cover
Filter by Year
P2M STKIP Siliwangi
Articles
70
Articles
​
PENERAPAN BIMBINGAN KARIR DALAM MENINGKATKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PADA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK BODI OTOMOTIF DI SMKN 2 PAYAKUMBUH

Indrayati, Ani Sri

P2M STKIP Siliwangi Vol 5, No 2 (2018): November 2018
Publisher : STKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRAKPenelitain ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan karir terhadap peningkatan pengambilan keputusan karir siswa kelas XII jurusan teknik bodi otomotif SMKN 2 Payakumbuh. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pra eksperimen dengan desain one group pretestposttest design. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi berupa ceklis sesuai dengan indikator pengambilan keputusan siswa. Subjek penelitian ini ada siswa kelas XII jurusan SMKN 2 Payakumbuh dengan jumlah 27 siswa. Hasil penelitian pada penelitian ini yaitu adanya pengaruh penerapan bimbingan karir dalam meningkatkan pengambilan keputusan siswa dilihat dari peningkatan setiap indikator pengambilan keputusan dan uji Ngain terhadap hasil pretest dan posttest. Indikator yang mengalami peningkatan cukup signifikan adalah indikator Career Choice Anxiety dengan nilai N gain 1.36 berada pada kategori sangat baik dan indikator dengan Ngain paling rendah adalah indikator Comfort dengan nilai N gain 0.20 berada pada tahap randah. Kata Kunci : Bimbingan Karir, Pengambilan Keputusan KarirABSTRACKThis study aims to determine the effect of career guidance on improving career decision making in class XII students majoring in automotive body engineering at SMK 2 Payakumbuh. The method used in this study is a pre-experimental method with the design of one group pretest posttest design. The instrument used is an observation sheet in the form of a checklist according to the indicators of student decision making. The subject of this study was a class XII student majoring in SMK 2 Payakumbuh with a total of 27 students. The results of this study are the influence of the application of career guidance in improving student decision making seen from the improvement of each decision-making indicator and the Ngain test on the results of the pretest and posttest. Indicators that experienced a significant increase were indicators of Career Choice Anxiety with an N gain of 1.36 in the very good category and the indicator with the lowest gain was the Comfort indicator with an N gain of 0.20 at the low stage.Keywords: Career Guidance, Career Decision Making

PEMBELAJARAN MENULIS RESENSI NOVEL PERTEMUAN DUA HATI DAN LASKAR PELANGI MENGGUNAKAN TEKNIK COMPARING

Nugraha, Via, Permana, Indra, Permana, Aditya

P2M STKIP Siliwangi Vol 5, No 2 (2018): November 2018
Publisher : STKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Menurut Hasil pengamatan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia tingkat 2 ditemukan suatu permasalahan yaitu hanya 40% mahasiswa yang mampu menulis meresensi novel. Hal ini tentu harus segera diatasi, mengingat kemampuan dalam meresensi amat penting guna meningkatkan mutu hasil pembelajaran. Diduga kurang tepatnya metode pembelajaran menulis resensi novel yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Teknik comparing merupakan teknik yang dianggap tepat dalam pembelajaran menulis resensi novel dan mampu meningkatkan kemampuan menulis bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tingkat 2.

Efforts to increase the group of teacher competency through the teacher work groups in central bakung cimahi

Alam, Syah Khalif

P2M STKIP Siliwangi Vol 5, No 2 (2018): November 2018
Publisher : STKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

EFFORTS TO INCREASE THE TEACHER'S GROUP TEACHER COMPETENCY THROUGH THE TEACHER WORK GROUPS IN CENTRAL BAKUNG CIMAHI Syah Khalif Alamradityaalief@gmail.comIKIP Siliwangi AbstractThis study aims to determine the implementation process and the results of teacher competency development in the group of teachers of the kindergarten cluster Bakung Cimahi Tengah. The formulation of the problem in this research is whether the teacher working group can improve the competence of kindergarten teacher group in Central Cimahi? And how the implementation process, the results of coaching, advantages, and disadvantages after the guidance of pedagogic competence of teachers in the cluster group of teachers Cilahi Tengah. The approach used in this research is qualitative approach with descriptive research method. The population in this research is in Cimahi Tengah lily group consisting of 29 teachers from 7 kindergarten schools. Based on the results of research that during the process of implementation of the working group of teachers still do not understand its role as a subject of learning. While the result of guidance pedagogic competence of teachers successfully implemented, the teacher showed an active, enthusiastic, and happy attitude during the learning took place. It can be concluded that improving the competence of teachers through teacher workgroups can experience a significant increase as when supervisors provide direction and guidance look more active and confident, and improve the competence of teachers through teacher work groups more effectively and better, teachers are more understanding and can doing activities well. Key Words: Teacher Competence, Early Childhood Education, Teacher Working Groups

MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA MATERI INTEGRAL LUAS SISWA KELAS XII TEK A SMK NEGERI 1 CIMAHI MENGGUNAKAN PENDEKATAN METAKOGNITIF

Rivai, Endang

P2M STKIP Siliwangi Vol 5, No 2 (2018): November 2018
Publisher : STKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah mengetahui apakah dengan menggunakan pendekatan keterampilan metakognitif kemampuan representasi matematis siswa pada materi integral luas dapat ditingkatkan. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa Kelas XII TEK A SMK Negeri 1 Cimahi tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 36 orang. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar sebagai tes kemampuan representasi matematik siswa, untuk tes awal (sebelum tindakan), tes siklus I dan tes siklus II (setelah pemberian tindakan), dan lembar observasi bagi guru dan bagi siswa untuk kondisi pelaksanaan tindakan. Prosedur penelitian ini terdiri dari: (1)perencanaan, (2)pelaksanaan tindakan, (3)observasi dan  evaluasi dan (4) refleksi.. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan,  pada materi integral luas siswa kelas XII TEK A SMK Negeri 1 Cimahi, bahwa pembelajaran materi integral luas dengan pendekatan metakognitif dapat meningkatkan kemampuan representasi  matematis siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasil tes kemampuan representasi matematis siswa yang mengalami peningkatan. Hasil tes kemampuan representasi matematis pada tes awal hanya memiliki rata – rata kelas 42,60. Pada siklus I, hasil tes meningkat cukup signifikan menjadi 52,19. Pada siklus II mengalami perbaikan lagi dan rata-rata kelas untuk nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa mencapai 58,59.

ENGLISH LANGUAGE TRAINING FOR PAKET C LEARNING PARTICIPANTS TO IMPROVE THEIR SPEAKING ABILITY

Firdaus, Nunu Muhamad

P2M STKIP Siliwangi Vol 5, No 2 (2018): November 2018
Publisher : STKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

The purpose of this study is to describe the process of tutoring, describe the results of learning English, and find out the effect of learning guidance on speaking skills of Paket C learning participants in PKBM (Society Learning Centre) Sukabaru. The research method used is descriptive qualitative through data triangulation. Data is collected using test techniques to obtain data about the results of English speaking skill of learning community before and after being given tutorial through trainings. The results of the study show that learning guidance influences the results of English learning in term of speaking skills. Through the training of English speaking, the participants show improvement in mastering English with indicators of mastering many English vocabularies, and being able to speak fluently. On English language training, the researcher conducts the observations on speaking English demonstration and the participants can apply speaking comprehension

Bermain Peran Bersama Kelompok Dalam Pembelajaran Arus Searah Loop Sederhana Untuk Program Lintas Minat Fisika

Hendrayani, Ida Sri

P2M STKIP Siliwangi Vol 5, No 2 (2018): November 2018
Publisher : STKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPS 3 SMAN I Rancah Ciamis. Kelas ini merupakan kelas program lintas minat fisika. PTK dilakukan dalam 2 siklus, dengan pendekatan bermain peran dan berkelompok. Bermain peran yang dimaksud dalam penelitian ini adalah, siswa berperan menjadi besaran-besaran fisika yang ada dalam arus searah loop sederhana. Ketika arus sedang berjalan tersebut akan bertemu dengan hambatan dan GGL kemudian memberlakukan hukum II Kirchoof. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah nilai kognitif  siswa mencapai lebih besar atau sama dengan nilai KKM, 74 dengan ketuntasan kelas minimal 80%. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan pendekatan bermain peran dalam kelompok dapat meningkatkan nilai kognitif peserta didik pada pokok bahasan arus searah loop sederhana bagi program lintas minat fisika kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Rancah tahun ampunnilai rata-rata kognitif meningkat dari 34 pada pretest menjadi 81 setelah siklus II. Dan ketuntasan belajar kelas mencapai 81%.

PENGARUH PEMBELAJARAN NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP PRILAKU MAHASISWA DI STIK BINA HUSADA

Misnaini, Sari Misnaini

P2M STKIP Siliwangi Vol 5, No 2 (2018): November 2018
Publisher : STKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kondisi bangsa Indonesia sekarang sedang dilanda oleh berbagai krisis, yang tidak mendukung tumbunya suburnya pengamalan nilai-nilai  Pancasila. Hal ini terlihat dari masih maraknya    masalah  narkoba,  tawuran ,   pola   hidup   konsumerisme,   praktik   hidup   keagamaan   yang mementingkan formalisme yuridis dan simbol-simbol yang memudahkan untuk diadu domba. Krisis karakter sekarang  ini sudah menjalar pada lingkungan kampus yang tampak pada sikap dan perilaku mahasiswa yang bertentangan dengan nilai moral. Oleh sebab itu sebagai  manusia  yang  menjunjung  keharmonisan  dan  keserasian  sebagai  jati diri bangsa maka sangatlah tepat jika nilai-nilai Pancasila dijadikan sebagai nilai moral untuk landasan dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara khusunya kehidupan kampus Bina Husada. Prinsip etika Pancasila pada hakikatnya bersifat humanistik, artinya nilai-nilai Pancasila mendasarkan pada nilai yang bersumber pada harkat dan martabat manusia sebagai makhluk yang berbudaya.  Pancasila  sebagai  dasar  negara  dan  ideologi  bangsa  mengandung  nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan dan nilai keadilan. Melalui pembelajaran  Pancasila di kampus Bina Husada ,  mahasiswa mulai  menyaadai akan pengamalan  nilai-nilai Pancasila. Dari  pengamalan inilah ditemukan perubahan-perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. 

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA MA MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Ruqoyyah, Siti

P2M STKIP Siliwangi Vol 5, No 2 (2018): November 2018
Publisher : STKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematik siswa MA. Oleh karena itu, diperlukan suatu pendekatan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa MA. Tujuan dalam penelitian adalah untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan Contextual Teaching and Learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Penelitian ini berjenis kuasi eksperimen dengan desain pretes posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di salah satu MA di Kota Cimahi, sedangkan sampel ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh sampel yaitu X MIA sebagai kelas eksperimen sebanyak  20  siswa   dan   kelas   X  IIS   sebagai kelas kontrol sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa  MA   yang  pembelajarannya  menggunakan  Contextual Teaching and Learning lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran biasa.

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK DAN SELF EFFICACY SISWA SMK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING

senjayawati, eka, Nurfauziah, Puji

P2M STKIP Siliwangi Vol 5, No 2 (2018): November 2018
Publisher : STKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk menelaah peningkatan kemampuan penalaran matematik antara siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan creative problem solving dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan konvensional, selain itu menelaah peningkatan kemampuan self efficacy antara siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan creative problem solving dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK di Kota Cimahi, sampel dipilih menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa SMK yang pembelajarannya menggunakan pendekatan creative problem solving lebih baik daripada yang  yang menggunakan pembelajaran biasa, serta peningkatan self efficacy siswa SMK yang pembelajarannya menggunakan creative problem solving lebih baik dari pada yang menggunakan pembelajaran biasa. Kata Kunci : pendekatan creative problem solving, penalaran matematik, self efficacy ABSTRACTThe purpose of this research is to examine the improvement of mathematical reasoning ability among the students whose learning with creative problem solving approach compared with the students whose learning with conventional approach, besides studying the enhancement of self efficacy ability among the students with the creative problem solving approach compared with the students who study with conventional approach. This research is a quantitative research with quasi experimental method. The subjects of this study were stuents of SMK in Kota Cimahi, the sample was selected into two classes, namely experimental class and control class. Based on the result of data analysis, it is concluded that the improvement of mathematical reasoning ability of vocational students whose learning using creative problem solving approach is better than those using ordinary learning, as well as improving self efficacy of vocational students whose learning using creative problem solving is better than using ordinary learning. Keywords: creative problem solving approach, mathematical reasoning, self efficacy

IMPLEMENTASI PENYELENGGARAAN PELATIHAN FOTOGRAFI DI SEKOLAH TINGGI KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN SILIWANGI BANDUNG

Rukanda, Nandang, Kartika, Prita

P2M STKIP Siliwangi Vol 5, No 1 (2018): Mei 2018
Publisher : STKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (587.299 KB)

Abstract

Pelatihan Profesi Bidang Fotografi  merupakan salah satu bentuk pendidikan yang diselenggarakan melalui jalur pendidikan luar sekolah  (PLS)  dengan mengutamakan pembekalan keterampilan guna meningkatkan kecakapan hidup bagi masyarakat, yang berguna untuk kepentingan diri pribadinya maupun bisa di manfaatkan bagi kepentingan dunia kerja dan profesinya. Disekitar STKIP Siliwangi terdapat banyak warga masyarakat yang berminat dan membutuhkan pelatihan fotografi termasuk dari kalangan para pelajar dan mahasiswa. Penelitian ini dilakukan terhadap Pelatihan fotografi yang dilaksanakan di STKIP Siliwangi Bandung dalam rangka mewujudkan amanah pengabdian masyarakat lembaga perguruan tinggi sebagai salah satu wujud dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.  Metode penelitian mempergunakan metode kualitatif, berdasar pertimbangan atas kedalaman hasil penelitian yang berhubungan makna dari pada generalisasi, sehingga kekuatan penenitian akan peneliti maksimalkan dalam hal observasi dan wawancara, baik berkenaan dengan relevansi isi pertanyaan dengan kajian, maupun berhubungan dengan ketepatan terhadap respondennya. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi dan Analisis data dilakukan peneliti dengan memeriksa, mempelajari, membandingkan data yang ada dan membuat interpretasi yang diperlukan. Penelitian ini secara umum telah mencapai tujuannya yaitu memperoleh gambaran dari pelatihan fotografi yang diselenggarakan di STKIP Siliwangi Bandung, sebagai upaya mewujudkan salah satu bagian Tri Darma Perguruan Tinggi berkenaan dengan pengabdian kepada masyarakat. Saran dan rekomendasi ditujukan terhadap STKIP Siliwangi Bandung sebagai penyelenggara program untuk meningkatkan proses kesiapannya dalam penyelenggaraan program, para instruktur pelatihan untuk memaksimalkan pelaksanaan pembelajarannya, alumni pelatihan untuk memaksimalkan aplikasi pengamalan dari yang diperolehnya, dan bagi masyarakat untuk selalu mendukung kegiatan pelatihan dalam rangka pemberdayaan masyarakat.