cover
Filter by Year
P2M STKIP Siliwangi
Articles
61
Articles
IMPLEMENTASI PENYELENGGARAAN PELATIHAN FOTOGRAFI DI SEKOLAH TINGGI KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN SILIWANGI BANDUNG

Rukanda, Nandang, Kartika, Prita

P2M STKIP Siliwangi Vol 5, No 1 (2018): Mei 2018
Publisher : STKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (587.299 KB)

Abstract

Pelatihan Profesi Bidang Fotografi  merupakan salah satu bentuk pendidikan yang diselenggarakan melalui jalur pendidikan luar sekolah  (PLS)  dengan mengutamakan pembekalan keterampilan guna meningkatkan kecakapan hidup bagi masyarakat, yang berguna untuk kepentingan diri pribadinya maupun bisa di manfaatkan bagi kepentingan dunia kerja dan profesinya. Disekitar STKIP Siliwangi terdapat banyak warga masyarakat yang berminat dan membutuhkan pelatihan fotografi termasuk dari kalangan para pelajar dan mahasiswa. Penelitian ini dilakukan terhadap Pelatihan fotografi yang dilaksanakan di STKIP Siliwangi Bandung dalam rangka mewujudkan amanah pengabdian masyarakat lembaga perguruan tinggi sebagai salah satu wujud dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.  Metode penelitian mempergunakan metode kualitatif, berdasar pertimbangan atas kedalaman hasil penelitian yang berhubungan makna dari pada generalisasi, sehingga kekuatan penenitian akan peneliti maksimalkan dalam hal observasi dan wawancara, baik berkenaan dengan relevansi isi pertanyaan dengan kajian, maupun berhubungan dengan ketepatan terhadap respondennya. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi dan Analisis data dilakukan peneliti dengan memeriksa, mempelajari, membandingkan data yang ada dan membuat interpretasi yang diperlukan. Penelitian ini secara umum telah mencapai tujuannya yaitu memperoleh gambaran dari pelatihan fotografi yang diselenggarakan di STKIP Siliwangi Bandung, sebagai upaya mewujudkan salah satu bagian Tri Darma Perguruan Tinggi berkenaan dengan pengabdian kepada masyarakat. Saran dan rekomendasi ditujukan terhadap STKIP Siliwangi Bandung sebagai penyelenggara program untuk meningkatkan proses kesiapannya dalam penyelenggaraan program, para instruktur pelatihan untuk memaksimalkan pelaksanaan pembelajarannya, alumni pelatihan untuk memaksimalkan aplikasi pengamalan dari yang diperolehnya, dan bagi masyarakat untuk selalu mendukung kegiatan pelatihan dalam rangka pemberdayaan masyarakat.

SPECIAL NEEDS EDUCATION: A CASE STUDY OF VISUAL IMPAIRMENT STUDENTS OF COMMUNITY EDUCATION STUDY PROGRAM IN IKIP SILIWANGI

Widiastuti, Novi

P2M STKIP Siliwangi Vol 5, No 1 (2018): Mei 2018
Publisher : STKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.385 KB)

Abstract

This study focuses on adult education for special needs students of community education study program in IKIP Siliwangi. Education in this perspective covers not only the methodological problems and learning methods, but also the learning problems faced by various students. There are two categories of human characteristics: physical characteristics and mental characteristics. In physical characteristics, there are students who have different physical conditions compared to others, such as being blind or visually impaired. Nowadays, a lot of special needs students have applied inclusive learning which allows them to attend higher education. Thus, this study aims to uncover adults’ education in facilitating and encouraging special needs students.

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN BANDUNG BARAT

Rabbani, Sylvia, Muftianti, Agni, Solihat, Gita Anisa, Nurhayani, Nurhayani, Ardrya Garini, Fitriyani Via, Ruswina, Ressa Rizkita

P2M STKIP Siliwangi Vol 5, No 1 (2018): Mei 2018
Publisher : STKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.591 KB)

Abstract

Masalah utama penelitian ini adalah kurangnya kemampuan berfikir kritis siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Bandung Barat. Secara umum, tujuan jangka panjang program penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berfiikir kritis siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual di Sekolah Dasar Kabupaten Bandung Barat. Secara khusus, target khusus yang ingin dicapai sebagai berikut: : (1). Memberikan pembelajaran yang menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa SD; (2). Memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan bisa menginspirasi siswa dan guru-guru SD; (3). Memberikan cara-cara belajar menyenangkan dan bermakna melalui pendekatan pembelajaran kontekstual. Metode yang akan dipakai adalah Kuasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di 2 Sekolah Dasar di Kabupaten Bandung Barat yaitu SDN Ciburuy 1 dan SDN Ciburuy 2.

PERAN PAGUYUBAN DALAM PENINGKATAN MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN PENGRAJIN BATIK

Hartini, Sri

P2M STKIP Siliwangi Vol 5, No 1 (2018): Mei 2018
Publisher : STKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.731 KB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah pentingnya motivasi wirausaha bagi pengrajin batik sebagai modal dasar dalam membentuk sikap jiwa kewirausahaan. Namun permasalahan yang ada adalah : 1) pengrajin batik lambat merespon ajakan untuk bwerirausaha; 2) dalam memproduksi batik relatif belum optimal dalam menjawab pangsa pasar, 3) dalam  pengembangan batik implementasinya relatif masih variatif;4) memerlukan penguatan dari kemitraan; 5) dampak paguyuban dalam kemitraan terhadap motivasi hasilnya belum diketahui secara pasti. Dengan adanya paguyuban memberikan dorongan untuk merubah cara pandangnya dalam melihat dunia usaha melalui pembinaanm, pengembangan, dan pendampingan serta akses lainnya dengan meningkatkan pola jaringan kemitraan. Rumusan masalah penelitian ini adalah  apakah peran paguyuban benar dapat meningkatkan motivasi wirausaha di Kampung Wisata Batik Kauman Solo. Tujuan penelitian adalah : 1) Mendeskripsikan peran paguyuban dalam merencanakan program peningkatan motivasi wirausaha di Kampung Wisata Batik Kauman Solo; 2) Mendeskripsikan peran paguyuban dalam melaksanakan program peningkatan motivasi wirausaha di Kampung Wisata Batik Kauman Solo; 3) Mendeskripsikan peran paguyuban dalam  meningkatkan jaringan kemitraan di Kampung Wisata Batik Kauman Solo; 4) Mendeskripsikan hasil pembinaan paguyuban dalam meningkatkan motivasi wirausaha di Kampung Wisata Batik Kauman Solo; 5) Mendeskripsikan faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan peran paguyuban dalam meningkatkan motivasi wirausaha di Kampung Wisata Batik Kauman Solo. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawncara, studi litertur, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian memberikan indikasi bahwa paguyuban menunjukkan peran yang berarti dalam meningkatkan motivasi kewirausahaan pengrajin batik dan implementasinya terdapat kecendrungan adanya peningkatan pendapatan (income generating).

EFEKTIVITAS DIKLAT BERJENJANG TINGKAT DASAR TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI SOSIAL PENDIDIK PAUD (STUDI DESKRIPTIF PADA PENDIDIK PAUD DI KOTA CIMAHI)

Sumitra, Agus, Nuraeni, Lenny, Nafiqoh, Heni

P2M STKIP Siliwangi Vol 5, No 1 (2018): Mei 2018
Publisher : STKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.599 KB)

Abstract

Penelitian ini akan membahas tentang: “Efektivitas Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional dan Sosial  Pendidik PAUD. Tujuan Penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Menganalisis kompetensi profesional Pendidik PAUD setelah mengikuti Pelatihan Tingkat Dasar di Kota Cimahi, 2) Menganalisis Kompetensi Sosial Pendidik PAUD setelah mengikuti Diklat berjenjang tingkat dasar di Kota Cimahi, 3) Menganalisis efektivitas Diklat Berjenjang Tingkat Dasar terhadap peningkatan kompetensi profesional dan sosial Pendidik PAUD di Kota Cimahi.Adapun kegunaan penelitian ini adalah sebagai berikut:Kegunaan teoritik, yang kemudian hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya teori-teori pendidikan serta dapat menjadi salah satu referensi untuk mengembangkan program PAUD khususnya tentang Diklat Berjenjang Tingkat Dasar bagi Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini.Kegunaan praktis, dimana hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan masukan serta bahan pertimbangan  bagi penyelenggara Diklat Berjenjang Tingkat Dasar di Wilayah Kota Cimahi baik yang dilaksanakan oleh pihak pemerintah maupun pihak swasta.Sebagai bahan kajian dan kontribusi bagi Prodi Pendidikan Anak Usia Dini yang diharapkan dapat bermanfaat dalam rangka pengembangan disiplin pengetahuan.Untuk menguji hipotesis digunakan metode deskriptif analitik dengan teknik pengumpulan data wawancara, angket, observasi, studi literatur, dan studi dokumentasi. Populasi seluruh Pendidik PAUD di Kota Cimahi dengan Sampel sebanyak 108 orang dengan cara proportional random sampling.Hasil analisis data berdasarkan perhitungan menunjukan bahwa persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = Y = 46,106 + 0.665 X koefisien regresi yang menunjukan harga yang positif.  Pada perhitungan koefisien determinasi menunjukan bahwa efektivitas diklat berjenjang tingkat dasar dalam meningkatkan kompetensi profesional pendidik PAUD di Kota Cimahi adalah 23,9 % sedangkan sisanya 76,1% dipengarui oleh faktor lain. Hasil analisis data penelitian mengenai efektivitas diklat berjenjang tingkat dasar terhadap peningkatan kompetensi sosial pendidik PAUD di Kota Cimahi, berdasarkan perhitungan menunjukan bahwa persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 40,846+ 0.886 X koefisien regresi yang diperoleh menunjukan harga yang positif. Pada perhitungan koefisien determinasi menunjukan bahwa efektivitas diklat berjenjang tingkat dasar dalam meningkatkan kompetensi sosial pendidik PAUD di Kota Cimahi adalah 31,1 % sedangkan sisanya 68,9% dipengarui oleh faktor lain.

ANALISIS TINDAK TUTUR BAHASA KOMERING DESA TANJUNG BARU KECAMATAN TANJUNG LUBUK KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR (SEBUAH KAJIAN PRAGMATIK)

Asih, Yanti Sari, Rusfanita, Rusfanita

P2M STKIP Siliwangi Vol 5, No 1 (2018): Mei 2018
Publisher : STKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.425 KB)

Abstract

Tindak tutur asertif bentuk mengklaim, mengeluh, menyatakan, jenis tindak tutur direktif bentuk bertanya, memerintah, meminta, jenis tindak tutur ekspresif bentuk pujian, mengkritik, rasa senang, jenis tindak tutur deklarasi bentuk pernyataan benar, tidak setuju, dan setuju. Jenis tindak tutur komisif tidak ditemukan dalam penelitian ini, hal tersebut disebabkan oleh situasi tutur. Situasi tutur pada saat peristiwa tutur berlangsung tidak mendukung atau mendorong penutur untuk melakukan tindak tutur yang akan melibatkan dirinya pada beberapa tindakan akan datang, misalnya berjanji, bersumpah, dan memanjatkan (doa).

PENERAPAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS XII RPL B SMK NEGERI 1 CIMAHI

Fauziah, Fauziah

P2M STKIP Siliwangi Vol 4, No 2 (2017): Volume 4 No. 2 November 2017
Publisher : STKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.672 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah dengan mengetahui apakah adanya peningkatan  kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMK dengan pendekatan Creative Problem Solving. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa Kelas XII RPL B SMK Negeri 1 Cimahi tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 36 orang. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar sebagai tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, untuk tes awal (sebelum tindakan), tes siklus I dan tes siklus II (setelah pemberian tindakan), dan lembar observasi bagi guru dan bagi siswa untuk kondisi pelaksanaan tindakan. Prosedur penelitian ini terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan  evaluasi dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan,  pada pelajaran trigonometri siswa kelas XII RPL B SMK Negeri 1  Cimahi, bahwa pembelajaran trigonometri dengan pendekatan  pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasi ltes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang mengalami peningkatan. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik pada tes awal hanya memiliki rata – rata kelas 65, 22. Padasiklus I, hasil tes meningkat cukup signifikan menjadi 71, 81. Pada siklus II mengalami perbaikan lagi dan rata-rata kelas untuk nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa mencapai 83,08

USING THINK-PAIR-SHARE (TPS) TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING CREATIVITY (A Classroom Action Research in the Second Semester Students of STKIP Siliwangi Bandung)

Mundriyah, Mundriyah, Parmawati, Aseptiana

P2M STKIP Siliwangi Vol 3, No 2 (2016): Volume 3, Number 2 2016
Publisher : STKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.7 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswa semester kedua di STKIP Siliwangi. Kampus ini terletak di jl.Terusan Jenderal Sudirman no.3, Baros Cimahi Tengah, Jawa Barat. Keterampilan menulis penting, itu tidak mendapatkan cukup perhatian dan alokasi waktu yang tepat dalam proses belajar mengajar. Salah satu teknik yang dapat digunakan dalam pengajaran menulis adalah TPS. Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan teori belajar yang dapat diterapkan tanpa mengubah peran dosen, tetapi dapat mengoptimalkan kreativitas siswa. target yang spesifik untuk dicapai dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan metode TPS untuk meningkatkan kreativitas menulis siswa. Output yang dibutuhkan dari penelitian ini sebagai publikasi ilmiah di jurnal lokal yang memiliki ISSN. Para peneliti mengidentifikasi beberapa masalah, seperti: 1) Apakah mengajar menulis menggunakan TPS meningkatkan kreativitas menulis siswa ?, 2) Bagaimana proses belajar mengajar situasi ketika TPS dilaksanakan di kelas menulis? Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dari hasil pre-test, kami menemukan bahwa hasil menulis siswa berada di bawah rata-rata dan masih jauh dari apa yang diharapkan. Temuan ini didukung oleh hasil skor menulis siswa. Skor rata-rata dari pre test adalah 56,09. Setelah pelaksanaan kegiatan TPS di setiap siklus, skor menulis siswa mendapatkan yang lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata skor siswa Siklus 1 adalah 65,80 dan siklus 2 adalah 80,25. Dapat disimpulkan bahwa TPS dapat meningkatkan kreativitas menulis siswa dan TPS dapat meningkatkan menulis kelas ke dalam situasi yang lebih baik.

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI INKLUSIF DIKOTA CIMAHI JAWA BARAT

Windarsih, Chandra Asri, Jumiatin, Dedah, Efrizal, Efrizal, Sumini, Nita, Utami, Lina Oktariani

P2M STKIP Siliwangi Vol 4, No 2 (2017): Volume 4 No. 2 November 2017
Publisher : STKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.573 KB)

Abstract

Semua anak berkebutuhan khusus perlu mendapatkan pendidikan yang layak seperti anak-anak normal lainnya.  Lebih luas lagi pendidikan PAUD inklusi juga dapat dimaknai sebagai reformasi pendidikan yang anti diskriminasi,  serta upaya merubah sikap masyarakat terhadap anak berkebutuhan khusus. Perumusan Masalah Bagaimana implementasi program PAUD inklusif  di kota Cimahi? Apa hambatan dan kendala yang dialami PAUD yang mengadakan pendidikan inklusi di kota Cimahi Sejauh mana optimalisasi program PAUD inklusif di kota Cimahi ? Tujuan Penelitian  Mengetahui implementasi program yang telah dijalankan di PAUD inklusifkota Cimahi. Mempunyai solusi dan pemecahan masalah dalam PAUD inklusif yang berada dilingkungan kota Cimahi , serta tindak lanjut dari permasalahan-permasalahan yang dialami PAUD dalam mengadakan pendidikan inklusif. Pengoptimalan program PAUD inklusi yang sejalan dengan program pemerintah. Juga mempunyai kontribusi terhadap ilmu Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Peneliti segera melakukan analisis data dengan memperkaya informasi, mencari hubungan, membandingkan, menemukan pola atas dasar data aslinya dan tidak ditransformasikan ke dalam bentuk angka. Hasil analisis data berupa pemaparan mengenai situasi yang diteliti yang disajikan dalam bentuk naratif. Lokasi penelitian TK Penabur Cimahi Jl. Mk Wiganda Sasmita no 23 Cimahi. Sistem pembelajaran dalam sekolah inklusif mampu mengakomudasi perbedaan kebutuhan belajar setiap individu.. Dengan demikian, tujuan akhir dari semua upaya di atas yaitu kesejahteraan para penyandang cacat dalam  memperoleh segala haknya sebagai warga Negara dapat direalisasikan secara cepat dan maksimal

DEVELOPING MATERIAL DEVELOPMENT GUIDELINE OF LISTENING FOR GENERAL COMMUNICATION

Argawati, Ningtyas Orilina, Suryani, Lilis

P2M STKIP Siliwangi Vol 3, No 2 (2016): Volume 3, Number 2 2016
Publisher : STKIP Siliwangi Bandung

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.612 KB)

Abstract

Mendengarkan merupakan keterampilan penting yang harus dipelajari oleh siswa, Termasuk siswa dalam program pendidikan bahasa Inggris dari STKIP Siliwangi Bandung. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Sebagai media, buku saja mengambil peran penting untuk memfasilitasi kegiatan belajar siswa selama mendengarkan. Studi ini mengkaji cocok jenis which atau kriteria harus menjadi yang terbaik untuk mendukung mendengarkan belajar siswa. Selain itu, penelitian ini bermaksud untuk fokus pada pengembangan materi pengembangan pedoman untuk mendengarkan which komunikasi umum cocok untuk mahasiswa di STKIP Siliwangi Bandung. Penelitian ini dilakukan oleh Pendidikan R & D (Borg dan Gall, 1983). metode semacam ini meliputi empat langkah utama; mereka adalah pengantar (kondisi yang ada dan analisis kebutuhan), pengembangan produk, pengujian, dan penyebaran. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada lima aspek dalam mendengarkan which diperlukan untuk dilampirkan dalam mendengarkan materi komunikasi umum; mereka mengakui suara khas, memahami makna, menanggapi fungsi komunikasi, situasi, peserta, dan tujuan, inferensia arti harfiah dan tersirat, informasi baru, informasi yang diberikan, ide-ide utama dan mendukung ide-ide, dan yang terakhir adalah menebak kata-kata, perangkat kohesif, dan kelas kata gramatikal.