedure is adapted into three stages: preliminary research, development of teaching materials, and teaching materials product. The data collection techniques used are questionnaires, observations, and interviews. A limited field trial was conducted at MTsN 1 Lampung Barat. Then, main field trials were held at MTsN 1 Lampung Barat, SMPN 1 Liwa, and MTs Darus Sholihin Hujung. The SQ3R and 5W + 1H methods are implemented at the pre-reading, reading and post-reading stages. The LKPD is able to create effective learnings. Where the result of the three t-tests show a difference of t-table and t-count that is very significant. And, the average score of posttests respondents is 70,87, with B predicate or "good" category. In conclusion, LKPD is worthly used.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD membaca teks cerpen dengan mengombinasikan metode SQ3R dan 5W+1H dan mendeskripsikan kelayakannya dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian Borg & Gall diadaptasi menjadi tiga tahap: penelitian pendahuluan, pengembangan bahan ajar, dan produk bahan ajar. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket, observasi, dan wawancara. Uji coba lapangan terbatas dilakukan di MTsN 1 Lampung Barat. Uji coba lapangan utama di MTsN 1 Lampung Barat, SMPN 1 Liwa, dan MTs Darus Sholihin Hujung. Metode SQ3R dan 5W+1H diimplementasikan pada tahap prabaca, membaca, dan pascabaca. LKPD mampu menciptakan pembelajaran yang efektif. Hasil uji t ketiganya menunjukkan perbedaan t tabel dengan t hitung sangat signifikan. Nilai rata-rata responden pascates 70,87 dengan predikat B kategori baik. Jadi, LKPD layak digunakan.Kata kunci: bahan ajar, teks cerpen, metode SQ3R
Pengembangan Materi Sastra Berbasis Cerita Rakyat Asal Usul Way Linti dan Asal Usul Kuto Bumi Juwita, Ana; Suyanto, Edi; Munaris, Munaris
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 3 (2017): J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research is (1) to produce the product of literature teaching materials based on folklore Asal Usul Way Linti and Asal Usul Kuto Bumi to understand the values of character of junior high school students of class VII, (2) to describe the feasibility of literary materials based on folklore Asal Usul Way Linti and Asal Usul Kuto Bumi. This research is a development research (R&D). The result of the research shows that (1) has been developed a textbook of literature folklore Asal Usul Way Linti and Asal Usul Kuto Bumi with the title of book " Apresiasi Legenda Asal Usul Way Linti dan Asal Usul Kuto Bumi ", (2) the result of the literary textbook as a whole is stated "Very Eligible" by the assessment of 1 material expert, 3 teachers of Indonesian Language and Literature, and 30 students of SMP.Tujuan penelitian ini (1) menghasilkan produk berupa buku materi ajar sastra berbasis cerita rakyat Asal Usul Way Linti dan Asal Usul Kuto Bumi untuk memahami nilai-nilai karakter siswa SMP kelas VII, (2) mendeskripsikan kelayakan materi sastra berbasis cerita rakyat Asal Usul Way Linti dan Asal Usul Kuto Bumi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menurut Sugiyono (R&D). Hasil penelitian, (1) telah berhasil dikembangkan buku berupa materi ajar sastra cerita rakyat Asal Usul Way Linti dan Asal Usul Kuto Bumi dengan judul buku Apresiasi Legenda Asal Usul Way Linti dan Asal Usul Kuto Bumi, (2) hasil kelayakan buku materi ajar sastra secara keseluruhan dinyatakan Sangat Layak oleh penilaian 1 ahli materi, 3 guru Bahasa dan Sastra Indonesia, dan 30 siswa SMP kelas VII.Kata kunci: Buku Materi Ajar Sastra, Cerita Rakyat, dan Nilai-nilai Karakter
Pola Pikir dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Laskar Pelangi sebagai Bahan Ajar putra, okta muhlis; Fuad, Muhammad; Widodo, Mulyanto
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 3 (2017): J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to describe the mindset and character building contained in Andrea Hiratas Laskar Pelangi novel. The research findings are arranged as teaching materials on understanding the mindset and character building for high school students. The data collection of this research is done by using literature study or documentation. The results showed that there are two types of mindset, namely 1) fixed mindset and 2) growth mindset. There are sixteen types of character building found in this research, they are 1) religious, 2) honesty, 3) tolerance, 4) discipline, 5) hard work, 6) creative, 7) , 8) homeland loving, 11) the value of achievement, 12) friendly/ communicative, 13) love peace value, 14) reading value, 15) social care value , and 16) responsibility value. The use of novels as teaching materials with the mindset and character building datain it, became the constituent elements of LKPD.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pikir dan nilai pendidikan karakter dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Temuan data penelitian disusun sebagai bahan ajar bagi peserta didik SMA. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua jenis pola pikir, yakni 1) pola pikir tetap dan 2) pola pikir berkembang. Nilai pendidikan karakter, terdapat enam belas jenis, yaitu nilai: 1) religius, 2) kejujuran, 3) toleransi, 4) disiplin, 5) kerja keras, 6) kreatif, 7) mandiri, 8) demokratis, 9) rasa ingin tahu, 10) cinta tanah air, 11) menghargai prestasi, 12) bersahabat/ komunikatif, 13) cinta damai, 14) gemar membaca, 15) peduli sosial, dan 16) tanggung jawab. Penggunaan novel sebagai bahan ajar dengan data pola pikir dan nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalamnya, menjadi unsur penyusun LKPD.Kata kunci: Pola Pikir, Nilai Pendidikan Karakter, dan Bahan Ajar
Kontribusi Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Makna Kata terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Anggraini, Ade; Sumarti, Sumarti; Suyanto, Edi
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 3 (2017): J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to find out some of the contributions: reading habits to the ability to write exposition, mastery of the meaning of words to the ability to write exposition, and as well as reading habits and mastery of the meaning of words to the ability to write exposition text. This research uses quantitative approach with ex post facto method. The result of research indicate that there is contribution of reading habits to ability of writing exposition text equal to 21,8% with correlation coefficient 0,467; the contribution of mastery of word meaning to the ability of writing exposition text of 24,6% with correlation coefficient 0,496; the contribution of reading habits and mastery of the meaning of the word together to the ability to write exposition text of 35,4% with a correlation coefficient of 0,595. This study has important implications for improving the ability to write exposition text by improving reading habits and mastery of word meaning.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa kontribusi: kebiasaan membaca terhadap kemampuan menulis teks eksposisi, penguasaan makna kata terhadap kemampuan menulis teks eksposisi, serta kebiasaan membaca dan penguasaan makna kata terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi kebiasaan membaca terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 21,8% dengan koefisien korelasi 0,467; kontribusi penguasaan makna kata terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 24,6% dengan koefisien korelasi 0,496; kontribusi kebiasaan membaca dan penguasaan makna kata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 35,40% dengan koefisien korelasi 0,595. Penelitian ini memiliki implikasi penting terhadap upaya peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi dengan cara meningkatkan kebiasaan membaca dan penguasaan makna kata.Kata kunci: kebiasaan membaca, makna kata, menulis teks eksposisi
Penggunaan Bahasa Tajuk Rencana Tribun Lampung Dan Pengembangannya Sebagai Media Pembelajaran Anggraini, Soca; Eko Rusminto, Nurlaksana; Widodo, Mulyanto
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 3 (2017): J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to describe the use of language based on spelling analysis and effective sentences in the Editorial Tribun Lampung April 2016 edition, and develop it as a media of learning on exposition writing of Indonesian language class X in Senior High School. This research uses descriptive qualitative method. The result of the analysis shows that generally the spelling uses in Lampung Tribuns editorial which are the most productive accurate is the capital letter. And the use of low-spelling accuracy is the italic letter. The aspect on using sentences in the editorial Tribun Lampung that have the most productive accuracy is the use of logical sentence . And the use of a low sentence accuracy is the use of short sentence. The analysis of spelling and effective errors in the editorials of the Tribun Lampung is further implemented in learning as an example and reference for developing the exposition writing skills.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan bahasa berdasarkan analisis ejaan dan kalimat efektif pada tajuk rencana Tribun Lampung edisi April 2016, serta mengembangkannya sebagai media pembelajaran menulis eksposisi bahasa Indonesia kelas X di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ejaan dalam tajuk rencana Tribun Lampung yang paling produktif ketepatannya adalah huruf kapital dan penggunaan ejaan yang rendah tingkat ketepatannya adalah penggunaan huruf miring. Aspek penggunaan kalimat dalam tajuk rencana Tribun Lampung yang paling produktif ketepatannya adalah penggunaan kelogisan kalimat dan penggunaan kalimat yang rendah tingkat ketepatannya yaitu penggunaan kehematan kalimat. Temuan penelitian ini adalah penggunaan ejaan dan kalimat efektif dalam tajuk rencana Tribun Lampung selanjutnya diimplementasikan dalam pembelajaran sebagai contoh dan referensi untuk mengembangkan ketrerampilan menulis eksposisi.Kata kunci: tajuk rencana, pembelajaran, penggunaan bahasa Indonesia.
Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Berbasis Teks dengan Metode Cerpen-Gram Sukistiono, Sukistiono; Suyanto, Edi; Samhati, Siti
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 3 (2017): J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research is to develop text-based short story writing materials with short story method for SMP class IX and describe the feasibility in learning. This research uses research and development method. Borg & Galls research procedures are adapted into three stages: preliminary research, development of teaching materials, and teaching materials products. Data collection techniques used questionnaires, observations, and interviews. A limited field trial was conducted at SMPN 1 Banjit. Major field trials in SMPN 1 Baradatu, SMPN 2 Banjit, and SMPN 3 Baradatu. Quantitative data is converted to qualitative data to obtain a description of the data. The development of teaching materials begins with building context, modeling, preconstruction, and construction. The short-gram method is implemented at the pre-construction and construction stage. Teaching materials are able to create effective learning. The average value of respondents 83, learning completeness 89% when converted got A category "very good". So, teaching materials are worth using.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar menulis cerpen berbasis teks dengan metode cerpen-gram untuk SMP kelas IX dan mendeskripsikan kelayakannya dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian Borg & Gall diadaptasi menjadi tiga tahap: penelitian pendahuluan, pengembangan bahan ajar, dan produk bahan ajar. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument angket, observasi, dan wawancara. Uji coba lapangan terbatas dilakukan di SMPN 1 Banjit. Uji coba lapangan utama di SMPN 1 Baradatu, SMPN 2 Banjit, dan SMPN 3 Baradatu. Data kuantitatif dikonversi ke data kualitatif untuk mendapatkan deskripsi data. Pengembangan bahan ajar dimulai dengan membangun konteks, pemodelan, prakonstruksi, dan konstruksi. Metode cerpen-gram diimplementasikan pada tahap prakonstruksi dan konstruksi. Bahan ajar mampu menciptakan pembelajaran yang efektif. Nilai rata-rata responden 83, ketuntasan belajar 89% bila dikonversi mendapat A kategori sangat baik. Jadi, bahan ajar layak digunakan.Kata kunci: bahan ajar menulis cerpen.

Page 1 of 1 | Total Record : 8