cover
Filter by Year
Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Published by Universitas Tadulako
ISSN : -     EISSN : -
Articles
226
Articles
Analisis Konsistensi Ilmiah Siswa terhadap Konsep Gerak Lurus

Setiyawati, Lia, Muslimin, Muslimin, Syamsu, Syamsu

Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) Vol 6, No 4 (2018): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako
Publisher : Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.504 KB)

Abstract

Abstrak – Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis konsistensi ilmiah siswa terhadap konsep gerak lurus. Konsistensi ilmiah merujuk pada kemampuan menjawab yang konsisten dan benar secara fisika maupun representasinya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI C di SMA AL Azhar Mandiri Palu yang terdiri dari 31 orang siswa yang turut serta dalam tes konsistensi ilmiah. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari 18 soal yang di bagi menjadi 6 konsep, satu konsep terdiri dari 3 bentuk representasi, seperti matematis, gambar dan grafik. Soal tersebut digunakan untuk memilih responden yang berjumlah 5 orang untuk diwawancarai. Pada tahap wawancara responden menjelaskan alasan yang berhubungan dengan jawaban yang dipilih. Data diperoleh melalui lembar jawaban siswa dan rekaman hasil wawancara. Data penelitian dianalisis melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian konsistensi ilmiah menunjukkan bahwa sebanyak 51,61% atau 16 orang berada pada kategori tidak konsisten, 45,16% atau 14 orang berada pada kategori konsisten dan 3,23% atau hanya 1 orang berada pada kategori sangat konsisten, sedangkan untuk konsistensi representasinya sebanyak 22,58% atau 7 orang berada pada kategori tidak konsisten, 58,06% atau 18 orang berada pada kategori konsisten dan 19,35% atau 6 orang berada pada kategori sangat konsisten, dari hasil inilah dapat disimpulkan bahwa siswa yang jawabannya konsisten pada soal representasi belum tentu konsisten secara ilmiah dan benar menurut konsepnya. Kata Kunci: Konsistensi Ilmiah, Konsep, Gerak Lurus

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Palu

Labinta, Nursafa, Ali, Muhammad, Kade, Amiruddin

Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) Vol 6, No 4 (2018): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako
Publisher : Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.497 KB)

Abstract

Abstrak – Pembelajaran Inkuiri adalah suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Pembelajaran langsung (DI) merupakan suatu model pembelajaran yang terdiri dari penjelasan guru mengenai konsep atau keterampilan baru terhadap siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri berbasis metode Eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain the non-equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 7 Palu. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI MIA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIA 5 sebagai kelompok kontrol. Instrumen hasil belajar fisika berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi melalui validitas konstruksi. Berdasarkan tes hasil belajar fisika pada materi fluida statis yang diperoleh, menunjukan bahwa nilai rata – rata untuk kelas eksperimen yaitu 19,54 dengan standar deviasi sebesar 3,32 dan nilai rata – rata hasil belajar siswa untuk kelas kontrol yaitu 15,54 dengan standar deviasi sebesar 3,11. Hasil uji t dua pihak dengan dk = 48 dan taraf signifikansi a = 0,05 diperoleh nilai thitung = 4,39 dan nilai ini lebih besar dari ttabel = 2,01. Hal ini berarti, nilai thitung berada di luar daerah penerimaan H0. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran Inkuiri berbasis Eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 7 Palu. Dengan  kata lain, nilai hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol.Kata Kunci : inkuiri berbasis metode eksperimen, pembelajaran langsung  (di), hasil belajar.

Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Tingkat Analisis (C4)

Afriani, Rifka, Kade, Amiruddin, Supriyatman, Supriyatman

Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) Vol 6, No 4 (2018): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako
Publisher : Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.566 KB)

Abstract

Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal fisika tingkat analisis (C4). Penelitian dilakukan di SMA Negeri di Kota Palu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 104 orang siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu tes seleksi responden, tes essay, dan wawancara. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 9 orang siswa yang diperoleh dari hasil tes seleksi responden. Berdasarkan penelitian, hasilnya menunjukkan pencapaian kompetensi kognitif siswa pada tingkatan analisis belum memberikan hasil yang maksimal, dalam hal ini masih tergolong kategori sangat buruk. Pencapaian pada tingkatan analisis (C4) hanya sebesar  24,26 %. Adapun Kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal  adalah kesalahan penafsiran 66.7% dengan kategori tinggi, kesalahan konsep 77.8% dengan kategori tinggi, dan kesalahan strategi 72.7% dengan kategori tinggi. Kata Kunci: Analisis; Kesalahan; Tingkat Analisis.

Pengaruh Model Siklus Belajar Hipotetikal Deduktif terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Balaesang pada Mata Pelajaran Fisika

Muslimin, Muslimin, Yoga, Wayan, Darmadi, I Wayan

Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) Vol 6, No 4 (2018): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako
Publisher : Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.297 KB)

Abstract

Abstrak - Model siklus belajar hipotetikal deduktif merupakan suatu model pembelajaran yang memberi kesempatan kepada siswa untuk merumuskan sendiri jawaban atas suatu pertanyaan tertentu berdasarkan hasil observasi, dan keterampilan generik sains merupakan kemampuan dasar yang dimiliki siswa dan berkembang bersamaan dengan berlangsungnya proses belajar pada diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh siklus belajar hipotetikal deduktif terhadap keterampilan generik sains siswa kelas X di SMA Negeri 1 Balaesang pada mata pelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental designs dengan desain penelitian the non equivalent, pretest-posttest designs. Sampel penelitian yaitu kelas XB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 33 orang dan kelas XD sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 34 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes keterampilan generik sains dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan stastik non-parametrik dan Uji-t pada taraf signifikasi 0,05. Hasil analisis data menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen 8,1 dan kelas kontrol 7,1. Hasil uji-t pada taraf signifikasi 0,05 diperoleh , hasil tersebut menunjukan bahwa , sehingga  di tolak dan  di terima. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh siklus belajar hipotetikal deduktif terhadap keterampilan generik sains siswa pada mata pelajaran fisika.   Kata Kunci : siklus belajar hipotetikal deduktif, keterampilan generik sains

Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Fisika

Ardiana, I Gusti Putu, Pasaribu, Marungkil, Syamsu, Syamsu

Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) Vol 6, No 4 (2018): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako
Publisher : Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.132 KB)

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fisika. Desain yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Kelas X MIA 4 yang berjumlah 35 siswa dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 yang berjumlah 35 siswa dipilih sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes keterampilan berpikir kritis berbentuk uraian berjumlah 5 soal yang telah divalidasi. Indikator keterampilan berpikir kritis yang akan di ujikan yaitu menganalisis argumen, menilai kredibilitas sumber, membuat induksi mendefinisikan asumsi, dan memutuskan suatu tindakan. Skor kelas eksperimen sebesar 37,73 dengan standar deviasi sebesar 9,32 dan kelas kontrol sebesar 28,96 dengan standar deviasi sebesar 7,98. Dengan menggunakan uji statistik t dua pihak diperoleh nilai . Nilai  pada taraf nyata  dan . Hal ini berarti, nilai  berada pada interval penolakan  sehingga  diterima. Hasil ini menyatakan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fisika antara kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training dan model pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fisika. Kata Kunci  :  model pembelajaran inquiry training, keterampilan berpikir kritis, mata pelajaran fisika.

Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Palu

Mantung, Nerva, Kendek, Yusuf, Werdhiana, I Komang

Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) Vol 6, No 4 (2018): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako
Publisher : Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.349 KB)

Abstract

Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing  terhadap hasil belajar fisika Siswa kelas X SMA Negeri 1 Palu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain penelitian menggunakan rancangan pretes-posttes. Data yang  diperoleh adalah tes hasil belajar siswa. Skor rata-rata pada kelas eksperimen adalah 15,94 dengan standar deviasi 3,11 dan skor rata-rata kelas kontrol adalah 11,6 dengan standar deviasi 2,52 dari 21 skor ideal. Hasil uji N-gain menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar  kelas eksperimen sebesar 50,19% dan kelas kontrol sebesar 22,51%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh t hitung = 4,07 sedangkan t tabel = 1,67. Hal ini berarti bahwa hasil pengujian hipotesis berada diluar kriteria penerimaan H0. Dengan demikian H0 ditolak dengan taraf nyata α = 0,05 dan H₁ diterima, ini berarti ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran penemuan terbimbing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMANegeri 1 PALU.     Kata Kunci: Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar Fisika

Konsepsi Siswa SMA tentang Percepatan

Nirmayanti, Nirmayanti, Mansyur, Jusman, Saehana, Sahrul

Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) Vol 6, No 4 (2018): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako
Publisher : Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1256.901 KB)

Abstract

Abstrak –Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk  mendeskripsikan  konsepsi  siswa  tentang konsep percepatan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Sigi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen  pengumpulan  data  yang  digunakan  yaitu pilihan ganda beralasan berjumlah 15 butir soal yang disertai CRI untuk mengetahui tingkat keyakinan subjek penelitian dalam menjawab soal. Data hasil tes kemudian di analisis untuk menentukan presentase miskonsepsi pada setiap soal yang diberikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa miskonsepsi siswa SMA Negeri 2 Sigi tentang konsep percepatan yang teridentifikasi yakni (percepatan selalu terjadi dalam arah yang sama dengan benda yang bergerak. Responden tidak mengerti bahwa ada yang disebut perlambatan atau percepatan negatif, yang arahnya berlawanan dengan arah gerak benda). Kata Kunci: konsepsi, percepatan

Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa

Yuliyanti, Yuliyanti, Hatibe, Amiruddin, Darmadi, I Wayan

Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) Vol 6, No 4 (2018): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako
Publisher : Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.173 KB)

Abstract

Abstrak - Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen quasi dengan desain non randomized pretest-posttest control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proposive Sampling dengan sampel penelitian adalah kelas X Mipa 3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X Mipa 4 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda. Tes hasil belajar yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata- rata kelompok eksperimen 13,16 dengan standar deviasi 3,24 danskor rata-rata kelompok kontrol yaitu 9,33 dengan standar deviasi 3,08. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh  dan  pada taraf nyata . Ini berarti bahwa nilai  berada diluar daerah penerimaan . Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan peta konsep terhadap hasil belajar fisika siswa.Kata Kunci: learning cycle 5E, peta konsep, hasil belajar, fisika

Pengaruh Model Problem Posing Berbasis Aktivitas terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMP 1 Negeri Parigi Selatan

Darmawan, Rudi, Hatibe, Amiruddin, Kendek, Yusuf

Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) Vol 6, No 4 (2018): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako
Publisher : Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.653 KB)

Abstract

Abstrak – Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model problem posing berbasis aktivitas terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parigi Selatan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parigi Selatan. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas VIIIC sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang telah divalidasi oleh validator ahli dan telah diuji coba lapangan. Hasil analisa data dari rentang skor antara (0-20) diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen 13,87 dengan standar deviasi 2,91 dan kelas kontrol 11,50 dengan standar deviasi 2,88. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel=4,16>1,99, serta P-value kurang dari taraf signifikasi . Maka H1 diterima dan H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar fisika antara kelas yang mengikuti model problem Posing dengan siswa yang mengikuti  model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Problem Posing, Hasil Belajar Fisika.

Pengaruh Model Pembelajaran ASSURE terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Suhu dan Kalor Kelas XI SMA Negeri 5 Palu

Sunartih, Sunartih, Pasaribu, Marungkil, Hatibe, Amiruddin

Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) Vol 6, No 4 (2018): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako
Publisher : Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.68 KB)

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran ASSURE terhadap hasil belajar siswa   pada materi suhu dan kalor  kelas XI SMA Negeri 5 Palu. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Palu. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI Mipa 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 Mipa 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar serta lembar observasi yang telah divalidasi oleh validator dan telah diuji coba lapangan. Analisis data yang digunakan statistik inferensial yaitu uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis (uji t 2 pihak).  Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data hasil penelitian, diperoleh nilai hasil belajar siswa  pada  posttest  nilai rata – rata kelas eksperimen sebesar 14,90 dengan standar deviasi sebesar 3,23 dan untuk kelas control sebesar 11,57 dengan standar deviasi sebesar 2,99. Hasil pengujian statistik uji t 2 pihak dari pengujian hipotesis didapatkan harga 15thitung(4,11)"> > 15ttabel(1,67) "> atau 15thitung(-4,11)<">   15ttabel(-1,67)">  sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil ini menyatakan terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika antara kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ASSURE dan model pembelajaran Direct Intruction. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran ASSURE terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor kelas XI SMA Negeri 5 Palu. Kata Kunci  :  model pembelajaran ASSURE, hasil belajar, suhu dan kalor