Jurnal Dakwah Risalah
ISSN : 14120348     EISSN : 26543877
Jurnal RISALAH adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal yang diterbitkan dua kali dalam setahun ini mengangkat tulisan/karya ilmiah meliputi bidang sosial, dakwah, komunikasi dan kemasyarakatan. Naskah yang dimuat dapat berupa hasil penelitian baik pustaka maupun lapangan, analisis teori, asumsi empirik yang berkaitan dengan pengembangan kajian dakwah dan komunikasi
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 26, No 1 (2015): Maret 2015" : 6 Documents clear
Representasi Identitas Remaja Perempuan dalam Sinetron Remaja Indonesia Rafdeadi, Rafdeadi
Jurnal Dakwah Risalah Vol 26, No 1 (2015): Maret 2015
Publisher : Jurnal Dakwah Risalah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.798 KB)

Abstract

Sinetron merupakan salah satu bentuk hiburan pada saat sekarang ini yang digemari banyak penggemar tak terkecuali remaja terkhusus remaja perempuan Indonesia.Dalam sinetron remaja Indonesia selalu menampilkan hal hal yang dapat dijadikan sebagai referensi bagi remaja perempuan Indonesia.Sinetron tidak hanya dijadikan sebagai sarana hiburan bagi remaja akan tetapi juga dapat dijadikan sebagai referensi bagi mereka dalam menentukan sikapa dan prilaku mereka sehari hari. Dengan hal demikian apa yang di konstruksi sinetron remaja Indonesia akan menjadi referensi bagi remaja perempuan dalam prilaku mereka sehari hari. Tulisan ini bertujuan untuk melihat bagaimana representasi remaja perempuan Indonesia dalam sinetro remaja Indonesia.Remaja perempuan dituntut untuk berperilaku sesuai dengan apa yang dicitrakan media. Media seolah menjadi  penentu  ataupun  standar  mengenai  bagaimana  tampilan  remaja  perempuan  yang seharusnya.  Dengan  kata  lain,  remaja  perempuan  tidak  memiliki  kebebasan  dalam menentukan pilihannya untuk menjadi remaja perempuan sesuai imajinya.remaja perempuan direpresentasikan dalam dalam sinetron remaja  sebagai seorang pemimpin yang mandiri dan berprestasi,. Identitas  fisik  yang  dikonstruk  adalah  remaja  perkotaan  menengah  dan  menengah  atas, berwajah indo. Ketiga, identitas personal yang dimunculkan adalah pribadi yang dewasa dan pantang menyerah.
Peningkatan Keterampilan Praktek Pengalaman Lapangan melalui Bimbingan Klasikal (Studi di Jurusan Bimbingan Konseling Islam FDK UIN Suska Riau) Rahmad, Rahmad
Jurnal Dakwah Risalah Vol 26, No 1 (2015): Maret 2015
Publisher : Jurnal Dakwah Risalah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.531 KB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan penulis pada mahasiswa semester VII jurusan BKI FDK UIN Suska Riau Tahun Akademik 2014/2015 diperoleh informasi bahwa mahasiswa yang akan mengikuti Praktek Pengalaman Lapangan Bimbingan Konseling Islam kurang memiliki kesiapan baik secara wawasan, pengetahuan maupun keterampilan dalam memberikan bimbingan serta layanan dalam konseling islam. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena peneliti mengamati fenomena yang terjadi dilapangan. Hasil Pengamatan peneliti terhadap aktivitas dalam bimbingan klasikal pada siklus 1 masih tergolong rendah dengan perolehan persentase 61%. Hal ini terjadi karena tim peneliti lebih banyak memberikan informasi tentang gambaran pelaksanaan praktek pengalaman lapangan dan kurang mengeksplorasi kebutuhan mahasiswa terhadap praktek pengalaman lapangan. 
Konsep-konsep Dasar Sisi Sosialisme Islam Aslati, Aslati
Jurnal Dakwah Risalah Vol 26, No 1 (2015): Maret 2015
Publisher : Jurnal Dakwah Risalah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.85 KB)

Abstract

Bahasan tentang konsep-konsep dasar sisi sosialisme Islam merupakan cakupan dari pemahaman tentang Pemgembangan Masyarakat Islam. Sosialisme lahir sebagai reaksi balik terhadap kezaliman sistem kapitalis. Mereka menangkap adanya sinyalemen positif humanisme, keadilan, pemerataan, dan persamaan di dalam sistem sosialis, berdasarkan pertimbangan bahwa sistem sosialis memiliki jumlah asas pokok untuk kesejahteraan manusia secara adil dan merata serta asas anti pengeksploitasian ekonomi, sosial maupun politik. Konsep dasar sosialisme Islam mencakup antara lain Solidaritas Sosial, Penyediaan Lapangan Kerja dan Perintah Untuk Bekerja serta Prinsip Persamaan Sosial dalam Islam. Akhir dari tulisan ini bahwa asas-asas moral sosialisme Islam terbangun, dan hanya dengan asas-asas moral itulah bisa dicapai pemecahan masalah segitiga manusia yang kompleks (kemiskinan, kebodohan, dan penyakit). Sehingga, kepentingan individu dan kepentingan masyarakat umum bisa bertemu. Berbagai tabiat individualisme yang dimiliki setiap manusia dengan kemaslahatan masyarakat umum pun bisa berjalan bersama secara harmonis. Implementasi praktis sosialisme yang berdiri di atas nilai-nilai moral telah membuktikan bahwa undang-undang dan peraturan-peraturan atau kekuasaan dan pemaksaan sama sekali tidak cukup untuk menjamin keberhasilan sosialisme dalam membahagiakan dan mensejahterakan umat manusia. Bahkan, bisa dipastikan eksistensi tidak akan bisa bertahan lama.
Cover dan Daftar Isi Jurnal Risalah Vol. 26 No. 1, Maret 2015 Editor, Editor
Jurnal Dakwah Risalah Vol 26, No 1 (2015): Maret 2015
Publisher : Jurnal Dakwah Risalah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1544.895 KB)

Abstract

Silahkan download dan cetak cover ini, sama dengan edisi cetaknya
Efek Penerapan Kode Etik Mahasiswa UIN Suska Riau terhadap Perilaku Sosial-Budaya Mahasiswa Sukartik, Dewi
Jurnal Dakwah Risalah Vol 26, No 1 (2015): Maret 2015
Publisher : Jurnal Dakwah Risalah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (119.572 KB)

Abstract

Penerapan kode etik mahasiswa di UIN Suska Riau diduga belum berjalan maksimal. Pasalnya masih terlihat sejumlah pelanggan yang dilakukana mahasiswa UIN Suska Riau baik dari jurusan umum maupun jurusan agama. Misalnya, mahasiswa merokok di area kampus, berpakaian ketat, transparan, baju pendek (di atas pinggul) atau pakaian dari bahan kaos bagi mahasiswi, baju kaos, dan celana jeans bagi laki-laki. Bahkan masih di luar kampus, meskipun tidak semua, masih terlihat, mahasiswi tidak menggunakan busana muslimah (buka jilbab). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efek penerapan kode etik mahasiswa terhadap perilaku sosial-budaya mahasiswa UIN Suska Riau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan kode etik mahaiswa UIN Suska belum seutuhnya dapat merubah perilaku sosial budaya mahasiswa. Sebab, belum maksimalnya penerapan sanksi bagi pelanggar kode etik mahasiswa. Faktor penyebab sulitnya menerapkan kode etik adalah karena belum adanya badan khusus yang menangani pelaksanaan kode etik mahasiswa.
Miniatur Masyarakat Madani (Perspektif Pengembangan Masyarakat Islam) Soim, Muhammad
Jurnal Dakwah Risalah Vol 26, No 1 (2015): Maret 2015
Publisher : Jurnal Dakwah Risalah

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.628 KB)

Abstract

Momentum kebangkitan Nasional yang kini diperingati oleh bangsa Indonesia telah didahului dengan sebuah gerakan, yaitu gerakan reformasi. Paling tidak dapat diidentifikasi bahwa suatu kebangkitan dapat diwujudkan apabila dalam masyarakat telah tumbuh sifat dan sikap kemandirian, keterbukaan atau transparansi dan adanya daya saing atau sikap kompetetif yang sehat. Al-Qur’an telah mewariskan rambu-rambu tersebut sebagai identitas dari masyarakat Islam, terutama yang termaktub dalam surat Al-Hujarat, diantaranya hendaklah masyarakat memiliki landasan spiritual, menghargai persamaan, lemah lembut dan sabar, waspada terhadap issu, serta ishlah dengan adil.

Page 1 of 1 | Total Record : 6