cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Published by Universitas Lampung
ISSN : 23554061     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Program S-2 Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Lampung menerbitkan jurnal J-SIMBOL. Dalam J-SIMBOLdimuat artikel yang berisi tentang bahasa, sastra, dan pembelajarannya, baik artikel hasil penelitian dan/atau artikel bukan hasil penelitian.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue " Vol 5, No 2 (2017): J-SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)" : 12 Documents clear
Tindak Tutur Anak TK ABA dan Pengembangannya Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Animasi Iskandar, Delvi; Eko Rusminto, Nurlaksana; Munaris, Munaris
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 2 (2017): J-SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The study aims to describe the speech acts of grade B of TK ABA and develop the results of research as a medium of learning language skills in TK. The development model used to develop the research results into learning media using DDD-E model.The result of research showing assertives speech act based on direction, indirection and literalation, inliteralation include in direct literal of speech act. A directives speech act based on direction, indirection and literalation, inliteralation include in direct an indirect literal. An expressive based on direction, indirection and literalation, inliteralation include in direct literal of speech act. An commissive from the direction, indirection and literalation, inliteralation include in direct literal. Education media language skill based on animation that improved from the result of research can be used by teachers and student in education at TK.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur anak kelas B TK ABA dan mengembangkan hasil penelitian menjadi media pembelajaran kemampuan berbahasa di TK. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan hasil penelitian menjadi media pembelajaran menggunakan model DDD-E. Hasil penelitian menunjukan tindak tutur asertif berdasarkan kelangsungan dan ketidaklangsungan serta keliteralan dan ketidakliteralannya tergolong ke dalam tindak tutur langsung literal. Tindak tutur direktif berdasarkan kelangsungan dan ketidaklangsungan serta keliteralan dan ketidakliteralannya dapat digolongkan ke dalam tindak tutur langsung literal dan tindak tutur tidak langsung literal. Tindak tutur ekspresif berdasarkan kelangsungan dan ketidaklangsungan serta keliteralan dan ketidakliteralannya tergolong ke dalam tindak tutur langsung literal. Tindak tutur komisif berdasarkan kelangsungan dan ketidaklangsungan serta keliteralan dan ketidakliteralannya tergolong ke dalam tindak tutur langsung literal. Tindak tutur ekspresif berdasarkankelangsungan dan ketidaklangsungan serta keliteralan dan ketidakliteralannya tergolong ke dalam tindak tutur langsung literal. Media pembelajaran kemampuan berbahasa berbasis animasi yang dikembangkan dari hasil penelitian dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran di TKKata kunci: tindak tutur, media pembelajaran,animasi.
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Negeri 5 Menara dan Pengembangannya Fratiwi, Evita; Munaris, Munaris; Suyanto, Edi
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 2 (2017): J-SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to describe the values of character education in the novel Negeri 5 Menara created by A. Fuadi and develop the results of research as a medium of animation-based literature learning for students of Madrasah Aliyah. The development model used to develop the research results into learning media using DDD-E model. The result of the research shows that there are seventeen values of character education in the novel of Negeri 5 Menara created by A. Fuadi, there are religious, honest, tolerance, discipline, hard work, creative, stand alone, democratic, curiousity, nationalism, patriotism, appreciative, friendly or communicative, peacable, delight in reading, care to society, responsible, also developing literature learning media based animation, like Compact Disk which focuses on four values of character education, such as the value of religious character education, discipline, curiousity, and friendly or communicative value for Madrasah Aliyah Students.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi dan mengembangkan hasil penelitian sebagai media pembelajaran sastra berbasis animasi untuk siswa Madrasah Aliyah. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan hasil penelitian menjadi media pembelajaran menggunakan model DDD-E. Hasil penelitian menunjukan bahwa ditemukan tujuh belas nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, tanggung jawab, dan mengembangkan media pembelajaran sastra berbasis animasi berupa Compact Disk dengan berfokus pada empat nilai-nilai pendidikan karakter, yaitu nilai pendidikan karakter religius, disiplin, rasa ingin tahu, dan nilai sahabat/ komunikatif untuk siswa MA.Kata kunci: nilai pendidikan karakter, media pembelajaran, animasi
Penerapan Model Pembelajaran KTRI Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan SMP Padangratu Saadah, Saadah; Widodo, Mulyanto; Suyanto, Edi
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 2 (2017): J-SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purposes of this research were to analyzed and describe (1) learning process and activity in writing magnificent and systematic report text within Recreation-Investigation type of collaborative learning model, and (2) increasing students writing report ability at the second grade of SMPN Satu Atap 2 Padangratu. This research used action research. The researchs design used to invention using three cycles learning. The data collections technique used in this research were Test and Non-Test which involves, observation, interview, and documentation. Data analysis used the mix of quantitative and qualitative technique which has explained in form of descriptive explanation. The result of this research increased through cycles in each cycle.The teacher arranged learning plan, making process, and evaluated the ability in writing used Recreation-Investigationtype of collaborative model in learning Indonesian language for the students of the second grade at SMPN Padangratu. The result of this research increased, and reached the target.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganilisis dan mendeskripsikan (1) Proses dan aktivitas pembelajaran menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar dengan model Kolaboratif Tipe Rekreasi-Investigasi (KTRI) dan (2) Peningkatan kemampuan menulis laporan di kelas VIII SMPN Satap 2 Padangratu. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan (Action Reseach). Desain penelitian yang digunakan adalah penemuan, menggunakan III siklus pembelajaran, penelitian Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tes dan non tes yang meliputi pengamatan (observasi), wawancara (interview), serta dokumentasi. Analisis datanya adalah menggunakan gabungan dari kuantitatif dan kualitatif kemudian disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menjadi lebih baik dalam setiap siklus. Guru menyusun perencanaan pembelajaran, melakukan proses, dan mengevaluasi kemampuan menulis yang menggunakan model Kolaboratif Tipe Rekreasi-Investigasi (KTRI) pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII SMPN Padangratu. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dan mencapai target.Kata Kunci: kemampuan menulis, laporan, Kolaboratif Tipe Rekreasi-Investigasi (KTRI)
Konflik Subjek Kolektif Novel Memang Jodoh Karya Marah Rusli dan Perangkat Pembelajaran Putra, Riana Dwi; Munaris, Munaris; Fuad, Muhammad
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 2 (2017): J-SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The problem in this study, namely collective subject conflict novel Memang Jodoh by Marah Rusli and the design of literary learning devices in high school. The research method used is qualitative descriptive method. The source of this research data is novel Memang Jodoh by Marah Rusli. The results of this study indicate that the thematic element of novel Memang Jodoh by Marah Rusli is divided into several sub-titles, namely education conflict, inter-ethnic marriage, and marriage conflict. The storytelling structure describes the life of the character in three aspects, namely the place, time and social aspect. The main conflict of this novel is Hamlis unapproved marriage. The collective subject of Novels novel is Marah Rusli. The external and internal conflicts of collective subjects describe events in the novel as the authors worldview related to the prevailing custom system. The collective subject conflict in the novel can serve as a material in a language and literature learning tool in high school.Permasalahan pada penelitian ini, yakni konflik subjek kolektif dalam novel Memang Jodoh karya Marah Rusli dan rancangan perangkat pembelajaran sastra di sekolah menengah atas. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Memang Jodoh karya Marah Rusli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur tematik novel Memang Jodoh karya Marah Rusli terbagi dalam beberapa sub judul, yakni konflik pendidikan, pernikahan antar etnis, dan konflik pernikahan. Stuktur penceritaan menguraikan kehidupan tokoh dalam tiga aspek, yaitu aspek tempat, waktu dan sosial. Konflik utama novel ini adalah pernikahan Hamli yang tidak disetujui. Subjek kolektif novel Memang Jodoh adalah Marah Rusli. Konflik eksternal dan internal subjek kolektif menguraikan peristiwa dalam novel sebagai pandangan dunia pengarang terkait sistem adat yang berlaku. Konflik subjek kolektif dalam novel tersebut dapat dijadikan materi dalam perangkat pembelajaran bahasa dan sastra di SMA.Kata kunci: rancangan perangkat, subjek kolektif.
Perilaku Tokoh dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Pasung Jiwa dan Implikasinya Nurlaili, Siti; Munaris, Munaris; Suyanto, Edi
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 2 (2017): J-SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to describe the behavior of characters, the values of character education and development as a literary material in high school with a source of novel data Pasung Jiwa. The method used in this research is descriptive qualitative method. Development as a teaching material in this study using Borg and Galls research and development. The results showed that there are psychiatric behaviors in personality structure, personality dynamics, defense mechanism, and aggressive behavior. Despitefully, there are values of character education that are religious values, tolerance, discipline, hard work, independent, democratic, sense of knowing, spirit of nationalism and nationalism, respect for achievement, communicative, peace loving, reading, social care and responsibility. This research produces product of literary teaching materials in the form of Student Activity Sheet (SAS). Selection of a good novel and as needed will result in good literary learning as well.Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan perilaku tokoh, nilai-nilai pendidikan karakter dan pengembangan sebagai bahan ajar sastra di SMA dengan sumber data novel Pasung Jiwa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengembangan sebagai bahan ajar dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan research and development (R&D) Borg and Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perilaku kejiwaan pada tokoh berupa struktur kepribadian, dinamika kepribadian, mekanisme pertahanan, dan perilaku agresif. Di samping itu, terdapat nilai-nilai pendidikan karakter yaitu nilai religius, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ngin tahu, semangat kebangsaan dan nasionalisme, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar sastra berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS).Kata kunci: perilaku tokoh, nilai pendidikan karakter, novel, bahan ajar
Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Biografi Merry Riana Mimpi Sejuta Dolar dan Kelayakannya Syafithri, Nety; Suyanto, Edi; Ariyani, Farida
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 2 (2017): J-SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aimed to (1) describe the character educational values of figures based on the biography of Merry Riana in the Million Dollar Dream novel Endah Alberthiene work, and (2) describe feasibility of biography Merry Rianasbook as a teaching materials for student in SMA, especially learning the Indonesian language and literature. This study used qualitative descriptive through the stages of collection and classification of data reports. The results showed (1) characterization of the characters in the novel Dream of a Million Dollars obtained that Merry Riana as the main character has ten characters,i.e (a) religious, (b) discipline, (c) hard work, (d) a creative, (e) independently, (f) curiosity, (g) nationalism, (h) Communicative/Friendly, (i) likes to read, and (j) responsibility. (2) The relevance of the analysis of biographical Merry Riana in the story text biographies learning for high school students of class XI.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter tokoh berdasarkan biografi Merry Riana dalam buku Mimpi Sejuta Dolar karya Alberthiene Endah, dan (2) mendeskripsikan kelayakan kajian biografi Merry Riana sebagai bahan ajar di SMA khususnya pada pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui tahap pengumpulan dan klasifikasi data laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) karakterisasi tokoh dalam buku Mimpi Sejuta Dolar didapat bahwa Merry Riana sebagai tokoh utama memiliki sepuluh karakter yaitu (a) religius, (b) disiplin, (c) kerja keras, (d) kreatif, (e) mandiri, (f) rasa ingin tahu, (g) cinta tanah air, (h) komunikatif (i) gemar membaca, dan (j) tanggung jawab. (2) Kelayakan kajian biografi Merry Riana sebagai bahan ajar dapat diterapkan dalam pembelajaran teks cerita ulang biografi untuk peserta didik di tingkat SMA kelas XI.Kata kunci: biografi, kelayakan, bahan ajar, pendidikan karakter
PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS HASIL OBSERVASI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING Anlisia, Yulita; Widodo, Mulyanto; Eko Rusminto, Nurlaksana
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 2 (2017): J-SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to describe the lesson plan, the implementation of learning, and assessment of learning in text observations material through Problem Based Learning model on students of class VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung. The classroom action research is used in this study. The result of this study shows that the learning of the text of the result of observation through the Problem Based Learning, from the aspect of lesson plan preparation has been very well, the learning implementation aspect has changed the learning environment becomes more attective and have increased student activity in learning and learning to write the text of observations has increased. The first cycle, the students get the average value of 74,17 unfinished category, whereas the second cycle, the students get the average value of 92,78 complete category.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran materi teks hasil observasi melalui model problem based learning pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 (dua) siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan, pembelajaran materi teks hasil observasi melalui model problem based learning pada siklus II berdasarkan aspek penyusunan RPP telah disusun sangat baik, aspek pelaksanaan pembelajaran telah mengubah suasana pembelajaran menjadi lebih menarik, dan meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran, serta pembelajaran menulis teks hasil observasi mengalami peningkatan. Siklus pertama, siswa memperoleh nilai rata-rata 74,17 kategori belum tuntas, sedangkan siklus kedua, siswa memperoleh nilai rata-rata 92,78 kategori tuntas.Kata kunci : problem based learning, teks hasil observasi, hasil belajar
Alih Kode dan Campur Kode Film Guru Bangsa Tjokroaminoto dan Implikasinya Hudha, Nurul; Sumarti, Sumarti; Eko Rusminto, Nurlaksana
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 2 (2017): J-SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to describe the transfer of code and mix code with descriptive qualitative method. of the date form of dialogue film Guru Nation Tjokroaminoto by Garin Nugroho. Date collection is done using document analysis. The results of this study indicate that the transfer of code and mixed code consists of several forms of factors & causes.The most dominant code change is the transfer of external code in form of a dutch code transition to Indonesian language and the most influencing factor is speaker factor. The most dominant code mix is word-shaped word code of Indonesian language & the most influencing factor is language factor. Transfer of code and mixed code can be used as supelmen in learning sociolinguistic course with material related to bilingual. It is important to be understood students and lecturers because sociolinguistics teaches how to put a persons language attitude in a multicultural society.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan alih kode dan campur kode dengan metode deskriptif kualitatif. data berupa dialog film Guru Bangsa Tjokroaminoto karya Garin Nugroho. Pengumpulan data dilakukan menggunakan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alih kode dan campur kode terdiri beberapa bentuk faktor&penyebabnya. Alih kode paling dominan adalah alih kode ekstern berupa peralihan kode bahasa Belanda ke bahasa Indonesia dan faktor penyebab paling memengaruhi adalah faktor penutur. Campur kode yang paling dominan adalah campur kode berbentuk kata bahasa Indonesia&faktor penyebab paling memengaruhi ialah faktor kebahasaan. Alih kode dan campur kode dapat dijadikan sapelmen dalam pembelajaran mata kuliah sosiolinguistik dengan materi yang berkaitan dengan kedwibahasaan. Hal ini penting untuk dipahami oleh mahasiswa dan dosen sebab sosiolinguistik mengajarkan bagaimana menempatkan sikap berbahasa seseorang di tengah masyarakat yang multi kultural.Kata Kunci: Alih Kode, Campur Kode, dan Implikasi.
Nilai-Nilai Realitas Profetik Novel Bulan Terbelah di Langit AMERIKA dan Pengembangan Desiana, Yesi; Fuad, Muhammad; Munaris, Munaris
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 2 (2017): J-SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The problem in this research is the values of the prophetic reality in the novel of the American Hidden Moon as literary materials for MA. The aims of this study are the values of the prophetic reality contained in the novel of the Hidden Moon in the Sky of America. The approach in describing the values of prophetic reality using Kutowijoyos prophetic literary approach. Development as a teaching material in this research use Borg and Galls research and development. The results showed that the values of prophetic reality contained in the novel Bulan Terbelah in the American sky marked by the representation of dawah values can be grouped into 3 classifications, namely ammar maruf, nahi munkar, tuminu billah. This research yield materials product teach art in the form of Sheet Activity Of Student (LKS). Election of good novel and according to requirement will yield study of good art also.AbstrakTujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai realitas profetik pengembangan bahan ajar sastra di MA dengan sumber data novel Bulan Terbelah di Langit Amerika karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Pendekatan dalam mendeskripsikan nilai-nilai realitas profetik menggunakan pendekatan sastra profetik Kutowijoyo. Pengembangan sebagai bahan ajar dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan research and development Borg and Gall. Hasil penelitian novel tersebut menunjukan bahwa terdapat nilai-nilai realitas profetik yaitu ammar maruf, nahi munkar, tuminu billah. Penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar sastra berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Pemilihan novel yang baik dan sesuai kebutuhan akan menghasilkan pembelajaran sastra yang baik pula.Kata kunci : nilai-nilai realitas profetik, novel, bahan ajar
Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Cerita Anak Sekolah Dasar Sarjuni, Ahmad; Fuad, Muhammad; Eko Rusminto, Nurlaksana
J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol 5, No 2 (2017): J-SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : J - SIMBOL (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The development model used in this research is Borg and Galls research and development (R & D), which is furthermore known as research and development research (RDR) with the steps adapted by researchers. The research and development research (RDR) model is grouped into three activities, namely preliminary research, product development, and effectiveness test. The results of a small classroom test using the instrument shaped the student worksheet. The number of questions is 20 in the form of multiple choice. The results of the test in the large class, indicating that of the 20 questions given in the form of multiple choice questions obtained an average value of 87.3. Based on these results, the learning materials based on the story of LKS get very good predicate to be used as teaching materials. Based on the questionnaire of the feasibility test of the teaching materials in the big class in the three schools obtained the average data score of 3.9 the teaching materials are very feasible to use.Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) Borg and Gall yang selanjutnya lebih dikenal dengan research and development research (RDR) dengan langkah-langkah diadaptasi oleh peneliti. Model research and development research (RDR) dikelompokkan menjadi tiga kegiatan, yakni penelitian pendahuluan, pengembangan produk, dan uji efektivitas. Hasil uji coba pada kelas kecil menggunakan instrumen berbentuk soal lembar kerja siswa. Jumlah soal berjumlah 20 berbentuk pilihan ganda. Hasil uji pada kelas besar, menunjukkan bahwa dari 20 pertanyaan yang diberikan dalam bentuk soal pilihan ganda diperoleh nilai rata-rata 87,3. Berdasarkan hasil tersebut maka bahan ajar LKS berbasis cerita memperoleh predikat sangat baik untuk dipergunakan sebagai bahan ajar. Berdasarkan angket uji kelayakan bahan ajar pada kelas besar di tiga sekolah diperoleh data rata-rata skor 3,9 bahan ajar sangat layak untuk digunakan.Kata kunci: Pengembangan,bahan ajar.

Page 1 of 2 | Total Record : 12