cover
Filter by Year
Future : Jurnal Manajemen dan Akuntansi
Future : Jurnal Manajemen dan Akuntansi (FJMA) diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Yapis Papua sejak Tahun 2013 (Edisi Cetak) dan diterbitkan secara online di mulai dari edisi Vol.4 No.1, September 2017. Future : Jurnal Manajemen dan Akuntansi (FJMA) bertujuan untuk menjadi media penyebarluasan hasil penelitian ilmiah mengenai bidang studi Manajemen dan Akuntansi di Indonesia dan Negara-negara berkembang pada umumnya. Yang menjadi Kontributor Future : Jurnal Manajemen dan Akuntansi (FJMA) berasal dari kalangan akademisi Lokal, Nasional, praktisi, Mahasiswa, regulator, dan masyarakat umum. Future :Jurnal Manajemen dan Akuntansi (FJMA) diterbitkan 2 kali setiap tahun Yaitu pada bulan Maret dan September.
Articles
110
Articles
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Kementerian Agama Kabupaten Keerom

Bauw, Azies ( Universitas Yapis Papua ) , Gunawati, Ni Made Duwi ( Universitas Yapis Papua )

Future : Jurnal Manajemen dan Akuntansi Vol 4, No 1: September (2016)
Publisher : Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis secara parsial maupun simultan pengaruh faktor kompensasi, Diklat (pendidikan dan pelatihan), dan lingkungan kerja secara parsial terhadap kinerja pegawai pada Kementerian Agama Kabupaten Keerom. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif, yaitu penelitian untuk menjelaskan hubungan-hubungan antara variable yang diteliti serta menguji  hipotesa yang telah dirumuskan sebelumnya. Populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai Kementerian Agama Kabupaten Keerom yang berjumlah 97. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini meggunakan sampling jenuh (sensus). Dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian ini terdapat cukup bukti untuk menyatakan bahwa variabel Kompensasi dalam penelitian ini secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Variabel diklat secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja. Variabel lingkungan kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Secara simultan variable kompensasi, diklat dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja.Dari hasil penelitian ini diketahui pula bahwa variabel lingkungan kerja dalam penelitian ini berpengaruh dominan terhadap variable kinerja dibandingkan dengan variable kompensasi dan variable diklat.  Kata Kunci : Konpensasi, lingkungan kerja, kinerja, kementrian agama

Kinerja Keuangan Perusahaan Asuransi Di Indonesia dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya

Sumartono, Sumartono ( Universitas Yapis Papua ) , Harianto, Karni Aprilani ( Universitas Yapis Papua )

Future : Jurnal Manajemen dan Akuntansi Vol 6, No 1: September (2018)
Publisher : Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel Early Warning System (EWS) yang diproksikan melalui rasio likuiditas asset, rasio beban klaim, rasio retensi sendiri dan Risk Based capital (RBC), terhadap kinerja keuangan perusahaan asuransi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2016 sebanyak 12 perusahaan. Metode Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan regresi linier berganda.Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel Early Warning System (EWS) diproksikan melalui rasio likuiditas asset  mempunyai pengaruh terhadap kinerja keuangan, Rasio beban klaim tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan, Rasio retensi sendiri tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan, dan Variabel Risk Based Capital (RBC) berpengaruh terhadap kinerja keuangan.

Dampak Individu dan Dampak Organisasi Pada Perusahaan Pengguna Sistem e-Procurement Pemerintah Kota Yogyakarta

Ikhlash, Muhammad ( Universitas International Batam )

Future : Jurnal Manajemen dan Akuntansi Vol 5, No 2: Maret (2018)
Publisher : Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris mengenai pengaruh penggunaan sistem dan kepuasan penggunaan sistem e-procurement terhadap dampak individu, dan dampak individu terhadap dampak organisasi. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan pengguna sistem e-procurement  yang terdaftar di lembaga pengadaan secara elektronik (LPSE) kota yogyakarta dari  tahun 2008-2014. Alat uji dalam penelitian ini menggunakan uji validitas untuk mengetahui kemampuan instrument penelitian mengukur apa yang seharusnya diukur, uji realibilitas untuk mengetahui suatu pengukur stabil dan konsisten dalam mengukur suatu konsep, dan uji hipotesis untuk memprediksi adanya hubungan kausalitas diperoleh melalui uji t-statistic. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat 2 hubungan yang berpengaruh yaitu kepuasan pengguna terhadap motivasi bersaing individu dan kepuasan pengguna terhadap peningkatan kinerja individu. Dan terdapat 4 hubungan yang tidak berpengaruh yaitu penggunaan terhadap motivasi bersaing individu, penggunaan terhadap peningkatan kinerja individu, motivasi bersaing individu terhadap dampak organisasi, peningkatan kinerja individu terhadap dampak organisasi.  Kata kunci  : penggunaan sistem, kepuasan pengguna, dampak individu, dampak organisasi, e-procurement.

Dampak Desentralisasi Fiskal Terhadap Kesehatan Masyarakat (Studi Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta)

Nurfauziya, Ahada ( Universitas Islam Indonesia ) , Prakosa, Kesit Bambang ( Universitas Islam Indonesia ) , Kusuma, Hadri ( Universitas Islam Indonesia )

Future : Jurnal Manajemen dan Akuntansi Vol 5, No 2: Maret (2018)
Publisher : Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara empirik dampak desentralisasi fiskal terhadap tingkat kesehatan masyarakat di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Indikator yang digunakan dalam menilai perkembangan tingkat kesehatan masyarakat adalah dengan mem-proxykan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Usia Harapan Hidup. Sampel dalam penelitian ini adalah pemerintah daerah kabupaten/kota di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dari kategori pemerintah daerah yang memiliki data dari tahun 2007 sampai 2013. Analisis penelitian ini menggunakan metode SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desentralisasi berpengaruh negatif terhadap tingkat kesehatan masyarakat. Desentralisasi fiskal tidak berpengaruh positif terhadap usia harapan hidup. Tingkat kesehatan masyarakat berpengaruh positif terhadap usia harapan hidup.  Kata kunci : desentralisasi fiskal, tingkat kesehatan masyarakat, usia harapan hidup

Implementasi Knowledge Management Terhadap Kinerja Organisasi Melalui Management Strategic

Rasyid, Abdul ( Universitas Yapis Papua ) , Firdayani, Patma ( Universitas Yapis Papua )

Future : Jurnal Manajemen dan Akuntansi Vol 5, No 2: Maret (2018)
Publisher : Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh knowledge management terhadap kinerja organisasi melalui management strategic. Sampel penelitian sebanyak 135 dengan teknik sampel total. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis jalur (path analisys). Hasil analisis menunjukkan bahwa kowledge management  berpengaruh signifikan terhadap magement strategic. Knowledge management berpengaruh signifikan terhadap kinerja organisasi. Management strategic berpengaruh terhadap kinerja organisasi. Pengaruh tidak langsung (indirect) knowledge management terhadap kinerja organisasi melalui management strategic. Hasil ini membuktikan bahwa management strategic merupakan full mediation / full intervening.  Kata kunci: kinerja, kowledge management , dan management strategic.

Kualitas Layanan Dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Food Point Mall Jayapura

Khotimah, Khusnul ( Universitas Yapis Papua ) , Pasolo, Facrudin ( Universitas Yapis Papua ) , Wati, Fitria Rastra ( Universitas Yapis Papua )

Future : Jurnal Manajemen dan Akuntansi Vol 5, No 2: Maret (2018)
Publisher : Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan dan pengalaman pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Jenis penelitian adalah asosiatif dan eksploratory, dengan jumlah sampel yang di gunakan sebanyak 68 konsumen di Food Point Mall Jayapura. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini dapat di lihat dari thitung 1,582 < 1,997 dengan nilai sig 0,119 > 0,05. Hasil selanjutnya adalah pengalaman pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini dapat di di lihat dari thitung 3,074 > 1,997 dengan nilai sig 0,003 < 0,05 dan kualitas layanan dan pengalaman pelanggan berpengaruh positif secara bersamaan terhadap loyalitas pelanggan. Hal ini juga dapat di lihat dari fhitung 7,283 > 3,14 dengan taraf sig 0,001 < 0,05.  Kata kunci : kualitas layanan, pengalaman pelanggan dan loyalitas pelanggan.

Disiplin Kerja dan Kinerja Karyawan: Bukti dari Perusahaan Gas Negara Wilayah Sumatera Utara

Siregar, Dede Iskandar ( Universitas Islam Indonesia ) , Hamdani, Rizki ( Universitas Islam Indonesia )

Future : Jurnal Manajemen dan Akuntansi Vol 5, No 2: Maret (2018)
Publisher : Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi apakah disiplin kerja memiliki dampak yang signifikan terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan studi kuantitatif dengan menggunakan metode survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada karyawan, khususnya yang bertugas pada departemen penjualan dan layanan di Perusahaan Gas Negara Wilayah Sumatera Utara, Indonesia, dengan jumlah responden sebanyak 37 responden. Penelitian ini bersifat explanatory yang menjelaskan hubungan antara variabel melalui pengujian hipotesis. Analisis data dilakukan berdasarkan kuesioner yang telah disebarkan dalam bentuk tema dan kategori yang mengidentifikasi pola-pola dan tren yang muncul. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi sederhana (pearsons correlation). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin kerja dan kinerja karyawan, dan hubungan tersebut bersifat positif, atau dengan kata lain peningkatan disiplin kerja diikuti dengan peningkatan kinerja karyawan. Hasil penelitian ini dapat membantu memperjelas mengapa penelitian terdahulu yang meneliti pengaruh antara disiplin kerja dan kinerja karyawan cenderung sejalan.  Kata kunci: Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan, Perusahaan Gas Negara, Sumatera Utara

Efek Kualitas Kerja Dalam Mengatasi Gap Antara Kompetensi Kepemimpinan Terhadap Kinerja

Ibrahim, Muhdi B. Hi ( Universitas Yapis Papua ) , Kornelius, Kornelius ( Universitas Yapis Papua )

Future : Jurnal Manajemen dan Akuntansi Vol 5, No 2: Maret (2018)
Publisher : Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepemimpinan terhadap Kualitas kerja, pengaruh kualitas kerja terhadap kinerja pegawai, dan pengaruh kompetensi kepemimpinan terhadap kinerja pegawai dengan kualitas kerja sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini sebesar 215 dengan sampel sebanyak 150 orang responden yang dipilih dengan metode Stratified Proportional Random Sampling model dianalisis dengan Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan AMOS versi 20.  Hasil analisis membuktikan bahwa kompetensi kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai dengan nilai koefisien sebesar 3,100, Kompetensi kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, kompetensi kepemimpinan berpengaruh terhadap kualitas kerja dan kompetensi berpengaruh terhadap kinerja pagawai melalui kualitas kerja sebagai variabel mediasai. Hasil ini menunjukkan bahwa variabel kualitas kerja  berperan secara signfikan sebagai variabel mediasi antara kompetensi kepemimpinan terhadap kinerja pegawai.  Kata Kunci : Kompetensi Kepemimpinan, Kualitas Kerja dan Kinerja.

Determinan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Di Bursa Efek Indonesia

Zakaria, Zakaria ( Universitas Yapis Papua ) , Aminu, Abdullah ( Universitas Yapis Papua ) , Pattiasina, Victor ( Universitas Yapis Papua )

Future : Jurnal Manajemen dan Akuntansi Vol 5, No 2: Maret (2018)
Publisher : Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor makro ekonomi terhadap indeks harga saham gabungan (IHSG) di bursa efek indonesia. Variabel yang diuji dalam penelitian ini adalah Inflasi, Suku Bunga (SBI), Nilai Tukar, dan Cadangan Devisa sebagai variabel independen, sedangkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, Populasi dalam penelitian ini adalah indeks harga keseluruhan saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tiap bulan selama periode pengamatan pada tahun 2008-2016. Dengan demikian, populasi pada penelitian ini berjumlah 108. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh yaitu metode penentuan sampel dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Dengan demikian, sampel pada penelitian ini berjumlah 108. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inflasi, suku bunga (SBI), nilai tukar, dan cadangan devisa berpengaruh terhadap indeks harga saham gabungan (IHSG).  Kata kunci : inflasi, suku bunga (SBI), nilai tukar, cadangan devisa, IHSG

Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kualitas Kerja Sebagai Variabel Intervening

Mansur, Mansur ( Universitas Yapis Papua ) , marifah, Marifah ( Universitas Yapis Papua )

Future : Jurnal Manajemen dan Akuntansi Vol 5, No 2: Maret (2018)
Publisher : Universitas Yapis Papua

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Manajemen sumber daya manusia yang baik akan mampu meningkatkan kinerja karyawan sesuai dengan harapan dan tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan melalui kualitas kerja sebagai variabel intervening pada CV. Samalona Jayapura. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan CV. Samalona Jayapura yaitu sebanyak 105 orang. Jumlah sample adalah seluruh populasi yaitu sebanyak 105 orang dengan teknik sampel jenuh. Pengujian hipotesis dilakukan dengan mengukur pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung dengan menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin kerja terhadap kinerja karyawan, (2) Terdapat pengaruh  yang positif dan signifikan antara disiplin kerja terhadap kualitas kerja, (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas kerja terhadap kinerja karyawan, (4) Pengaruh langsung (disiplin kerja terhadap kinerja karyawan) lebih besar dari pengaruh tidak langsung (disiplin kerja terhadap kinerja karyawan melalui kualitas kerja).  Kata Kunci: Disiplin Kerja, Kualitas Kerja, Kinerja