cover
Filter by Year
Ejurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Published by Universitas Tadulako
Articles
217
Articles
Konsistensi Pemahaman Siswa SMA terhadap Konsep Hukum Newton untuk Representasi Berbeda

Nurhasnawati, Nurhasnawati, Wherdhiana, I Komang, Kade, Amiruddin

Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) Vol 6, No 3 (2018): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako
Publisher : Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat konsistensi representasi pada siswa SMA Negeri 5 Palu terhadap konsep hukum Newton. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas x semester genap SMA Negeri 5 Palu yang terdiri dari 27 siswa. Tes terdiri dari 3 teori dasar hukum Newton yaitu hukum I Newton , hukum II Newton dan hukum  III Newton, tiap-tiap hukum terbagi atas 2 tema berbeda dan setiap tema dibuat 3 soal dengan representasi berbeda yaitu representasi verbal, grafik dan diagram sehingga jumlah soal keseluruhan adalah 18 butir soal. Data penelitian dianalisis melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Skor hasil tes kemudian dikelompokkan menjadi 3 kategori yaitu kategori tinggi, sedang, dan rendah. Masing-masing dari kategori, diambil 2 siswa perwakilan untuk diwawancara guna menggali informasi yang lebih mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  tingkat konsistensi pemahaman siswa menghasilkan sebagian besar siswa tidak konsisten dalam mengerjakan soal multirepresentasi. Untuk siswa dengan kategori tinggi hanya mampu berada pada kategori kurang konsisten. Sedangkan untuk kategori sedang dan rendah berada pada kategori tidak konsisten. Kata Kunci: konsistensi, pemahaman konsep, representasi, hukum newton.

Pengaruh Pendekatan Saintifik dalam Strategi Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 08 Palu

Irmayanti, Irmayanti, Darmadi, I Wayan, Supriyatman, Supriyatman

Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) Vol 6, No 3 (2018): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako
Publisher : Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak _Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah fisika siswa SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik menggunakan strategi pembelajaran TAPPS untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Metode penelitian yaitu kuasi eksperimen dengan desain “the equivalen, pretest-postest design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Palu tahun ajaran 2017/2018. Pemilihan sampel adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah siswa dan lembar observasi. Berdasarkan analisis data, diperoleh sampel yang terdistribusi normal dan homogen. Dilakukan pengujian hipotesis dengan taraf signifikan  dan diperoleh hasil Tes akhir,  thitung> ttabel atau 3,15 > 1,68 hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima, jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran dengan pendekatan saintifik menggunakan strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Kata Kunci:  pendekatan saintifik, strategi thinking aloud pair problem solving, kemampuan pemecahan masalah fisika.

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMA Negeri 1 Palu

Agustini, Rai, Kendek, Yusuf, Kamaluddin, Kamaluddin

Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) Vol 6, No 3 (2018): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako
Publisher : Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak –Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap hasil belajar fisika kelas XI SMA Negeri 1 Palu. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan the equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Palu.Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling.Kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen, dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol.Instrumen hasil belajar berupa tes berbentuk pilihan gandayang berjumlah 23 soal dan telah divalidasi. Skor rata-rata kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchangesebesar 90.06 dengan standar deviasi sebesar 8,08, sedangkan skor rata-rata yang diperoleh pada kelas kontrol sebesar 84,03 dengan standar deviasi sebesar 7,81. Pengujian data hasil belajar menggunakan uji-t dua pihak pada taraf signifikansi 0,05 dan dk = 64, dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil perhitungan statistik diperoleh harga thitung sebesar 3,08 dan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dan dk = 64 adalah 1,98. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange terhadap hasil belajar fisika kelas XI SMA Negeri 1 Palu. Kata Kunci: rotating trio exchange, hasil belajar, kelas XI

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Desain Kreatif terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Palu

Pabenteng, Angga, Fihrin, H., Ali, H. Muhammad

Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) Vol 6, No 3 (2018): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako
Publisher : Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan desain kreatif terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Palu. Jenis penelitian ini adalah kuasi- eksperimen dengan rancangan equivalent pretest-posttest design. Penentuan sampel berdasarkan rekomendasi guru, terpilih dua kelas yaitu kelas X MIA 4 dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 5 dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda sebanyak 40 soal yang telah divalidasi oleh validator kemudian dilakukan validitas item dan diperoleh 25 soal. Hasil pengolahan data diperoleh rerata skor posttest kelas eksperimen sebesar 15,12 dan rerata skor kelas kontrol yang diperoleh sebesar 13,12. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak untuk mengetahui pengaruh rerata skor terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai thitung= 2,57 lebih besar dari dari ttabel = 1,67. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung barada diluar daerah penerimaan H0. Hasil tersebut menyatakan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar antara kelas yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan desain kreatif dengan kelas yang diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah. Kata Kunci: model pembelajaran berbasis masalah dengan desain kreatif, hasil belajar fisika.

Analisis Kualitas Pertanyaan dan Penjelasan Siswa pada Materi Usaha dan Energi Kelas XI SMA Al-Azhar Palu

Losi, Dicky Aprianus, Fihrin, Fihrin, Mansyur, Jusman

Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) Vol 6, No 3 (2018): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako
Publisher : Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam membuat pertanyaan dan memberikan penjelasan terhadap pertanyaan pada materi Usaha dan Energi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa SMA Al-Azhar Palu Kelas XI  berjumlah 26 orang, terpilih 6 orang sebagai responden. Berdasarkan hasil skor yang diperoleh dari data pertanyaan dan penjelasan yang dibuat oleh siswa, yang terbagi ke dalam tiga kategori yaitu kategori tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan presentase pertanyaan berkategori tinggi sebesar 15,38%, kategori sedang sebesar 73,08% dan kategori rendah sebesar 11,54%, sedangkan presentase penjelasan berkategori tinggi sebesar 19,23%, sedang sebesar 76,92% dan rendah sebesar 3,85%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas XI SMA Al-Azhar Palu mampu membuat pertanyaan berkualitas tinggi yaitu Pertanyaan tersebut tentunya memenuhi kriteria yaitu jelas, benar, memerlukan lebih dari cara yang sederhana dalam menjawab dan memiliki solusi yang tepat beserta penjelasannya. Berdasarkan tingkatan taksonomi bloom menemukan bahwa 38,46% dari pertanyaan yang ada dikategorikan pertanyaan yang berkualitas tinggi.Kata Kunci: kualitas pertanyaan, kualitas penjelasan, usaha dan energi

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora

K, Andari Pratiwi, Muslimin, Muslimin, Kamaluddin, Kamaluddin

Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) Vol 6, No 3 (2018): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako
Publisher : Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak- Keterampilan generik sains merupakan keterampilan intelektual hasil perpaduan antara pengetahuan sains dan keterampilan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan generik sains melalui penerapan Model Problem Based Learning pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan generik sains siswa kelas X SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora?. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif yang bersifat eksperimen lemah (Low Experimental) dengan desain penelitian “One group pretest-posttest design”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel penelitian yaitu kelas XB sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil analisa data diketahui ada perbedaan yang signifikan hasil pretest dan posttest  keterampilan generik sains setelah diterapkan model Problem Based Learning, diperoleh skor rata-rata pretest yaitu 10,62 dengan standar deviasi 3,29 dan diperoleh skor rata-rata posttest yaitu 27,76 dengan standar deviasi 2,96. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh t hitung lebih besar daripada t tabel. Hal ini berarti bahwa hasil pengujian hipotesis berada diluar kriteria penerimaan H0. Dengan demikian H0 ditolak dengan taraf nyata α=0,05 sehingga H1 diterima. Hasil uji N-gain tes keterampilan generik sains siswa diperoleh 57,83 dengan kriteria sedang. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan generik sains siswa melalui penerapan model Problem Based Learning kelas X SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora. Kata Kunci: model problem based learning, keterampilan generik sains

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri Model Terpadu Madani

Kikot, Rasni, Kendek, Yusuf, Werdhiana, I Komang

Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) Vol 6, No 3 (2018): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako
Publisher : Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya  pengaruh model pembelajaran kooperatif  tipe pair checks terhadap hasil belajara fisika siswa. Jenis penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain Postest-Only Comparison Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Model Terpadu Madani. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas VIIITaufik Ismail sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII Ki Hajar Dewantara  sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang telah divalidasi oleh validator ahli. nilai rerata untuk kelas eksperimen adalah 8,92  dan nilai rerata kelas kontrol adalah 7,67. Hasil uji normalitas posttest diperoleh  X2 hitung  untuk kelas eksperimen yaitu 2,55 dan kelas kontrol yaitu 4,83 dan nilai  X2 tabel yaitu 5,99. Hasil uji homogenitas untuk kelas eksperimen yaitu 4,34 dan untuk kelas kontrol yaitu 3,96, F tabel yaitu 2,05. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 2,16 dan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk=43 yaitu 2,02. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa  antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga Dapat disimpulkan bahwa terdapat pegaruh model pembelajaran kooperatif tipe pair checks terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri Model Terpadu Madani. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif tipe pair checks, hasil belajar fisika

Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Ongoing assessment terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu

Sudirman, Susi, Syamsu, Syamsu, Kendek, Yusuf

Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) Vol 6, No 3 (2018): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako
Publisher : Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh metode pembelajaran mind mapping berbasis Ongoing assessmet terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan the equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas VIIIA yang berjumlah 20 orang terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB yang berjumlah 20 orang terpilih sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengolahan data, rerata skor post-test kelas eksperimen adalah sebesar 7,10 dengan standar deviasi 2,68 dan kelas kontrol sebesar 5,50 dengan standar deviasi 2,31. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak untuk menguji perbedaan rerata skor kemampuan hasil belajar siswa. Hasil perhitungan diperoleh nilai thitung = 2,04. Nilai ttabel  = t(1-1/2α)  pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 38, adalah t0,975(38) = 2,02. Hal ini berarti, nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Hasil ini menunjukkan terdapat pengaruh hasil belajar siswa antara kelas yang diberi perlakuan dengan metode pembelajaran mind mapping  berbasis ongoing assessment terhadap hasil belajar fisika dengan yang diberi perlakuan metode pembelajaran diskusi.Kata Kunci: mind mapping, ongoing assessment, hasil belajar fisika.

Pemahaman Kualitatif Siswa Terhadap Konsep Fluida Statis

Putri, Amaliya, Mansyur, Jusman, Saehana, Sahrul

Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) Vol 6, No 2 (2018): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako
Publisher : Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman kualitatif siswa pada konsep fluida statis. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Palu. Subyek penelitian pada siswa kelas X MIA 3 yang terdiri dari 33 orang. Responden pada penelitian ini berjumlah 6 orang dengan 2 kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah yang diperoleh dari hasil pemberian Tes Seleksi Responden (TSR). Data penelitian diperoleh melalui lembar jawaban siswa, rekaman thinking-aloud dan wawancara. Data penelitian ini dianalisis melalui pendekatan deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hampir semua responden memiliki tingkat pemahaman kualitatif dalam kategori rendah (tidak memahami) disebabkan karena siswa lebih sering diberikan soal perhitungan dibandingkan soal pemahaman konsep.Kata Kunci: Pemahaman Kulaitatif, Fluida Statis

Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Materi Fluida Statis di SMA Negeri 6 Palu

Mardiansa, Rizky, Kendek, Yusuf, Wahyono, Unggul

Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT) Vol 6, No 2 (2018): E-Jurnal Pend. Fisika Tadulako
Publisher : Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi fluida statis di X SMA Negeri 6 Palu. Jenis penelitian ini adalah kuasi- eksperimen dengan rancangan equivalent pretest-posttest design. Penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu dan berdasarkan rekomendasi guru kemudian terpilih dua kelas yaitu kelas X MIA 1 dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 dengan jumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda sebanyak 24 soal yang telah divalidasi oleh ahli kemudian dilakukan validitas item dan diperoleh 20 soal. Hasil pengolahan data diperoleh rerata skor posttest kelas eksperimen sebesar 73,80 dan rerata skor kelas kontrol yang diperoleh sebesar 60. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak untuk mengetahui pengaruh rerata skor terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai thitung= 4,33 lebih besar dari dari ttabel = 1,67. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung barada diluar daerah penerimaan H0. Kata Kunci: Model problem based learning, Hasil Belajar Fisika