Jurnal Dakwah Risalah
ISSN : 14120348     EISSN : 26543877
Jurnal RISALAH adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal yang diterbitkan dua kali dalam setahun ini mengangkat tulisan/karya ilmiah meliputi bidang sosial, dakwah, komunikasi dan kemasyarakatan. Naskah yang dimuat dapat berupa hasil penelitian baik pustaka maupun lapangan, analisis teori, asumsi empirik yang berkaitan dengan pengembangan kajian dakwah dan komunikasi
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 27, No 2 (2016): Desember 2016" : 5 Documents clear
MENGUPAS KEJAYAAN ISLAM SPANYOL DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP EROPA Susanti, Listiawati
Jurnal Dakwah Risalah Vol 27, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurnal Dakwah Risalah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.023 KB)

Abstract

Peradaban Islam Spanyol merupakan pusat penyebaran Islam di Eropa di abad pertengahan yang memiliki kontribusi terhadap perkembangan Ilmu Pengetahuan di Eropa . Selama 4 Abad Spanyol berkuasa di Eropa sehingga  tidak dipungkiri atmosfir pemikirannya diwarnai oleh pemikiran para cendikiawan Muslim seperti Ibnu Khaldun, Ibnu al-Khatib,Ibnu Thufail (Abu Bacer) Ibnu Hazm, Ibnu Arabi, Ibnu Rusyd (Avverroes) dan masih banyak tokoh lainnya. Dari segi bangunan fisik, Islam Spanyol  tidak ada bandingannya dalam sejarah bahkan peninggalannya masih bisa dinikmati sampai sekarang, seperti istana al-Hambra, Rushafat di Barat Laut Cordova, Mesjid Jami’ Cordova, kota al-Zahra, al-Cazar Seville, Menara Giralda dan lainnya. Setelah Islam Spanyol runtuh, beberapa cendekiawan Eropa yang sebelumnya belajar di Universitas Cordova, Seville, Malaga, Granada, Salamanca dan melakukan penejemahan buku-buku di Toledo, menyebarkan pemikirannya di Eropa. Pengaruh Islam Spanyol ditandai dengan berkembangnya  gerakan Averoeisme yang menganjurkan kebebasan berfikir di Eropa. Tahun 1231 berdiri Universitas Paris (Universitas pertama) di Eropa yang sebelumnya telah dilakukan penerjemahan buku-buku yang berasal dari Islam Spanyol. Buku-buku Ibnu Rusyd diterbitkan di Venesia mulai thn 1481 M.  Berawal dari Avveroeisme ini menimbulkan reformasi abad ke-16 dan akhirnya Rasionalisme di abad ke-17 M.
PEMBANGUNAN PEDESAAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (Studi pada Gerakan Desa Membangun) Badri, Muhammad
Jurnal Dakwah Risalah Vol 27, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurnal Dakwah Risalah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.704 KB)

Abstract

Pembangunan pedesaan mengalami perubahan signifikan sejak digitalisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Teknologi media hibrida terbukti mempermudah desa-desa inovatif membangun  jejaring dan memberdayakan komunitasnya guna mempersempit kesenjangan TIK, salah satunya adalah melalui Gerakan Desa Membangun (GDM). Penulisan artikel ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui profil dan program Gerakan Desa Membangun (GDM); (2) Mengetahui paradigma pembangunan pedesaan berbasis TIK yang dijalankan GDM; (3) Mengetahui masalah dan strategi pengembangan TIK di pedesaan; (4) Mengetahui pengembangan media komunikasi pedesaan berbasis TIK. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan, dengan menganalisis konten website GDM (http://desamembangun.or.id/) dan konten website desa berbasis desa.id yang berafiliasi dan dikembangkan oleh GDM.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) GDM lahir sebagai kritik atas praktik pembangunan perdesaan yang cenderung top down dengan program pelayanan publik, pengelolaan sumber daya, penerapan teknologi tepat guna serta perlindungan warga desa; (2) Paradigma pembangunan pedesaan yang dijalankan GDM berbasis TIK dengan mengoptimalkan aplikasi sistem informasi desa dan internet pedesaan; (3) Permasalahan pengembangan TIK berkaitan dengan rendahnya infrastruktur TIK di pedesaan dan kapasitas masyarakat dalam pembangunan yang diselesaikan dengan strategi pelatihan dan pendampingan; (4) Media komunikasi pedesaan yang dikembangkan adalah website desa dengan domain desa.id, pengembangan aplikasi open source, dan interkoneksi desa.
DAMPAK PEMAHAMAN NILAI KEISLAMAN TERHADAP KOMUNIKASI PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN (Studi pada Masyarakat Peduli Api Desa Sepahat Bukit Batu Kabupaten Bengkalis) Nurdin, Nurdin
Jurnal Dakwah Risalah Vol 27, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurnal Dakwah Risalah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.388 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman nilai keislaman dengan pola komunikasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Desa Sepahat Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan sampel 32 orang anggota Masyarakat Peduli Api (MPA). Hasil penelitian menunjukkan adanya komunikasi yang sangat intens di kalangan anggota MPA dan terdapat pengaruh yang kuat antara penanaman nilai keislaman terhadap pola komunikasi anggota MPA. Oleh Karena itu penanaman nilai keislaman mempunyai kontribusi bagi terbentuknya pola komunikasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan bagi anggota MPA di Desa Sepahat Kabupaten Bengkalis.
ANTARA MEDIA SOSIAL DALAM KOMUNIKASI POLITIK Suardi, Suardi
Jurnal Dakwah Risalah Vol 27, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurnal Dakwah Risalah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.271 KB)

Abstract

Seiring perkembangan zaman, kini kebutuhan pada Internet tak hanya milik orang-orang kota atau kalangangan eksekutif saja. Namun sudah menjalar, hingga kepelosok-pelosok pedesaan terutama dikalangan anak muda. Meski sebagian diantara anak muda desa ini tak terlalu memanfaatkan berbagai aplikasi yang ada pada alat komunikasi mereka, namun yang pasti rata-rata mereka mengaku aktif menggunakan Media sosial pada gadget dan smartphone milik mereka. Fenomena baru dikalangan masyarakat, khususnya para anak muda ini tentunya memberikan peluang-peluang tersendri. Salah satunya dibidang komunikasi politik, baik bagi pemerintah, dan politikus. Apatah lagi menjelang pemilihan kepala daerah serentak dibeberapa daerah, dan juga pemilihan legislatif nantinya. Namun tentunya diperlukan pemahaman dan pendekatan yang baik dan tepat, agar pemanfaatan media sosial sebagai komunikasi politik bisa tepat sasaran sesuai yang diharapkan. Untuk itu diperlukan pemahaman dan kajian dari berbagai asfek, terutama dari segi komunikasi antar budaya, psikologi komunikasi, dampak media dan lain sebagainya. Karena tak tertutup kemungkinan, penggunaan media sosial yang “serampangan” atau ceroboh malah akan menjadi “boomerang”, yang dapat merugikan pengguna media sosial itu sendiri dari sisi komunikasi politik. Kerugian itu bisa dalam bentuk hilangnya simpati masyarakat dan penurunan citra diri pengguna media sosial itu sendiri.
ANALISIS SEMIOTIKA PADA TUNJUK AJAR MELAYU SEBAGAI PENDEKATAN PEMAHAMAN MAKNA DALAM KOMUNIKASI Sardila, Vera
Jurnal Dakwah Risalah Vol 27, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Jurnal Dakwah Risalah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.987 KB)

Abstract

Proses komunikasi merupakan suatu upaya dalam pengiriman pesan dari sistem saraf dengan tujuan untuk menghasilkan sebuah makna melalui kata-kata sebagai unsur bahasa yang sangat mendasar. Agar pesan tersebut sampai pada seseorang, maka sangat diperlukan proses pembentukan makna dari unsur bahasa yang telah dioleh dalam pikiran kita. Proses memahami makna dapat dilakukan dengan menafsirkan sistem tanda dan lambang yang membentuk satuan bahasa. Salah satu contoh penyampaian pesan yang disampaikan adalah melalui tulisan berupa sumber bacaan/ teks, yang dalam hal ini dapat dicontohkan pada teks Tunjuk Ajar Melayu.   Dalam rangka mencari pemahaman makna, diperlukan sebuah kajian, yakni kajian analisis semiotik yang berlandaskan pada teori-teori yang ada.  Diharapkan melalui kajian semiotik keilmuan linguistik, maka komunikasi dapat disampaikan sesuai dengan apa yang diinginkan, sehingga dengan demikian pesan dapat tersampaikan dengan jelas.  

Page 1 of 1 | Total Record : 5