Jurnal Dakwah Risalah
ISSN : 14120348     EISSN : 26543877
Jurnal RISALAH adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal yang diterbitkan dua kali dalam setahun ini mengangkat tulisan/karya ilmiah meliputi bidang sosial, dakwah, komunikasi dan kemasyarakatan. Naskah yang dimuat dapat berupa hasil penelitian baik pustaka maupun lapangan, analisis teori, asumsi empirik yang berkaitan dengan pengembangan kajian dakwah dan komunikasi
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 26, No 3 (2015): September 2015" : 6 Documents clear
Penggunaan Media Internet di Kalangan Remaja untuk Mengembangkan Pemahaman Keislaman Halim, Nurdin Abd
Jurnal Dakwah Risalah Vol 26, No 3 (2015): September 2015
Publisher : Jurnal Dakwah Risalah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.562 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: 1) mengetahui cara remaja mencari informasi dan mengembangkan pemahaman tentang keislaman melalui media Internet. 2) mengetahui cara remaja mengukur kredibilitas sumber informasi di Internet. 3) mengetahui cara remaja mengolah dan mengaplikasikan informasi untuk mengembangkan pemahaman tentang keislaman yang diperoleh dari media Internet. Dengan menggunakan metodologi kuantitatif dan teknik Focus Group Discussion (FGD) dan Indepth Interview diperoleh jawaban terhadap kekuatan media sebagaimana digambarkan dalam Teori Teknologi Media oleh Barran dan Davis, bahwa media mempunyai pengaruh yang besar dalam mempengaruhi pola pikir audiensnya. Hasil penelitian mendapati bahwa jaringan internet memberikan pengaruh yang besar dalam membentuk pola pikir remaja, dan media intenet menentukan dan mengembangkan pemahaman mereka terhadap informasi yang mereka terima. Namun demikian didapati dalam kajian bahwa remaja yang mempunyai kepribadian yang baik dan tangguh tidak mudah diarahkan oleh media informasi, tetapi mereka dapat menentukan sendiri pandangan dan pemahaman mereka terhadap informasi yang diterima. Demikian halnya dalam mengembangkan pemahaman keagamaan dikalangan remaja adalah ditentukan oleh kepribadian, keterampilan dan pengetahuan dasar yang dimiliki remaja. Jadi pengetahuan dasar, pendidikan akhlak dan kepribadian yang baik adalah menjadi modal bagi remaja dalam mengembangkan pengetahuan mereka melalui jaringan internet.
Dakwah Islam di Era Modern Zulkarnaini, Zulkarnaini
Jurnal Dakwah Risalah Vol 26, No 3 (2015): September 2015
Publisher : Jurnal Dakwah Risalah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.29 KB)

Abstract

Dakwah Islam di era modern memiliki dua tantangan.  Pertama adalah tantangan keilmuan dakwah yang hingga sekarang belum tampak perkembangannya yang menggembirakan. Kedua, problem atau tantangan praksis dakwah.  Ilmu dakwah tampak stagnan dalam tataran pengembangan keilmuannya. Jika mengacu pada dimensi pengembangan keilmuan tersebut pada tulisan-tulisan ilmu dakwah yang sangat menonjol, maka rasanya tidak kita jumpai karya akademis outstanding tentang dakwah tersebut. Banyaknya buku atau jurnal yang di dalamnya menjadi instrumen bagi pengembangan ilmu dakwah maka tentu akan menjadi ajang bagi pengembangan ilmu dakwah tersebut. Masyarakat modern memiliki ciri-ciri : a) hubungan antar manusia terutama didasarkan atas kepentingan pribadi; b) hubungan dengan masyarakat lain dilakukan secara terbuka dengan suasana  yang saling  mempengaruhi; c) kepercyaan yang  kuat akan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahateraan masyarakat; d)  masyarakat modern tergolong  ke dalam bermacam-macam profesi yang dapat dipelajari dan ditingkatkan dalam lembaga pendidikan, ketrampilan, dan kejuruan; e)  tingkat pendidikan formal pada umumnya tinggi dan merata; f) hukum yang berlaku adalah  hukum  tertulis yang sangat kompleks, dan g) ekonomi hampir seluruhnya merupakan ekonomi pasar yang didasarkan atas penggunaan uang dan alat-alat pembayaran lain. Dakwah modernitas adalah dakwah yang  pelaksanaannya  menyesuaikan materi, metode, dan  media dakwah dengan  kondisi  masyarakat  modern (sebagai objek dakwah)  yang mungkin saja situasi dan  kondisi yang terjadi di zamana  modern  itu tidak terjadi pada zaman sebelumnya, terutama di zaman klasik.
Cover dan Daftar Isi Jurnal Risalah Vol. 26 No. 3, September 2015 Editor, Editor
Jurnal Dakwah Risalah Vol 26, No 3 (2015): September 2015
Publisher : Jurnal Dakwah Risalah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1690.739 KB)

Abstract

Bagi penulis jurnal yang membutuhkan, silahkan download dan cetak cover dan daftar isi ini
Penulisan Huruf dan Warna dalam Islam Syafii, Achmad Ghozali
Jurnal Dakwah Risalah Vol 26, No 3 (2015): September 2015
Publisher : Jurnal Dakwah Risalah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.456 KB)

Abstract

Ketika manusia dalam suasana yang belum tersentuh oleh modernisasi akan merasa terkejut tatkala ada perintah dengan tiba-tiba untuk mendalami dengan memahami melalui suatu bacaan dan tulisan yang memberikan wawasan keilmuan, dengan membaca akan memperbanyak ilmu pengetahuan, dan dengan menulis arab akan membiasakan untuk membentuk skill atau keahlian pada pribadi manusia walaupun pada zaman sekarang telah maju teknologi tulis dengan cepat dan tepat. Upaya untuk membangun sumber daya manusia menjadi ahli dalam mengelola skill menulis arab perlu membiasakan menulis dengan tangan dalam mengelola kemampuan skill agar menjadi handal dan potensial yang dapat mengangkat derajat manusia kepada tempat terhormat. Mengelola keahlian tangan dalam menulis aksara arab untuk lebih bagus dan indah perlu menggunakan kaidah-kaidah yang menyesuaikan antara ayat dengan psikologi warna sehingga terciptalah keserasian yang dapat membangkitkan semangat/Ghirrah kepada siapapun yang melihatnya.
Hubungan Iklan Politik di Televisi terhadap Minat Memilih Masyarakat dalam Pemilihan Umum Presiden 2014 di Desa Simalinyang RT 30 RW 12 Kabupaten Kampar Darmawati, Darmawati
Jurnal Dakwah Risalah Vol 26, No 3 (2015): September 2015
Publisher : Jurnal Dakwah Risalah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.305 KB)

Abstract

Berbagai iklan politik yang begitu banyak disiarkan pada stasiun televisi yang nantinya berguna sebagai media memperjelas apa saja visi dan misi kandidat yang akan dipilih sehingga mempengaruhi minat masyarakat dalam memilih Pemilihan umum presiden 2014 di desa simalinyang rt 30 rw 12 kabupaten kampar, dan hampir setiap hari iklan politik di tayangkan dengan frekuensi yang tinggi dan dengan berbagai jenis yang memenuhi ruang publik. Berdasarkan pembatasan masalah di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan, 1. Bagaimana hubungan iklan politik televisi terhadap minat memilih masyarakat dalam pemilu pilpres 2014 di RT 30 RW 12 Desa Simalinyang, 2. Bagaimana minat masyarakat di RT 30 RW 12 Desa Simalinyang dalam memilih iklan politik baik melalui stasiun televisi milik pemerintah maupun swasta.  Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, populasi penelitian sampel yang dikumpulkan secara  stratified random sampling dengan jumlah  152 orang.  Hasil penelitian ada hubungan yang sedang antara Variabel Iklan Politik dengan Variabel minat memilih berdasarkan kriteria product moment. Nilai korelasi sebesar 0,602 menunjukkan bahwa ada hubungan antara minat iklan dengan memilih dengan tingkat sedang.
Pemahaman Pemuka Agama (Kognisi, Afeksi, Konasi), Sumber Daya Manusia Pemuka Agama, Regulasi, Sikap Birokrat/ Aparatur Pemerintah, Implementasi Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri No. 9/8 Tahun 2006 Elfiandri, Elfiandri; Perdamaian, Perdamaian; Rahmi, Febri
Jurnal Dakwah Risalah Vol 26, No 3 (2015): September 2015
Publisher : Jurnal Dakwah Risalah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.231 KB)

Abstract

Berbagai pemicu konflik agama yang terjadi selama ini bukan saja didalangi oleh persepsi  umat, tetapi terkadang lebih disebabkan sikap dan perilaku pemuka agama yang tidak terbuka terhadap agama lain. Kesalahan pemahaman, regulasi dan sikap dari birokrat/ aparatur pemerintah terhadap peraturan bersama menteri agama dan menteri dalam negeri (PBM) nomor 9/8 tahun 2006 dalam pembinaan kerukunan umat beragama dapat mendorong munculnya potensi konflik sosial antar dan inter umat beragama. Penelitian ini  bertujuan   pertama untuk mengetahui pemahaman  pemuka Agama terhadap PBM Nomor : 9/8 Tahun 2006 tentang kerukunan Antar Umat beragama. Kedua untuk mengetahui pengaruh Sumber Daya Manusia Pemuka Agama, Regulasi dan Sikap Birokrat/ Aparatur pemerintah terhadap  pelaksanaan PBM Nomor : 9/8 tahun 2006. Sampel penelitian adalah pemuka agama dari 5 agama sebagai berikut Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu dan Budha yang ada di kota Pekanbaru, propinsi Riau. Penelitian ini menggunakan data primer, dan teknik purposive sampling untuk pengambilan datanya. Metode analisis data yang digunakan adalah pertama metode korelasi untuk menjawab permasalahan pertama. Sementara itu untuk menjawab permasalahan kedua digunakan metode regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian untuk hipotesis pertama yaitu pemahaman pemuka agama (kognisi, afeksi dan psikomotorik) berkorelasi signifikan terhadap pelaksanaan Peraturan Bersama Menteri (PBM) dalam pembinaan kerukunan umat beragama. Sementara itu, hipotesis kedua menyatakan bahwa Sumber Daya Manusia pemuka agama, regulasi dan sikap aparatur pemerintah secara bersama-sama (F-test) berpengaruh terhadap implementasi PBM dalam pembinaan kerukunan umat beragama. Akan tetapi dari hasil uji t dinyatakan bahwa implementasi PBM dipengaruhi oleh regulasi dan sikap aparatur pemerintah.

Page 1 of 1 | Total Record : 6